fbpx

14 Anime Sport Anti Mainstream: Bukan Hanya Tentang Olahraga

Anime Sport atau tema olahraga merupakan genre yang cukup jarang berada di dalam industri anime Jepang pada setiap musimnya. Dominasi yang tinggi dari macam-macam genre seperti Isekai, Slice of Life, dan Romance masih menunjukkan kelasnya sebagai genre yang banyak digandrungi. Meski begitu anime sport mempunyai keunikan lain yang tidak kalah jika dibandingkan dengan berbagai genre di atas.

Anime sport memiliki daya tarik yang menginspirasi, mengikat, serta memberikan pandangan yang benar-benar membuat adrenalin penonton benar-benar merasakan apa yang sebenarnya terjadi di dalamnya. Itulah yang memang menjadi nilai jual yang sangat berharga dalam sebuah anime sport. Sebenarnya tidak ada batasan bagi seseorang untuk selalu terpesona dengan olahraga atletik. Saat ini media animasi dan visual yang mengagumkan juga dapat menjadi sarana hiburan tersendiri bagi para pnikmat olahraga, yang mana kalian tidak akan mudah berpaling daripadanya.

Penulis akan coba untuk memberikan 14 rekomendasi serial anime sport anti mainstream yang bukan sekedar membahas mengenai olahraga, namun juga mencampur unsur kehidupan harian yang secara kental justru berdampak dalam cerita utama para karakternya.

1. Shakunetsu no Takkyuu Musume

Jenis Olahraga: Tenis Meja / Ping Pong | Studio: Kinema Citrus | Pemain: Yumiri Hanamori, Minami Tanaka, Hisako Tojo, Marika Kouno, Yuuki Kuwahara, Ayaka Imamura

Dunia tenis meja (ping pong) remaja yang melibatkan turnamen nasional, selama 9 tahun berturut-turut dikuasai oleh Akademi Oudou. Namun hal yang mengejutkan terjadi, karena dominasi sang raja tiba-tiba saja runtuh oleh tim underdog pada pertandingan awal fase penyisihan turnamen. Keadaan vacuum of power ini lalu dimanfaatkan oleh berbagai tim dari sekolah lain untuk berusaha menjadi yang terbaik dalam edisi terbaru.

Anime sport satu ini akan berfokus pada cerita SMP Suzumegahara, yang merupakan tim kecil namun dihuni oleh pemain yang cukup tangguh. Hanabi yang gemar bermain cepat, Hokuto yang dapat memprediksi arah serangan, Agari yang terkenal dengan backhand smashnya, Munemune yang agresif dalam menyerang, dan Kiruka yang tangguh dalam pertahanan. Hanya saja pencapaian mereka tak pernah lebih dari turnamen antar kota. Situasi berubah ketika seorang siswi baru bernama Koyori masuk ke dalam klub. Diketahui bahwa ia juga merupakan murid yang gemar bermain tenis meja dan pernah menjadi semifinalis di kejuaraan tingkat provinsi. Impian mereka untuk melangkah ke kejuaraan nasional pun semakin meninggi.

2. Free! – Iwatobi Swim Club

Jenis Olahraga: Renang / Estafet | Studio: Kyoto Animation | Pemain: Nobunaga Shimazaki, Mamoru Miyano, Tatsuhisa Suzuki, Yonaga Tsubasa, Daisuke Hirakawa

Haruka Nanase adalah pemuda yang sangat menyukai olahraga renang. Saat SD, ia dan 3 temannya Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki dan Makoto Tachibana mengikuti kejuaraan renang lomba estafet. Mereka kemudian berhasil menjadi juara. Namun ketika masuk SMP, keempatnya memilih jalan yang berbeda. Sampai akhirnya mereka dipertemukan kembali saat masuk SMA. Namun perbedaannya ialah, Rin ternyata tidak satu sekolah dengan Haruka dan kawan-kawan, karena selepas lulus, ia memutuskan untuk tinggal di Australia. Sebelum akhirnya mereka bertemu kembali, namun Rin kini berada di sekolah yang berbeda. Haruka, Makoto, dan Nagisa masuk SMA Iwatobi, sedangkan Rin masuk ke Akademi Samezuka yang terkenal dengan klub renangnya. Reuni tersebut juga tidak terhitung manis, karena Rin kini telah berubah. Ia tidak peduli tentang apa yang mereka alami dulu, karena yang ada di pikirannya adalah membuktikan bahwa ia lebih baik dari Haru dalam urusan berenang.

