fbpx

Jangan Lewatkan Daftar 10 Anime Musik Terbaik ini!

0 200

Tentunya tidak ada yang lebih memuaskan selain melihat karakter favorit kita beraksi dan memainkan musik andalannya karena itulah salah satu hal yang menjadi kekuatan utama dari serial animasi yang mengusung tema musik. Beberapa diantaranya bahkan mengedepankan tema idol pop hingga rock, namun tentunya ada beberapa tema dengan plot cerita menarik lainnya yang dapat menyegarkan hati kita semua.

Pada kesempatan kali ini Naiklevel akan membahas sedikitnya 10 anime musik terbaik yang wajib disaksikan oleh rekan-rekan sekalian. Naiklevel juga akan memberikan sedikit detail dan memberikan ulasan singkat seputar anime-anime yang muncul ke dalam list 10 animasi musik terbaik ini, berikut diantaranya:

1. Beck: Mongolian Chop Squad (2004-2005)

Studio Pembuat: Madhouse | Genre: Drama, Musik, Remaja, Komedi | Jumlah Episode: 26

List ini dimulai dengan salah satu serial klasik yang diangkat dari manga. Beck merupakan salah satu contoh dari 10 animasi music terbaik yang tidak boleh terlewatkan. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Yukio seseorang yang tidak memiliki tujuan di dalam hidupnya namun seketika pandangannya terhadap hidup berubah ketika dia menyelamatkan seekor anjing aneh yang bernama Beck dari kekerasan anak-anak.

Setelah diusut ternyata pemilik anjing merupakan seorang gitaris bermana minami yang berasal dari sebuah band rock populer. Dari situlah hidup Yukio lambat laun mengalami perubahan, terlebih lagi saat salah satu anggota band yang lebih tua mengajak Yukio pergi ke tempat berkumpul anggota lainnya dan memperlihatkan skill bermain gitar yang sangat luar biasa hingga membuat Yukio takjub.

Yukio yang mulai menyelami dalamnya dunia rock mulai memainkan dan mempelajari cara bermain gitar guna membantu Minami untuk meraih mimpinya menciptakan sebuah band yang menduduki kursi tertinggi di dunia band rock. Mereka akhirnya membentuk band baru bernama BECK dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai cita-cita. Serial BECK menawarkan alur cerita yang bagus dengan gaya gambar yang unik juga membuat judul yang satu ini layak menjadi salah satu dari 10 anime musik terbaik yang wajib ditonton.

2. Detroit Metal City (2008)

Studio Pembuat:Studio 4°C | Genre: Musik, Komedi, Dewasa | Jumlah Episode: 12

Untuk yang kedua merupakan serial OVA yang juga tidak kalah serunya dengan serial animasi pada umumnya yaitu Detroit Metal City. Band metal yang mendominasi dunia indie ini sangat terkenal karena style-nya yang gelap dan menarik banyak perhatian. Bahkan salah satu lead singer dari band DMC yang bernama Johannes Krauser sangat terkenal karena hawa iblis yang dapat menghasut para penggemarnya untuk terus ikut bersamanya.

Dibalik semua itu, Krauser yang dikenal sangat gelap oleh para penggemarnya sebenarnya hanyalah seorang lulusan universitas biasa yang bernama Soichi Negishi, seseorang yang memiliki watak dan kepribadian yang berbanding terbalik dengan Krauser. Souichi adalah seseorang yang lembut, pecinta damai dan senang mendengarkan musik pop seharian.

Detroit Metal City menceritakan perjalanan menarik dan kocak sang tokoh utama dalam mengarungi kehidupannya sebagai sosok yang memiliki dua wajah yang berbeda. Para penontong akan terhibur melihat tingkah sang tokoh dalam menghadapi kehidupannya sebagai seorang lead singer dari band metal dan sebagai orang biasa yang menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan seperti percintaan dan lain sebagainya. Karena sangat menghibur dengan ide cerita yang unik Detroit Metal City pantas masuk kedalam list 10 anime music terbaik wajib tonton.

