fbpx

10 Anime Komedi Terbaik Super Ngakak

92

Selain menghibur, tema komedi juga salah satu yang jarang muncul di permukaan karena belakangan serial animasi televisi dipenuhi dengan anime bertemakan isekai atau another world. Meskipun begitu pada kesempatan kali ini Naiklevel akan mencoba membahas setidaknya 10 anime komedi terbaik yang siap mengocok perut para pembaca sekalian.

Agar lebih memudahkan para pembaca, Naiklevel juga akan menambahkan sedikit informasi mengenai anime dan tentunya ulasan singkat seputar anime tersebut agar lebih memudahkan rekan-rekan sekalian untuk menentukan serial mana yang lebih dahulu akan disaksikan. Kalau begitu langsung saja, berikut adalah 10 anime komedi terbaik super ngakak yang wajib ditonton:

1 . Asobi Asobase (2018)

Studio Pembuat: Lerche
Genre: Komedi, Kehidupan Sekolah
Jumlah Episode: 12

Asobi Asobase merupakan salah satu anime bergenre komedi yang masih hangat dibicarakan. Pasalnya, anime yang satu ini baru saja tayang tahun lalu dan cukup dinikmati oleh banyak penonton. Asobi Asobase berkisah tentang 3 orang pelajar sekolah berkelakuan konyol yang menciptakan klub sendiri bernama “Pastime Club” guna menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk menyalurkan ide-ide dan kelakuan konyol mereka.

Ketiga tokoh Olivia, Kasumi dan Hanako memiliki karakter yang unik. Olivia yang merupakan siswa pindahan dari luar negeri namun tidak bisa berbahasa Inggris, Hanako tukang ceplas-ceplos yang selalu cerewet, serta Kasumi seorang pemalu yang sifatnya berubah menjadi mengerikan ketika dia akan melakukan suatu hal yang serius. Ketiga karakter dengan sifat yang berbeda ini sukses berbaur menjadi satu dalam klub yang mereka dirikan dan senantiasa berbuat kekacauan juga kekonyolan.

Animasi yang ditampilkan oleh serial ini terlihat smooth dan cukup terang. Hampir di setiap hal konyol yang mereka lakukan diiringi dengan raut wajah yang kocak dan hampir di setiap punchline yang dikatakan oleh karakter dapat membuat penonton tertawa puas. Selain itu, karena ketiga tokoh utamanya perempuan, penonton pria jadi mengetahui hal konyol apa saja yang dilakukan oleh wanita. Oleh karena itu serial ini harus masuk kedalam 10 anime terbaik super ngakak yang harus disimak.

2. Azumanga Daioh (2002)

Studio Pembuat: J.C.Staff
Genre: Komedi, Kehidupan Sekolah, Kehidupan Sehari-hari
Jumlah Episode: 26

Sedikit mundur ke tahun 2002 dimana judul yang satu ini dikenal oleh hampir semua pecinta anime. Azumanga Daioh merupakan salah satu yang klasik jika berbicara tentang anime komedi. Serial yang satu ini juga masih dibintangi dengan karakter-karakter wanita kocak dengan sifat yang berbeda. Berbeda dengan Asobi Asobase yang terpusat pada kegiatan di club, kelucuan-kelucuan yang terjadi di Azumanga Daioh terjadi di sekolah saat pelajaran, liburan musim panas, hingga kejadian-kejadian tidak terduga.

Azumanga Daioh juga merupakan serialisasi manga karya Kiyohiko Azuma yang cukup terkenal dan digemari oleh banyak orang. Bahkan sebelumnya versi manga dari Azumanga Daioh juga sempat muncul dalam versi bahasa inggris dari bulan September tahun 2003 hingga bulan April tahun 2004 karena banyak diminati di luar Jepang.

Karena beberapa jokes yang tampil dari seri ini juga berkaitan dengan penggunaan tata bahasa, Azumanga Daioh juga sempat mendapatkan penyempurnaan untuk terjemahannya pada tahun 2007 dan kembali rilis dengan terjemahan versi barunya di tahun 2009. Hal ini merupakan bukti yang menunjukkan bahwa pihak penerbit ingin para penggemar dapat sepenuhnya menangkap jokes yang muncul pada serial ini. Hingga saat ini masih ada yang menyatakan bahwa menonton beberapa kali pun serial Azumanga Daioh akan tetap tertawa. Salah satu dari 10 anime komedi terbaik super ngakak yang harus dicoba.

3. Danshi Koukousei no Nichijou (2012)

Studio Pembuat: Sunrise
Genre: Kehidupan Sehari-hari, Kehidupan Sekolah, Komedi
Jumlah Episode: 12

Kehidupan di sekolah memang setting yang sangat cocok untuk tema komedi. Selain lelucon yang mudah diterima karena setiap orang pernah merasakan masa-masa di sekolah, momen kocak yang muncul juga banyak jenisnya sehingga tidak akan pernah habis. Danshi Koukousei no Nichijou merupakan salah satu contoh serial yang sukses mengangkat kisah kehidupan 3 anak laki-laki konyol yang berusaha hidup sehari-harinya tanpa melewatkan canda dan tawa.

