fbpx

15 Anime Romance Terbaik dengan Nuansa yang Unik dan Tidak Biasa

78

Era Milenial dapat dikatakan adalah masa keemasan yang membawa berbagai anime romance terbaik kepada para penggemar genre yang memang sangat populer bagi muda-mudi di Negara Jepang.

Genre Romance merupakan satu dari sekian genre yang memang selalu ada setiap musim dalam setiap tahunnya. Karena itu setiap tahun pasti selalu muncul anime romance terbaik untuk berbagai kategori. Entah itu sebagai genre tunggal maupun bercampur dengan genre lainnya. Romance atau Percintaan memang merupakan sebuah bumbu yang dapat menyatu bersama genre lainnya, meskipun jika hanya berperan sebagai pemanis, dan akan menjadi sangat bagus apabila pihak produksi berhasil memanfaatkannya dengan sangat benar.

Karena itu, Kru Naiklevel akan mencoba membahas anime romance terbaik dengan cerita yang memang unik dan tidak biasa. Deretan anime romance terbaik di bawah ini bukanlah peringkat, melainkan hanya sekedar penomoran saja. Namun meski demikian, penulis juga menyelipkan 3 Besar anime romance terbaik yang benar-benar mesti ditonton di dalam pembahasannya.

1. Toradora!

Rekomendasi Anime Romance Terbaik Nomor 2

  • Genre: Romance, Slice of Life, School Life, Comedy
  • Studio Pembuat: JC Staff
  • Sutradara: Kenichi Kasai
  • Pemeran Utama: Rie Kugimiya dan Junji Majima

Ulasan Singkat:
Ryuuji adalah seorang anak SMA yang tinggal dengan Ibunya dalam kehidupan yang pas-pas-an. Ia memiliki sedikit masalah di sekolah karena mukanya yang seram dan sering dikira siswa preman ketika di jalan. Itu semua akibat mukanya yang mirip dengan mendiang ayahnya yang merupakan seorang mantan Yakuza. Padahal ia adalah anak yang rajin dan telaten dengan segala kebutuhan rumah, terutama masalah kebersihan. Suatu hari, seorang anak orang kaya bernama Taiga pindah ke sebelah rumahnya yang kecil, dan tinggal di apartemen besar yang menghalangi pencahayaan. Sebagai tetangga keduanya sempat kurang akur, namun perlahan Taiga yang tinggal sendiri, luluh karena sering bermain ke rumah Ryuuji karena permintaan ibunya. Taiga diam-diam menyukai salah seorang siswa di sekolah, yang juga merupakan sahabat Ryuuji, sementara Ryuuji juga menyukai sahabat Taiga. Mereka pun saling membantu untuk mendapatkan cintanya masing-masing.

Komentar:
Filosofi Naga dan Harimau yang bertentangan, lalu saling bersahabat adalah salah satu yang mungkin sering ada dalam cerita romansa remaja saat ini. Toradora! Merupakan salah satu serial yang menerapkan konsep ini dengan nyaris sempurna. Dan merupakan salah satu anime romance terbaik sampai saat ini.

2. True Tears

Rekomendasi Anime Romance Terbaik Nomor 1

  • Genre: Romance, Slice of Life, Drama
  • Studio Pembuat: P.A. Works
  • Sutradara: Kenji Horikawa
  • Pemeran Utama: Kaori Nazuka, Ayahi Takagi, dan Makoto Ishii

Ulasan Singkat:
Hidup bersama dengan gadis yang kamu taksir merupakan salah satu pilihan mimpi yang sangat indah bagi Shinchirou Nakagami. Namun di saat yang bersamaan, hal tersebut juga menjadi neraka baginya. Gadis yang ditaksirnya, Hiromi Yuasa, merupakan sosok yang sempurna di sekolah. Namun di rumah, ia merupakan anak yang berbeda dengan sikap pendiam dan juga dingin.

