fbpx
Yuru Camp Anime Terbaik 2018

15 Anime Terbaik 2018 yang Ringan dan Enak Diikuti

Tidak mudah memilih 15 Anime Terbaik 2018 karena ratusan judul serial Anime mengudara setiap tahunnya di TV Jepang. Tahun lalu, tepatnya tak terkecuali, Jepang menyajikan banyak sekali Anime Terbaik 2018 untuk ditonton pemirsa di seluruh dunia. Mulai dari genre Action, Comedy, Sport, hingga Drama.

Tema-tema seperti Isekai (Dunia Lain), Alternate Reality, dan Slice of Life nampaknya masih mendominasi di tahun 2018. Begitupun di tahun 2019 ini, beberapa judul dari novel dengan tema serupa juga mendapatkan adaptasi Anime untuk beberapa musim ke depan.

Agar teman-teman tidak ketinggalan dengan apa saja yang hadir pada tahun lalu, Kru Naiklevel akan mencoba untuk membuat sebuah kaleidoskop Anime Terbaik 2018. Tentunya urutan ini bukanlah peringkat, melainkan hanya semacam list, karena menurut kami, mereka semua berada dalam kategori Anime Terbaik 2018, yang ringan, menarik, dan sangat layak untuk ditonton.

1. Yuru Camp

Anime Terbaik 2018 – Nomor 2 di Musim Dingin

Genre: Comedy, Slice of Life
Studio Pembuat: C-Station
Sutradara: Yoshiaki Kyougoku
Pemeran Utama: Nao Touyama, Yumiri Hanamori, Aki Toyosaki, Rie Takahashi, Sayuri Hara

Ulasan Singkat:
Rin Shima adalah seorang anak SMA yang gemar sekali melakukan kemping. Ia sering sekali melakukan camping di luar hingga berbagai spot perkemahan. Suatu hari ia bertemu dengan seorang anak bernama Nadeshiko Kagamihara, yang tergeletak di halte sendirian menunggu bus. Rencananya untuk berkemah di dekat danau sekaligus untuk melihat gunung fuji pun berubah menjadi camp bareng sembari menunggu jemputan dari keluarga untuk Nadeshiko.

Beberapa hari kemudian, ia pun kaget karena Nadeshiko ternyata satu sekolah dengannya, Nadeshiko pun mengajak Rin untuk masuk klub Berkemah, namun Rin lebih memilih untuk Solo Camp. Nadeshiko pun bergabung dengan klub “Kegiatan di luar Sekolah”, karena kebetulah kegiatan dokumentasi mereka adalah camping. Keseruan yang melibatkan keduanya berlanjut, dan teman-teman baru pun berdatangan, untuk melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan.

Komentar:
Yuru Camp adalah sebuah keajaiban di tahun 2018. Banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan di dalam serial ini. Mengapa penulis memasukannya ke dalam kategori Anime Terbaik 2018? Karena kita juga akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan mengenai tata cara berkemping beserta peralatan yang diperlukan, selain tingkah lucu para karakter di dalamnya.

2. Ryuuou no Oshigoto

Anime Terbaik 2018 – Nomor 3 di Musim Dingin

Genre: Comedy, Slice of Life, Game
Studio Pembuat: Project no.9
Sutradara: Shinsuke Yanagi
Pemeran Utama: Yuuma Uchida, Rina Hidaka, Hisako Kanemoto, Ayane Sakura

Ulasan Singkat:
Seorang Ryuuou (gelar Master Muda dalam dunia Shogi) bernama Yaichi Kuzuryu, menemukan bahwa kehidupannya yang saat ini sangat jauh dari ketika pertama kali diangkat dengan gelarnya. Suatu hari dating seorang anak SD kelas 3 berusia 9 tahun, Ai Hinatsuru, yang meminta untuk mejadikannya murid.

