fbpx
game casual terbaik

10 Game Casual Paling Seru dan Menyenangkan

Banyak yang berpikir bahwa Game Casual di PC itu membosankan bahkan terkesan kekanak-kanakan padahal tidak ada salahnya memainkan game-game seperti ini, terutama bagi Anda yang memiliki rutinitas padat! Jadi, bisa menjadi teman bersantai dan menghilangkan stress Anda sejenak.

Misalnya, Plant vs Zombie yang mungkin adalah Game Casual PC terbaik pernah dibuat hingga saat ini. Konsep yang dibuat sungguhlah unik dimana Anda harus mengalahkan serangan para zombie dengan cara menanam tanaman dan jamur untuk dijadikan benteng pertahanan (menara) dan senjata! Ditambah gameplay yang sangat jenaka, tidak salah banyak gamers yang menggila-gilai game ini. Tidak ada unsur menyeramkan sama sekali, jadi aman jika Anda ingin bermain dengan anak kecil.

Beberapa judul game lainnya, seperti Castle Crashers, beat-em-up bisa membuat Anda tertawa tidak berhenti-henti, dan Stardew Valley bisa kembali membuat Anda bernostalgia dengan Harvest Moon. Tidak semua Game Casual di PC mudah dimainkan, ada beberapa judul yang memiliki gameplay menantang.

Berikut ini, Naiklevel akan memberikan rekomendasi 30 judul Game Casual yang seru dan wajib Anda mainkan!

1. Stardew Valley

Developer: ConcernedApe | Platform: PC Windows

Seperti yang telah diulas di atas, Stardew Valley merupakan game simulasi pertanian dan peternakan dimana Anda akan berperan sebagai pemilik di ladang warisan sang kakek di kota kecil fiksi bernama Stardew Valley yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sebagaimana halnya dengan Harvest Moon, Anda harus mengelola lahan dengan baik, seperti berkebun, beternak, dan juga melakukan kegiatan sosial hingga menikah.

Hanya butuh waktu satu bulan bagi Game Casual untuk terjual hingga satu juta kopi. Tidak hanya sukses dari segi profit, tetapi Stardew Valley juga mendapatkan banyak ulasan positif dari para kritikus. Tidak mengejutkan memang, jika tim pengembang yang dipimpin Eric Barone berencana mengembangkan game ini dengan menyertakan mode permainan bersama, dukungan lintas platform, dan fitu-fitur menarik yang hanya akan kita tahu setelah game ini rilis nanti!

2. Castle Crashers

Developer: The Behemoth | Platform: Xbox 360, Playstation 3,PC Windows

Game genre beat’ em up ini berlatar waktu abad pertengahan yang ceritanya dimulai dengan empat ksatria menghadiri pesta di istana raja, lalu muncul penyihir jahat yang mencuri permata gaib dan menculik putri kerajaan. Anda akan berperan sebagai salah satu dari empat ksatria itu selama sesi pertempuran. Setiap ksatria tentunya memiliki kemampuan khusus, antara lain ksatria merah memiliki kekuatan petir, ksatria hijau mampu mengeluarkan racun, ksatria oranye memiliki kekuatan api, dan terakhir ksatria biru memiliki kekuatan es.

Sekilas mungkin game ini terlihat kekanak-kanakan, namun jangan salah sangka nyatanya Game Casual ini mendapatkan skor sangat tinggi di masing-masing platform game, misalnya GameRankings memberikan skor 82,73% khusus Xbox 360, sementara di Playstation 3 mendapatkan skor 86.67%. Editor IGN, Cam Shae bahkan memasukkan Castle Crasher sebagai salah satu game Xbox Live Arcade Games terbaik baginya. Prestasi lain yang diraih game ini adalah mendapatkan penghargaan sebagai Best Game of the Year dalam ajang Xbox Live Arcade Awards di tahun 2008!

3. Paper’s Please

Developer: Lucas Pope | Platform: OS X, PC Windows

Anda akan berperan sebagai petugas imigrasi yang menjaga perbatasan wilayah antara negara fiksi timur laut, Arstotzka dengan negara tetangganya, yang sedang mengalami permusuhan politik. Anda akan diminta untuk meninjau setiap paspor para imigran yang hendak melewati perbatasan. Jadi, Anda harus mengawasi setiap dokumen-dokumen apakah ada yang palsu atau tidak, dan apakah imigran yang tersebut dicurigai sebagai teroris misalnya. Anda juga akan digaji, tergantung jumlah berkas dan imigran yang ditangani sesuai prosedur. Gaji tersebut dipakai oleh Anda untuk menghidup kebutuhan hidup bersama keluarga.

