fbpx

12 Anime Action dengan Tokoh Utama Wanita Terbaik dan Dominan dalam Ceritanya

336

Sangat sulit untuk menemukan anime action yang memiliki tokoh utama wanita dan berada dalam kategori bagus jika dibandingkan dengan karakter protagonis laki-laki. Mayoritas anime action diprioritaskan untuk menjadi konsumsi bagi fans yang menginginkan karakter yang benar-benar menunjukkan kekuatan sejati dari segi aksi, dan memandang bahwa wanita menjadi sesuatu hal yang sulit dan tabu untuk dikembangkan untuk menjadi sosok yang demikian dominan, terkait dengan respon dari berbagai media di berbagai belahan dunia.

Karena hal tersebut, dalam anime action, karakter tokoh utama laki-laki lebih banyak ditemui ketimbang tokoh utama wanita. Untuk seseorang yang memiliki keinginan untuk mencicipi sesuatu yang lebih mendekati realita yang merepresentasikan kehidupan, tentunya hal ini sangatlah mengganggu.

Untunglah, ada beberapa anime terbaik yang memang cukup memberikan porsi yang baik pada tokoh wanita yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, beberapa di antaranya justru berasal dari genre anime action, dan sosok yang disajikan di dalamnya merupakan contoh karakter utama yang dapat dikatakan sangat bisa kita banggakan.

Berikut hadir pembahasan mengenai 12 anime action dengan tokoh utama wanita terbaik dan dominan dalam ceritanya, menurut pengamatan kru Naiklevel.

1. Ghost in The Shell

Jadwal Penayangan: 1995 – 2015

Tokoh Wanita: Motoko Kusanagi

Ghost in The Shell merupakan anime action dengan fokus cerita utama pada Motoko Kusanagi, seorang gadis yang diciptakan melalui percampuran antara cyborg yang memiliki kemampuan layaknya seorang manusia dan memiliki tugas untuk memberantas Cyber Crime.

Musuh utama yang ada dalam anime action satu ini, merupakan seorang Hacker dengan kemampuan yang tidak terbatas, yang juga merupakan pemimpin dari Public Security Section 9 (sebuah organisasi fiksi yang diciptakan berdasarkan Japanese National Public Safety Commission atau Komisi Nasional Keselamatan Publik Jepang). Serial ini berlatarkan berbagai tempat dalam balutan Jepang yang futuristik.

Motoko diceritakan sebagai sosok yang berbeda dalam interpretasinya di dunia Ghost in The Cell, dalam berbagai literasi baik itu Novel, Manga, Film dan juga Anime. Dalam manga misalnya, Motoko diceritakan sebagai seorang yang atraktif dan seksi, sementara dalam versi Anime, ia adalah seorang karakter yang berkesan kuat dan serius. Perbedaan ini sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang besar. Karena dalam versi manapun, Motoko tetaplah karakter yang memiliki banyak penggemar karena sifat kompleks dan fleksibel yang dimilikinya.

Berbagai versi dari Ghost in The Shell memberikan kita sebuah pengalaman akan perkembangan karakter yang saling terkait dan juga luar biasa. Sebagai anime action, seluruh karakter dalam Ghost in The Shell akan terlibat dan berfokus pada cyber battle yang sangat keren. Karenanya serial ini juga termasuk dalam anime action terbaik. Selain serial televisi dan movie anime, Ghost in The Shell juga mendapatkan adaptasi film Hollywood dengan judul sama, dengan aktris Scarlett Johansson sebagai bintang utamanya.

2. Psycho-Pass

Jadwal Penayangan: Oktober 2012 – on going

Tokoh Wanita: Akane Tsunemori

Psycho-Pass merupakan sebuah serial action dengan fokus kepada pertempuran agen-agen kepolisian yang berhubungan dengan sebuah sistem cyber digital. Adalah Akane Tsunemori, seorang gadis muda yang bergabung dengan satuan organisasi polisi bernama MWPSB, yang menjadi karakter sentral dalam serial anime action satu ini.

Diceritakan terdapat sebuah sistem yang bernama “Sybil”, sebuah sistem perintah yang dapat mendeteksi peristiwa kriminal bahkan sebelum mereka terjadi, dan menghukum para pelakunya bahkan sebelum mereka melakukannya. Seiring berjalannya cerita, Akane sadar bahwa sistem yang ada di dunianya saat ini merupakan sebuah sistem yang salah.