Yaichi awalnya menolak, namun ketika ia bermain dengan Ai, ia seolah melihat sisi lain yang tidak biasa dari anak perempuan tersebut. Ai ternyata sering melihat bagaimana Yaichi bermain, dan Yaichi lah yang menjadi inspirasinya dalam bermain Shogi. Melihat kesungguhan Ai, Yaichi akhirnya luluh, dan menerimanya sebagai murid. Kehidupannya yang semula suram, kini penuh dengan hal-hal yang mengejutkan.

Komentar:
Tidak peduli mengenai FBI ataupun tanpa cap yang membuatmu menjadi seorang Lolicon, Ryuuou no Oshigoto merupakan sajian yang sangat menghibur. Konflik yang melibatkan anak-anak dalam dunia yang sebenarnya digeluti orang dewasa, juga menjadi sajian menarik. Anime Terbaik 2018 adalah sebuah jaminan yang absolut.

3. Pop Team Epic

Genre: Comedy, Parody
Studio Pembuat: Kamikaze Douga
Sutradara: Jun Aoki
Pemeran Utama: Mikako Komatsu, Sumire Uesaka

Ulasan Singkat:
Sh#tposting mungkin adalah sesuatu yang sangat banyak yang sangat lumrah beredar di dunia maya. Pop Team Epic merupakan sebuah serial yang hampir selalu menyinggung sebuah kebudayaan di berbagai belahan dunia, mulai dari Jepang, Amerika, Inggris, Prancis, bahkan Rusia. Termasuk menyindir berbagai macam serial anime maupun video game lainnya yang berada di Jepang. Pop Team Epic juga membawa kembali beberapa seiyuu veteran untuk mengisi kedua karakter kocak mereka, Popuko dan Pipimi. Termasuk Artist-Artist yang memang viral di Jepang dengan karya dan animasi mereka. Biasanya terdiri dari 2 segmen, yang mana segmen pertama adalah yang utama, sementara segmen ke-2, merupakan tambahan dengan para seiyuu veteran, ataupun sebaliknya. Meskipun keduanya sebenarnya memiliki isi konten yang sama, namun pembawaan yang berbeda dari setiap seiyuu-nya, memberikan kesan unik tersendiri.

Komentar:
Serial ini menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan di Jepang selama tahun 2018 lho.. So? Auto Anime Terbaik 2018 kategori Sh#tpost.

4. Gakuen Baby Sitter

Anime Terbaik 2018 – Nomor 1 di Musim Dingin

Genre: Comedy, School, Shoujo, Slice of Life
Studio Pembuat: Brain’s Base
Sutradara: Satoshi Motoyama
Pemeran Utama: Nozomi Furuki, Koutarou Nishiyama

Ulasan Singkat:
Ryuuichi Kashima dan Koutarou Kashima adalah 2 bersaudara yatim piatu, yang ditinggalkan kedua orang tuanya dalam sebuah kecelakaan pesawat. Keduanya kemudian diangkat sebagai anak angkat oleh seorang Youko Morinomiya, kepala Sekolah Akademi Morinomiya, yang juga kehilangan anak lelaki serta menantunya pada kecelakaan yang sama.

Ryuuichi diizinkan untuk bersekolah di Akademi, dengan syarat selain waktu belajar di sekolah, ia juga harus menjalankan kewajiban menjaga anak-anak yang dititipkan di Klub Penitipan Anak di Akademi. Klub tersebut merupakan tempat penitipan anak bagi guru-guru yang mengajar di sana. Ryuuichi akhirnya ikut membantu karena tidak ada murid yang tertarik untuk ikut dalam klub tersebut. Keseruan kehidupan SMA-nya yang baru pun dimulai. Selain itu, sang adik, Koutarou juga mendapatkan banyak teman baru di dalam klubnya.

Komentar:
Bermain bersama anak-anak, merasakan sulitnya mengurus mereka yang masih kecil, akan memberi pelajaran bagi kita untuk selalu bersabar. Ketegaran yang ditunjukkan oleh karakter Ryuuchi, membuat kita sadar akan arti penting sebuah keluarga. Anime ini layak untuk menjadi salah satu Anime Terbaik 2018.

