fbpx

21 Game Anak Terbaik Android Untuk Mengasah Kreativitas dalam Permainan

43

Banyaknya Game Anak yang beredar untuk Android tidak semata-mata memberikan patokan bahwa game tersebut akan selalu bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Usia anak yang terus berkembang, terkadang membuatnya cepat bosan, karena. Game Anak seperti menghitung kata, menjawab kosakata, dan berbagai Game Anak bertipe Edukatif lainnya mungkin akan menjadi tidak relevan. Karenanya anak butuh asupan lain untuk beranjak ke tahap yang lebih dari sekedar belajar baca tulis.

Kru Naiklevel akan mencoba membahas beberapa Game Anak yang mempunyai standar untuk mengasah dan mengembangkan cara berpikir anak dalam memecahkan segala permasalahan dengan cara yang cerdas dan kreatif. Karena menurut kami, perkembangan tersebut sangatlah penting, agar anak lebih mudah tanggap untuk memecahkan permasalahan dengan berbagai kemungkinan dan solusi yang ada.

Berikut 21 Game Anak Terbaik Android yang dapat membantu untuk mengembangkan kreativitas berpikir dalam permainan.

LEGO Creator Island

Genre: Strategy
Developer: Lego System A/S
Download: Link

Kami yakin orang tua akan lebih bahagia melihat anaknya bermain dengan LEGO daripada batu bata virtual dalam permainan tablet. Namun mengingat mahalnya harga LEGO dan menjadi riskan ketika anak tidak terawasi, mengapa tidak mencoba mencari alternatif lain? Salah satunya juga karena Game Anak satu ini sudah mendapatkan lisensi secara resmi.

Singkatnya anak akan diberikan beberapa berbagai macam susunan logo, dan 1 petak base. Tugas mereka adalah menyusun kepingan Lego menjadi berbagai macam bangunan, pepohonan, hingga kendaraan. Tidak terlalu ribet, karena Game Anak satu ini dapat selesai dengan beberapa ketukan saja. Selain mengasah kreativitas anak, game ini tentu saja aman dari berbagai macam kemungkinan berbahaya yang ditimbulkan seperti misalkan kepingan yang terinjak, atau tertelan, yang membuat anak terluka. Juga tentunya tetap menyenangkan.

Llama Spit Spit

Genre: Action, Adventure
Developer: Nickelodeon
Download:Link

Llama Spit Spit adalah sebuah Game Anak bertema shooter klasik, yang mengandalkan seekor Llama yang secara aneh dapat menembaki berbagai karakter kartun yang menghalanginya, dengan campuran dari ludah dan berbagai persenjataan berbahaya.

Kontrolnya sangat sederhana. Anak-anak saja dapat memainkannya dengan sangat mudah. Llama akan mendapatkan power up kekuatan dari kotak-kotak koleksi yang dia dapatkan dalam perjalanannya nanti. Dan melawan berbagai musuh yang aneh di setiap stage yang dilewatinya. Sehingga Game Anak satu ini dapat membuat betah dalam waktu jangka panjang untuk dimainkan.

Sago Mini Friends

Genre: Education

Developer: Sago Mini

Download:Link

Sago Mini Friends adalah sebuah mini game yang sangat menyenangkan. Ia merupakan Game Anak yang dapat mendorong ketangkasan bermain, pemecahan teka-teki yang beragam, dan menciptakan kreativitas tanpa batas. Game anak satu ini juga dilengkapi oleh karakter-karakter kartun yang mempunyai ekspresi lucu, yang berjalan-jalan di lingkungan rumah kartun yang penuh warna.

Si kecil hanya tinggal mengetuk pintu, dan kalian akan diundang ke dalam rumah oleh berbagai macam karakter lucu untuk bermain sesuatu yang menyenangkan. Seperti memasang paku pada sangkar burung, dandan, bahkan makan cemilan. Semuanya merupakan kegiatan yang ceria. Game ini juga akan mengajarkan anak pada sifat empati, di mana akan ada temannya yang sedih jika ia tidak bermain dengannya secara adil dan merata.

Disney Crossy Road

Genre: Arcade

Developer: goGame

Download:Link

Crossy Road Original memiliki pola yang hampir sama dengan game bernama FROGGER. Dengan karakter berbentuk kotak yang mencoba untuk melewati, lebih tepatnya menyebrangi berbagai macam jenis landscape yang ada, mulai dari sungai hingga rel kereta api. Namun mereka sama sekali belum memiliki salah satu fitur penting di dalamnya yakni Unlockable Character.

