fbpx

Daftar Lengkap Game Assassin Creed Dari Awal Hingga Terbaru!

Game Assassin Creed tidak diragukan lagi merupakan salah satu franchise game terbesar di dunia dan salah satu judul yang paling dikenal untuk game produksi Ubisoft. Kontroversi juga tak luput dari game ini perkara gameplay dan alur cerita yang dinilai stagnan dan mandek selama bertahun-tahun

Meskipun begitu game ini tetap laris manis dan bahkan di tahun 2016 diadaptasi menjadi film. Setelah lebih dari satu dekade dengan total 20 game yang dirilis dalam rentang waktu tersebut, Naiklevel ingin menyajikan daftar komplit game Assassin Creed lengkap dengan penjelasan singkat masing-masing.

Apa saja? Baca daftar komplitnya di bawah ini!

Assassin’s Creed

Release Date: 13 November 2007 | Platform: PS3, Xbox 360, PC

Pertama kali dirilis game Assassin Creed terbilang unik dan otentik. Anda akan bermain sebagai pembunuh bayaran bernama Altair Ibn La-Ahad pada abad pertengahan Timur Tengah yang merupakan rekaman ingatan atau memori genetik. Anda bebas menikam, menebas, hingga parkour di tengah kota. Siapapun yang bermain game ini setuju bahwa game ini membuat gebrakan untuk tipe game action.

Assassin’s Creed II

Release Date: 17 November 2009 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, OSX

Bisa dibilang seri kedua game Assassin Creed ini adalah yang terbaik di antara semua seri. Melanjutkan perjalanan di cerita pertama, Anda akan berada di sebuah era modern, yaitu masa renaissance di Italia. Bangunan-bangunan megah khas eropa menjadi tawaran baru. Selain itu akan ada protogranis baru yang paling disukai dan dikenali oleh banyak pemain, yaitu Ezio Auditore de Firenze. Selain itu ada beberapa peningkatan penting pada gameplay yang membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan.

Assassin’s Creed: Brotherhood

Release Date: 16 November 2010 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, OSX

Brotherhood merupakan kelanjutan kisah Ezio di mana mekanisme gameplay tidak terlalu banyak berubah. Namun ada tambahan fitur baru yang berbeda dibandingkan dua seri sebelumnya yaitu sistem yang memungkinkan pemain untuk merekrut orang sebagai pembunuh lalu juga bisa meminta bantuan selama pertempuran atau mengirim misi untuk mendapatkan hadiah. Perubahan kecil ini disanjung tapi yang paling signifikan adalah fitur yang menyertakan mode multiplayer.

Assassin’s Creed: Revelations

Release Date: 15 November 2011 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, OSX

Revelations adalah arc terakhir dari kisah Ezio dengan menampilkan perubahan drastis pada pengaturan, yaitu pemain dapat bermigrasi dari kota-kota di Italia, seperti Firenze dan Roma hingga ke Istanbul, jantung kekaisaran ottoman. Tapi tidak ada perubahan besar dalam mekanisme gameplay yang berarti sebagian besar permainan tetap sama. Bisa dikatakan seri game Assassin Creed ini tidak terlalu menonjol dan bahkan dilupakan kecuali jika Anda memang ingin mengetahui akhir perjalanan Ezio saja.

Assassin’s Creed III

Release Date: 30 Oktober 2012 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, Wii U, Switch

GameAssassin Creed III kembali melakukan lompatan waktu, meskipun tidak sejauh seri keduanya. Kali ini, permainan berlangsung di masa Perang Revolusi Amerika, di mana Anda bermain sebagai penduduk asli Amerika bernama Ratonhnhaké. Di seri ini fokus game berpindah dari lingkungan perkotaan yang luas ke hutan belantara di era Perang Sipil Amerika, dan mekanisme gameplay berjalan bebas yang diadaptasi sesuai dengan wilayah permainan. Selain itu, seri ini juga memperkenalkan fitur tambahan, seperti perubahan cuaca, perburuan hewan, eksplorasi angkatan laut, dan sejumlah senjata baru yang tidak pernah ada dalam seri sebelumnya.

Assassin’s Creed IV: Black Flag

Release Date: 29 Oktober 2013 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, Wii U, Switch

Black Flag seperti seri sebelumnya kembali berlatar waktu di era kolonial meskipun terjadi beberapa dekade sebelum peristiwa di game Assassin Creed III. Anda akan berperan sebagai Edward Kenway, yaitu kakek dari protagonis game sebelumnya. Sesuai judulnya seri ini bertemakan bajak laut dimana banyak mengeksplorasi berbagai aktivitas angkatan laut dan mengadopsi pendekatan dunia terbuka yang lebih besar daripada game-game Assassin’s Creed lainnya. Anda dapat meningkatkan kapal sekaligus kemampuan guild pembunuh Anda selayaknya di Brotherhood.