5. SAO Alternative: Gun Gale Online

Anime Terbaik 2018 – No 2 di Musim Semi

Genre: Action, Fantasy, Game, Military, Sci-Fi
Studio Pembuat: Studio 3Hz
Sutradara: Masayuki Sakoi
Pemeran Utama: Tomori Kusunoki, Yoko Hikasa, Chinatsu Akasaki, Kazuyuki Okitsu

Ulasan Singkat:
Di tempat lain yang bersetting dengan waktu beberapa waktu setelah event Gun Gale Online, seorang gadis bernama Karen Kohiruimaki merasa minder karena fisiknya yang mempunyai tinggi rata-rata di atas gadis seusianya. Karen merupakan seorang mahasiswi yang kuliah di Tokyo. Sementara itu Miyu Shinohara yang merupakan teman dari Karen, menyarankan agar ia mencoba memainkan game yang saat ini sedang nge-trend di kalangan penduduk Jepang untuk menghilangkan sifat minder yang dialaminya. Menggunakan Amusphere, Karen pun akhirnya mencoba berbagai jenis game virtual realty.

Namun nahasnya, algoritma random yang diterapkan tetap membaca tubuhnya dan memberikannya karakter yang berbadan tinggi. Hingga ia menemukan satu permainan, yang membuatnya menjadi seorang karakter gadis yang mungil, dan game tersebut adalah Battle Royale bernama Gun Gale Online. Berkat kelihaiannya dalam game tersebut, Karen dikenal dengan sebutan si Iblis Pink Kecil yang senantiasa meneror musuh yang menghadapinya. Dalam perjalanannya di dunia GGO, ia bertemu dengan karakter bernama M dan Pitohui. Dari sinilah berbagai kejadian dan masalah menarik terjadi.

Komentar:
Dunia SAO tanpa adanya Kirito, Tanpa unsur Harem, benar-benar mengandalkan peperangan khas militer, dan hanya ada Shoujo Ai di dalamnya. Secara otomatis menjadi salah satu Anime Terbaik 2018.

6. Hinamatsuri

Anime Terbaik 2018 – No 1 di Musim Semi

Genre: Comedy, Sci-Fi, Seinen, Supernatural, Slice of Life
Studio Pembuat: Studio feel.
Sutradara: Kei Oikawa
Pemeran Utama:Takako Tanaka, Yoshiki Nakajima

Ulasan Singkat:
Suatu malam, sebuah objek terbang berbentuk bulat dan aneh, tiba-tiba muncul melayang di rumah seorang Yakuza borjuis, bermana Yoshifumi Nitta. Ketika ia menekan tombol merah yang ada di benda berbentuk telur tersebut, muncullah seorang anak perempuan yang diketahui bernama Hina. Hina ternyata memiliki kekuatan Supernatural untuk menggerakkan berbagai benda yang ada di sekitarnya.

Merasa koleksi barang berharganya terancam, Nitta akhirnya menuruti semua keinginan Hina termasuk untuk tinggal bersamanya, bersekolah, dan bermain layaknya anak-anak normal seusianya. Nitta pun merasakan hal yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya, yakni Menikah dan menjadi seorang Ayah. Kehidupan keluarga aneh ini pun dimulai.

Komentar:
Salah satu yang menjadi hits juga Anime Terbaik 2018 untuk penulis, adalah bagaimana serial ini menjadi sangat kocak. Background Yakuza yang memang tidak seseram yang dibayangkan. Mengajarkan bagaimana kita harus tetap bekerja keras meski sudah hidup berkecukupan.

7. Hataraku Saibou

Anime Terbaik 2018 – No 1 di Musim Panas

Genre: Comedy, Shounen
Studio Pembuat: David Production
Sutradara: Yuuma Takahashi
Pemeran Utama: Kana Hanazawa, Tomoaki Maeno

Ulasan Singkat:
Cerita akan berpusat pada Sekkekkyuu (Sel Darah Merah) dan Hakkekkyuu (Sel Darah Putih), di mana diceritakan sang tokoh utama Sel Darah Merah diceritakan merupakan seorang gadis yang sering salah arah dalam membawa konsumsi maupun berbagai nutrisi untuk tubuh. Tak jarang ia juga terlibat masalah dengan kuman-kuman maupun bakteri yang menyerang. Sel Darah Putih yang berupa pemuda gagah dan maskulin adalah salah satu sel yang sering membantu Sel Darah Merah dalam menghadapi berbagai masalah dalam perjalanan sehari-harinya. Berbagai sel lain seperti Trombosit, Makrofag, atau virus maupun bakteri, bahkan Sel Kanker digambarkan secara menggemaskan hingga menyeramkan.