Disney Crossy Road memberikan apa yang sebelumnya belum pernah ada pada keduanya, meskipun inti dari Game Anak satu ini tetaplah sama. Namun menggunakan berbagai karakter dari Disney saja, tentu membuat Disney Crossy Road unggul beberapa langkah dari pada game yang menginspirasinya. Ada sekitar 100 Figur karakter yang dapat diunlock dalam game ini. Dan kalian hanya membutuhkan koin yang akan didapatkan di dalam permainan, untuk membuka semuanya.

Frisbee Forever 2

Genre: Arcade
Developer: Kiloo
Download:Link

Pernahkan anda berpikir bahwa cakram lempar adalah sebuah permainan sampah yang bahkan tidak akan dilirik oleh anak-anak? Tentu anda salah besar jika berbicara soal Game Anak satu ini. Frisbee Forever 2 memberikan sebuah konsep baru, di mana anak akan mengarahkan cakram layaknya sebuah Roller Coaster untuk melewati berbagai rintangan, dan mengumpulkan poin serta bintang yang berada di sepanjang lintasannya

Ada sebuah vibe dari Nintendo yang diterapkan pada Game Anak satu ini, yang mana developer mengangkat tema dengan grafik yang penuh warna, desain level yang benar-benar pintar, dan sistem kontrol yang mudah bagi semua yang memainkannya. Meskipun ada sistem pembayaran premium, namun anda juga akan mendapatkan koin yang termasuk in-game currency, dari setiap permainan yang dilakukan setiap detiknya. Sekalipun tiap kali anda mendapatkan kegagalan.

Fruit Ninja

Genre: Arcade
Developer: Halfbrick Studios
Download:Link

Salah satu Game Anak yang populer saat pertama kali boomingnya Android yang memang didesain menggunakan touch screen saat itu, adalah Fruit Ninja. Di mana anak akan mengubah sentuhan mereka menjadi sebuah pedang yang tajam, dan memotong buah-buahan yang dilemparkan kepadanya untuk mendapatkan poin sempurna. Namun terdapat berbagai rintangan di dalamnya, yakni Bom, yang jika kalian tidak sengaja memotongnya, maka permainan akan berakhir saat itu juga.

Bagi anda yang memiliki tablet, permainan ini sangatlah pas sebagai Game Anak karena si anak nantinya akan memiliki layar yang sangat luas untuk mengekspresikan keahlian dan ketelitiannya. Game Anak satu ini juga menawarkan fitur multiplayer, yang dapat dimainkan hingga 2 orang. Karenanya akan membuatnya menjadi lebih kompetitif untuk menentukan siapa yang terbaik dan mendapatkan poin paling besar.

Mekorama

Genre: Puzzle
Developer: Martin Magni
Download:Link

Rekomendasi Game Anak berikutnya adalah Mekorama. Dalam Game Anak satu ini, kita dituntut untuk melakukan berbagai improvisasi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cara yang kreatif. Kalian akan diberikan sebuah landscape dan bangunan yang dapat diputar melalui berbagai macam sudut pandang kamera, dan kontrol untuk beberapa bagian tertentu. Tugasnya sebenarnya adalah tugas yang sederhana. Kalian akan membantu sebuah robot untuk mencapai tujuannya dalam area tersebut. Semuanya penuh dengan ilusi optik, maka ketelitian dalam hal ini sangatlah diperlukan untuk memecahkan teka-teki untuk menentukan langkah selanjutnya dari sang robot.

Charming, penuh pemikiran, dan taktis, Game Anak satu ini sangat cocok dimainkan oleh para orang tua dan anak untuk mengasah keterampilan dan kecerdasan mereka, dengan cara bermain bersama-sama. Setelah 50 level terselesaikan, anda dapat mendownload level selanjutnya melalui internet atau bahkan membuat sendiri sesuai dengan kriteria.

Toca Kitchen 2

Developer: Toca Boca
Genre: Edukasi
Download: Link

Jika anak anda sering sekali memegang tablet, kemungkinan anda telah menginstall beberapa jenis Game Anak dari developer Toca Boca. Mereka adalah sebuah perpaduan cerdas antara pendidikan dan permainan. Toca Kitchen tanpa terkecuali.

Seperti namanya, Toca Kitchen 2 adalah Game Anak dengan tema memasak. Game ini akan mengundang anak untuk membuat sebuah makanan berdasarkan imajinasi yang mereka punya. Anak dapat menciptakan kreasi makanan mereka sendiri, membaginya dengan berbagai karakter berwarna-warni, menyusun burger dengan hati-hati, atau hanya sekedar memasukkan semangka ke dalam microwave dan menaburinya dengan saus tomat. Game Anak satu ini memungkinkan anak berekspresi secara bebas, dan orang tua juga dapat memberikan arahan terhadapnya.

