fbpx

Daftar Lengkap Game Call of Duty dari Awal Hingga Terbaru!

0 42

Begitu banyak game franchise di luar sana dan tak jarang banyak juga yang menjadi ikonik karena memberikan inovasi dan perubahan besar-besaran pada industri game. Salah satunya adalah Game Call of Duty yang menjadi game paling ikonik dan kontroversial khusus genre first person shooter (FPS).

Berikut ini daftar judul lengkap Game Call of Duty paling komprehensif dari Naiklevel. Simak di bawah ini!

Daftar Game Utama

Call of Duty

Release: 29 Oktober 2003 | Platform: PS3, XBox 360, PC, OS | Metascore: 91

Game Call of Duty di masa awal rilisnya membawa angin segar bagi genre FPS karena menghadirkan realisme yang lebih nyata dan sinematik intens luar biasa dibandingkan game sejenis. Momen-momen epik perang dunia II dihadirkan dalam game orisinal ini dan juga melalui berbagai perspektif, yaitu tentara Amerika, Inggris dan Rusia.

Call of Duty 2

Release: 5 Oktober 2005 | Platform: Xbox 360, Xbox One, PC, OS| Metascore: 81

Pasca kesuksesan Game Call of Duty tim pengembang Infinity Ward memunculkan seri keduanya dengan membawa inovasi lagi, yaitu yang paling menonjol adalah sistem regenerasi kesehatan otomatis. Sistem Health ini menjadi basis game-game modern saat ini dan mendorong permainan yang lebih menantang dan cepat.

Call of Duty 3

Release: 7 November 2006 | Platform: PS2, PS3, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Wii | Metascore: 82

Intens yang lebih kuat dan terasa dekat dengan pemain menjadi kekuatan dalam seri ketiga Game Call of Duty ini. Fokus cerita terletak pada masa perang dunia ke II dan ingin membebaskan paris. Dan seri ini terkenal dari kampanye mematikan bernama The Normandy Breakout. Melalui alur cerita mendebarkan, game ini akan menyajikan serbuan tak henti-henti, aksi menakjubkan dan serangan sekutu yang mengubah nasib dunia.

Call of Duty 4: Modern Warfare

Release: 5 November 2007 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii, Nintendo DS, PC, OS | Metascore: 94

Modern Warfare adalah game yang cukup mematikan karena membuat pemain untuk baku hantam tanpa henti ditambah selalu diperkenalkan dengan gameplay terbaru setiap berganti cerita! Pada satu momen pemain akan menaiki helikopter Black Hawk setelah menyerbu zona perang, dan di satu ketika berperan sebagai penembak jitu (sniper). Seri keempat ini memberikan special effects yang luar biasa, seperti pencahayaan yang lebih baik dan bayangan pemain yang lebih realistis. Inovasi baru ada di mode multiplayer yang memiliki sistem mekanik levelling dan kustomisasi playstyle melalui sistem bonus.

Call of Duty: World at War

Release: 11 November 2008 | Platform: PS3, Xbox 360, Xbox One, Wii, Nintendo DS, PC | Metascore: 83

Game Call of Duty kedua yang dikembangkan Treyarch ini ibarat perpaduan antara semua seri sampai Modern Warfare. Kembali berlatar Perang Dunia II, misi pemain berpusat di area Pasifik dan Front Timur. Dalam game ini akan ada musuh baru, taktik baru, serta pengalaman tanpa sensor dari bahaya iklim yang sangat ganas. Pemain berperan sebagai Marinir A.S dan Tentara Rusia, dimana juga ada fitur baru diperkenalkan, yaitu gameplay kooperatif, dan senjata seperti penyembur api. World at War memberikan pengalaman bermain paling gila dan intens.

Call of Duty: Modern Warfare 2

Release: 10 November 2009 | Platform: PS3, Xbox 360PC | Metascore: 94

Sequel ini kembali melanjutkan kisah Modern Warfare dimana pemain akan beroperasi sebagai agen SAS Inggris dan Tentara Amerika. Sebagian besar mekanisme multipemain masih identik dengan game pertamanya. Ada tambahan mode baru yaitu “Spec Ops”, yaitu pemain bisa memilih bermain secara solo atau bekerja sama dengan pemain lain untuk menyelesaikan misi. Mode ini menjadi kontroversi yang mengesankan meskipun secara keseluruhan tidak ada perubahan signifikan.

Call of Duty: Black Ops

Release: 9 November 2010| Platform: , PS3, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Wii, DS, PC, OS | Metascore: 88

Black Ops memusatkan cerita pada operasi rahasia yang terjadi di balik era perang dingin. Di satu sisi kemasan cerita fiksi ini menarik tapi tampak kurang fokus juga pada perang itu sendiri. Game Call of Duty ini tidak memiliki perubahan apapun dari segi gameplay tapi protagonis karakternya berbeda dari game sebelumnya.