Di sekolah, Shinchirou bertemu dengan seorang anak perempuan aneh bernama Noe Isurugi, yang menyukai ayam milik sekolah bernama Raigoumaru, yang ia percayai dapat terbang ke langit. Hubungan aneh pun terjadi di antara keduanya, yang tanpa sadar telah membuat Shinchirou berada di dalam suatu keadaan rumit yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Komentar:
True Tears bisa dikatakan merupakan anime romance Terbaik di antara yang Terbaik. Serial inii tidak diceritakan sebagai anime yang dekat dengan nuansa remaja yang ceria dan penuh tawa. Melainkan agak suram dengan aroma percintaan layaknya kisah-kisah klasik, yang menyatu dalam konflik, sehingga membuatnya menjadi sebuah tontonan yang sebenarnya berat dan sangat dalam untuk dikonsumsi sebagai sebuah anime bergenre romance. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa True Tears merupakan salah satu anime romance terbaik yang pernah penulis tonton.

3. Kimi ni Todoke

  • Genre: Shoujo, Romance, Slice of Life, Drama, School
  • Studio Pembuat: Production I.G
  • Sutradara: Jouji Wada
  • Pemeran Utama: Noto Mamiko, Daisuke Namikawa

Ulasan Singkat:
Menjadi orang yang kuper di sekolah, mungkin merupakan masalah yang kerap dirasakan oleh setiap orang apalagi yang beranjak menuju masa remaja. Hal ini dialami oleh seorang siswi SMA bernama Sawako Kuronuma. Ia dijauhi oleh teman-teman sekelasnya, karena sangat jarang bergaul. Terlebih dengan penampilannya yang kurang modis, ia pun kerap mendapatkan cemoohan dari beberapa temannya yang lain, dengan sebutan Sadako, karena rambutnya yang panjang dan jarang berbicara. Di antara teman-teman sekelasnya, terdapat seorang pemuda bernama Shota Kazehaya. Berbanding terbalik dengan Sawako, ia adalah siswa yang tampan, supel, dan populer.

Sawako sering disuruh untuk melakukan berbagai pekerjaan, termasuk yang berhubungan dengan pelajaran. Namun di satu sisi, Shota pun tak sungkan untuk membantu Sawako. Sering melakukan sesuatu bersama, membuat benih cinta tumbuh di antara keduanya, hal yang mengejutkan ialah, Sawako nampaknya harus lebih banyak melangkah, karena Shouta ternyata merupakan seorang pemalu, ketika berhadapan dengan orang yang disukainya.

Komentar:
Cerita ini sebenarnya adalah pola yang mirip dengan beberapa seri maupun drama yang berasal dari Jepang maupun Korea pada umumnya. Mengapa penulis menempatkan Kimi ni Todoke menjadi salah satu Anime Romance Terbaik? Karena meski terkesan seperti romance shoujo yang klise, semua pengembangan cerita yang ada di dalamnya tidak hanya berpusat pada Sawako dan Shota, melainkan juga orang-orang yang berada di sekitar mereka.

4. Amagami SS

  • Genre: Romance, School, Slice of Life, Comedy
  • Studio Pembuat: AIC
  • Sutradara: Shinichi Nakamura
  • Pemeran Utama: Tomoaki Maeno, Shizuka Itou, Kaori Nazuka, Rina Satou, Yukana, Ryouko Shintani, Hiromi Konno

Ulasan Singkat:
Bagaimana perasaanmu ketika adikmu mengatakan bahwa hanya bermain bersama teman saja tidak akan membuatmu mendapatkan pacar? Itulah yang dikatakan oleh Adik dari Junichi Tachibana, seorang pemuda biasa, yang setiap malam natal hanya menghabiskan waktunya untuk menonton video “rahasia”. Bukan tanpa sebab karena Junichi memang mengalami trauma di masa lalu yang membuatnya takut untuk berpacaran maupun menerima ajakan dari gadis seusianya.