Ia pun tumbuh menjadi seorang wanita muda naïf, yang kerap kali kesulitan dalam memilih antara menjalankan kewajibannya sesuai dengan protokol yang berlaku, atau menjadi seorang profesional yang mengabaikan peraturan demi melakukan apa yang dirasa olehnya merupakan sebuah kebenaran. Yang nama hal seperti ini biasanya diterapkan pada anime action dengan tokoh utama laki-laki, maka tidak ada salahnya untuk melihat wanita juga dapat melakukan hal yang identik dengan laki-laki, meski lebih condong berada dari sudut wanita.

3. Tokyo Ghoul

Jadwal Penayangan: Juli 2014 – Desember 2018

Tokoh Wanita: Touka Kirishima

Anime action satu ini menceritakan tentang seorang Ken Kaneki di sebuah dunia yang bertabrakan antara ras manusia dan ras lainnya yang tidak biasa. Kaneki adalah mahasiswa kutu buku yang gemar sekali membaca sambil minum kopi. Suatu hari ia melihat wanita yang berpenampilan elegan, berkacamata, dan terlihat pintar di sebuah kafe di kota.

Ia pun berkenalan dengannya, dan diketahui bahwa wanita tersebut bernama Rize Kamishiro. Kaneki lalu menjadi akrab dengannya karena kebetulan Rize juga menyukai buku novel literature yang menjadi genre kesukaannya. Suatu hari Kaneki mengajak Rize untuk pergi ke sebuah toko buku, dan Rize mengaku takut karenanya ia minta diantar pulang. Di tengah perjalanan, Rize menunjukkan jati diri sebenarnya bahwa ia adalah seorang Ghoul. Makhluk pemakan manusia, yang hidup sebagai manusia di antara manusia.

Rize menyerang Kaneki, dan ia pun berusaha menghindar kabur dengan keadaan terluka yang sangat parah, sebelum akhirnya tertimpa bangunan yang menyebabkan keduanya tewas. Namun diketahui bahwa Kaneki masih bernyawa, dan dokter yang mengoperasinya menggunakan bagian tubuh Rize untuk “menyelamatkan” Kaneki.

Seketika hidupnya yang semula normal pun berubah. Ia tidak bisa makan apapun selain daging manusia. Putus asa, Kaneki pun menemukan sebuah tempat bernama Anteiku, sebuah kedai kopi yang ternyata merupakan tempat berkumpulnya para Ghoul, yang ingin berbaur dengan manusia secara normal. Di sana ia bertemu dengan gadis bernama Touka Kirishima. Karakter inilah yang nantinya akan mengubah jalan kehidupan Kaneki.

Anime action satu ini menekankan perang batin antara seorang karakter Kaneki akan sebuah hubungan manusia dan Ghoul, yang semula hanyalah mitos di masyarakat. Terlebih ia pun menjadi terlibat pada berbagai peristiwa yang menentukan arah hidupnya yang baru, termasuk hubungannya yang berjalan sangat berliku-liku dengan Touka, dan kelompok Ghoul lainnya.

4. Air Gear

Jadwal Penayangan: April 2006 – Juni 2011

Tokoh Wanita: RingoNoyamano & SIMCA

Salah satu serial anime action yang dulu sempat tayang di Indonesia ini mungkin terdengar asing di telinga penggemar anime action zaman sekarang. Air Gear merupakan sebuah serial manga yang tampil pada Weekly Shonen Jump pada tahun 2002, dan mengudara di Jepang sekitar tahun 2006. Versi anime juga mengadaptasi cerita dengan lebih bebas jika dibandingkan dengan manganya. Namun hal tersebut tidak mengurangi keseruan animenya, karena serial ini merupakan salah satu anime action terbaik di masanya.

Diceritakan pada sebuah masa di mana Jepang menciptakan sebuah teknologi bernama Air Trecks atau disingkat dengan sebutan A.T.. sebuah sepatu roda berteknologi tinggi yang sudah disinkronisasi untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh pemiliknya.

Didukung dengan motor supersonic, pengatur keseimbangan, dan sinkronisasi sampai ke seluruh tubuh melalui teknologi scanner chip, A.T. membuat pemiliknya dapat bergerak dengan sangat cepat, melompat dengan tinggi, hingga menempuh medan-medan yang sebenarnya sangat tidak mungkin untuk didaki.

