fbpx

10 Judul Game Remake Terbaik

Remake memiliki andil besar dalam sejarah dan kultur dunia game. Berbagai judul game klasik diperbaharui, direka ulang untuk memuaskan pemain game. Tak jarang juga sebagai bentuk apresiasi dari tim pengembang. Di tengah-tengah persaingan pasar yang kian sengit semakin banyak judul game di remake dan lalu timbul pertanyaan apa saja judul game remake terbaik hingga saat ini.

Berikut ini Naiklevel menyusun daftar 10 judul remake terbaik yang bisa Anda coba untuk mainkan. Harap dicatat pada daftar ini penyematan kata ‘terbaik’ tidak hanya dinilai dari kualitas grafis atau mesin yang lebih baik tetapi lebih daripada itu terkait juga dengan tanggapan kritikus, dan juga para pemain.

Simak di bawah ini!

Pokemon Heartgold and Soulsilver

Developer: Game Freak | Platform: Nintendo DS

Yang pertama dalam daftar ini adalah seri Pokémon, yang memang sebagian besar berasal dari konsep remake. Namun, versi Heartgold and Soulsilver ini bisa dikatakan sangat spesial karena merupakan game remake terbaik yang memiliki banyak fitur baru serta juga memiliki peningkatan atau ekspansi game terbilang sangat signifikan. Seri ini merupakan remake dari seri Pokémon Gold and Silver serta memiliki fitur dari Pokémon Crystal. Banyak fans dan kritikus memuji game ini dan di Jepang bahkan laku terjual hingga 1,48 juta unit hanya dalam waktu dua hari rilis!

Doom

Developer: id Software | Platform: PC, PS4, Nintendo Switch, Xbox One

Game klasik genre shooting ini akhirnya mendapatkan remake dan sekaligus sebagai reboot dari semua serinya. Keputusan ini bisa dibilang sangat tepat karena pemain dapat merasakan sensasi modern Doom yang sudah sangat dinanti-nantikan. Doom adalah game taktikal yang sangat cepat, dan alur cerita memang bukan menjadi prioritas karena baku tembak adalah inti dari permainan ini. Salah satu keunggulan lainnya adalah kualitas soundtrack keren yang disusun oleh Mick Gordon semakin memacu adrenalin pemain!

Metroid: Zero Mission & Samus Return

Developer: Nintendo R&D1 | Platform: Game Boy Advance/Nintendo 3DS

Meskipun entri game terbarunya tidak terlalu populer dan tampak ada upaya besar agar kembali membuat Metroid disanjung, tapi untuk seri remakenya bisa dibilang bertolak belakang sebab mendapatkan ulasan baik berkat menampilkan fitur aksi tradisional Metroid. Ini semua dimulai dari rilisnya Metroid: Zero Mission khusus konsol GBA yang mendapatkan tambahan konten, dan peningkatan visual juga kontrol. Zero Mission adalah game yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan momen “super fun” dari seri ini. Ini juga berlaku bagi seri Samus Return (yang merupakan remake dari Metroid II). Jika dikombinasikan, maka Metroid berhak menyandang predikat sebagai game terbaik sepanjang masa.

Shadow of the Colossus

Developer: Bluepoint Games | Platform: PS4

Dicintai oleh banyak fans dan sekaligus selalu mendapatkan respon baik dari kritikus tak mengejutkan jika di tahun 2017 silam diumumkan bahwa Bluepoint akan melakukan remake game ini (yang sebelumnya juga mengalami remaster khusus PS3). Diangkat dari game originalnya di PS2, beberapa perubahan signifikan tentu ada pada visual grafis yang tajam (mendukung 4K untuk PS4 Pro), kinerja program lebih baik, dan skema kontrol diperbaharui. Dengan adanya perubahan tersebut ternyata tidak membuat nuansa asli game berkurang malah semakin menakjubkan. Terhitung hingga minggu pertama setelah dirilis di Jepang, game ini laku terjual 21,900 kopi! Tak salah bukan memasukkan Shadow of the Colossus pada daftar game remake terbaik?

The Legend of Zelda: Ocarina of Time and Majora’s Mask 3D

Developer: Grezzo | Platform: Nintendo 3Ds

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, seri Zelda mendapatkan banyak remakes dan remasters dari pengembangnya, namun dari semua tampaknya seri Ocarina of Time and Majora’s Mask 3D adalah game remake terbaik. Mengapa?

Karena Nintendo berani mengambil resiko untuk melakukan remake pada game ini yang bisa dibilang salah satu dari ‘klasik’-nya Zelda. Ini sudah berarti tugas besar dan pengembang (yang diambil alih Grezzo saat itu) berhasil mewujudkannya. Memang tidak ada perubahan dari segi alur cerita, tapi ada peningkatan visual grafis dan manajemen inventaris tanpa mengacaukan sistem serta formula dalam game. Dapat dikatakan ini adalah momen puncak 3D dari game The Legend of Zelda.