Studio Sunrise yang terkenal dengan karya-karya mecha dan actionnya seperti Code Geass, Gundam, Cowboy Bebop, akhirnya menciptakan sesuatu yang berbeda namun tetap dapat dinikmati oleh seluruh penggemarnya sehingga Danshi Koukousei no Nichijou bisa tampil bersinar seperti karya Sunrise yang lainnya.

Setiap episode dari serial ini digarap secara hati-hati dengan topik yang unik dan tidak membosankan, 3 tokoh utama yang ditampilkan (Hidenori, Yoshitake dan Tadakuni) merupakan figure 3 anak laki-laki paling kocak yang mungkin ada diantara teman kita semasa duduk di bangku SMA. Humor yang mereka tampilkan fresh sehingga cocok dimasukkan kedalam 10 anime komedi terbaik super ngakak.

4. Gintama (2006-On Going)

Studio Pembuat: Sunrise
Genre: Aksi, Komedi, Parodi, Historikal, Remaja
Jumlah Episode: Hingga saat ini mencapai 367 episode

Satu lagi mahakarya Sunrise yang sukses digemari banyak pecinta anime shounen karena pembawaannya yang unik dan berbeda dari yang lain. Serial pertama Gintama yang pertama kali tayang di televisi berjumlah 201 episode yang tayang dari pertengahan tahun 2006 hingga tahun 2010 lalu. Hingga saat ini serial Gintama masih digarap dan sempat tayang ke dalam bentuk arc dengan total 12 episode dalam beberapa season.

Beberapa berpendapat bahwa serial Gintama akan terus tayang hingga sang penulis tidak bisa menggambar lagi karena serial yang satu ini mengambil jokes dari hal-hal yang sedang ramai dibicarakan di dunia nyata. Para penggemar yang mengikuti seri ini dari awal pasti akan mengerti kenapa ada yang mengatakan kalau serial komedi yang satu ini dicap abadi, tentunya karena jokes yang muncul merupakan selintinga dari hal-hal yang tengah booming.

Kelebihan Gintama bukan hanya itu, selain unggul dari sisi komedi, serial yang satu ini memiliki main arc yang cukup tajam, disamping episode-episode yang dipenuhi dengan lawak dan komedi, terkadang ada episode dimana cerita di setir kejalur cerita utama untuk kembali mengingatkan para penggemar bahwa sang tokoh utama tetap memiliki tujuan utama. Selain parodi dari anime lain yang sering bermunculan, aksi yang disajikan oleh Gintama bukan main intense-nya. Cocok untuk para penikmat anime aksi dan komedi dengan jumlah episode yang panjang. Salah satu anime komedi terbaik super ngakak yang sangat direkomendasikan.

Anime Komedi Terbaik Grand Blue (2018)

5. Grand Blue (2018)

Studio Pembuat: Zero-G
Genre: Komedi, Dewasa, Kehidupan Sehari-hari
Jumlah Episode: 12

Kembali ke seri yang baru saja tayang tahun lalu. Serial yang satu ini juga sempat hangat dibicarakan karena penjualan manga-nya yang sukses melebihi 3,5 juta kopi. Berbeda dengan anime komedi lainnya, Grand Blue mengangkat tema kehidupan para mahasiswa di bangku kuliah yang tergabung ke dalam klub menyelam. Sang tokoh utama Iori yang pindah ke sebuah kota kecil tempat paman dan sepupunya tinggal harus menjalani hari-harinya bersama para senior gila sembari mempelajari teknik menyelam.

Tidak banyak serial anime yang mengangkat tema kehidupan di bangku kuliah, oleh karena itu Grand Blue berhasil membawakan suasana baru ke layar televisi. Tentunya lelucon yang disediakan dalam serial ini berbeda dengan lelucon yang ada pada anime-anime komedi bertemakan kehidupan di sekolah karena potret tokoh utama yang ditampilkan telah dewasa. Beberapa hal seperti, minum-minum, telanjang, hingga pergaulan bebas tentunya tidak akan ditemukan di anime komedi sekolahan. Disitulah kelebihan Grand Blue sebagai serial anime komedi yang ditujukan untuk penonton dewasa.

Disamping komedi, Grand Blue juga serius membawakan tema menyelam dan dunia bawah laut yang jarang diangkat anime kebanyakan. Dengan menyaksikan Grand Blue penonton setidaknya akan mengetahui garis besar aktivitas dasar yang dilakukan oleh para penyelam. Secara keseluruhan, penonton akan puas menyaksikan Grand Blue karena komedi, romansa dan alur cerita yang disediakan cukup menarik dan ringan untuk diikuti. Salah satu dari 10 anime komedi terbaik super ngakak yang akan bikin para penonton tertawa terbahak-bahak.