Call of Duty: Modern Warfare 3

Release: 8 November 2011 | Platform: PS3, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Wii, DS, PC, OS | Metascore: 88

Dengan 30 juta kopi terjual, Modern Warfare 3 adalah Game Call of Duty terlaris sepanjang masa. Fokus cerita melanjutkan kisah Modern Warfare 2, dan merupakan game pertama yang dikembangkan bersama oleh Infinity Ward dan Sledgehammer Games. Tidak ada perubahan besar pada mode multiplayer, karena perubahan sebagian besar untuk menyeimbangkan pengalaman. Namun, game ini memperkenalkan mode co-op “Survival” baru yang membuat pemain bertahan melawan musuh besar, dan jelas mode ini terinspirasi oleh mode Zombie dari seri ke-5.

Call of Duty: Black Ops II

Release: 13 November 2012 | Platform: PS3, Xbox, Xbox 360, Xbox One, Wii, PC | Metascore: 83

Ada beberapa kejutan dari Black Ops II, antara lain dalam hal multiplayer adalah sistem pengembangan senjata yang mengizinkan pemain untuk melakukan modifikasi dan meningkatkan kemampuan senjata mereka. Selain itu ada juga mode zombie sebagaimana seri World at War dan Black Ops.

Call of Duty: Ghosts

Release: 5 November 2013 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii, PC | Metascore: 73

Langkah besar diambil oleh Infinity Ward selaku tim pengembang Ghosts karena mengeksplorasi latar waktu modern dan masa depan. Aspek sci-fic ini pernah dilakukan oleh Black Ops tapi seri Game Call of Duty ini memperkenalkan tokoh karakter yang sama sekali baru, dan paling menonjol untuk kampanye pemain solo yang bisa mengendalikan seekor binatang. Sementara itu juga ada beberapa mode game baru, dan optimasi yang baik. Selebihnya tidak ada sistem besar yang berubah secara signifikan.

Call of Duty: Advanced Warfare

Release: 4 November 2014 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC | Metascore: 83

Serupa dengan Ghosts, seri Game Call of Duty ini melangkah jauh ke dalam dunia sci-fi dimana peristiwa permainan diatur pada pertengahan abad ke-21 dan juga sekaligus menjadi game pertama yang dikembangkan mandiri oleh Sledgehammer Games. Seri Advanced Warfare memperluas formula klasik Call of Duty dengan memperkenalkan setelan Exoskeleton antara lain, bisa meningkatkan mobilitas karakter, sesuatu yang dibuat untuk menghasilkan pengalaman gameplay yang lebih cepat. Selain itu, juga memiliki fitur ekstra seperti Cloaking, Portable Shield, Health Boost, dan banyak lagi.

Call of Duty: Black Ops III

Release: 6 November 2015 | Platform: PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, PC | Metascore: 81

Mengikuti tren yang dimulai Advanced Warfare, seri ini memutuskan meninggalkan era Perang Dingin dan hanya berfokus pada waktu futuristik tahun 2060-an. Apa yang menarik tentang Black Ops III adalah kampanye ini dirancang dengan mempertimbangkan 4-pemain. Dari segi multiplayer, tidak banyak yang berubah, karena jenis permainan sebagian besar sama dengan mobilitas yang ditingkatkan pada seri Advanced Warfare, dan juga turut mempertahankan perkembangan senjata dari permainan Black Ops sebelumnya. Namun, Black Ops III menambahkan beberapa kelas karakter khusus dengan kemampuan unik, serta mode zombie yang diperbaiki dan ditingkatkan.

Call of Duty: Infinite Warfare

Release: 4 November 2016 | Platform: PS4, Xbox One, PC | Metascore: 77

Infinite Warfare mengambil peristiwa permainan yang berlangsung di masa depan dengan tahun yang dibiarkan rahasia. Untuk pertama kalinya, Game Call of Duty ini membawa pertempuran ke luar angkasa juga, dan menempatkan pemain di area gravitasi nol sekaligus juga di kursi pilot pesawat tempur. Pada dasarnya, tidak banyak yang berubah dari mekanisme multiplayer, karena masih banyak yang didasarkan pada permainan sebelumnya dan pemain sekarang dapat membuat senjata yang berbeda, sementara mekanik gerakan tetap tidak berubah.

Call of Duty: WWII

Release: 3 November 2017 | Platform: PS4, Xbox One, PC | Metascore: 79

Setelah hampir sepuluh tahun, Call of Duty akhirnya kembali pada cerita Perang Dunia II dengan judul WWII. Demi memberikan kesan dan pengalaman bermain Game Call of Duty klasik terjadi ‘kemunduran’ pada sistem mekanisme game yang lebih sederhana seperti hilangnya regenerasi kesehatan otomatis yang merupakan sistem waralaba sejak Call of Duty 2. Untuk mode multiplayer, perubahan terbesar ada si penghapusan kelas khusus “divisi” yang sudah dibuat sebelumnya, dimana masing-masing memiliki kemampuan mereka sendiri dan gaya bermain tertentu. Di satu sisi memang pengalaman FPS sederhana mengasyikkan tapi kelemahannya tidak membuat banyak pemain bertahan lama memainkan game ini.

