fbpx

25 Anime Movie Terbaik Wajib Tonton

Dari sekian banyak anime movie yang telah hadir tentunya ada beberapa anime yang memberikan kesan dan menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Pada kesempatan kali ini Naiklevel akan mencoba untuk mengulas sedikitnya 25 anime movie terbaik wajib tonton dengan mempertimbangkan tingkat popularitas, kualitas dan prestasi yang telah dicapai.

Naiklevel juga akan memberikan garis besar cerita dari tiap movie serta kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing movie. Beberapa diantaranya dikenal dari dulu hingga sekarang dan mungkin para pembaca sudah pernah menyaksikannya, sedangkan beberapa lainnya bisa dikatakan baru muncul beberapa tahun kebelakang. Karena selera setiap orang berbeda maka posisi list tidak menentukan prestasi yang telah diraih oleh anime tersebut, karena pada dasarnya setiap anime movie terbaik yang masuk ke dalam list ini bisa dikatakan bagus dan patut untuk disaksikan. Simak berikut diantaranya.

1. Howl no Ugoku Shiro (2004)

Siapa yang tidak kenal dengan anime yang satu ini. Berkisah tentang seorang gadis muda yang dikutuk menjadi nenek-nenek berusia 80 tahun yang kemudian harus memulai petualangannya di atas kastil yang dapat bergerak terbang. Movie garapan Studio Ghibli yang satu ini tampil premiere pada acara Venice Film Festival di tahun 2004 dan kemudian rilis di Jepang pada bulan November di tahun yang sama. Salah satu anime movie terbaik dan juga merupakan mahakarya dari Studio Ghibli yang tidak boleh terlewatkan

2. Koto no Ha no Niwa (2013)

Berkisah tentang seorang pemuda yang bolos kelas untuk pergi ke sebuah taman dan mendesain sepatu membuat pertemuannya dengan seorang gadis selama musim hujan tersebut membawakan kisah romance yang memukau. Nama Makoto Shinkai mungkin akan muncul beberapa kali dalam list ini, karena Koto no Ha no Niwa hanya salah satu dari mahakarya-nya yang tidak boleh terlewatkan. Movie yang satu ini juga sempat memenangkan award pada acara Kobe Theatrical Film Award di tahun 2013 dan patut masuk ke dalam list anime movie terbaik.

3. Redline (2009)

Redline sedikit berbeda, kali ini merupakan movie bertemakan sports balap mobil yang bisa menaikan adrenalin para penonton yang menyaksikannya. Redline merupakan balap yang digelar setiap 5 tahun sekali dimana para peserta yang turut hadir di dalamnya menggunakan berbagai macam cara agar dapat meraih posisi pertama. Karena gaya gambarnya yang unik, Redline juga merupakan salah satu anime movie yang membutuhkan waktu 7 tahun proses penggarapan karena membutuhkan lebih dari 100.000 frames. Redline pertama kali debut pada tahun 2009.

4. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (2013)

Bagaimana rasanya mendidik dan membesarkan anak? Bagaimana jika anak tersebut setengah manusia dan setengah serigala? Dalam movie yang dapat menyentuh sanubari ini para pecinta anime movie akan disuguhkan dengan kisah mengharukan seorang ibu yang membesarkan dua orang anaknya. Anime yang satu ini sempat memenangkan Japan Academy Prize di tahun 2013 dengan predikat Animation of The Year. Salah satu anime movie terbaik wajib tonton yang dapat membuka sudut pandang penonton.

5. Stranger: Mukou Hadan (2007)

Sedikit mundur ke zaman sengoku, Stranger: Mukou Hadan atau Sword of the Stranger berkisah tentang seorang ronin yang menyelamatkan seorang anak laki-laki dan anjing dari pembunuh yang dikirim oleh salah satu Dinasti Cina. Movie yang satu ini cocok bagi para penonton yang menyukai tema action karena permainan pedang yang ditampilkan dalam movie sangat memukau. Movie yang satu ini juga sempat memenangkan award pada acara Brazil’s International Fantastic Film Festival sebagai salah satu Best Anime Feature.

6. Ghost in the Shell (1995)

Khusus para penggemar robot dan mecha akan sangat menyukai movie yang satu ini. Ghost in the Shell bercerita tentang masa depan dimana manusia dapat mengganti bagian tubuhnya dengan robot. Ghost in the Shell menampilkan grafis yang futuristic dipadukan dengan pertarungan yang intens serta selintingan tentang identitas manusia seperti gender di masa yang akan datang. Ghost in the Shell juga merupakan salah satu anime movie terbaik yang pertama kali menduduki peringkat pertama pada list penjualan tertinggi Billboard Magazine Video dan menjadi inspirasi utama untuk Wachowskis dalam pembuatan movie Matrix.