6. Himouto! Umaru-chan (2015-2017)

Studio Pembuat: Doga Kobo
Genre: Komedi, Kehidupan Sekolah, Kehidupan Sehari-hari
Jumlah Episode: 12 Episode Season 1 dan 12 Episode Season 2

Apakah rekan-rekan selalu percaya jika sesuatu seseorang memiliki sifat yang sama di dalam dan di luar rumah? Karena Umaru-chan akan memberikan wawasan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Himouto atau himo no imouto adalah istilah bagi seorang adik perempuan yang suka bermalas-malasan di dalam rumah. Hal yang dilakukan oleh himouto adalah membaca komik, bermain game, menghabiskan kudapan serta membuat sang kakak kerepotan.

Di sisi lain Umaru yang merupakan tokoh utama memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda ketika berada di luar rumah atau berada di sekitar teman-temannya. Ketika berada diluar Umaru akan berubah menjadi seorang perempuan cantik berotak cerdas yang pandai dalam melakukan berbagai macam hal sehingga dikagumi oleh teman-teman sekolahnya. Himouto! Umaru-chan merupakan anime komedi yang menceritakan kehidupan sehari-hari Umaru di dalam dan di luar rumah.

Selain komedi Himouto! Umaru-chan juga dipenuhi dengan kisah mengharukan antara Umaru dan kakaknya yang sangat peduli dengannya, disamping humor melihat tingkah Umaru yang menjengkelkan namun menggemaskan, penonton juga dapat melihat perlakuan kakaknya yaitu Doma yang penuh kesabaran dan perjuangan. Salah satu anime komedi terbaik yang harus disaksikan.

7. Hinamatsuri (2018)

Studio Pembuat: feel.
Genre: Komedi, Kehidupan Sehari-hari, Supernatural
Jumlah Episode: 12

Tampaknya tahun 2018 lalu cukup menggembirakan karena tema komedi yang jarang diangkat muncul bersamaan dimana salah satunya adalah Hinamatsuri. Berkisah tentang seorang yakuza bernama Nitta yang apartemennya tidak sengaja disinggahi oleh alien dari luar angkasa berwujud seorang anak perempuan, serial yang satu ini sukses dalam mengangkat tema komedi ke tahap yang selanjutnya.

Nitta yang bernasib harus merawat sang alien bernama Hina kewalahan karena ternyata Hina memiliki kekuatan super power yang dapat menjatuhkan kelompok yakuza yang menjadi musuh Nitta. Dari situlah Nitta mulai memanfaatkan kemampuan Hina dan mulai hidup bersama menempuh suka duka.

Hinamatsuri dinilai sangat baik dalam membawakan humor dan hal-hal jenaka yang ada ke dalam kisah dan alur cerita yang tidak biasa. Penonton akan sangat menikmati anime yang satu ini karena selain tawa, akan ada banyak pesan moral yang dapat diambil dari seri satu ini. Akan ada momen dimana rekan-rekan sekalian fokus mengikuti alur cerita namun tertawa terpingkal-pingkal seketika. Jika rekan-rekan ingin menonton komedi yang hadir belum lama, Hinamatsuri adalah jawabannya.

8. Nichijou (2011)

Studio Pembuat: Kyoto Animation
Genre: Komedi, Kehidupan Sehari-hari
Jumlah Episode: 26

Hanya orang menderita yang melewatkan harinya tanpa canda dan tawa. Oleh karena itu kebanyakan anime komedi mengambil setting kehidupan sehari-hari. Jika rekan-rekan sebelumnya pernah menyaksikan Azumanga Daioh, maka akan terasa nostalgia jika menyaksikan Nichijou, karena lawakan yang disediakan klasik dan memiliki tipikal yang sama.

Jika menyaksikan serial yang satu ini maka rekan-rekan akan mengetahui kalau Nichijou memang diciptakan hanya untuk gag semata. Beberapa humor yang ditampilkan memang tidak to the point dan membutuhkan proses untuk mencernanya, tapi sekalinya paham, akan sukses mengocok perut para pemirsa. Selain itu, tampilan gambarnya yang ciri khas gag anime juga turut mendukung dan cocok jika dipadukan dengan humor-humor yang ada dalam anime-nya.

Nichijou yang digarap oleh Kyoto Animation ini juga sebelumnya telah mendapatkan lisensi dari Bandai Entertainment pada awal tahun 2012 lalu, namun kabarnya lisensi tersebut harus dicabut hingga tahun 2016 dimana kepemilikan berpindah tangan ke Funimation dan perilisan untuk luar negeri berlanjut melalui penerbitan Blu-ray DVD combo pack yang dilengkapi dengan subtitle.