Suatu hari ketika ia berangkat sekolah, Junichi disapa oleh seniornya yang cantik, Haruka Morisaki. Saat pulang sekolah, Junichi pergi ke atap sekolah dan ternyata di sana ia bertemu dengan Haruka. Tanpa diduga, Haruka menolak cinta Junichi, yang membuat dirinya bingung. Ternyata Haruka salah sangka mengira Junichi orang yang mengiriminya surat cinta. Haruka pun meminta maaf, dan keduanya menjadi akrab. Di sana Junichi tidak sadar, bahwa sebenarnya ada beberapa gadis di sekitarnya yang di masa depan, mungkin akan menjadi cinta sejatinya.

Komentar:
Junichi Tachibana merupakan salah satu contoh Ladiesman, namun ia bukanlah seorang Womanizer. Faktor “Omnibus” yang diterapkan pada serial ini, menerapkan porsi yang benar-benar pas. Setiap Heroine akan mendapatkan rute dan dunianya masing-masing. Karena itu, tidak aka nada “Peperangan untuk menentukan siapa Waifu terbaik” seperti anime romance Harem zaman sekarang. Terlebih, seluruh cerita adalah Canon. Karenanya penulis memutuskan bahwa Amagami SS adalah salah satu anime romance terbaik.

5. D-Fragments!

  • Genre: Gag, School, Romance, Comedy
  • Studio Pembuat: Brain’s Base
  • Sutradara: Seiki Sugawara
  • Pemeran Utama: Kana Hanazawa, Itou Shizuka, Katsuyuki Konishi, Chiwa Saitou, Mikako Takahashi

Ulasan Singkat:
Kehidupan sekolah seharusnya menjadi sebuah kedamaian bagi pemuda bernama Kenji Kazama, namun sialnya pemuda yang dikenal sebagai pribadi yang keras seperti preman. Ia merupakan salah satu murid yang ditakuti di SMA Fujou, dan merupakan pemimpin dari Geng Kazama. Suatu hari, ia terjebak di sebuah klub bernama Klub Pengembang Game. Roka Shibasaki, yang merupakan ketua klub, menawari Kazama untuk masuk ke dalam klub. Namun setelah mencoba untuk melihat ke dalamnya, apa yang dilakukan di dalam klub hanyalah bermain-main secara tidak jelas. Ia pun tidak tahan dan menganggap bahwa klub yang mereka buat adalah Klub gadungan.

Kazama lalu terlibat “baku hantam” dengan para anggota klub yang mencoba untuk menghapus ingatannya, agar tidak membocorkan apa yang ia lihat kepada pihak sekolah. Namun saat pengejaran menuju ruang gelap, Kazama tak sengaja melompat menuju jendela yang menghadap ke halaman sekolah. Roka pun menyelamatkan Kazama dengan alasan bahwa ia adalah satu-satunya alasan agar klubnya tidak dibubarkan. Dan sebagai balas budi, Kazama akhirnya bersedia untuk bergabung dalam klub. Banyak keanehan dan kelucuan yang terjadi setelahnya.

Komentar:
Untuk sebuah Anime Gag, D-Fragments menyajikan sebuah konten yang nyeleneh dan di luar nalar untuk sebuah anime bertema sekolahan. Meskipun tidak secara gamblang terlihat sebagai anime romance, namun beberapa tokohnya yang memang unik dan potensial dalam membangun sebuah romance comedy. Sehingga penulis, memasukannya ke dalam salah satu anime romance terbaik.