Assassin’s Creed: Freedom Cry

Release Date: 25 Februari 2015 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC

Awal mulanya Freedom Cry direncanakan rilis pada Desember 2013 sebagai DLC dari Black Flag tapi akhirnya diputuskan berdiri sebagai game independen. Tapi sayangnya tidak banyak pujian di dapatkan dari game. Anda akan diperkenalkan protagonis baru bernama Adalwal, mantan budak yang bertransformasi menjadi pembunuh. Setting waktu terjadi tepat dua puluh tahun setelah peristiwa di Black Flag. Hanya ada sedikit perubahan dari segi gameplay dan juga beberapa peralatan baru tapi selebihnya cukup mengecewakan.

Assassin’s Creed: Rogue

Release Date: 11 November 2014 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC

Roque adalah seri terakhir game Assassin Creed yang berlatar waktu di era kolonial dan juga salah satu game paling hebat. Bahkan cerita dan tokoh pun berubah 180 derajat! Anda akan memerankan seorang Templar, yaitu ksatria militer milik organisasi pemerintah. Beberapa perubahan gameplay juga terjadi untuk mendukung alur cerita terutama dari segi senjata yang lebih berapa, seperti misalnya ada peluncur granat. Yang pasti sangat sayang melewatkan seri satu ini.

Assassin’s Creed: Unity

Release Date: 11 November 2014 | Platform: PS4, Xbox One, PC

Setelah seri game Assassin Creed stagnan di Black Flag dan Roque akhirnya ada perubahan baru dilakukan dengan berlatar tempat di kota Eropa dan pemain berperan sebagai Arno Dorian, seorang pembunuh di Paris. Latar waktu semasa revolusi Perancis dan juga ada elemen RPG yang mendominasi gameplay sehingga Anda bisa menyesuaikan karakter dan gaya bermain mereka. Selain itu, seri ini adalah game pertama yang menampilkan multiplayer kooperatif, tetapi sayangnya agak monoton untuk mode pertarungan karena senjatanya yang nyaris serupa modelnya. Terutama, ‘Phantom Blade’ yang pada dasarnya hanya panah dan pedang tersembunyi yang digabungkan menjadi satu senjata.

Assassin’s Creed: Syndicate

Release Date: 23 Oktober 2015 | Platform: PS4, Xbox One, PC

Syndicate mengambil latar waktu yang maju sedikit dari Unity, yaitu dari era Revolusi Perancis ke era Victoria di London. Ini adalah game pertama dalam seri ini yang menampilkan beberapa protagonis, karena Anda dapat memainkan si kembar Frye (Jacob dan Evie) sepanjang permainan. Dari segi gameplay, satu-satunya tambahan penting adalah, pilihan senjata jarak dekat dan jauh, sementara aspek multiplayer dari permainan sebelumnya dihilangkan. Pada akhirnya, Syndicate adalah game Assassin Creed terakhir sebelum mengalami perubahan besar yang akan dibawa pada seri Origins.

Assassin’s Creed: Origins

Release Date: 7 Oktober 2017 | Platform: PS4, Xbox One, PC

Melalui Origins akhirnya Ubisoft melakukan perubahan besar-besaran baik dalam segi pengaturan dan gameplay. Ini merupakan angin segar setelah stagnasi bertahun-tahun. Anda akan dibawa kembali ke zaman Mesir Ptolemaic sekaligus juga formula tempur baru game Assassin Creed disertai elemen RPG. Perubahan besar terjadi pada sistem pertarungan yang diberi nama ‘hitbox’, di mana pemain dapat membunuh/melukai banyak musuh dengan satu serangan, tapi di sisi lain ini juga memudahkan musuh untuk menyerang pemain. Karena itu, Origins dianggap mampu memberikan pengalaman pertempuran yang lebih dinamis dan terasa sangat segar serta lancar dibandingkan dengan apa yang biasa ditawarkan dalam seri-seri sebelumnya.

Selain itu, game ini juga menampilkan dunia terbuka yang jauh lebih luas dari apa yang telah kita saksikan sebelumnya, dan memungkinkan pemain untuk berpindah antara kota-kota dan hutan belantara Mesir kuno saat sedang menjelajahinya.

Assassin’s Creed: Odyssey

Release Date: 5 Oktober 2018 | Platform: PS4, Xbox One, PC

Dirilis pada akhir 2018, Odyssey berlangsung beberapa ratus tahun sebelum peristiwa Origins dan berfokus pada dunia Hellenic dan Perang Peloponnesia dan memungkinkan pemain untuk memilih sisi mana yang ingin mereka perjuangkan. Permainan ini juga memungkinkan pemain untuk memilih antara dua protagonis (Alexios atau Kassandra), di mana keduanya adalah tentara bayaran dan keturunan dari Raja Leonidas.

Dari segi gameplay, game ini mengikuti jejak Origins yang menampilkan banyak elemen RPG, beragam pilihan senjata, dan dunia terbuka yang luas untuk dijelajahi. Selain itu, seri game Assassins Creed ini juga menandai kembalinya pertempuran laut, yang mirip dengan Black Flag dan Rogue.