7. Akira (1988)

Berawal dari ledakan yang diciptakan oleh seorang anak laki-laki yang memiliki kekuatan esper pada tahun 1988 yang mengakibatkan Perang Dunia III, anak tersebut diasingkan dan tidak pernah lagi muncul hingga tahun 2019. Di sebuah kota yang telah dipulihkan bernama Neo-Tokyo, kembali muncul seorang anak dengan kekuatan esper yang dapat menghancurkan kota. Akira merupakan salah satu anime movie terbaik yang digemari di dunia barat karena style gambar dan desain musik yang unik. Pada tahun 1992 Akira juga dinominasikan sebagai best American Anime Awards dan Best Anime Feature Award pada tahun 2007.

8. Summer Wars (2009)

Summer Wars berkisah tentang seorang pria yang menghabiskan waktunya dengan salah satu keluarga teman perempuannya yang kemudian terlibat dalam bencana yang dapat mengakhiri dunia yang berkaitan dengan social network. Summer Wars menampilkan cyber battles dan drama keluarga yang mirip dengan Digimon, namun bagi para pecinta anime tentunya akan dapat menikmati tampilan menarik yang disajikan oleh movie satu ini. Summer Wars juga memenangkan movie award pada Anaheim International Film Festival Audience Award untuk kategori Best Animated Feature.

9. Koe no Katachi (2016)

Anime movie terbaik wajib tonton selanjutnya adalah Koe no Katachi yang menceritakan kisah tentang persahabatan antara Ishida dengan temannya Nishimiya yang merupakan seorang tunarungu. Koe no Katachi membawakan kisah persahabatan yang membawakan banyak pesan kepada para penonton. Anime Movie yang satu ini menyaingi Kimi no Na Wa karena sama-sama berhasil meraup banyak penonton dan mendapatkan feedback yang positif dari para penonton.

10. Kimi no Na Wa (2016)

Para penggemar anime pastinya tahu judul yang satu ini. Kimi no Na Wa sempat booming pada akhir tahun 2016 lalu dan merupakan salah satu anime movie terbaik dengan viewers terbanyak. Mahakarya Makoto Shinkai yang satu ini membawakan kisah tentang dua orang remaja yang berada dalam dunia yang berbeda dan bertukar tubuh. Kisah romansa di antara kedua tokoh ini sangat menakjubkan, didukung dengan gaya gambar khas Makoto Shinkai sangat cocok untuk para pecinta anime dan movie.

11. Sen to Chihiro no Kamikakushi (2001)

Anime movie yang satu ini merupakan salah satu karya garapan Studio Ghibli yang Ikonik. Chihiro yang berumur 10 tahun terseret ke dunia lain dan menemukan banyak keunikan dan keanehan selama berkelana. Movie yang satu ini merupakan anime movie terbaik dan tersukses yang pernah diciptakan, dengan mengangkat tema yang bisa diterima banyak kalangan, Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away berhasil meraup banyak penghargaan seperti Academy Award sejak awal perilisannya.

12. Mononoke Hime (1997)

Masih dengan Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki. Karya yang satu ini sangat kental dengan pembawaannya yang mengangkat tema budaya dan mitologi Jepang. Anime Movie yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai budaya dan cerita rakyat Jepang. Mononoke Hime menceritakan kisah tentang seorang putri yang berusaha untuk melindungi desanya dari bahaya yang ditimbulkan oleh orang luar yang mencoba merusak dan mengkonsumsi sumber daya alam. Mononoke Hime mendapatkan penghargaan Best Japanese Movie pada tahun 1997 dan Best Picture Award pada acara Japan Academy Awards yang ke 21 di tahun 1998.

13. Evangelion (1997)

Merupakan ikon anime movie terbaik bagi para otaku di Jepang. Hampir semua pecinta anime mengetahui dan pernah menonton movie yang satu ini. Evangelion merupakan anime bergenre psikologikal mecha thriller yang menceritakan kisah tentang dunia yang diambang kehancuran karena serangan yang dilancarkan oleh para Angels. Kisah dimulai ketika sang tokoh utama Shinji Ikari mendapatkan peranan untuk mengemudikan Eva yang merupakan mesin tempur yang dapat digunakan untuk mengalahkan Angel dan melindungi umat manusia. Evangelion juga mendapatkan penghargaan Anime Grand Prix pada tahun 1997 dan Japan Academy Prize untuk kategori Biggest Public Sensation of the Year.

14. Hotarubi no Mori e (2011)

Hotarubi no Mori e diangkat dari Manga karya Midorikawa Yuki dengan nama yang sama. Movie yang satu ini berkisah tentang seorang anak yang kehilangan arah disebuah hutan keramat dan menemukan arwah hutan yang bernama gin. Gin yang menolong sang anak agar dapat keluar dari hutan tersebut mengingatkan agar sang anak tidak kembali ke hutan. Hotarubi membawakan cerita tentang persahabatan dan perjanjian di antara dua orang. Hotarubi juga mendapatkan banyak pujian karena art dan story yang sangat bagus.