6. Citrus

  • Genre: Shoujo Ai, Slice of Life, Drama, School
  • Studio Pembuat: Passione
  • Sutradara: Takeo Takahashi
  • Pemeran Utama: Ayana Taketatsu, Minami Tsuda

Ulasan Singkat:
Jika kalian pernah mendengar kata cinta terlarang, mungkin serial ini akan menjadi salah satu yang terbaik di antara yang ada. Pasalnya kisah cinta yang terjalin adalah antara 2 orang perempuan yang masih gadis, ditambahagi mereka adalah saudara, meskipun bukan saudara kandung. Kedua gadis tersebut bernama Mei dan Yuzu. Mei merupakan seorang gadis yang tenang serta siswi teladan di sekolahnya. Ia juga merupakan seorang Ketua OSIS. Di saat yang sama Yuzu yang juga baru saja dipindahkan ke sekolah Mei, adalah seorang yang cuek, urakan, dan tidak pernah taat pada peraturan. Semua berubah ketika Yuzu mengetahui bahwa Mei ternyata menyembunyikan sesuatu yang tidak ingin orang lain ketahui, dan konflik menjadi lebih bercabang, ketika ia tahu bahwa sekolah tempat mereka belajar, adalah milik Kakek dari Mei.

Komentar:
Konflik yang cukup berat dan pelik, serta perkembangan karakter kedua tokoh utama, membuat penulis yakin bahwa serial ini merupakan salah satu seri anime romance terbaik, terutama bagi teman-teman yang menyukai serial anime dengan segmen Shoujo Ai.

7. Buddy Complex

  • Genre: Action, Sci-Fi, Romance, Mecha
  • Studio Pembuat:Sunrise
  • Sutradara: Yasuhiro Tanabe
  • Pemeran Utama: Yoshitsugu Matsuoka, Saori Hayami, Kouki Uchiyama

Ulasan Sekilas

Aoba Watase menghabiskan musim panasnya seperti anak-anak remaja lainnya. Setelah musim panas berakhir, ia kembali bersekolah seperti biasa. Saat pelajaran olahraga berlangsung, ia dikejutkan dengan kemunculan sebuah robot yang tiba-tiba menyerangnya. Saat ia dikejar sampai hampir mengelilingi kota, ia ditolong oleh seorang temannya bernama Hina, yang ternyata juga memiliki Robot miliknya sendiri. Saat Hina lalu menolong Aoba, ia juga bertempur dengan robot yang mengincarnya, sebelum seketika sebuah lubang hitam muncul dan menyeret mereka semua. Hina lalu berkata bahwa seseorang bernama Dio menunggu Aoba. Hina pun akhirnya menghilang.

Aoba tiba di tahun 2088, di mana Jepang saat ini sudah berbeda. Di tengah kebingungannya, Ia terjebak dalam peperangan antara Free Pact Alliance (FPA) dan Republik Zogilia. Apa yang terjadi selanjutnya, adalah sebuah perjuangan Aoba untuk dapat kembali ke dunianya, sekaligus bertemu kembali dengan Hina.

Komentar:

Buddy Complex bisa dikatakan memiliki alur yang tidak seberat anime bergenre Mecha pada umumnya. Awalnya serial ini memang tidak secara eksplisit bergenre Romance, namun menjelang akhir, banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan dan membuat penulis memasukannya ke dalam salah satu anime romance terbaik.

8. Bokura wa Minna Kawaisou

Rekomendasi Anime Romance Terbaik Nomor 3

  • Genre: Romance, Slice of Life, Comedy, School, Seinen
  • Studio Pembuat: Brain’s Base
  • Sutradara: Shigeyuki Miya
  • Pemeran Utama: Kana Hanazawa dan Yuuichi Iguchi

Ulasan Singkat:
Sebagai murid baru, Usa Kazunari bergabung sebagai penjaga perpustakaan. Ia mengaku menyesal dengan masa SMP-nya yang penuh dengan kenangan buruk. Di perpustakaan, ia bertemu dengan seorang siswi yang sedang membaca buku, melihatnya Usa pun berharap dapat mendapatkan pacar. Sepulang sekolah, Usa akhirnya tiba di sebuah kos-kosan bernama Kosan Keluarga Kawai, namun ia akhirnya menolak untuk tinggal di sana dengan alasan sekamar dengan seorang Mesum. Berniat untuk kabur, Usa kemudian bertemu dengan gadis yang dilihatnya di perpustakaan sekolah sebelumnya, dan ia kaget karena seseorang yang ia taksir ternyata akan satu atap dengannya. Usa pun mengurungkan niatnya untuk pergi dan menetap di kosan Kawai. Kehidupannya berubah, karena ternyata kosan tersebut diisi oleh para penghuni yang memiliki sifat aneh dan unik di dalamnya.