Free! adalah anime sport mengenai perjuangan untuk mempertahankan sebuah keutuhan persahabatan. Setelah reuni pahit tersebut, Haru dan kawan-kawan pun berinisiatif untuk membentuk klub berenang di SMA mereka, dengan anggota barunya yang bernama Rei Ryugazaki. Keempatnya berusaha semaksimal mungkin untuk masuk dalam turnamen antar sekolah, sekaligus menyelesaikan permasalahan yang selama ini mengganjal antara Haruka dan Rin untuk selamanya.

3. Girls und Panzer

Jenis Olahraga: Tankwondo / Tank Sport | Studio: Actas | Pemain: Mai Fuchigami, Mami Ozaki, Ai Kayano, Ikumi Nakagami, Yuka Iguchi

Girls und Panzer atau GaruPan, merupakan anime action yang berhubungan dengan pertarungan Tank. Dalam dunia Girls und Panzer, wanita mendapat kedudukan terhormat berkat tradisi dari zaman dahulu di mana mereka berada dalam tradisi bernama Senshadou. Senshadou merupakan sebuah olahraga, yang memerlukan keterampilan dan kerjasama antar anggota yang terdapat di dalam tim.

Sebagai sebuah anime sport, Girls und Panzer seolah memaparkan kekuatan wanita Jepang, yang dibuat terampil pada segala sesuatu yang berhubungan dengan Militer. Meski sebenarnya semua yang ada dalam GaruPan adalah berada dalam konsep yang “safe”. Senshadou diibaratkan merupakan sebuah kegiatan olah raga yang sangat bergengsi. Hingga menciptakan berbagai sekolah khusus wanita pada sebuah kota kecil berbasis kapal induk, yang akan terapung dan mendarat beberapa waktu sekali. Sekolah ini juga mengadaptasi gaya bermain yang sangat unik. Karena meski berbasis Jepang, mereka juga mencampuradukkan budaya lain seperti Jerman, Inggris, Perancis, Rusia, Finlandia, Spanyol, dan lainnya, yang memang memiliki sejarah militer yang kuat pada masa perang dunia.

Diceritakan seorang gadis SMA bernama Miho Nishizumi, yang merupakan penerus dari klan Senshadou terkenal di Jepang, Aliran Nishizumi. Ia memutuskan untuk pindah dari sekolahnya yang mempunyai sejarah Senshadou yang sangat panjang sebagai juara kompetisi beruntun. Namun di tahun pertamanya, sebagai Wakil Kapten, ia gagal meneruskan tradisi tersebut, dan memutuskan keluar dan pindah ke SMA yang memang tidak terdapat ekstrakulikuler Senshadou. Perjalanan membawanya ke sebuah sekolah wanita Akademi Ooarai. Namun tanpa diduga, sekolah barunya tersebut juga sedang merencanakan untuk membangkitkan kembali ekskul Senshadou mereka yang telah lama hilang. Datangnya Miho ke Ooarai nampaknya menjadi berita besar bagi seisi sekolah, dan akhirnya pertemuan dengan teman-teman baru, dan perjalanannya sebagai kapten Tim Ooarai pun dimulai.

4. Prince of Stride: Alternative

Jenis Olahraga: Stride / Free Running | Studio: Madhouse | Pemain: Ryohei Kimura, Kana Hanazawa, Nobuhiko Okamoto, Kensho Ono, Junichi Suwabe, Daisuke Ono, Hiro Shimono

Anime sport selanjutnya adalah sebuah nostalgia seorang Nana Sakurai yang terpesona dengan olahraga Stride, yang membuatnya sampai terpaku ketika pertama kali melihatnya karena kepercayaan yang diperlihatkan para anggota satu dengan anggota lainnya dalam permainan. Stride merupakan sebuah olahraga yang menggabungkan antara parkour, free-running, relay, dan sprint. Setelah masuk SMA Akademi Honan, ia lalu mencoba untuk menemukan klub tersebut bersama seorang maniak Stride lainnya, Takeru Fujiwara saat pertama kali diadakan perekrutan klub. Namun sayangnya, ketika mereka mencoba untuk bergabung, diketahui kalau klub tersebut baru saja dibubarkan. Dan ruangannya malah dipakai oleh klub Shogi.