World Biggest Pacman

Genre: Adventure, Puzzle
Developer: Australian Soap Creative, Microsoft, Namco-Bandai

Download:Link

Pacman merupakan salah satu Game Anak yang paling terkenal di dunia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dapat memainkannya. Namun, satu labirin saja mungkin tidak akan cukup dan akan terasa bosan apalagi kalau kita memang sudah menguasai trik dan jalan yang telah diperkenalkan. Maka ada baiknya kalian mencoba untuk memainkan World Biggest Pacman.

World Biggest Pacman akan membawa kita pada ratusan labirin yang berbeda. Meskipun pada dasarnya game yang dimainkan adalah sama, namun keanekaragaman arena akan membuat kita merasakan hal baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Pacman masih terpaku pada bagaimana kita memakan bola-bola kuning dan bola magic yang membuat kita kuat melawan empat alien warna-warni yang akan terus mengejar kita selama permainan.

SpaceTeam

Genre: Word, Team Work

Developer: Henry Smith

Download:Link

Jika anak anda mempunyai beberapa teman dengan hobi yang sama, ataupun bermain bersama dengan anda sendiri, Spaceteam adalah salah satu Game Anak yang akan membuat mereka berteriak dan melakukan komando secara ekspresif dan produktif, karena Game Anak satu ini menuntut kerjasama di antara 2 orang pemain dalam sebuah perjalanan luar angkasa. Secara teknis misi dari permainan ini adalah untuk meledakkan sebuah bintang, dengan control yang berbeda pada setiap tablet atau android yang saling terhubung nantinya.

Ketika kedua alat terhubung, akan ada sebuah instruksi untuk melakukan sesuatu. Namun terkadang, apa yang ada dalam layar, ternyata bukanlah alat yang diperlukan dalam instruksi tersebut, sehingga terkadang, pemain harus memberi perintah kepada partnernya untuk segera melakukan apa yang diperintahkan agar misi mereka tidak mengalami kegagalan.

Super Stickman Golf 3

Genre: Arcade, Sports
Developer: Noodle Studios Inc.
Download:Link

Bagi sebagian besar anak, Golf mungkin bukan sesuatu yang membuat mereka sangat antusias dengannya. Namun berbeda dengan Game Anak bernama Super Stickman Golf. Dalam dunia Game Anak satu ini, permainan golf sangatlah berbeda dari kenyataannya. Kalian akan memukul bola golf melewati berbagai macam lintasan seperti danau, kastil, lorong sempit, hingga pulau terbang untuk mencapai lubang tujuannya.

Layar besar sangat dilanjutkan untuk memainkan Super Stickman Golf, karena kalian akan melihat berbagai macam rintangan, sehingga dapat menentukan dan membidik arah yang dirasa tepat sebelum meluncurkan pukulan. Lebih dari itu, Game Anak satu ini juga mempunyai fitur multiplayer yang superb. Karena kalian dapat bermain dan berkompetisi melewati berbagai macam rintangan untuk mencetak poin dengan teman, secara bergiliran nantinya.

Cube Slam

Genre: Arcade
Developer:Mete Çınar
Download:Link

Pong mungkin adalah salah satu game bertema ping-pong atau tenis meja pertama yang pernah ada. Cube Slam sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja Game Anak satu ini akan membawa kalian pada petualangan bermain tenis meja bernuansa 3D. Dan uniknya lagi, kalian akan melawan sebuah beruang virtual di dalamnya.

Sesuai dengan judulnya, semua yang ada di dalam gamenya nanti akan bernuansa kotak. Untuk melawan si hewan berbulu, kalian hanya cukup menggerakkan bet milik kalian ke arah kiri dan kanan. Namun jangan salah di sini lah letak kelebihan sekaligus kesulitan game ini. Dalam arena permainan, lapangan nantinya akan berubah-ubah bentuk dan menciptakan rintangan yang sesuai dengan perhitungan RNG alias random. Maka dari itu jangan heran kalau misal bola yang dipukul oleh kalian sebelumnya, akan kembali sebelum menemui lawan. Hal lain yang tak kalah unik selama permainan berjalan nantinya, game akan memperkenalkan berbagai macam fitur baru mulai dari power up, berbagai macam rintangan ekstra di dalam lapangan (meja), hingga bola yang tidak terlihat. Tentunya untuk bermain bersama anak, akan membuat Game Anak satu ini menjadi sedikit menantang.