Komentar:
Ingin tahu bagaimana sel bekerja di dalam tubuh kita? Hataraku Saibou mungkin adalah salah satu Anime Terbaik 2018, dengan gambaran yang mudah dicerna bagi kalian untuk mengetahui fungsi sel dalam tubuh selain metode orthodox alias belajar biologi melalui buku paket.

8. Grand Blue Dreaming

Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life
Studio Pembuat: Zero-G
Sutradara: Shinji Takamatsu
Pemeran Utama: Yuuma Uchida, Chika Anzai, Maaya Uchida, Ryouhei Kimura

Ulasan Singkat:
Masa muda adalah hal yang tidak boleh disia-siakan. Itulah yang dipikirkan oleh Iori Kitahara, yang merupakan mahasiswa baru di salah satu Universitas yang bertempat di sebuah daerah yang dekat dengan pantai, yakni Izu. Ia tinggal di sebuah tempat penyewaan alat-alat menyelam milik pamannya, Grand Blue. Pertemuan dengan sepupunya Chisa Kotegawa yang diharapkan menjadi sebuah reuni yang manis, malah berakhir buruk.

Ia malah terlibat pada sebuah kerumuman berisi orang-orang yang urakan dan pemabuk yang sering nongkrong di tempat pamannya tersebut. Parahnya mereka semua ternyata adalah senior dari Iori di Universitas. Berbagai kejadian lucu dan tak masuk akal pun terjadi, dan membuat kehidupannya beserta keluarga pamannya, menjadi sesuatu yang tidak biasa.

Komentar:
Apa yang dibutuhkannya untuk menjadi salah satu Anime Terbaik 2018? Adalah bagaimana mereka menunjukkan masa muda adalah masa yang luar biasa. Koplak dan sangat menghibur. Paket lengkap yang mungkin hanya dapat ditemui dalam serial Grand Blue.

9. Asobi Asobase!

Genre: Comedy, School
Studio Pembuat: Lerche
Sutradara: Seiji Kishi
Pemeran Utama: Hina Kinou, Rika Nagae, Konomi Kohara

Ulasan Singkat:
Hanako adalah seorang anak yang memiliki selera berpakaian dan kehidupan yang sangat aneh. Ia ingin menjadi terkenal dan mengalami kehidupan yang manis seperti gadis lain seusianya. Suatu hari ia bermain bersama temannya yang merupakan orang Jepang keturunan Amerika, Olivia. Kelakuan keduanya diawasi oleh Kasumi, yang tidak suka pada permainan yang mereka perbuat karena ia sama sekali tidak mahir dalam permainan semacam itu, juga karena ia sering menjadi target bully saudaranya ketika di rumah.

Di satu saat ketika ujian bahasa Inggris, Kasumi terlihat kesulitan dan mendapatkan nilai rendah, lalu meminta bantuan Olivia. Diketahui bahwa Olivia lahir dan besar di Jepang, meskipun orang tuanya adalah orang luar negeri. Jadi ia sama sekali tidak mengetahui banyak soal bahasa Inggris. Fakta mengejutkan lainnya, adalah Hanako yang ternyata merupakan anak terpintar di antara ketiganya.

Komentar:
Don’t judge a Book by it’s Cover, mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk serial ini. Kalian akan mengetahui mengapa serial ini menjadi salah satu Anime Terbaik 2018 ketika menontonnya.