Komentar:
Dinamika karakter dari para penghuni kosan Kawai menjadi salah satu hal yang paling menonjol dalam serial ini. Bokura wa Minna Kawaisou memang termasuk anime yang dapat dkatakan underrated saat masa penayangannya. Namun anime ini berhasil menyajikan sesuatu yang fresh dan lucu untuk sebuah kombinasi antara Romance dan Kehidupan sehari-hari, sehingga penulis memasukannya dalam satu anime romance terbaik.

9. Net-Juu no Susume

  • Genre: Romance, Slice of Life, Game, Fantasy
  • Studio Pembuat:Signal.MD
  • Sutradara: Kazuyoshi Yaginuma
  • Pemeran Utama: Noto Mamiko, Reina Ueda, Takahiro Sakurai, Ryouta Suzuki

Ulasan Singkat:
Moriko Morioka adalah seorang wanita berusia 30 tahun, yang menganggur dan gemar bermain game online. Sejak ia keluar dari perusahaan tempatnya bekerja setelah 11 tahun lamanya, ia memutuskan untuk menjadi seorang NEET. Suatu hari ia menemukan sebuah game MMO RPG bernama Fruits de Mer, dan mencoba memainkannya, namun dengan karakter bernama Hayashi yang merupakan seorang laki-laki. Di dalam game, Moriko menemukan seorang teman avatar bernama Lily, yang mengajarinya bermain dari mulai awal permainannya. Mereka pun akhirnya akrab dan sering bermain bersama. Di sisi lain, Lily ternyata adalah avatar dari seorang pemuda lajang bernama Yuuta Sakurai, yang bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang karyawan.

Komentar:
Anime ini mungkin cocok untuk remaja maupun dewasa, karena selain membahas mengenai game, sisi sosial lainnya juga diperkenalkan terutama bagi mereka yang memang sedang aktif di dunia kerja. Bagaimana transformasi Morioka menjadi seseorang yang lebih terbuka, dan Yuuta yang memang awalnya merupakan seorang pemuda biasa saja. Kelakuan kikuk keduanya, yang sama sekali belum pernah punya pengalaman dalam masalah percintaan membuat serial ini menjadi menarik, dan panas menjadi salah satu anime romance terbaik.

10. GAMERS!

  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
  • Studio Pembuat: Pine Jam
  • Sutradara: Mitsutoshi Ogura
  • Pemeran Utama: Megumi Han, Hisako Kanemoto, Manaka Iwami, Toshiyuki Toyonaga, Rumi Ookubou

Ulasan Singkat:
Keita Amano adalah seorang anak SMA yang menyukai berbagai jenis game terutama RPG dan juga GalGe (Dating Simulation). Suatu hari ia pergi ke sebuah toko game, karena serial terbaru yang dinantinya telah dirilis, sekaligus ingin membeli berbagai game lainnya. Tanpa diduga seorang gadis menyapanya, dan betapa kagetnya ia karena yang menyapanya adalah Idol Sekolah, Karen Tendou. Dibandingkan dengan Keita, keduanya sangat jauh berkebalikan dan ibarat langit dan bumi. Tendou adalah seorang yang populer, cerdas, dan atletis, serta sangat supel dalam bersosialisasi. Sementara Keita hanyalah anak SMA biasa, yang waktu luangnya, hanya dihabiskan untuk bermain game. Pertemuan yang awkward tersebut terjadi, dan tidak disangka bahwa Karen adalah anggota dari klub Game di sekolah. Kedatangannya adalah bermaksud untuk mengundang Keita bergabung dengan Klub.