Seorang anak laki-laki bernama Itsuki Minami atau sering dipanggil Ikki, adalah murid yang dikenal sebagai “babyface” dan juga pemimpin dari geng remaja bernama “East Side Gunz” atau sering disebut “Higashi Guns”. Dalam perjalanan pulang sekolah, ia dipermalukan oleh grup Storm Rider (sebutan bagi para pengguna A.T.) bernama Skull Saders.

Mereka mengungkap rahasia tersembunyi dari keluarga angkat Ikki, Noyamano bersaudara, yang ternyata adalah anggota dari grup Storm Riders Legendaris dengan nama Sleeping Forest. Ikki lalu nekat mengambil A.T. milik salah satu kakak perempuannya, untuk menuntaskan dendamnya dengan Skull Saders, namun tanpa disadari ia menemukan hal yang “melebihi kepuasan dari sekadar balas dendam” setelah merasakan pengalaman saat “terbang”, yang membuka matanya akan sebuah dunia yang berbeda.

Ikki pun terlibat dalam dunia Air Trecks yang penuh dengan misteri yang belum pernah ia lihat dan rasakan sebelumnya.

5. Fate/stay night – Trilogy

Jadwal Penayangan: FSN Original (2006), UBW (2014 – 2015), Heaven’s Feel (2017 – on going)

Tokoh Wanita: Altria Pendragon / Saber, Rin Tohsaka, Sakura Matou

Pertempuran memperebutkan Holy Grail atau Perang Cawan Suci ini selalu menjadi serial anime action yang menarik untuk selalu diikuti. Fate bisa diakui merupakan salah satu serial anime action yang selalu mempunyai tokoh wanita yang tangguh di dalamnya.

Pembagian cerita utama menjadi 3 skenario yang berbeda untuk setiap serialnya membuat Fate menjadi salah satu anime action terbaik dengan skenario yang solid dan karakter yang beragam dan kepribadian yang kuat. Meskipun inti dari ceritanya tetap pada satu tujuan, yakni pertarungan sampai akhir demi mendapatkan cawan suci yang dapat mengabulkan seluruh keinginan.

Fate series dimulai dari tahun 2006 di mana kala itu Fate/stay night berhasil mendapatkan adaptasi anime perdananya yang berada di bawah arahan Studio DEEN. Dengan karakter utama bernama Shirou Emiya, seorang siswa SMA yang mempunyai darah penyihir yang dapat mendeteksi segala macam jenis kerusakan pada sebuah benda melalui sirkuit sihir miliknya. Perubahan kehidupan Shirou dimulai saat ia tidak sengaja melihat dua orang dengan zirah bertempur di lapangan sekolah pada malam hari. Ia kemudian diincar dan dibunuh oleh salah satu di antaranya. Shirou kemudian diselamatkan oleh gadis bernama Rin Tohsaka, yang merupakan siswi SMA di sekolahnya.

Namun meski sudah diselamatkan, nyawanya tetap menjadi incaran, sampai akhirnya ia tidak sengaja mengaktifkan sebuah lingkaran sihir di gudang tempat tinggalnya, untuk memanggil sebuah perwujudan pahlawan di masa lalu, Raja Arthur, yang berwujud wanita bernama Altria. Ia merupakan pahlawan berpedang atau berkelas Saber. Saber merupakan heroine utama dalam serial ini.

Pada tahun 2014, studio Ufotable juga mengadaptasi serial Fate berjudul Fate/stay night: Unlimited Blade Works, yang merupakan skenario kedua dari serial tersebut, dengan tokoh utama wanita kali ini adalah Rin Tohsaka. Serial ini berjalan selama 2 cour, dan mempunyai 24 episode dengan 1 episode spesial. Seri selanjutnya ialah Fate / stay night Movie: Heaven’s Feel yang dirilis pada 2017. Film ini merupakan sebuah trilogy yang akan mengcover cerita tokoh wanita ketiga atau dapat dikatakan merupakan skenario final dari seri Fate/stay night. Yaitu adik kelas dari Shirou yang bernama Sakura Matou.

6. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Jadwal Penayangan: April – Juli 2018

Tokoh Wanita: Karen Kohiruimaki / LLENN

Tampil berbeda dari serial utamanya, Sword Art Online. Anime action yang bisa disebut sebagai GGO Alternative ini mengangkat arc yang berhubungan dengan Phantom Bullet pada cerita utamanya, di mana Kirito memasuki game berbentuk peperangan dan bertemu dengan karakter baru bernama Shinon. Namun apa yang terjadi dari serial ini adalah beberapa saat setelah event aslinya. GGO Alternative menyajikan baku tembak layaknya sebuah permainan game bergenre Battle Royale yang sedang populer dalam beberapa tahun ke belakang. Perbedaan studio, desainer karakter, juga membuatnya mempunyai ciri khas sendiri. Karakter utama dalam anime action satu ini adalah wanita, dengan laki-laki yang hadir sebagai karakter sampingan.

Di tempat lain yang bersetting dengan waktu beberapa saat setelah event Gun Gale Online dimenangkan oleh Shinon dan Kirito, seorang gadis asal Hokkaido bernama Karen Kohiruimaki merasa minder karena fisiknya yang mempunyai tinggi rata-rata di atas gadis seusianya.

Karen merupakan seorang mahasiswi yang kuliah di Tokyo. Sementara itu Miyu Shinohara yang merupakan teman dari Karen, menyarankan agar ia mencoba memainkan game yang saat ini sedang nge-trend di kalangan penduduk Jepang untuk menghilangkan sifat minder yang dialaminya agar ia dapat lebih luwes dalam berinteraksi bersama orang-orang. Menggunakan Amusphere, Karen pun akhirnya mencoba berbagai jenis game virtual reality.

Namun nahasnya, algoritma random yang diterapkan tetap membaca tubuhnya dan memberikannya karakter yang berbadan tinggi. Hingga ia menemukan satu permainan, yang membuatnya menjadi seorang karakter gadis yang mungil, dan game tersebut adalah Battle Royale bernama Gun Gale Online. Berkat kelihaiannya dalam game tersebut, Karen dikenal dengan sebutan si Iblis Pink Kecil yang senantiasa meneror musuh yang menghadapinya.

Dalam perjalanannya di dunia GGO, ia bertemu dengan karakter laki-laki bernama M dan wanita bernama Pitohui. Dari sinilah berbagai kejadian dan masalah menarik terjadi, dan mengubah hidupnya.

7. Girls und Panzer

Jadwal Penayangan: Oktober 2012 – on going

Tokoh Wanita: Miho Nishizumi

Girls und Panzer atau GaruPan, merupakan anime action yang berhubungan dengan pertarungan Tank. Dalam dunia Girls und Panzer, wanita mendapat kedudukan terhormat berkat tradisi dari zaman dahulu di mana mereka berada dalam tradisi bernama Senshadou. Senshadou merupakan sebuah olahraga, yang memerlukan keterampilan dan kerjasama antar anggota yang terdapat di dalam tim.

Girls und Panzer seolah memaparkan kekuatan wanita Jepang, yang dibuat terampil pada segala sesuatu yang berhubungan dengan Militer. Meski sebenarnya semua yang ada dalam GaruPan adalah berada dalam konsep yang “safe”.

Senshadou diibaratkan merupakan sebuah kegiatan olah raga yang sangat bergengsi. Hingga menciptakan berbagai sekolah khusus wanita pada sebuah kota kecil berbasis kapal induk, yang akan terapung dan mendarat beberapa waktu sekali. Sekolah ini juga mengadaptasi gaya bermain yang sangat unik. Karena meski berbasis Jepang, mereka juga mencampuradukkan budaya lain seperti Jerman, Inggris, Perancis, Rusia, Finlandia, Spanyol, dan lainnya, yang memang memiliki sejarah militer yang kuat pada masa perang dunia.

Diceritakan seorang gadis SMA bernama Miho Nishizumi, yang merupakan penerus dari klan Senshadou terkenal di Jepang, Aliran Nishizumi. Ia memutuskan untuk pindah dari sekolahnya yang mempunyai sejarah Senshadou yang sangat panjang sebagai juara kompetisi beruntun. Namun di tahun pertamanya, sebagai Wakil Kapten, ia gagal meneruskan tradisi tersebut, dan memutuskan keluar dan pindah ke SMA yang memang tidak terdapat ekstrakulikuler Senshadou.

Perjalanan membawanya ke sebuah sekolah wanita Akademi Ooarai. Namun tanpa diduga, sekolah barunya tersebut juga sedang merencanakan untuk membangkitkan kembali ekskul Senshadou mereka yang telah lama hilang. Datangnya Miho ke Ooarai nampaknya menjadi berita besar bagi seisi sekolah, dan akhirnya pertemuan dengan teman-teman baru, dan perjalanannya sebagai kapten Tim Ooarai pun dimulai.