Mengetahui hal tersebut, Nana dan para anggota tersisa mencoba untuk membangkitkan kembali klub Stride Honan. Ia lalu meminta seorang teman sekelasnya yang sangat hyperaktif dalam olahraga dan mengikuti semua klub, bernama Riku Yagami. Melihat potensi yang ada saat ini, mereka lalu mencoba mengikuti perlombaan dengan klub baru ini, dan mengejar kompetisi yang lebih prestisius pada akhir musim panas. Sekaligus membangkitkan kembali kejayaan klub Stride Honan yang sudah lama hilang.

5. Air Gear

Jenis Olahraga: Sepatu Roda / Roller Skate | Studio: TOEI Animation | Pemain: Kenta Kamakari, Mariya Ise, Rie Tanaka

Salah satu serial anime sport yang dulu sempat tayang di Indonesia ini mungkin terdengar asing di telinga penggemar anime sport zaman sekarang. Air Gear merupakan sebuah serial manga yang tampil pada Weekly Shonen Jump pada tahun 2002, dan mengudara di Jepang sekitar tahun 2006. Versi anime juga mengadaptasi cerita dengan lebih bebas jika dibandingkan dengan manganya. Namun hal tersebut tidak mengurangi keseruan animenya, karena serial ini merupakan salah satu anime sport terbaik di masanya.

Diceritakan pada sebuah masa di mana Jepang menciptakan sebuah teknologi bernama Air Trecks atau disingkat dengan sebutan A.T.. sebuah sepatu roda berteknologi tinggi yang sudah disinkronisasi untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh pemiliknya. Didukung dengan motor supersonic, pengatur keseimbangan, dan sinkronisasi sampai ke seluruh tubuh melalui teknologi scanner chip, A.T. membuat pemiliknya dapat bergerak dengan sangat cepat, melompat dengan tinggi, hingga menempuh medan-medan yang sebenarnya sangat tidak mungkin untuk didaki.

Seorang anak laki-laki bernama Itsuki Minami atau sering dipanggil Ikki, adalah murid yang dikenal sebagai “babyface” dan juga pemimpin dari geng remaja bernama “East Side Gunz” atau sering disebut “Higashi Guns”. Dalam perjalanan pulang sekolah, ia dipermalukan oleh grup Storm Rider (sebutan bagi para pengguna A.T.) bernama Skull Saders. Mereka mengungkap rahasia tersembunyi dari keluarga angkat Ikki, Noyamano bersaudara, yang ternyata adalah anggota dari grup Storm Riders Legendaris dengan nama Sleeping Forest. Ikki lalu nekat mengambil A.T. milik salah satu kakak perempuannya, untuk menuntaskan dendamnya dengan Skull Saders, namun tanpa disadari ia menemukan hal yang “melebihi kepuasan dari sekadar balas dendam” setelah merasakan pengalaman saat “terbang”, yang membuka matanya akan sebuah dunia yang berbeda. Ikki pun terlibat dalam dunia Air Trecks yang penuh dengan misteri yang belum pernah ia lihat dan rasakan sebelumnya.

6. Keppeki Danshi! Aoyama-kun

Jenis Olahraga: Sepak Bola | Studio: Studio Hibari | Pemain: Ryotaro Okiayu

Aoyama merupakan idola sekolah. Dia tampan, cool, atletis, jago masak, dan yang paling penting, ia sangat suka kebersihan. Hal tersebut membuatnya menjadi idola yang sangat dihormati oleh siswa – siswi di sekolahnya. Bahkan Aoyama juga mempunyai fans club sendiri. Meski sangat menyukai kebersihan, ia justru sangat jago dalam bermain sepak bola, yang menurut kebanyakan orang merupakan olahraga yang harus berani kotor. Untuk sebuah anime sport yang juga bergenre komedi, mungkin bukanlah hal yang aneh.