Spin-Offs

Assassin’s Creed: Altair’s Chronicle

Release Date: 5 Februari 2008 | Platform: Nintendo DS, Android, iOS, Symbian, Java ME, Windows Phone

Seri Spin-off pertama ini mengambil kisah Altair’s Chronicle yang merupakan prekuel dari game originalnya yaitu Assassin’s Creed. Game ini khususnya dikembangkan untuk Nintendo DS dan kemudian bisa dimainkan lintas platform. Meskipun ini adalah game 3D namun game ini mengadopsi mode permainan melalui peningkatan level dan juga tidak memiliki eksplorasi dunia terbuka yang besar.

Assassin’s Creed: Bloodlines

Release Date: 17 November 2009 | Platform: PSP

Menyusul hampir dua tahun setelah Altair’s Chronicles rilis, Bloodlines secara eksklusif dikembangkan untuk PSP. Berkat perangkat keras yang lebih kuat yang ditemukan di konsol genggam Sony, Bloodlines berhasil menjadi game yang jauh lebih baik dengan formula standar game Assassin’s Creed dibandingkan Altair’s Chronicles.

Assassin’s Creed II: Discovery

Release Date: 17 November 2009 | Platform: Nintendo DS, iOS

Dirilis bersamaan dengan Assassin’s Creed II, Discovery adalah game format 2.5D yang mirip dengan Altair’s Chronicles. Karena itu gameplay-nya sangat standar meskipun mengadaptasi formula yang baik ke dalam format 2.5D.

Assassin’s Creed III: Liberation

Release Date: 30 Oktober 2012 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, PS Vita

Liberation dirilis bersamaan dengan game utamanya. Perbedaan besar ada di platformnya yaitu bisa dimainkan untuk PS Vita dan juga mengambil konsep dasar permainan game Assassin Creed yang lengkap daripada game genggam mana pun. Seri spin-off ini mempertahankan pengaturan dunia terbuka, menampilkan grafis yang lebih maju, serta seri sistem tempur ‘fluid’ yang unik.

Assassin’s Creed: Pirates

Release Date: 5 Desember 2013 | Platform: iOS, Android

Dirilis segera setelah Black Flag, Assassin’s Creed: Pirates adalah game yang dikembangkan eksklusif untuk iOS dan smartphone Android. Karena itu, permainan dalam seri ini cukup sederhana dengan berfokus pada pertempuran kapal real-time.

Assassin’s Creed Identity

Release Date: 25 Februari 2016 | Platform: iOS, Android

Identity dikembangkan pertama kali untuk iOS Apple dan kemudian dirilis di Android tiga bulan kemudian. Gameplay seri ini sangat mengingatkan pada Assassin’s Creed II dan Assassin’s Creed: Brotherhood, karena kembali ke Italia di era Renaissance.

Assassin’s Creed Chronicles: China

Release Date: 21 April 2015 | Platform: PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, PS Vita

Assassin’s Creed Chronicles: China adalah game pertama dalam seri tiga game platformer 2.5D yang terinspirasi oleh seri utama game Assassin Creed. Chronicles: China beralih format menjadi foto realisme demi grafis yang lebih sederhana, dengan gaya cat air, dan melakukan pekerjaan yang baik untuk mengadaptasi seri ke genre baru.

Assassin’s Creed Chronicles: India

Release Date: 12 Januari 2016 | Platform: PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, PS Vita

Game kedua dalam seri Chronicles adalah India yang berlangsung selama perang antara Kekaisaran Sikh dan East India Company pada pertengahan abad ke-19. Mekaniknya tetap hampir identik dengan China, meskipun grafisnya lebih detail dan ada beberapa senjata baru pada periode itu.

Assassin’s Creed Chronicles: Rusia

Release Date: 9 Februari 2016 | Platform: PS4, Xbox 360, Xbox One, PC, PS Vita

Dirilis hanya sebulan setelah seri India, Rusia adalah arc penutup dalam seri Chronicles. Cerita terjadi pada Revolusi Oktober tahun 1918, yang merupakan waktu terjauh dari setiap game Assassin Creed. Seperti sebelumnya, satu-satunya tambahan pada permainan adalah beberapa senjata baru yang dapat ditemukan pada periode tersebut, sementara grafisnya mengadopsi estetika terkesan pudar untuk disesuaikan dengan era peristiwa berlangsung.

Assassin’s Creed: Rebellion

Release Date: 21 November 2018 | Platform: iOS, Android

Rebellion adalah spin-off terbaru yang eksklusif sebagai mobile gaming dengan menggunakan genre game strategi game RPG mobile yang gratis. Kali ini, lokasi permainan berlangsung di Spanyol. Akan ada fitur beragam karakter dari berbagai belahan dunia, termasuk Ezio sendiri. Gameplay-nya cukup baik meskipun ini adalah game Assassin Creed pertama yang menggunakan desain karakter “chibi”.

Kesimpulan

Itulah daftar komplit game Assasin Creed yang telah dirilis sejauh ini. Kabarnya Ubisoft akan mengembangkan seri terbaru dengan berlatar belakang waktu pada kekaisaran romawi atau viking meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pengembang.

Apa judul game favorit Anda? Bagikan di kolom komentar.

More Stories
Castlevania: Rondo of Blood Dan Symphony of the Night Kemungkinan Rilis Untuk PS4