8. Akame ga Kill!

Jadwal Penayangan: Juli – Desember 2014

Tokoh Wanita: Akame

Apa yang unik dalam serial anime action yang satu ini adalah bagaimana tokoh utama sebenarnya di dalam sebenarnya tidak sesuai dengan judulnya. Akame ga Kill memberikan kita sebuah cerita dari sudut pandang karakter laki-laki bernama Tatsumi. Ia adalah seorang pengelana yang berasal dari desa untuk mengadu nasib di kota kerajaan.

Tatsumi datang bersama kedua temannya yakni Ieyasu dan Sayo. Dalam sebuah perjalanannya, Tatsumi bertemu dengan seorang anak wanita kaya raya bernama Aria, yang menawarkannya tempat tinggal. Namun pada suatu malam, sekelompok pembunuh bayaran bernama “Night Raid” dikirim untuk membunuh keluarga anak tersebut. Namun ternyata apa yang ia temukan sangat mengejutkan karena fakta bahwa Ieyasu dan Sayo, telah disiksa oleh Aria sampai mati. Tatsumi lalu melihat kebenaran yang ditunjukkan oleh Night Raid, dan membunuh Aria dengan tangannya sendiri. Ia lalu bergabung dengan Night Raid, dan menyadari bahwa kerajaan dan kota penuh dengan kebusukan dalam tatanan masyarakat kaya raya yang sudah ada.

Sementara itu karakter yang memegang judulnya sendiri, yakni Akame justru hadir sebagai karakter sidekick, meskipun pada akhirnya ia juga bersinar menjelang akhir cerita. Akame ga Kill manga memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada ceritanya, dikarenakan anime yang tayang setiap minggu selama 25 episode ini, mengejar manganya yang diterbitkan selama 1 bulan sekali. Namun Keseluruhan unsur yang ditunjukkan dalam Akame ga Kill, cerita, maupun karakter yang ada, membuatnya layak menjadi salah satu anime action terbaik. Meskipun cerita yang diadaptasi berbeda dengan manga.

9. Ben-To

Jadwal Penayangan: Oktober – Desember 2011

Tokoh Wanita: Sen Yarizui & Ayame Shaga

Ketika mendengar kata “Bento” sejatinya yang terbayang adalah sebuah makanan yang disajikan sebagai bekal maupun paket makanan-makanan yang dibungkus jadi dan tersedia di tempat-tempat seperti minimarket di Jepang. Apa yang ada dalam anime ini memang benar membahas mengenai makanan, namun apa yang disajikannya merupakan sebuah hal yang berbeda dan tidak biasa seperti pada umumnya.

Ben-To adalah sebuah anime action. Mengapa demikian? Inti dari anime ini adalah bagaimana memperebutkan makanan (dalam konteks ini, adalah Bento yang dijual di Supermarket atau Minimarket), yang sudah dalam keadaan diskon setengah harga. Di Jepang, sebuah tradisi unik pada sistem pertokoan dan perbelanjaan, di mana sebuah makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsa, biasa pada pukul 7 malam setiap harinya, akan mendapatkan diskon. Ini berlaku bagi makanan seperti Bento, Onigiri, Sushi, maupun makanan lainnya yang mempunyai keawetan yang sangat sebentar.

Penjual akan menempelkan sticker pada makanan yang mendekati masa kadaluarsa. Biasanya dimulai dengan 20%. Semakin malam diskon yang diberikan juga semakin besar, sampai 50% atau bahkan 70%. Inilah yang menjadi inti dari anime action satu ini. Untuk mendapatkan Bento dengan harga diskon, mereka harus bertarung secara fisik dan mati-matian setiap harinya. Semua orang yang mengincar, dari golongan apapun juga akan maju ke medan pertempuran demi memuaskan rasa lapar yang dialami oleh perut mereka.

Tokoh utama dalam anime action ini, adalah You Satou yang menyadari pada sebuah malam ia kelaparan dan berniat membeli makanan dari minimarket. Melihat ada bento diskon, ia pun berniat untuk mengambilnya, namun ternyata apa yang terjadi selanjutnya adalah ia terpental dan tidak mengingat apa-apa. Setelah itu, You pun menyadari bahwa bento diskon diburu banyak orang, dan para pemburu tersebut disebut dengan Ookami atau Serigala. Di antara para pemburu tersebut, ternyata terdapat seorang gadis yang terkenal dengan julukan “Hyoketsu no Majo” (Penyihir Es), yang tak ia sadari merupakan seorang kakak kelas di sekolahnya.