Aoyama adalah playmaker dari klub sepakbola sekolahnya, SMA Fujimi. Dalam permainan, Aoyama cenderung menghindari kontak dengan pemain lawan, karena itu dribble yang ia lakukan dapat dikatakan nyaris sempurna. Klub sepak bolanya juga mentarget untuk masuk ke dalam turnamen nasional. Oleh karena itu, rekannya di dalam tim Kaoru Zaizen meminta Aoyama untuk lebih serius dalam bermain. Meski sebenarnya Aoyama sudah berusaha menunjukkan bahwa meskipun ia merupakan maniak bersih-bersih, ia rela untuk berkotor-kotor demi mencapai tujuan yang diimpikan oleh klub dan teman-temannya.

7. Baby Steps

Jenis Olahraga: Tenis | Studio: Studio Pierrot | Pemain: Taishi Murata, Minako Kotobuki

Maruo Eiichirou merupakan salah satu siswa paling rajin di kelasnya. Ia juga dikenal sangat pandai dan teliti tentang segala yang berhubungan dengan mata pelajaran. Namun belakangan ini ia khawatir dengan kondisi badannya, yang sering merasa tidak fit. Dengan kondisi tersebut, pemuda yang akrab disapa Ei-chan ini akhirnya memutuskan untuk mengikuti klub tenis di kotanya setelah mencoba trial dalam kunjungan pertamanya.

Ei-chan lalu bertemu dengan gadis bernama Natsu Takasaki, yang merupakan idola di sekolahnya. Ia pun kaget karena gadis itu ternyata adalah orang pernah meminjam buku catatannya beberapa waktu yang lalu. Diketahui bahwa Takasaki mengikuti klub tenis adalah karena ia memang ingin menjadi pemain profesional pada bidang olahraga yang sangat dicintainya tersebut. Berlawanan dengan Ei-chan yang selama ini menganggap bahwa apa yang ia kerjakan, memang adalah sesuatu yang benar-benar ia harus lakukan, bukan karena ia menyukai apa yang dilakukannya. Semakin lama Ei-chan bergelut dengan tenis, perlahan-lahan pikirannya semakin terbuka, dan semakin dalam pula rasa cinta Ei-chan menyukai olahraga yang baru saja ia kenal tersebut.

Baby Steps adalah anime sport di mana seorang anak dengan kebiasaan yang selalu melakukan segala sesuatu dengan sempurna, akhirnya menemukan gaya hidup yang selama ini belum dikenalnya. Cara Ei-chan bermain tenis pun berbeda dengan yang lain. Di tengah kemampuannya yang terus membaik, ia pun berharap bisa mencapai tahap atau minimal sejajar dengan pemain tenis hebat lain seusianya.

8. Hanebado!

Jenis Olahraga: Bulu Tangkis / Badminton | Studio: LIDENFILMS | Pemain: Miyuri Shimabukuro, Hitomi Ohwada

Kekalahan telah 21-0 dalam set penentu setengah tahun lalu, membuat Nagisa Aragaki mulai kehilangan semangatnya terhadap Badminton yang disukainya sejak kecil. Ia tidak bisa menahan rasa kesal yang didapatnya dari kekalahannya dulu, sehingga hal tersebut berdampak pada permainan termasuk klub di sekolahnya. Nagisa merupakan kapten klub badminton SMA Kitakomachi, dan perlakuannya yang menginginkan anggotanya berlatih lebih keras untuk menjadi lebih kuat, akhirnya berdampak sangat hebat. Para member yang tidak tahan akhirnya memutuskan keluar, dan para siswa baru pun merasa ketakutan untuk bergabung dengan klubnya, sehingga memilih untuk menjauhkan diri. Anime sport satu ini mengawali premis dengan masa depan klub dan karakter personal yang diperlihatkan terlihat sangat suram.

Sampai akhirnya datang Kentarou Tachibana, yang merupakan mantan atlet yang pernah merebut tempat untuk olimpiade, namun memutuskan pensiun dini karena cedera lutut. Ia berkata bahwa masih ada yang dapat dilakukannya pada Badminton. Ia pun berhasil melihat talenta dari siswi baru bersama Ayano Hanesaki. Namun ternyata, Ayano lah yang mengalahkan Nagisa pada kejuaraan 6 bulan lalu. Namun hal yang berbeda kali ini adalah, Ayano nampak ingin sekali menjauhi arena Badminton. Apa yang sebenarnya terjadi adalah cerita mengenai bagaimana cara keduanya mengatasi permasalahan pribadi sebagai rival da membawa kembali kemenangan yang telah lama hilang dari klub Badminton SMA Kitakomachi.