Namun ketika Karen mengenalkan klubnya kepada Keita, ia merasa bahwa klub tersebut tidak cocok untuknya, karena Klub Game bisa dikatakan berfokus pada genre-genre tertentu dan bermain untuk kompetisi. Sementara Keita hanya bermain semata-mata untuk bersenang-senang. Ia pun menolak ajakan Karen yang menghebohkan seisi sekolah. Namun entah kenapa Karen tidak berhenti untuk mengajak Keita. Bekalangan pun diketahui bahwa Keita sebenarnya hanyalah ingn menghabiskan waktunya sendiri. Penolakannya justru mengakibatkan berbagai kejadian unik terjadi di sekitarnya.

Komentar:
Apa yang membuatnya menjadi salah satu anime romance terbaik yang juga unik sekaligus, adalah karena apa yang akan teman-teman lihat dalam serial ini, sebenarnya adalah sebuah “Kesalahan Semata” saja.

11. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

  • Genre: Comedy, Supernatural, Romance, School
  • Studio Pembuat: CloverWorks
  • Sutradara: Souichi Masui
  • Pemeran Utama: Asami Seto, Kaito Ishikawa

Ulasan Singkat:
Sindrom Pubertas, merupakan sebuah sindrom yang menjangkit anak-anak muda yang disebabkan oleh ketidakstabilan antara emosi dan sensitivitas dalam masa puber. Sakuta Azusagawa, yang merupakan siswa kelas 2 di SMA Enoshima telah bertemu dengan beberapa gadis yang mengalami hal serupa. Tahun ini ia bertemu dengan seorang gadis yang berkeliaran dengan menggunakan baju Kelinci seksi di perpustakaan,. Dan setelah diketahui, ia ternyata adalah Mai Sakurajima, seniornya di SMA yang juga merupakan seorang Artis yang sedang hiatus. Untuk beberapa alasan, Mai tidak bisa dilihat oleh orang lain kecuali Sakuta. Ia pun berusaha mencari jawaban akan apa yang terjadi pada seniornya tersebut, dan perlahan mengetahui seperti apa perasaan Mai yang sebenarnya.

Komentar:
Kisah cinta yang kompleks dalam mencari sebuah kecocokan antar eksistensi dalam hidup. Sebuah tema yang menurut penulis cukup berat ada pada serial ini. Namun justru harmoni dan interaksi yang tidak biasa, yang ditimbulkan oleh Sakuta dan Mai beserta karakter lain di sekitarnya lah yang membuat serial ini menjadi salah satu anime romance terbaik yang ada di tahun 2018.

12. Tate no Yuusha Nariagari

  • Genre: Fantasy, Action, Comedy, Drama, Adventure, Romance, Seinen
  • Studio Pembuat: Kinema Citrus
  • Sutradara: Takao Abo
  • Pemeran Utama: Kaito Ishikawa, Seto Asami, Rina Hidaka

Ulasan Singkat:
Naofumi Iwatani adalah seorang Otaku. Ia menemukan sebuah buku di perpustakaan yang menyebabkannya dipanggil ke dunia lain sebagai seorang pahlawan. Ia bergabung untuk melengkapi para Ksatria lainnya yang merupakan perwujudan dari Pedang, Panah, dan juga Tombak sebagai seorang Ksatria yang memegang Tameng. Keempat Ksatria dipanggil oleh para Magus kerajaan untuk menghentikan gelombang serangan iblis yang akan datang. Naofumi sangat antusias dengan apa yang akan dihadapinya, bersama perkumpulan. Hingga beberapa hari kemudian, ia difitnah oleh seorang wanita kerajaan yang menyebabkannya kehilangan harta, baju senjata, diusir dari kerajaan, serta kehilangan kehormatannya sebagai pahlawan. Ia juga kehilangan rasa kepercayaannya terhadap orang lain. Kemampuan Naofumi adalah bertahan, karena itu ia membutuhkan seorang yang dapat menjadi “Pedang” baginya. Naofumi pun membeli seorang budak yang merupakan Ajin bernama Rapthalia, yang memiliki trauma mendalam atas apa yang terjadi pada keluarganya. Bersama-sama keduanya berjuang di medan perang untuk menghadapi bahaya yang dapat mengintai sewaktu-waktu di masa depan.