3. Hibike! Euphonium

Studio Pembuat: Kyoto Animation | Genre: Drama, Musik, Kehidupan di Sekolah | Jumlah Episode: 13 episode season 1 dan 13 episode season 2

Beralih sebentar dari dunia metal dan rock, Hibike! Euphonium menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Kumiko yang mencoba untuk memulai kembali memainkan eufonium sebagai awal permulaan yang baru setelah kecelakaan yang terjadi saat dia masih smp. Lembaran baru terbuka karena Kumiko dikelilingi oleh oran-orang yang tertarik dengan brass band di lingkungan barunya.

Kumiko yang termotivasi akhirnya berhasil menciptakan grup brass band barunya dengan anggota yang memiliki beraneka ragam kemampuan. Hibike! Euphonium menceritakan tentang perjuangan para gadis yang berusaha untuk mendobrak dunia permusikan dengan masuk menjadi salah satu band yang berkualifikasi di tingkat nasional. Serial ini dipenuhi dengan kisah para pelajar yang penuh impian, inspirasi dan kekuatan. Merupakan salah satu 10 animasi terbaik yang tidak boleh terlewatkan.

4. K-On! (2009)

Studio Pembuat: Kyoto Animation | Genre: Kehidupan di Sekolah, Komedi, Musik | Jumlah Episode: 13 episode season 1 dan 26 episode season 2

Masih dengan kehidupan di sekolah dimana para siswi yang menjadi pusat utamanya, kali ini merupakan serial animasi yang diangkat dari serial manga 4-koma yang cukup digemari pada jamannya. K-On! menceritakan kisah tentang 4 orang siswi yang menciptakan band sekolahan dengan tujuan untuk tampil debut pada acara festival di sekolah.

Dari empat karakter utama yang memegang kunci cerita dalam K-On! memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah Yui yang tiba-tiba tertarik untuk bergabung kedalam Light Music Club sekalipun dia tidak dapat menggunakan alat musik sama sekali. Namun dengan bergabungnya Yui kedalam klub membuat grup musik di sekolah mereka tidak jadi dibubarkan dan dari situlah Yui mulai mempelajari cara bermain gitar.

K-On! merupakan salah satu serial animasi yang cukup menghibur karena diangkat dari 4 koma dimana banyak unsur komedi yang disusupkan ke dalamnya. K-On! juga berhasil meraih perhatian para penonton hingga mendapatkan predikat Best TV Animation Award di tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Tokyo International Anime Fair, oleh karena itu serial yang satu ini layak masuk kedalam 10 anime musik terbaik yang wajib ditonton.

5. Macross Delta (2006)

Studio Pembuat: Satelight | Genre: Aksi, Mecha, Musik, Romansa | Jumlah Episode: 26

Berikutnya khusus untuk para penggemar mecha yang mungkin kurang suka dengan tema band dan kehidupan di sekolah namun tetap ingin menikmati anime music yang berkualitas. Bagi para fans yang mengikuti serial Macross yang sebelumnya pasti mengetahui bahwa serial Macross Delta mengambil tema 8 tahun setelah Macross F.

Sedikit unik karena mereka mengangkat sebuah syndrome baru pada Macross Delta yang bernama Var Syndrome yang lambat laun memakan habis seluruh galaxy. Pada serial Macross Delta para penonton akan melihat aksi tokoh utama yang mengendalikan robot sebagai pilot utama sambil berjoget ria. Dalam serial ini juga para penggemar akan dapat melihat aksi tempur sambil menyaksikan para Walkure bernyanyi memberikan dukungan yang efeknya dapat menghilangkan efek dari sindrom yang ada.

Macross Delta merupakan contoh salah satu dari 10 anime musik terbaik yang memadukan genre mecha dengan musik namun tetap dapat dinikmati oleh kedua penggemarnya. Bagi para pecinta anime yang ingin menikmati aksi yang diiringi dengan lagu-lagu yang enak dan berirama maka jangan ketinggalan jejak mecha yang satu ini.