10. Shakugan no Shana

Jadwal Penayangan: Oktober 2005 – Maret 2012

Tokoh Wanita: Shana

Anime action satu ini juga menempatkan sosok wanita sebagai salah satu tokoh sentral di dalamnya selain tokoh utama laki-laki. Diceritakan Yuuji Sakai adalah seorang siswa SMA biasa yang menjalani kehidupan sehari-harinya secara biasa layaknya anak-anak seusianya. Menjalani kehidupan di sekolah yang diisi oleh banyak sekali gadis imut mungkin menjadi dambaan anak-anak seusianya.

Suatu hari, pada sebuah pelajaran literature, ia dibantu oleh seorang siswi bernama Yukari Hirai. Sepulang sekolah Yuuji pun bertemu dengan Hikari di tempat ia membeli CD. Dalam sebuah percakapan, Yuuji mengetahui bahwa Yukari memiliki perasaan pada sahabatnya yang bernama Ike. Yuuji pun menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya, kepada kedua temannya tersebut. Hingga saat perjalanan pulang ke rumah sebuah keanehan terjadi.

Sebuah segel pembatas yang tiba-tiba muncul seolah menghentikan waktu, dan di sana terdapat monster yang ingin memakan orang-orang di sekitarnya. Seketika sebelum monster itu melihat Yuuji, seorang gadis berambut terbakar dan bermata merah menyala muncul membelah sebagian badannya dengan maksud untuk menghabisi monster tersebut.

Yuuji pun kaget karena badannya bersatu kembali, dan melihat keadaan di sekitarnya yang saat ini menjadi penuh dengan api berwarna biru. Gadis misterius itu lalu mengatakan bahwa mereka adalah Api yang diciptakan untuk menyeimbangkan eksistensi manusia, dengan kata lain mereka bukanlah manusia asli. Yuuji pun menemukan dalam dirinya juga terdapat Api yang sama. Apa yang ia temukan selanjutnya adalah sebuah petualangan hebat yang mengubah hidupnya.

Shakugan no Shana terdiri dari 3 season dan beberapa OVA tambahan serta beberapa special episode dalam serial tambahan, bertema karakter chibi dan gag termasuk kolaborasi dengan serial lain yang masih satu studio. Serial ini mengudara selama hampir 7 tahun, dan merupakan salah satu anime action terbaik medio tahun 2000 sampai dengan awal-awal generasi 2010-an.

11. Highschool of the Dead

Jadwal Penayangan: Juli – September 2010

Tokoh Wanita: Saeko Busujima & Rei Miyamoto

Anime action bergenre Zombie Outbreak dapat dikatakan sangat jarang ditemui dalam beberapa tahun terakhir. Berbeda dengan manga yang memang sudah termasuk pada kategori menjamur. Genre horror satu ini dapat dikatakan kurang dapat meraih banyak peminat setelah beberapa seri sebelumnya yang booming secara tiba-tiba hilang dari peredaran. Termasuk salah satu di antaranya adalah High School of Dead. Seri ini sempat mengalami hiatus yang cukup lama, sebelum akhirnya dikonfirmasi tidak akan dilanjutkan.

Berawal dari sebuah serangan yang tak diduga di gerbang sekolah, sekelompok guru dan penjaga sekolah menyangka ada orang gila yang mencoba masuk ke dalam sekolah dengan menggedor-gedorkan kepalanya. Ketika ia diusir oleh salah seorang guru, orang tersebut tiba-tiba menggigit. Setelah itu terjadi reaksi berantai karena guru tersebut juga menggigit yang lainnya.

Takashi Komuro yang saat itu sedang membolos, melihat kejadian tersebut dan langsung menuju kelas tempat teman masa kecilnya berada, Rei Miyamoto. Beberapa saat kemudian terdengar pengumuman bahwa telah terjadi penerobosan dan kekerasan oleh orang yang tidak dikenal. Seluruh sekolah pun kacau. Takashi dan Rei berusaha kabur dari sekolah, mereka pun bertemu dengan beberapa siswa dan guru lainnya yang selamat.