10. Mitsuboshi Colors

Genre: Slice of Life, Comedy, Shounen
Studio Pembuat: Silver Link
Sutradara: Tomoyuki Kawamura
Pemeran Utama: Natsumi Hioka, Marika Kouno, Yuuki Takada

Ulasan Singkat:
Keseharian pasukan Colors penjaga kedamaian kota. Sat-chan yang nakal dan sering berbuat onar, Kotoha yang gemar bermain game di mana pun ia berada, dan Yui yang merupakan pemimpin grup yang cengeng, namun selalu berusaha untuk membuat teman-temannya selalu bersama. Keseharian mereka adalah melindungi kota dari berbagai bahaya yang mengancam. Saitou, seorang penjaga keamanan di sekitar pun, tak lepas dari kejahilan anak-anak Colors. Tokoh-tokoh lainnya seperti Paman yang selalu memberikan benda-benda aneh, serta membuat teka-teki semata-mata untuk menyenangkan para anak-anak, maupun Ibu dari Sat-chan yang sering kali heran melihat tingkah laku anaknya. Karena meskipun mereka berusaha untuk melindungi kota, secara tidak sadar, kadang mereka malah membuat kekacauan.

Komentar:
Pada masa yang “prime”, anak-anak memang gemar bermain dan melakukan berbagai macam hal bersama. “Mitsuboshi” berarti “3 Bintang”. Apa yang dilakukan Colors dapat menginspirasi banyak orang. Kehadiran mereka di kota yang mereka jaga, bukanlah hal yang sia-sia semata.Kelucuan dan tingkah ketiga anak tersebut membuat penulis melabelkan salah satu predikat Anime Terbaik 2018 pada Mitsuboshi Colors.

11. Tensei Shitara Slime Datta-ken

Anime Terbaik 2018 – No 1 di Musim Gugur

Genre: Fantasy, Shounen
Studio Pembuat: 8bit
Sutradara: Yasuhito Kikuchi
Pemeran Utama: Miho Okasaki

Ulasan Singkat:
Sebagai seorang pegawai kantoran, Satoru Mikami dapat dikatakan merupakan seorang sosok yang ideal untuk seorang lelaki berusia 37 tahun. Ia bekerja di sebuah kontraktor besar dan baru saja mendapat kenaikan pangkat serta gaji. Hanya saja, satu yang menjadi kekhawatirannya adalah di usianya yang sudah tidak muda lagi, ia belum pernah mendapatkan pacar. Satu hari, seorang kolega yang juga merupakan juniornya, Tamura, mengajaknya bertemu untuk berkonsultasi sekaligus memperkenalkan pacar barunya, Sawatari.

Namun di tengah perjalanan menuju sebuah restoran, seorang yang tak dikenal datang dan mencoba menusuk Tamura dari belakang. Satoru lalu mendorong Tamura, sehingga dirinya lah yang akhirnya tertusuk. Saat sekarat, Satoru menggumamkan perasaan kesakitan dan berbagai hal lainnya, termasuk menyesali berbagai hal yang belum pernah ia lakukan di dunia, sehingga ia berjanji akan menebus semuanya jika ia terlahir kembali. Sebuah proses metamorphosis pun terjadi, dan seluruh kata-kata yang ia pikirkan sebelum meninggal berubah menjadi sebuah data, yang membentuk dirinya menjadi sebuah Slime di dunia yang baru. Satoru memulai perjalanannya menjadi Slime, dengan kekuatan yang sangat luar biasa.

Komentar:
Akan sangat keliru jika kita tidak menyematkan predikat salah satu Anime Terbaik 2018 pada serial ini. World building yang sangat terasa dan hampir sempurna untuk sebuah Anime adaptasi, di tengah menjamurnya berbagai genre Isekai.

12. Goblin Slayer

Genre: Action, Adventure, Fantasy
Studio Pembuat: White Fox
Sutradara: Takaharu Okazaki
Pemeran Utama: Yuuichirou Umehara, Yui Ogura

Ulasan Singkat:
Seorang gadis pendeta meninggalkan kuil untuk menjadi seorang petualang. Ia bergabung dengan kelompok petualang lain, sesame pemula untuk mengambil sebuah quest yang ada di kantor perkumpulan para petualang yang ada di pusat kota. Mereka mengambil quest membunuh Goblin, karena dianggap paling mudah. Para petualang lalu pergi ke sebuah gua kecil, dan mendapatkan sebuah kejutan yang tidak disangka. Goblin yang menyerang, ternyata sulit dikalahkan karena mereka yang minim sekali pengalaman.