6. Nodame Cantabile (2007)

Studio Pembuat: J.C. Staff | Genre: Musik, Romansa, Drama, Komedi | Jumlah Episode: 23

Selanjutnya merupakan salah satu anime musik yang cukup dikenal dan digemari khususnya oleh para wanita. Nodame Cantabile naik setelah manganya laris dan ceritanya diangkat ke layar kaca menjadi anime dan live action. Nodame Cantabile menceritakan tentang seorang seniman berbakat bernama Chiaki yang memiliki impian untuk bermain bersama dengan musisi elit di Eropa.

Chiaki merupakan sosok yang perfeksionis yang kritis pada dirinya sendiri juga orang lain. Sayangnya, Chiaki memiliki kelemahan yang dapat membuatnya gagal untuk meraih mimpinya, yaitu dia takut untuk terbang menaiki pesawat. Chiaki yang akhirnya harus menetap di Jepang akhirnya bertemu dengan Nodame yang merupakan teman di universitasnya.

Kisah berlanjut ketika Chiaki mengetahui bahwa Nodame merupakan tetangganya hingga romansa yang meliputi musik dan juga komedi terjalin diantara keduanya. Nodame Cantabile sangat direkomendasikan karena kisah cinta yang menarik dan banyak penampilan permainan musik yang mempesona, selain itu serial ini juga cukup segar karena mengandung banyak komedi. Salah satu dari 10 anime music terbaik yang wajib dicoba.

7. Piano no Mori (2018)

Studio Pembuat: Gaina | Genre: Musik, Drama, Kehidupan di Sekolah | Jumlah Episode: 12

Jika mendengar judul Piano no Mori mungkin hal pertama yang terbesit di benak rekan-rekan sekalian adalah sebuah movie animasi yang sempat jadi pusat perhatian di tahun 2007 lalu. Kesuksesan Piano no Mori ternyata berhasil mengantarkannya pada penayangan serial televisi di tahun 2018 kemarin yang tidak kalah serunya.

Piano no Mori, menceritakan kisah tentang 2 orang pemuda yang besar di lingkungan yang berbeda namun keduanya memiliki rasa cinta dan kesenangan yang sama terhadap Piano. Salah satunya adalah Kai yang lahir dari anak seorang prostitusi yang sudah bermain piano sejak muda dengan menggunakan piano buangan yang ada di hutan dekat rumahnya. Sedangkan yang satu lagi adalah Syuhei yang merupakan pemain piano jenius yang lahir dari keluarga berada

Cerita yang disajikan oleh Piano no Mori menjadi menarik ketika rasa cinta kepada piano mempengaruhi jalan hidup dari Kei dan juga Syuhei. Penonton akan dapat menilai suatu hal dari dua sisi yang berbeda namun tetap dapat menikmati dan mengambil maknanya karena kedua hal tersebut menyukai hal yang sama. Baik versi movie maupun versi serial TV, Piano no Mori adalah salah satu dari 10 anime musik terbaik yang harus disaksikan.

8. Sakamichi no Apollon (2012)

Studio Pembuat: Tezuka Production, MAPPA | Genre: Drama, Musik, Romansa | Jumlah Episode: 12

Sekalipun Sakamichi no Apollon mengangkat tema musik di sekolah namun yang satu ini terasa cukup berbeda. Salah satu alasannya mungkin karena aliran musik yang berkumandang di dalam animasinya adalah jazz dan settingan tahun pada anime ini cukup lawas sehingga kesan retro yang ditampilkan sangat cocok dengan tema musik yang diangkat.

Sakamichi no Apollon menceritakan kisah tentang seorang murid introvert bernama Kaoru Nishimi yang handal bermain piano. Kehidupan membosankan Kaoru berubah ketika dia bertemu dengan seorang murid nakal terkenal di sekolahnya yang bernama Sentarou Kawabuchi. Sentarou yang sangat mencintai musik jazz memaksa Kaoru untuk mempelajari jazz lebih jauh lagi hingga akhirnya Kaoru menyukai musik jazz.