Namun parahnya, mereka juga malah saling mengorbankan satu sama lain. Orang-orang menjadi gila dan melakukan apa saja untuk menyelamatkan dirinya masing-masing. Takashi dan kawan-kawan pun harus berusaha sendiri untuk keluar dari kota karena sebagian besar isi kota ternyata telah terkena infeksi dan berubah menjadi zombie.

Highschool of the Dead merupakan anime action adaptasi manga karangan mangaka asal Jepang, Daisuke Sato. Sempat hiatus selama kurang lebih 6 tahun, Daisuke secara mengejutkan dikabarkan meninggal pada tahun 2017 silam.

Hal tersebut meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi penggemar, yang memang menantikan kelanjutan serialnya. Sebagian fans juga nampaknya sudah merelakan serial tersebut, dan menganggap bahwa tidak ada yang boleh melanjutkan serialnya karena serial tersebut hanya milik Daisuke Sato. Sementara Shoji Sato sebagai ilustrator, juga mengungkapkan bahwa proyek tersebut adalah hasil kolaborasi dirinya dengan almarhum, karena itu ia tidak dapat melanjutkan serialnya.

12. Seirei no Moribito – Guardian of The Spirit

Jadwal Penayangan: April – September 2007

Tokoh Wanita: Balsa Yonsa

Sangat sulit untuk menemukan anime yang dapat dengan cerdas memanfaatkan apa yang memang dapat dimaksimalkan karakternya. Moribito – Guardian of The Spirit adalah sebuah pengecualian untuk sebuah anime action. Serial ini begitu sangat menghormati karakternya dan juga mempunyai sebuah storytelling yang sangat solid.

Balsa yang merupakan tokoh wanita dan juga karakter utama dalam animenya. Ia berada sebagai sebuah eksistensi yang sangat langka, yakni seorang penjaga yang menggunakan tombak sebagai senjata utamanya, Ia juga mampu melawan hingga sekumpulan laki-laki yang berjalan untuk menghalanginya.

Namun keinginannya untuk tidak membunuh orang mengincarnya. Balsa ditugaskan untuk melindungi Pangeran Chagum yang merupakan generasi termuda dari silsilah kerajaan, yang entah kenapa menjadi sasaran pembunuhan karena berbagai alasan dengan muatan konflik politik yang sangat kental.

Serial ini tayang pada malam hari, dan mempunyai unsur drama yang lebih banyak, namun juga action yang tidak kalah menawan. Aksi kejar-kejaran dan pertarungan yang ada juga membuat anime action satu ini menjadi sebuah tontonan yang terkesan dewasa.

Bahkan untuk sekedar episode filler, rasanya hubungan antar karakter yang disajikan menjadi sebuah kedekatan yang sangat absolut dan memberikan impact yang cukup bagus pada penonton. Sebuah anime haruslah memiliki fleksibilitas cerita yang selalu beradaptasi dengan perkembangannya dan Seirei no Moribito merupakan salah satu anime action terbaik jika kita melihat selera pasar zaman sekarang.

Kesimpulan

Demikian anime action dengan tokoh wanita terbaik dan dominan pilihan redaksi Naiklevel. Mungkin sebagian kalian mengenal banyak versi lain dalam kategori yang sama. Inuyasha, Gintama, Attack on Titan, Naruto, Fairy Tail, ataupun One Piece dan Dragon Ball, merupakan satu dari sekian serial populer yang memiliki tokoh wanita yang kuat di dalamnya, bukan hanya semata fisik, namun juga kepribadian yang membuat serialnya menjadi lebih berwarna dan dinamika yang tercipta dengan karakter utama laki-laki lainnya.

Namun penulis mencoba untuk mengangkat beberapa serial yang kurang populer maupun berada dalam taraf menengah jajaran anime action terbaik, untuk didiskusikan karena mereka memang layak berada di barisan terdepan.

Selain itu memang selama ini, anime action memang lebih banyak identik dengan laki-laki. Karenanya tokoh wanita kerap kali kurang mendapatkan perhatian. Kesetaraan gender memang belum mencapai tingkat yang lebih jauh dari industri perfilm-an. Namun beberapa contoh di atas juga dapat menjadi sebuah inspirasi bagi kalian yang notabene merupakan wanita untuk terus berkarya dan lebih baik di masa depan.

Jika kalian punya topik ataupun rekomendasi anime action lainnya yang menarik dan berhubungan dengan tema tulisan ini, jangan sungkan untuk menyebutkannya di kolom komentar ya.

Comments
Loading...