Hampir semua anggota terbunuh dan diperlakukan secara tidak layak oleh para Goblin. Gadis pendeta itu pun ketakutan, sampai akhirnya seorang petualang lain datang dan membunuh semua Goblin yang ada di hadapannya. Ia bernama Goblin Slayer.

Komentar:
Meskipun episode perdananya menimbulkan berbagai reaksi yang cukup kontroversial dari berbagai multifandom, Goblin Slayer berhasil mengubah tempo cerita yang ada di manga dengan sangat sukses, sehingga menutup serialnya dengan sangat berkesan dan epic. Salah satu yang jarang dapat dilakukan, dan pantas disebut sebagai salah satu Anime Terbaik 2018 dalam hal penyesuaian kronologi adaptasi yang sempurna.

13. Tonari no Kyuuketsuki-san

Genre: Comedy, Shoujo Ai, Supernatural, Vampire, Slice of Life
Studio Pembuat: Studio Gokumi, AXsiZ
Sutradara: Noriaki Akitaya
Pemeran Utama: Miyu Tomita, Azumi Waki, Lynn, Yuu Sasahara

Ulasan Singkat:
Sophie Twilight adalah seorang vampir yang telah hidup selama ribuan tahun. Akari Amano yang juga adalah penggemar hal-hal gaib, mendengar cerita bahwa di sebuah rumah bernama “Rumah Boneka” yang berada di hutan dekat tempat tinggalnya, ada seorang perempuan yang sudah hidup selama ribuan tahun dan tidak pernah berubah penampilannya. Penasaran dengan hal tersebut, Akari lalu mencari Rumah Boneka yang ia ketahui lewat internet, sebelum kemudian bertemu dengan Sophie karena tersesat. Reaksi Akari yang menganggap Sophie seperti boneka yang sangat cantik, dan ia tidak peduli pada status Sophie yang merupakan seorang Vampir.

Mereka berdua menghabiskan waktu ketika malam datang di rumah Sophie, hingga Akari pun pindah ke rumah Sophie dengan alasan ingin lebih dekat serta menjadi temannya. Berbeda dengan Vampir pada umumnya, Sophie tidak menghisap darah manusia, ia memesan hampir segala keperluannya melalui toko online, karena tidak dapat keluar ketika siang hari.

Komentar:

Cute Girl Doing Cute Things merupakan tema yang mungkin saat ini menjadi kurang populer dikarenakan banyaknya tema yang lebih menjual. Namun tetap saja, apa yang dilakukan oleh para gadis dalam serial ini sangat tidak biasa menghibur. Interaksi Akari dan Sophie menurut Penulis cukup untuk membawa serial ini masuk dalam jajaran Anime Terbaik 2018.

14. SSSS. Gridman

Genre: Action, Sci-Fi, Mecha
Studio Pembuat: Trigger
Sutradara: Akira Amemiya
Pemeran Utama: Yume Miyamoto, Reina Ueda, Yuuya Hirose, Souma Saito

Ulasan Singkat:
Bagi kalian yang lahir di tahun 90-an, mungkin mengenal serial Gridman yang sempat tayang di TV Lokal. Tsuburaya membawa franchise ini ke dalam bentuk Anime dengan format dan juga wujud baru dari sang pahlawan. Diceritakan Yuuta Hibiki yang hilang ingatan tanpa sebab, terdampar di depan rumah dari teman sekelasnya Rikka Takarada.