9. Suzuka

Jenis Olahraga: Lompat Tinggi, Sprinting | Studio: Studio Comet | Pemain: Kanako Mitsuhashi, Daisuke Nakamura

Kouji Seo adalah seorang mangaka dengan talenta yang bertumpu pada genre romance. Namun apa jadinya kalau ia juga memadukan anime sport di dalamnya akan terlihat pada karyanya yang merupakan salah satu yang terbaik berjudul SUZUKA. Suzuka menceritakan tentang seorang pemuda bernama Yamato Akitsuki, yang memutuskan untuk pindah ke Tokyo dan melanjutkan sekolah, sambil bekerja sampingan di kos-kosan milik bibinya. Selain menyediakan kos, tempat tersebut juga merupakan pemandian khusus wanita yang ada di daerahnya.

Suatu hari saat di sekolah ia melihat seorang siswi melakukan lompat tinggi yang sangat indah. Diketahui nama siswi tersebut adalah Suzuka Asahina, dan merupakan kakak kelas Yamato di SMA barunya. Lebih mengejutkannya lagi, ia juga ternyata tinggal di kos-kosan tempatnya bekerja, dan tepat di sebelah kamarnya. Kehidupan Yamato yang sebelumnya terasa membosankan, perlahan berubah sedikit-sedikit berkat kehadiran Suzuka.

10. Ballroom e Youkoso

Jenis Olahraga: Tari | Studio: Production I.G | Pemain: Shinba Tsuchiya, Nobuhiko Okamoto, Chinatsu Akasaki, Ayane Sakura

Tatara Fujita adalah seorang anak SMP yang tanpa tujuan yang jelas dalam hidupnya. Ia merupakan seorang yang sudah mengalami pengalaman hidup yang lebih keras dari anak-anak seusianya di sekitarnya. Prinsip hidupnya yang penting adalah untuk menghindari keramaian maupun perkelahian. Namun itu saja ternyata tidaklah cukup, karena meski ia berhasil menghindari apa yang menjadi masalahnya, terkadang para bully datang untuk meminta uang kepadanya. Beruntung, Tatara kemudian diselamatkan oleh orang yang nantinya akan mengubah pandangan hidupnya, Kaname Sengoku.

Anime sport ini dimulai dengan Sengoku, yang lalu mengundang Tatara untuk mengunjungi studio dansa miliknya. Tatara umumnya tidak pernah menghiraukan ajakan seseorang. Namun berkat kharisma Sengoku yang entah kenapa berhasil mengajaknya untuk berkunjung ke studio miliknya. Di sana Tatara bertemu dengan Shizuku Hanaoka, yang juga merupakan teman sekelasnya. Shizuku ternyata rutin latihan berdansa di studio milik Sengoku. Tatara kemudian menyadari sesuatu bahwa dansa dapat membawa orang lain untuk kembali melihat penampilannya. Karena hal tersebut, dansa membuatnya berpikir bahwa ia harus berubah dari sosoknya yang sekarang. Dengan kesungguhan, Tatara mulai menapaki jalan terjal untuk menjadi seorang penari profesional.

11. Bamboo Blade

Jenis Olahraga: Kendo | Studio: AIC A.S.T.A.| Pemain: Ryou Hirohashi, Megumi Toyoguchi, Houko Kuwashima, Sachiko Kojima, Rina Satou, Akira Ishida, Katsuyuki Konishi, Daisuke Sakaguchi

Bamboo Blade bercerita tentang seorang guru dan juga pembina klub kendo bernama Toraji Ishida atau yang lebih akrab dipanggil “Kojirou”. Sebagai seorang guru ekonomi dan politik, hidupnya bisa dikatakan sangatlah kacau. Hidupnya penuh dengan hutang dan pembayaran. Ia pun cukup kesulitan untuk mendapatkan uang dan memenuhi kehidupan sehari-harinya. Hingga suatu hari, seorang seniornya yang juga merupakan pelatih kendo di sekolah unggulan mengajaknya bertanding. Jika Kojirou berhasil membentuk kembali tim yang terdiri dari 5 orang siswi SMA dan mengalahkan tim seniornya, maka ia akan mendapatkan sushi gratis selama 1 tahun. Untuk sebuah anime sport, tentu hal ini cukup konyol untuk diamati. Namun di sini lah letak menariknya.