15. Bakemono no Ko (2015)

Sedikit mirip dengan Ookami Kodomo no Ame to Yuki, Bakemono no Ko juga mengusung cerita tentang monster yang membesarkan dan mendidik seorang anak manusia. Kumetatsu yang merupakan kandidat untuk menjadi ketua selanjutnya memang ditakuti dan disegani, namun tidak dihormati dan dianggap tidak akan bisa mendidik seorangpun murid. Meskipun begitu, keadaan lambat laun berubah sejak kedatangan si anak manusia dan hubungan di antara mereka berdua semakin terjalin membuat cara pandang Kumetatsu menjadi berubah. Bakemono no Ko merupakan anime movie terbaik kedua paling tenar di tahun 2015 dan juga memenangkan Japan Academy Award untuk kategori Best Animated Feature.

16. Toki wo Kakeru Shoujo (2006)

Makoto Konno yang merupakan siswi tahun akhir di SMA kesulitan untuk menentukan masa depannya. Namun kehidupannya berubah ketika Makoto secara tidak di sengaja menemukan bahwa dirinya dapat melakukan perjalanan lintas waktu. Toki wo Kakeru Shoujo merupakan novel yang ditulis oleh Tsutsui Yasutaka. Selain anime, karya ini juga dijadikan TV drama, movie dan manga. Pada tahun 2006 Toki wo Kakeru Shoujo mendapatkan Best Animated film pada Sitges Film Festival dan pada tahun 2007 mendapatkan Animation of the Year di acara The Japan Academy Prize.

17. Tonari no Totoro (1988)

Kembali ke Studio Ghibli, Totoro juga merupakan ikon yang telah melekat erat dengan Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki. Anime Movie terbaik yang satu ini berkisah tentang satu keluarga yang berpindah ke sebuah desa. Sementara anak-anak beradaptasi dengan kehidupan di desa, Mei yang merupakan salah satu anak bertemu dengan makhluk berwujud seperti kelinci yang berbadan besar yang disebut dengan Totoro yang juga merupakan monster penghuni hutan. Pada tahun 1988 Tonari no Totoro memenangkan Best Film dan Ofuji Noburo Awards. Selain itu Totoro juga memenangkan Best Film dan Reader’s Choice Awards untuk Best Japanese Film Awards.

18. Tenkuu no Shiro Laputa (1986)

Tenkuu no Shiro Laputa merupakan karya pertama yang diciptakan oleh Studio Ghibli. Laputa menceritakan kisah tentang seorang gadis bernama Sheeta yang disekap oleh pemerintah yang mencari amulet yang dimiliki olehnya. Sheeta yang berhasil kabur dari tahanan bertemu dengan seorang pemuda bernama Pazu yang bermimpi untuk menemukan kastil yang mengapung bernama Laputa hingga keduanya memulai perjalanan untuk menemukan kastil tersebut. Tenkuu no Shiro Laputa juga meraih penghargaan pada acara Animage Anime Grand Prix di tahun 1986.

19. Karigurashi no Arrietty (2010)

Anime Movie yang satu ini merupakan hasil dari memvisualisasikan novel yang ditulis oleh Mary Norton pada tahun 1952 yang berjudul The Borrowers. Berkisah tentang seorang gadis berukuran kecil bernama Arrietty yang tinggal di dalam rumah manusia. Mereka yang disebut dengan borrowers mengambil barang-barang yang dimiliki oleh para manusia untuk melanjutkan hidup. Karigurashi no Arrietty juga telah memenangkan 5 Tokyo Anime Awards pada tahun 2011 untuk kategori Animation of the Year, Best Art Direction, Best Director, Best Music dan Notable Entry menjadikannya salah satu anime movie terbaik sepanjang masa.

20. Hotaru no Haka (1988)

Ketika akhir perang dunia 2 di tahun 1945, Jepang menderita kerusakan parah akibat bombardir yang dilancarkan oleh Amerika dari kota ke kota. Hotaru no Haka menceritakan kisah antara Seita dan adik perempuannya Setsuko yang tinggal di masa yang brutal tersebut. Mereka berdua harus menjalani hidup yang tragis tanpa orang tua dan masa depan. Salah satu Anime Movie terbaik yang menggambarkan jelas keadaan Jepang pada masa tersebut. Hotaru no Haka juga diambil berdasarkan semi autobiografi tulisan Akiyuki pada tahun 1967. Hotaru no Haka juga memenangkan beberapa awards seperti juara utama Moscow International Children’s and Youth Film Festival pada tahun 1998.