Rumah Rikka ternyata juga merupakan tempat penjualan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Salah satu barang yang ada di toko mereka adalah sebuah komputer model lama yang aneh, dan tidak diketahui sejak kapan berada di toko tersebut. Di dalam komputer tersebut, Yuuta bertemu dengan Hyper Agent Gridman, yang memintanya untuk membantunya mencapai tujuannya. Kehidupan sekolah Yuuta awalnya berjalan damai. Hingga akhirnya muncul Monster meluluh-lantahkan kota. Saat itupun menjadi saat di mana Yuuta memenuhi takdirnya untuk bergabung menyelamatkan takdir umat manusia bersama Gridman.

Komentar:
Nostalgia, Musik, Karakter, dan Fanservice yang pas terutama bagi penggemar serial Tokusatsu, rasanya sudah cukup membuat Gridman menjadi salah satu kontingen untuk Anime Terbaik 2018.

15. Watashi ni Tenshi ga Maiorita!

Genre: Comedy, Shoujo Ai,
Studio Pembuat: Doga Kobo
Sutradara: Daisuke Hiramaki
Pemeran Utama: Reina Ueda, Rika Nagae, Maria Sashide, Akari Kito

Ulasan Singkat:
Cerita ini diawali oleh seorang anak kuliahan bernama Miyako, yang juga seorang otaku. Ia gemar sekali membuat berbagai macam kostum. Suatu hari, sang adik yang masih SD, Hinata, membawa temannya yang bernama Hana ke rumah. Seketika hati Miyako seperti meledak dan ia merasakan jatuh cinta pada keimutan Hana. Miyako lalu melakukan segala macam cara agar Hana mau menjadi temannya, termasuk menawarkannya memakai baju-baju buatannya.

Namun Hana menolak. Hinata lalu memberitahu rahasia Hana pada Miyako, kalau ia sangat menyukai Kue, yang juga merupakan salah satu keahlian Miyako. Miyako pun berjanji memberikan Hana berbagai macam jenis kue setiap kali ia main ke rumahnya asalkan Hana mau menjadi temannya. Hana akhirnya luluh. Beberapa saat kemudian, datang pula Noa yang juga teman Hinata sekaligus tetangga mereka yang baru pindah dari Amerika.

Komentar:
Lucu dan menggemaskan, itulah hal pertama yang terlintas ketika melihat desain karakter dari serial Anime ini. Interaksi karakter, dan komedi yang juga sangat ringa menjadikannya sebagai salah satu kandidat Anime Terbaik 2018 / 2019.

Demikian deretan Anime Terbaik 2018 yang ringan dan enak diikuti. Beberapa di antaranya yang tidak penulis dan redaksi masukkan karena mereka berstatus sekuel seperti Boku no Hero Academia, To Aru Majutsu no Index, dan masih banyak lagi. Semua yang ada di sini hanyalah berdasarkan apa yang dilihat, dan dirasakan.

Apa yang ada bukanla menjadi patokan secara absolut yang menyatakan bahwa mereka benar-benar Anime Terbaik 2018. Alur, karakterisasi, musik, studio, seiyuu, mungkin dapat menjadi patokan bagaimana setiap serial mendapatkan standar penilaian untuk kategori Anime Terbaik 2018.

Oleh karena itu, jika Teman-teman mungkin punya List Anime Terbaik 2018 versi sendiri, maka silahkan memberikan pendapat lainnya dengan cara share di kolom komentar sebagai bahan acuan yang mungkin akan kami bahas juga pada segmen lain untuk kedepannya.

15 Anime Terbaik 2018 yang Ringan dan Enak Diikuti

  1. Yuru Camp
  2. Ryuuou no Oshigoto
  3. Pop Team Epic
  4. Gakuen Baby Sitter
  5. SAO Alternative: Gun Gal Online
  6. Hinamatsuri
  7. Hataraku Saibou
  8. Grand Blue Dreaming
  9. Asobi Asobase!
  10. Mitsuboshi Colors
  11. Tensei Shitara Slime Datta-ken
  12. Goblin Slayer
  13. Tonari no Kyuuketsuki-san
  14. SSS. Gridman
  15. Watashi ni Tenshi ga Maiorita!
More Stories
Mode 5v5 Terbuka untuk Para Pemegang Golden Ticket, Vainglory Versi 2.12 Naik Daun