Komentar:
Menaruh kepercayaan pada manusia bukanlah perkara yang sepele. Dan serial ini akan mengajarkan kita agar tetap tidak menyerah apapun yang terjadi. Perjuangan sang pahlawan memberikan inspirasi bagi para penonton dan pembaca kisahnya, yang menunjukkan bahwa serial ini tetap akan menjadi kandidat anime romance terbaik tahun ini. Terlebih, para pemerannya yang juga diperankan kembali oleh Seto Asami dan Kaito Ishikawa yang sebelumnya juga terlibat dalam salah satu anime romance terbaik lainnya, Seishun Buta Yarou.

13 Go-toubun no Hanayome

  • Genre: Comedy, Romance, Harem, School, Shounen
  • Studio Pembuat: Tezuka Productions
  • Sutradara: Satoshi Kuwahara
  • Pemeran Utama: Yoshitsugu Matsuoka, Kana Hanazawa, Ayana Taketatsu, Miku Itou, Ayane Sakura, Inori Minase

Ulasan Singkat:
Suatu hari, seorang siswa kelas 2 SMA yang miskin, Fuutaro Uesugi, mendapatkan pekerjaan untuk menjadi guru les bagi seorang siswi perempuan. Uang hasil mengajar tersebut akan keluarganya gunakan untuk melunasi hutang-hutang yang telah ada, sekaligus menghidupi kebutuhan sehari-hari. Di kantin sekolah, ia bertemu dengan gadis yang belum pernah ia lihat sebelumnya di sekolah, dan mengejeknya karena nilainya yang jelek serta pola makannya yang banyak. Gadis itu nampak marah, dan ternyata ia adalah murid baru yang sekelas dengan Fuutaro. Lebih parah lagi, gadis itu adalah Itsuki Nakano, yang akan diajari olehnya sebagai guru les. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Fuutaro mencoba berbagai cara untuk meminta maaf kepadanya, dan kemudian mengetahui bahwa bukan Itsuki saja yang akan memperoleh pengajaran darinya, melihat fakta bahwa gadis itu merupakan si bungsu dari lima bersaudara, yang ternyata kembar semuanya.

Komentar:
Jika ada studio yang mampu mengumpulkan kembali YoshiMatsu si raja harem dan Para Permaisurinya, maka Tezuka Productions mungkin adalah satu-satunya studio yang dapat melakukannya. Effort yang diberikan dengan mengumpulkan para seiyuu kelas atas dalam sebuah anime, menjadi jaminan serial ini masuk ke dalam anime romance terbaik. Selain itu konsep yang ditawarkan, dengan mengangkat tema keluarga sekaligus Harem, juga menjadi sesuatu yang cukup unik di dalam serial ini.

14. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen

  • Genre: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen
  • Studio Pembuat: A1-Pictures
  • Sutradara: Shinichi Omata
  • Pemeran Utama: Makoto Furukawa, Aoi Koga, Ryouta Suzuki, Konomi Kohara

Ulasan Singkat:
Miyuki Shirogane adalah seorang jenius yang mendapatkan nilai tertinggi di seluruh negeri sekaligus menjabat sebagai ketua OSIS dari akademi elit Shuuchin. Ia bekerja bersama seorang wakil ketua OSIS yang juga tidak kalah pintar dan juga cantik, yakni Kaguya Shinomiya. Keberadaan keduanya pun menjadikan mereka nampak sebagai pasangan yang sangat ideal. Berkat seringnya menghabiskan waktu bersama, keduanya mulai menunjukkan benih-benih cinta satu sama lain. Meskipun mengetahui apa yang dirasakan oleh pribadi masing-masing, keduanya sama sekali tidak ingin mengungkapkan perasaannya. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan, rasa bangga, dan gengsi mereka yang sangat tinggi. Keduanya akhirnya sama-sama melakukan sesuatu agar salah satu di antara mereka mengakui perasaannya terlebih dahulu kepada yang lainnya. Di sinilah “Perang” dimulai.