21. Byousoku 5 Centimeter (2007)

Satu lagi mahakarya dari Makoto Shinkai yang cukup populer. 5 Centimeter merupakan anime movie terbaik bergenre romance yang menceritakan kisah tentang dua sejoli yang memiliki hubungan dekat hingga mereka harus berpisah karena salah satu diantaranya harus pindah ke kota lain karena alasan keluarga. Sekalipun berpisah mereka tetap melakukan kontak lewat pesan dan seiring dengan berjalannya waktu hubungan mereka semakin renggang namun tetap mengenang satu sama lain. 5 Centimeter memenangkan beberapa award seperti Asia Pacific Screen Award untuk kategori best Animated Feature Film di tahun 2007.

22. Perfect Blue (1997)

Perfect Blue menceritakan kisah tentang sebuah idol group bernama CHAM yang telah hadir di dunia entertainment selama dua tahun dan harus mengakhiri karir karena salah satu membernya Mima Kirigoe keluar dari grup untuk mengejar karirnya sebagai aktris. Namun kehidupan Mima berubah sejak keputusannya untuk keluar dari grup kehidupan Mima justru semakin memburuk dan berbeda dari yang dibayangkan. Perfect Blue merupakan movie bertemakan psikologikal horror yang cukup populer hingga memenangkan awards seperti Best Asian Film dan Best Animation Film pada tahun 1997.

23. Kaze Tachinu (2013)

Kaze Tachinu menceritakan tentang seorang pria bernama Jiro yang menciptakan Mitsubishi A6M Zero Fighter yang merupakan salah satu pesawat terbang paling populer di Jepang. Kisah Jiro yang berjuang mengejar mimpinya untuk menjadi seorang perancang pesawat terbang dengan melewati berbagai macam cobaan dan rintangan. Sebelum perilisan sang director Miyazaki Hayao menyatakan bahwa Kaze Tachinu akan menjadi movie terakhirnya dan alhasil seperti movie garapan Miyazaki lainnya, Kaze Tachinu berhasil meraih posisi tertinggi pada tahun perilisannya.

24. Tokyo Godfathers (2003)

Pada malam natal, tiga orang gelandangan menemukan bayi yang baru lahir di tempat pembuangan. Ketiga orang tersebut kemudian menyelamatkan bayi tersebut, memberinya nama dan kemudian memulai perjalanan untuk mencari orang tua sang bayi yang dipenuhi dengan banyak bahaya yang meliputi penculikan dan pembunuhan. Movie yang satu ini digarap dengan cukup apik oleh Studio Madhouse dan cukup populer di kalangan para pecinta genre comedy dan drama.

25. Stand By Me Doraemon (2014)

Terakhir namun masih salah satu yang terbaik adalah movie dari si robot kucing yang selalu membawa kantong berisi keajaiban, yaitu Doraemon. Siapa yang tidak kenal dengan Doraemon, kebanyakan pecinta film animasi tumbuh dengan imajinasi yang muncul dalam seri Doraemon. Dengan menyaksikan movie yang satu ini akan membuat para penonton bernostalgia dengan masa kecilnya yang dipenuhi dengan alat-alat ajaib Doraemon. Cerita yang ditampilkan pada movie ini memang diambil dari beberapa cerita yang sempat muncul dalam versi manga maupun serial anime, namun tetap dapat membuat terharu selama menyaksikannya.

Tentunya ini hanya sebagian kecil dari banyak anime movie terbaik wajib tonton yang direkomendasikan oleh Naiklevel. Masih banyak movie menarik lainnya yang mungkin akan dibahas di lain kesempatan. Bagaimana menurut rekan-rekan? Apakah ada rekomendasi anime movie yang menurut rekan-rekan harus masuk ke dalam list? Jika pernah menyaksikan sebagian dari list yang muncul bagaimana pendapat rekan-rekan? Silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ya.

25 Anime Movie Terbaik Wajib Tonton

  1. Howl no Ugoku Shiro
  2. Koto no Ha no Niwa
  3. Redline
  4. Ookami Kodomo no Ame to Yuki
  5. Stranger: Mukou Hadan
  6. Ghost in the Shell
  7. Akira
  8. Summer Wars
  9. Koe no Katachi
  10. Kimi no Na Wa
  11. Sen to Chihiro no Kamikakushi
  12. Mononoke Hime
  13. Evangelion
  14. Hotarubi no Mori e
  15. Bakemono no Ko
  16. Toki wo Kakeru Shoujo
  17. Tonari no Totoro
  18. Tenkuu no Shiro Laputa
  19. Karigurashi no Arrietty
  20. Hotaru no Haka
  21. Byousoku 5 Centimeter
  22. Perfect Blue
  23. Kaze Tachinu
  24. Tokyo Godfathers
  25. Stand By Me Doraemon
More Stories
Penjualan Nintendo Switch Melebihi 10 Juta Unit