9. Sakamoto Desu ga? (2016)

Studio Pembuat: Studio Deen
Genre: Kehidupan Sekolah, Komedi
Jumlah Episode: 12

Karakter keren? Banyak. Karakter konyol? Banyak. Karakter jenius? Banyak juga. Karakter yang keren sekaligus konyol dan jenius? Hanya Sakamoto. Sejak awal pembukaan anime hanya dari beberapa scene penonton sudah dapat menerka karakter seperti apa Sakamoto, penonton juga sudah dapat merasakan unsur komedi yang sangat kental yang akan dibawakan oleh sang tokoh sepanjang 12 episode.

Sakamoto merupakan seorang anak SMA dengan kepribadian unik yang seringkali melakukan hal-hal aneh sebagai seorang siswa. Hal yang dia lakukan selalu menarik perhatian sehingga membuat siswi di sekolahnya tergila-gila. Jika kebanyakan anime komedi menitikberatkan sisi humornya pada cerita dan percakapan, maka komedi yang disajikan oleh Sakamoto kebanyakan ditampilkan melalui aksi sang tokoh utama.

Bagi para pemirsa yang tidak biasa melihat seorang jenius yang memiliki kelainan OCD (Obsessive Compulsive Disorder) maka serial anime yang satu ini akan sukses membuat rekan-rekan sekalian tepok jidat dan tertawa puas. Di sisi lain, Sakamoto seperti Mr. Bean yang bisa berbicara, bedanya dia berparas tampan dan hanya mengatakan hal-hal yang keren saja. Sakamoto Desu ga? Akan memberikan sentuhan baru bagi para penggemar anime yang suka dengan hal-hal jenaka. Salah satu dari 10 anime komedi terbaik super ngakak yang wajib dicoba.

10. Saiki Kusuo Psi-nan (2016-2018)

Studio Pembuat: J.C.Staff, Egg Firm
Genre: Komedi, Kehidupan Sekolah, Remaja, Supernatural
Jumlah Episode: 140 Episode Season 1 dan 24 Episode Season 2

Terakhir namun masih salah satu dari 10 anime komedi terbaik super ngakak adalah Saiki Kusuo Psi-nan. Komedi dengan latar kehidupan sekolah kali ini dibumbui dengan tokoh utama bernama Saiki yang memiliki kekuatan supernatural. Dengan kekuatannya, Saiki dapat melakukan banyak hal seperti membaca pikiran, berpindah tempat dalam sekejap, telekinesis yang terkadang dirinya kehilangan kontrol dan membawanya ke dalam keadaan yang merepotkan.

Season pertama dari Saiki muncul setiap hari Senin hingga Jumat yang dibagi menjadi potongan pendek selama 5 menit. Meskipun begitu serial yang diangkat dari manga jebolan Shonen Jump ini sukses meraup banyak penonton hingga akhirnya muncul season 2 dengan penayangan secara penuh berdurasi 25 menit.

Unsur komedi dalam Saiki Kusuo Psi-nan kebanyakan terpusat kepada kecerobohan saiki dalam menggunakan kekuatan supernya dan juga pada teman-temannya yang memiliki karakter konyol. Punchline seperti pengucapan kalimat panjang yang super cepat dan juga mencibiri kekonyolan karakter lain juga menjadi ciri khas anime ini. Jika rekan-rekan mencari anime komedi dengan sejumlah karakter yang memiliki kepribadian unik, maka serial yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Itulah 10 anime komedi terbaik super ngakak yang dijamin akan membuat perut rekan-rekan sekalian kesakitan. Memang tidak setiap humor bisa dimengerti oleh semua orang karena setiap orang memiliki selera humor yang berbeda. Namun pada list di atas Naiklevel sudah sebisa mungkin memaparkan serial anime dengan tingkat humor yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Masih banyak anime komedi lainnya yang belum sempat dicantumkan ke dalam list anime komedi terbaik yang dapat membuat rekan-rekan ngakak. Pada kesempatan selanjutnya mungkin Naiklevel akan mencoba membahas anime komedi yang lebih spesifik seperti romcom atau sejenisnya.

Bagaimana list diatas menurut rekan-rekan? Apakah ada anime komedi yang tidak kalah lucunya dengan anime yang dipaparkan di atas? Jika ada jangan lupa tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya!

10 Anime Komedi Terbaik Super Ngakak

  1. Asobi Asobase
  2. Azumanga Daioh
  3. Danshi Koukousei no Nichijou
  4. Gintama
  5. Grand Blue
  6. Himouto! Umaru-chan
  7. Hinamatsuri
  8. Nichijou
  9. Sakamoto Desu ga?
  10. Saiki Kusuo Psi-nan
Comments
Loading...