Menariknya, game ini juga mengangkat isu-isu mengenai kebijakan imigran dimana moralitas Anda akan dihadapkan dengan beberapa imigran yang ingin melintasi wilayah untuk hidup lebih baik, namun terbentur oleh dokumen-dokumen yang ada.

Game Casual ini menerima ulasan positif dan mendapatkan skor 85/100 dari 40 ulasan di Metacritic. Kesuksesan ini disebabkan oleh naskah yang dibuat begitu emosional. Bahkan, Jonathan Ore dari CBS News mengungkapkan kekagumannya bagaimana tokoh yang ada di Papers, Please begitu kompleks, dan rumit, padahal gameplay-nya begitu sederhana. Senada dengan Simon Parkin, yang menulis di blog The New Yorker, mendeklarasikan sebagai game terbaik 2013.

4. The Lab

Developer: Valve Corporation | Platform: PC Windows

Game Casual yang menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan perangkat HTC Vive ini akan membawa Anda ke dalam 8 jenis gameplay dan cerita yang berbeda dalam pocket universe yang disebut The Hub. Semua hanya dalam satu aplikasi saja. The Lab berhasil menduduki daftar peringkat teratas dalam Game Steam, mengalahkan game klasik buatan Valve, seperti Portal (2007) dan Portal 2 (2011). Sampai sekarang, game ini mendapatkan skor 99% dari 717 ulasan game, termasuk rating ‘Luar Biasa’ untuk game ini!

Beberapa gameplay yang Anda bisa mainkan, antara lain: Longbow, Anda akan membunuh atau melawan musuh yang berusaha menghancurkan Anda dan benteng pertahanan, senjata yang digunakan adalah panah. Atau, Xortex, Anda akan bertempur dengan pesawat-pesawat kecil yang berusaha menghancurkan pesawat Anda, akan ada bos yang harus dihadapi setiap levelnya. Lalu ada, Postcards, tidak seperti dua gameplay sebelumnya, dalam mode ini Anda akan diajak berlibur ke berbagai wilayah bersama dengan robot anjing kesayangan. Slingshots, mirip dengan Angry Birds, dimana Anda akan menggunakan mesin kalibrasi untuk menghancurkan tumpukan core dengan cara menembak inti dari core tersebut agar meledak.

5. Peggle

Developer: PopCap Games | Platform: PC Windows, OS X, Xbox 360, Playstation 3

Penggemar berat Pachinko tidak akan sulit untuk menyukai Peggle karena Game Casual ini memang terinspirasi oleh permainan asal Jepang tersebut, serta Bagatelle. Anda harus melewati setiap level yang tentunya akan semakin sulit, belum lagi jika Anda terobsesi untuk mencapai skor tinggi maka membutuhkan kemampuan skills membidik yang tinggi. Game ini telah diunduh lebih dari 50 juta unduhan dari internet, dan telah dirilis khusus Xbox Live Arcade dan iOS yang mendapatkan kesuksesan serupa.

Banyak kritikus dan gamers mengungkapkan bahwa Peggle adalah game dengan tipe permainan yang adiktif karena memiliki premis sederhana mengikuti prinsip KISS, namun masih menantang karena mode game yang sulit setiap levelnya walau sejatinya hanya begitu-gitu saja. Game ini cocok untuk melepaskan penat dan stress!

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang didanai oleh PopCap di East Carolina University, ditemukan bahwa di antara 132 subjek yang diteliti, Peggle mampu meningkatkan mood belajar sebesar 573% pada semua mata pelajaran, sekaligus menurunkan tingkat depresi sebanyak 45%. Peggle juga bersama dengan game PopCap lainnya ditemukan dapat membantu anak-anak dengan ADHD karena mampu meningkatkan rentang perhatian dan ingatan memori mereka, dalam survei yang dilakukan oleh Information Solution Group atas nama PopCap.

6. Battleblock Theater

Developer: The Bahemoth | Platform: PC Windows, OS X, Xbox 360

Dalam Battleblock Theater, Anda akan berperan sebagai seorang tahanan yang dipaksa untuk mengikuti permainan yang dirancang oleh Hatty Hattington. Gameplay game in cukup sederhana, dimana permainan sebagian berpusat pada berlari, melompat, dan meninju. Tingkatan level dibagi atas jenis blok, antara lain blok runtuh, dinding lengket, batuan vulkanik, paku mematikan, dan Anda juga akan berhadapan dengan gangguan seperti air dan makhluk mematikan.

Mode utama dalam Game Casual ini adalah adventure mode, yang dapat dimainkan sendirian (solo), atau dengan ‘co-operatively’ pemain kedua (second player). Mode ini bisa dimainkan, baik dalam tingkatan kesulitan normal (bisa kembali ke level ditempat karakter mati) atau mode insane (Anda akan mengulang semua level jika karakter mati). Jika Anda memilih bermain dengan tipe ‘co-operatively’, maka Anda bisa mengatasi segala rintangan bersama-sama, tapi jangan mudah percaya karena bisa saja permainan Anda disabotase!