Sakamichi no Apollon tidak boleh sampai terlewatkan bagi para penikmat anime music karena serial yang satu ini menyajikan kisah romansa hangat dan drama yang menggetarkan diantara cinta, persahabatan dan perasaan para tokoh terhadap music jazz. Salah satu yang paling recommended dari 10 anime musik terbaik yang wajib ditonton.

9. Shigatsu wa Kimi no Uso (2014-2015)

Studio Pembuat: A-1 Pictures | Genre: Drama, Musik, Romansa, Remaja | Jumlah Episode: 22

Kebanyakan para penggemar anime mungkin sudah mengetahui serial yang satu ini. Karena judul yang satu ini cukup dikenal dan meledak di tahun perilisan penayangannya. Serial yang diangkat dari manga yang juga sangat populer ini menceritakan kisah tentang seorang pianis jenius bernama Kousei Arima yang tidak bisa lagi mendengar suara piano sejak dia kehilangan ibunya.

Hingga 2 tahun setelahnya Kosei yang masih menghindari pino bertemu dengan seorang violinist cantik bernama Kaori Miyazono yang kemudian akan membawa Kosei untuk kembali bermain music seperti sebelumnya. Serial yang satu ini juga sempat memenangkan acara penghargaan Sugoi Japan di tahun 2016 lalu. Tidak banyak yang perlu diceritakan karena anime musik yang satu ini bisa dikatakan yang paling bagus dan tidak boleh terlewatkan.

10. Zombieland Saga (2018)

Studio Pembuat: MAPPA | Genre: Musik, Komedi, Supernatural | Jumlah Episode: 12

Ingin yang unik? Banyak, ingin yang kocak? Banyak? Ingin yang unik, kocak dan mengusung tema musik? Zombieland Saga adalah jawabannya. Kenapa? Karena Zombieland saga menceritakan kisah tentang para gadis yang sudah mati namun hidup kembali sebagai zombie dan dipaksa untuk membentuk sebuah grup idol oleh seorang manajer yang tidak diketahui asal-usulnya.

Memang terdengar aneh namun Zombieland Saga cukup menghibur untuk dinikmati karena setiap anggota yang tergabung ke dalam grup memiliki latar belakang yang berbeda, beberapa diantaranya bahkan bisa mengundang canda dan tawa. Meskipun begitu, sepanjang 12 episode para penonton akan disajikan dengan perjuangan para gadis zombie yang ingin mengangkat nama idol grupnya, diselingi dengan sajian lagu-lagu ear catching yang mudah diterima oleh siapa saja.

Zombieland saga juga bisa dijadikan rekomendasi bagi para penggemar anime yang sedang membutuhkan hal-hal jenaka, terutama jika sudah terkait dengan sang manajer, ada saja kelakuannya yang bisa membuat penonton tertawa. Serial yang satu ini juga masih terbilang cukup baru dan cukup populer, oleh karena itu masuk kedalam list 10 anime musik terbaik yang harus ditonton.

Itulah 10 anime musik terbaik yang direkomendasikan oleh Naiklevel untuk rekan-rekan sekalian. Tentunya masih banyak judul lainnya yang belum bisa dibahas dan mungkin saja sebagus yang tercantum dalam list. Apakah ada anime musik lainnya yang menurut rekan-rekan harus masuk kedalam list 10 anime musik terbaik? Anime musik yang mana yang menjadi favorit rekan-rekan sekalian? Silahkan cantumkan di kolom komentar ya!

10 Anime Musik Terbaik Jangan Ketinggalan!

  1. Beck: Mongolian Chop Squad
  2. Detroit Metal City
  3. Hibike! Euphonium
  4. K-On!
  5. Macross Delta
  6. Nodame Cantabile
  7. Piano no Mori
  8. Sakamichi no Apollon
  9. Shigatsu wa Kimi no Uso
  10. Zombieland Saga
Comments
Loading...