Hanya karena alasan konyol tersebut, ia pun meminta kapten klub Kirino Chiba untuk mengumpulkan anggota karena saat ini hanya Kirino lah satu-satunya member yang ada di dalam klubnya. Mereka lalu bertemu dengan siswi baru bernama Tamaki Kawazoe, yang berhasil menghalau beberapa benda jatuh dengan menggunakan sapu ijuk. Kojirou pun tertarik terhadapnya dan memaksanya masuk ke dalam tim, namun Tamaki menolak. Hingga suatu ketika, beberapa anak kelas 2 yang bandel dan suka membolos, kembali ke klub dan berniat mengambil alih klub untuk menjadikannya milik mereka sesuka hati. Melihat hal tersebut, Tamaki yang memang lahir dari keluarga seni beladiri kendo turun temurun, lalu membantu Kirino mempertahankan klub sebagai anggota sementara.

12. Ro Kyu Bu!

Jenis Olahraga: Basket | Studio: Barnum Studio, Project no. 9, Studio Blanc | Pemain: Yuki Kaji, Kana Hanazawa, Yoko Hikasa, Yuka Iguchi, Yui Ogura, Rina Hidaka

Subaru Hasegawa menjadi korban dari skandal yang melibatkan kapten timnya di SMA. karena sang kapten ternyata terlibat dalam kasus pelecehan seorang anak SD yang juga merupakan anak kepala sekolahnya. Klub SMA-nya pun akhirnya diskors selama 1 tahun. (Anime sport satu ini juga dikenal dengan jailbait). Dalam hiatusnya tersebut, seorang kerabat dekat Subaru bernama Mihoshi Takamura, yang merupakan bibinya, memintanya untuk mengajari anak-anak SD yang tergabung dalam klub basket di sekolah tempatnya bekerja. Ia merupakan manajer klub tersebut, namun tidak mengetahui apa-apa yang menjadi dasar dalam olahraga basket. Awalnya Subaru menolak, namun Mihoshi mengancam akan mengirimkan semua foto-foto dan rahasia masa kecil Subaru yang memalukan kepada orang-orang di internet. menerima ajakan tersebut dan berjanji akan mengajar hanya selama 3 hari saja. Namun melihat permainan yang ditunjukkan oleh klub tersebut memang sangatlah payah, Subaru kemudian berubah pikiran dan memutuskan untuk tinggal lebih lama.

Tomoka Minato merupakan anak yang paling menjadi sorotan utama dalam pelatihan Subaru, karena ia nampaknya merupakan satu-satunya anak yang berpengalaman dalam olahraga basket, dengan kemampuan yang di atas rata-rata. Ada juga Maho dan Saki yang saling berkebalikan dalam stamina dan teknik permainan. Airi yang bermasalah dengan tinggi dan pertumbuhan fisik untuk anak seusianya, dan Hinata yang bermain basket hanya agar dapat bersenang-senang dengan yang lainnya. Dalam anime sport yang satu ini, Tugas berat Subaru adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang justru datang dari para personalnya masing-masing secara pribadi dan bagaimana dampaknya terhadap tim untuk menjadi sebuah tim juara.

13. Saki

Jenis Olahraga: Mahjong | Studio: GONZO, Pictures Magic | Pemain: Kana Ueda, Shizuka Ito, Ami Koshimizu, Rie Kugimiya, Ryoko Shiraishi, Jun Fukuyama

Dalam serial anime sport ini, dapat dikatakan bahwa Mahjong adalah sebuah olahraga yang sangat prestisius. Begitupun dalam tingkat SMA, yang merupakan bidang dengan kejuaraan khusus sampai ke tingkat nasional. Itulah yang dibidik oleh klub mahjong dari SMA Kiyosumi. Klub mahjong tersebut memiliki seorang ace bernama Nodoka Haramura. Namun kemampuannya belum cukup untuk mengangkat performa tim secara keseluruhan. Karena untuk masuk ke kejuaraan ber-regu, mereka masih memerlukan 1 orang member tambahan.