Untuk memasuki setiap level, Anda perlu mengumpulkan pertama yang hanya bisa didapatkan dengan menyelesaikan level boss. Selain itu, Anda juga bisa mengumpulkan bola benang yang dapat digunakan untuk menyuap penjaga berupa kucing, dan membuka senjata baru, seperti frisbee dan penyedot debu.

7. Superflight

Developer: Grizzly Games Co | Platform: PC Windows

Superflight adalah game wingsuit yang intens dan mudah sekali dipelajari. Game Casual ini menyajikan lanskap peta cantik yang dihasilkan secara prosedural dan tak terbatas. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup panjang, game ini sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil mengejar highscore setiap bermain.

Anda akan mengendalikan sosok kecil yang menggunakan wingsuit dan hendak turun ke suatu tempat, namun mengalami berbagai rintangan seru! Misalnya menuruni gunung berapi. Untuk bisa mendapatkan poin, Anda perlu melakukan aksi-aksi ekstrim, seperti terbang melalui celah super sempit menyerupai gua!

8. Orbt XL

Developer: Nickervision Studios | Platform: PC Windows

Anda tipe gamer yang suka mengejar highscore? Maka tidak akan sulit bagi Anda untuk menyukai Orbt XL karena Game Casual genre Arcade ini sangat adiktif dan menyenangkan untuk mengejar skor. Sang pengembang sendiri, Adam Nickerson, mengakui ingin membuat game yang dapat dimainkan berkali-kali dengan tujuan selalu mendapatkan high score lebih tinggi dari sebelumnya.

Gameplay permainan ini juga terbilang mudah dan simple! Anda akan ada di dalam suatu orbit lalu harus bertahan tetap di jalur lintasan dengan menghindari berbagai rintangan, atau mencegah tersedot ke dalam lubuang hitam. Semakin dekat Anda mengorbit ke pusat maka semakin cepat Anda mencapai poin. Dan jika semakin lama Anda bertahan maka rintangan yang dihadapi pun akan semakin sulit! Game ini wahana bagi Anda yang ingin bermain-main dengan gravitasi.

9. Hidden Folks

Developer: Adriaan de Jongh, dan Sylvain Tegroeg | Platform: PC Windows, OS, Android, iOS, Nintendo Switch, Linux

Sesuai dengan judulnya, Game genrepuzzle ini akan meminta Anda untuk menemukan karakter, objek, dan binatang tersembunyi dalam lanskap miniatur berupa monochrome art. Tampaknya game ini terinspirasi dari Where’s Wally, buku puzzle anak-anak yang dibuat oleh Martin Handford. Gameplay permainan ini sangat mudah, Anda akan diberikan petunjuk (clue) yang berguna menemukan sosok yang tersembunyi, gunakan kursor mouse untuk mengklik objek yang mungkin menjadi tempat persembunyian karakter tersebut. Semakin lama level akan semakin sulit, takar kesulitan berapa pada gambar yang semakin lama semakin besar, luas, dan sulit mencari objek.

Polygon memberikan peringkat ke- 41 dalam daftar 50 game terbaik tahun 2017 versi mereka. Sementara, The Verge menyebut Game Casual ini sebagai salah satu dari 15 Permainan Terbaik mereka tahun 2017. Bahkan Hidden Folks dinominasikan untuk “Game Mobile Terbaik” dalam Best of 2017 Awards IGN.

10. Hexcells Infinite

Developer: Matthew Brown | Platform: PC Windows, OS X

Hexcells Infinite adalah seri ketiga dari seri game karangan Matthew Brown, yaitu ambient logic puzzle game (Hexcells dan Hexcells Plus.) Game ini memiliki 36 set teka-teki baru, serta generator teka-teki acak yang semakin seru. Bahkan ada bisa membuat generator puzzle acak sendiri!

Cara memainkan Game Casual ini cukup dengan meletuskan deretan heksagon. Akan muncul beberapa Angka yang memberitahu Anda berapa banyak yang perlu diklik di sebelah kiri dan kanan. Game ini sangat sempurna bagi Anda yang suka dengan game-game logika berbentuk puzzle!

Itulah 10 Game Casual paling seru dan menyenangkan yang bisa menemani waktu luang kamu. Daftar game di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang mulai jenuh dan bosan, atau mungkin ingin memainkan game sederhana bersama keluarga dan teman-teman.

More Stories
Mode 5v5 Terbuka untuk Para Pemegang Golden Ticket, Vainglory Versi 2.12 Naik Daun