Call of Duty: Black Ops 4

Release: 12 Oktober 2018 | Platform: PS4, Xbox One, PC | Metascore: 83

Bisa dikatakan ini adalah seri Game Call of Duty paling berbeda karena merombak besar gameplay yaitu menghapus mode pemain tunggal dan diganti dengan mode battle royale. Meskipun begitu tidak banyak berubah dibandingkan Black Ops III ditinjau dari sistem gameplay keseluruhan.

Daftar Game Spin-Offs

Call of Duty: Finest Hour

Release: 16 November 2004 | Platform: PS2, Xbox, GameCube | Metascore: 76

Game ini memiliki mekanisme permainan yang sebagian besar tidak berubah dari seri original Call of Duty. Meskipun begitu ada kampanye yang berbeda dengan serangkaian alur cerita baru yang terjalin bersamaan dengan alur cerita dari Call of Duty pertama.

Call of Duty: Big Red One

Release: 1 November 2005 | Platform: PS2, Xbox, GameCube | Metascore: 78

Sama seperti Finest Hour, seri spin-off Call of Duty ini adalah cerita alternatif dari game klasik pertama. Mekanisme game tetap hampir identik tapi kampanye baru dan berfokus pada bagian-bagian dari Perang Dunia II yang tidak dieksplorasi dalam permainan aslinya.

Call of Duty: Roads to Victory

Release: 13 Maret 2007 | Platform: PSP | Metascore: 64

Roads to Victory rilis beberapa bulan setelah Call of Duty 3, dan merupakan adaptasi dari game utamanya (Call of Duty 3) untuk PSP. Tetap tidak ada perubahan besar pada formula atau mekanisme seri Call of Duty ini. Ini adalah Game Call of Duty pertama dan satu-satunya yang rilis khusus PSP. Sayangnya banyak kritik diterima pada seri ini terkait glitch.

Call of Duty: World at War – Final Fronts

Release: 10 November 2008 | Platform: Playstation 2 | Metascore: 59 [user score]

Final Fronts dikembangkan semata-mata untuk PlayStation 2. Sama seperti dua spin off lainnya, game ini merupakan adaptasi yang menawarkan gameplay yang hampir tidak berubah tetapi ada kampanye dan alur cerita baru. Berbeda dengan dua game sebelumnya, Final Fronts menghilangkan multiplayer seluruhnya, dan kemungkinan besar disebabkan semakin berkurangnya popularitas PS2.

Call of Duty: Modern Warfare – Mobilized

Release: 10 November 2009 | Platform: Nintendo DS | Metascore: 73

Seri ini dirilis khusu untuk Nintendo DS yang memiliki beberapa game mini baru, dan sebagaimana spin-offs lainnya, Mobilized memiliki alur cerita yang berbeda dari “induknya” yaitu Modern Warfare.

Call of Duty: Zombies

Release: 16 November 2009 | Platform: iOS, Android | Metascore: 74

Zombies adalah Game Call of Duty pertama yang dirilis untuk smartphone. Game ini memiliki mekanisme yang lebih sederhana (mengingat ini game mobile) dan juga berdasarkan pada mode survival zombie World at War.

Call of Duty: Black Ops – Zombies

Release: 1 Desember 2001 | Platform: iOS, Android | Metascore: 70

Sekuel dari Call of Duty: Zombies, Black Ops – Zombies hampir tidak berbeda dari pendahulunya, meskipun ada sedikit perubahan kecil pada gameplay dan juga memiliki grafik lebih baik.

Call of Duty: Black Ops – Declassified

Release: 13 November 2012 | Platform: Playstation Vista | Metascore: 33

Black Ops: Declassified adalah Game Call of Duty pertama untuk konsol PlayStation genggam sejak Roads to Victory yang dirilis untuk PSP pada 2007. Meskipun grafis diperbarui dan diadaptasi dengan sangat baik untuk PS Vita, tapi beribu sayang gameplay nya kurang baik dijalankan, terutama karena bug dan beberapa keputusan desain yang menyebabkan keterbatasan konsol.

Call of Duty: Strike Team

Release: 5 September 2013 | Platform: iOS, Android | Metascore: 71

Strike Team adalah Game Call of Duty khusus mobile yang sedikit berbeda dari dua game zombie sebelumnya, yaitu adalah permainan yang berpusat di sekitar taktik pasukan yang membuat pemain mengendalikan seluruh pasukan alih-alih hanya satu karakter saja.

Call of Duty: Heroes

Release: 26 November 2014 | Platform: iOS, Android | Metascore: 66

Memiliki fondasi dasar dari seri Strike Team, game spin off ini membawa Call of Duty ke dalam genre strategi real-time untuk pertama kalinya dalam sejarah. Tidak ada yang spesial dari seri ini karena sangat mirip dengan kebanyakan game RTS mobile lainnya di luar sana.

Itulah daftar lengkap Game Call of Duty yang dirilis hingga sekarang! Mana yang jadi favorit Anda?

Comments
Loading...