Kirby Super Star Ultra

Developer: HAL Laboratory | Platform: Nintendo DS

Edisi spesial Kirby ini rasanya pantas ditempatkan dalam daftar game remake terbaik, selain ada peningkatan dari segi grafis, ada pula alur cerita baru dan fitur mini games keren yang belum pernah ada di game orisinalnya. Beberapa update tersebut antara lain: Revenge of the King (mode yang lebih sulit dari Spring Breeze); Meta Knightmare Ultra (di akhir, pemain akan melawan Galacta Knight, ksatria terkuat di seluruh galaksi); Helper to Hero (mirip dengan mode Arena, namun pemain akan mengendalikan karakter pendukung ‘helper’ dan melawan musuh baru, Wham Bam Jewel); True Arena (ekspansi mode Arena ini menampilkan musuh-musuh baru); dan Sub Games ( tiga mini games baru ada Snack Tracks, Kirby Swipe, dan kirby on the Draw, dimana pemain akan menggunakan layar sentuh dan sekaligus dapat dimainkan hingga empat pemain). Tidak mengejutkan jika Famitsu, majalah vide games populer di Jepang ini memberikan skor 32 dari 40!

Resident Evil Remake & Resident Evil 2 Remake

Developer: Capcom | Platform: Playstation

Resident Evil bisa dikatakan adalah “The True Master” dari game remake terbaik karena cara pengembang memperbarui game ini begitu mempesona. Dirilis lebih dari lima belas tahun lalu, seri REmake masih tetap asik dimainkan terlebih lagi ditunjang dengan genre survival-horror terbaik di kelasnya. Sementara itu Resident Evil 2 Remake yang baru saja dirilis sedikit melupakan elemen klasik untuk orang ketika, tapi masih tetap memiliki ambisi dan atmosfer kelam dari game ini. Formula kedua game remake terbaik dari Capcom ini bekerja dengan sempurna dan banyak kritikus juga fans yakin bahwa di masa datang Resident Evil akan mendapatkan remake yang lebih luar biasa dan antusias lagi!

Crash Bandicoot: N.Sane Trilogy

Developer: Vicarious Visions | Platform: Playstation, PC, Switch, Xbox One

Tiga game pertama ‘klasik’ dari Crash Bandicoot mendapatkan sanjungan dan pujian besar dari para kritikus dan fans. Sayangnya, semenjak itu dapat dikatakan Crash Bandicoot mengalami pasang surut karena ‘momen’ dan ‘ambisi’ nya tidak seistimewa pendahulunya. Vicarious Visions selaku tim pengembang tampaknya sadar akan hal itu dan akhirnya merilis N.Sane Trilogy yang merupakan kompilasi dari 3 game terbaiknya, yaitu Crash Bandicoot, Cortex Strikes Back, dan Warped (yang awalnya dikembangkan oleh Naughty Dog khusus Playstation). Pengembang menggunakan istilah “Remaster Plus” karena tidak sepenuhnya membuat game ini dari awal melainkan menggunakan geometri asli ketiga game tersebut untuk membangun gameplay dari awal. Ada penambahan animasi dan audio buatan pengembang. Hasilnya? Tidak mengecewakan sama sekali!

Wonder Boy: The Dragon’s Trap

Developer: Lizardcube | Platform: PS4, Nintendo Switch, Xbox One, PC

Wonder Boy merupakan salah satu game yang memang tidak terjangkau radar sebab itu jarang yang membahas game satu ini. Namun semua itu berubah ketika pengembang merilis seri The Dragon’s Trap, yang merupakan remake dari game berjudul sama tahun 1989. Yang menjadikannya sebagai game remake terbaik pada daftar ini adalah keputusan Lizardcube untuk tidak mengubah elemen gameplay-nya! Hal paling terlihat adalah game ini mengalami perubahan gaya visual yang ternyata malah menghasilkan fondasi solid, dan juga banyak sekali update terkait bentuk bentuk apresiasi dari game originalnya.

Halo: The Master Chief Collection

Developer: 343 Industries | Platform: Xbox One, PC

Sampailah kita ke pada judul game remake terakhir ini dan bisa dikatakan yang paling menuai kontroversi saat perilisannya. Halo adalah proyek ambisius, yang mendapatkan tempat khusus konsol Xbox One dan alih-alih sebagai game eksklusif malah ditemukan sejumlah masalah, terkait jaringan dan glitch. Lantas kenapa The Master Chief Collection bisa di dalam daftar Naiklevel?

Meskipun memang game ini menuai kritik yang sangat tajam tapi untuk konten originalnya, yaitu Halo 2Anniversary mendapatkan pujian karena memperoleh pembaruan, baik audio dan videonya. Dengan hanya Halo 2 saja dirasa sudah sangat mumpuni untuk mengoleksi The Master Chief Collection. Koleksi ini juga terdiri atas: Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo 3, dan Halo 4. Serta mencakup akses ke seri live-actionHalo: Nightfall dan juga multiplayer beta Halo 5: Guardians yang tersedia untuk waktu yang terbatas.

Itulah 10 judul game remake terbaik versi Naiklevel. Apakah ada yang menarik bagi Anda? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

More Stories
Trailer Hitam Putih Valkyrie Profile: Lenneth Bubuhkan Kesan Misterius yang Membuat Penasaran