Komentar:
Perlahan tapi pasti, serial ini merangkak meraih hati penonton dari episode ke episode. Grafik yang indah dan luwes, tokoh-tokoh yang selalu menarik perhatian, serta cerita yang memang tidak biasa untuk sebuah trope percintaan membuat Kaguya-sama masuk dalam radar anime romance terbaik.

15. Nazo no Kanojo X

  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life
  • Studio Pembuat: Hoods Entertainment
  • Sutradara: Ayumu Watanabe
  • Pemeran Utama: Ayako Yoshitani, Miyu Irino, Ryou Hirohashi, Yuki Kaji

Ulasan Singkat:
Mikoto Urabe adalah seorang anak perempuan pindahan yang baru saja masuk ke SMA Fuumidai. Saat perkenalan, ia hanya menyebutkan namanya saja tanpa tambahan apapun. Pak Guru kemudian menyuruhnya untuk mencari bangku yang kosong, dan bangku tersebut berada di sebelah salah satu siswa bernama Akira Tsubaki. Saat istirahat, Mikoto tidak bergerak dari bangku miliknya, saat teman-teman perempuannya berusaha untuk mengajaknya makan siang bersama sekaligus berkenalan. Namun ia menolak dengan alasan sangat ngantuk dan ingin tidur, serta meminta yang lain untuk tidak mengganggunya. Beberapa hari kemudian, Mikoto tiba-tiba tertawa di tengah-tengah berjalannya pelajaran sampai jatuh terpingkal-pingkal. Kebiasaan tersebut terus berlanjut, sehingga ia pun akhirnya dibiarkan dan disebut sebagai anak yang aneh di kelasnya.

Suatu hari, Akira menemukan bahwa Urabe masih tertidur di kelas saat jam pulang. Ia lalu membangunkan Mikoto, yang ngiler dan air liurnya tercecer di meja. Akira yang penasaran, lalu menjilat air liur Mikoto. Keesokan harinya ia pun sakit panas dan tidak masuk sekolah untuk beberapa hari. Secara mengejutkan, Mikoto menjenguk Akira, dan menanyakan apakah ia menjilat air liurnya beberapa hari yang lalu. Mikoto lalu mengatakan bahwa air liurnya adalah sesuatu yang spesial dan berbeda dari yang lainnya.

Komentar:
Mungkin sedikit geli dan jorok apabila membayangkan bahwa air liur menjadi salah satu pembahasan inti dari serial ini. Namun semakin lama teman-teman menonton, maka kalian akan semakin tahu bahwa apa yang dilakukan karakter di dalamnya, tergolong romantis untuk sebuah kisah cinta yang terjadi di antara remaja. Karenanya penulis menuliskannya sebagai salah satu anime romance terbaik dan unik yang pernah ada.

Kesimpulan

Demikian beberapa anime romance terbaik yang unik dan tidak biasa, pilihan redaksi Naiklevel.net. Sejujurnya penulis sendiri sempat kesulitan untuk men-list anime romance terbaik kali ini dikarenakan banyak sekali yang sebenarnya potensial untuk masuk. Maka dari itu mungkin pada kesempatan lain, kita dapat bertemu lagi untuk membahas hal-hal unik lainnya, mengenai anime bergenre romance lainnya di waktu yang lain.

Jika teman-teman mempunyai list anime romance terbaik versi sendiri, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Siapa tahu, apa yang teman-teman tuliskan dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi kami di masa depan.

Comments
Loading...