Kyoutarou Suga yang merupakan satu-satunya member laki-laki di klub tersebut, mengajak teman kecilnya itu untuk mengunjungi klub untuk sekedar bermain karena ia tahu Saki dulu sering bermain mahjong. Keduanya lalu bermain bersama anggota yang ada Yuuki dan senor mereka, Mako. Namun ternyata Saki tidak pernah menang, karena ia selalu berada dalam posisi plus minus zero. Hisa Takei, ketua klub yang saat itu mengamati permainan merasa aneh sebelum akhirnya ia menyadari hal yang janggal dengan kemampuan Saki. Suatu hari Saki mencoba untuk menemukan jilid selanjutnya dari buku yang sedang dibacanya di perpustakaan, namun ternyata buku tersebut tidak ada. Hisa menghampiri Saki dan berkata bahwa ia punya semua koleksi buku tersebut, dan bersedia meminjamkannya dengan syarat Saki harus bermain sekali lagi melawan anggota klubnya. Hisa akhirnya melihat potensi Saki ketika ia juga memasang Nodoka untuk bermain melawannya. Dan melihat harapan bahwa klub yang dipimpinnya saat ini memiliki potensi yang besar untuk menuju ke kejuaraan mahjong nasional tingkat SMA, yang dihuni pemain – pemain yang super kuat dengan kemampuan yang tidak masuk akal dan menakutkan.

14. Chihayafuru

Jenis Olahraga: Karuta | Studio: Madhouse | Pemain: Asami Seto, Mamoru Miyano, Yoshimasa Hosoya

Chihaya Ayase merupakan seorang gadis yang tomboy dan mempunyai keinginan yang sangat kuat pada apa yang menjadi ambisi serta apapun keinginan yang ia punya. Namun selama ini ia selalu hidup di bawah bayang-bayang kakaknya. Di saat ia tidak mempunyai impian apapun, ia bertemu dengan teman sekelasnya di SD, yang bernama Arata Wataya. Arata merupakan anak yang pendiam, namun ternyata sangap pandai bermain Karuta. Sebuah permainan yang melibatkan kartu dan nyanyian maupun puisi sebagai medan dan alat permainannya. Arata memperkenalkan karuta pada Chihaya, dan berkat antusiasmenya terhadap permainan tersebut dan keinginannya untuk menjadi yang terbaik di Jepang, Chihaya juga semakin lama semakin tenggelam dan ikut jatuh cinta terhadap permainan karuta. Bersama sahabatnya yang merupakan seorang pekerja keras bernama Taichi Mishima, mereka bertiga bergabung dengan kelompok Shiranami, dan banyak menghabiskan waktu bersama. Sampai akhirnya waktu memisahkan mereka.

Kini di SMA, Chihaya menjadi siswi yang benar-benar freak terhadap karuta. Ia pun menargetkan untuk memasuki kejuaraan nasional di Omi Jingu bersama klub karuta SMA Mizusawa. Anime sport satu ini menggambarkan sebuah perjuangan, di mana dengan kemampuan membernya yang masih di bawah rata-rata, Chihaya dan Taichi yang kemudian bersama lagi di SMA, harus bahu-membahu melatih dan membawa timnya agar dapat lebih bersaing dengan tim kuat lainnya.

Kesimpulan

Demikian 14 serial anime sport anti mainstream yang bukan sekedar membahas mengenai olahraga, namun juga mencampur unsur kehidupan harian yang secara kental justru berdampak dalam cerita utama para karakternya. Masih banyak sebenarnya anime sport dengan berbagai jenis olahraga. Namun rata-rata di antara mereka terlalu menonjolkan unsur shounen, sehingga dengan hanya bermodal semangat dan kerja keras semuanya dapat terwujud, dan berkesan sangat klise serta kurang pendalaman karakter. Beberapa rekomendasi anime di atas diharapkan dapat memuaskan para penggemar anime sport yang mencari sesuatu yang memang tidak biasa terdapat dalam anime sport lainnya.

Jika kalian mempunyai anime sport favorit lainnya, harap share di kolom komentar ya. Siapa tahu penulis juga tertarik untuk melihat rekomendasi dari kalian sesama penggemar anime sport. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

More Stories
25 Anime Movie Terbaik Wajib Tonton