Smart Kids Puzzle

Genre: Kuis, Puzzle
Developer: AppQuiz
Download:Link

Game Anak satu ini akan membawa kita pada sebuah kisah klasik di masa lalu, dengan cara yang sangat interaktif. Pemain akan menyusun berbagai macam bagian berwarna-warni yang nantinya akan membentuk berbagai macam hewan-hewan.

Smart Kids Puzzle juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk orang tua, karena mereka juga dapat mendapatkan penjelasan mengenai kepingan puzzle apa yang sedang mereka susun. Selain itu, game ini juga akan mengajarkan anak sebuah tingkat kepuasan yang sangat berarti secara moril, ketika berhasil mengerjakan semuanya.

Quick, Draw !

Genre: Drawing, Kuis
Developer: Google Creative Lab
Download:Link

Bagi anak-anak yang senang menggambar, Game Anak satu ini dapat menjadi alternatif yang akan sangat membantu untuk mengembangkan kreativitas selain menghemat kertas. Terlebih apa yang digambar akan langsung dikenali oleh perangkat google, sehingga internet akan langsung menerjemahkannya untuk sebuah bentuk yang memang benar sesuai atau tidak.

Game Anak satu ini sebenarnya bukanlah belajar untuk menggambar secara penuh. Namun lebih kepada menebak apa yang diperintahkan oleh mesin pencari google nantinya. Kalian akan mendapatkan perintah mengenai benda apa yang mesti digambar, dan komputer akan langsung menebak apa yang kalian gambar, sampai dia menyatakan apa yang kalian gambar itu benar dan melaju ke tahap selanjutnya. Waktu yang diberikan pun relatif cepat, yakni 20 detik. Game Anak satu ini akan mengasah keterampilan berpikir cepat, serta mengasah kreativitas.

Little Alchemy 2

Genre: Puzzle
Developer: ReCloak
Download:Link

Sulit sebenarnya menyebut Little Alchemy sebagai Game Anak yang edukatif. Namun dalam beberapa unsur, pola pemikiran kreativitas dan logika akan menjadi salah satu faktor penting untuk menyelesaikan berbagai puzzle dalam serial kedua dari franchise Little Alchemy ini.

Kalian akan memulai permainan dengan berbagai macam balok penyusun yang dapat disusun untuk membuat sesuatu yang baru. Terkadang penemuan yang didapat pun menghasilkan sesuatu yang memang masuk akal. Ketika kalian menambahkan air dan lebih banyak air, maka genangan akan tercipta. Namun terkadang ada yang lucu juga dari penemuan yang tidak jelas dan tidak logis ini, misal ketika kalian mengkombinasikan antara Burung dan Besi, maka hasil yang didapat nantinya adalah Pesawat Terbang.

Game Anak satu ini merupakan sarana yang ideal jika si kecil ingin bermain game, namun Anda ingin ia sedikit lebih berpikir.

Contre Jour

Genre: Puzzle
Developer: Mokus
Download:Link

Sebuah Game Anak bertema puzzle yang menyeramkan, sekaligus indah. Mungkin merupakan salah satu penggambaran yang tepat untuk game Contre Jour. Tujuan dari game ini adalah membawa tokoh utama kita yang mungil bernama Petit, untuk keluar dari kegelapan, dan berjalan menuju jalan keluar penuh cahaya.

Sistem kontrol yang diperkenalkan juga sangat variatif, mulai dari mengetuk hingga mendrag berbagai macam benda yang ada dalam area seperti ketapel, crane, batu, hingga tentakel untuk memuluskan perjalanan dari Petit.

Tingkah laku Petit yang memiliki kepribadian sedikit pemarah, tata ruang cahaya, serta grafik yang indah, ditambah dengan berbagai macam puzzle dan teka-teki yang bersahabat, serta penempatan level yang sangat cerdas, akan membuat Game Anak satu ini menjadi salah satu yang mungkin membuat anak anda garuk-garuk kepala dalam hal yang positif untuk mencari semua kemungkinan dan solusi yang tersedia di dalamnya.

Mimpi / Dreams

Genre: Adventure, Puzzle, Platformer
Developer: Dreadlocks Mobile s.r.o.
Download:Link

Judul dari Game Anak satu ini sudah mewakili apa yang nantinya akan terjadi di dalamnya. Mungkin yang terbayang adalah game ini berasal dari Indonesia. Namun sayangnya sang developer adalah berasal dari Republik Ceko.

Game ini menceritakan tentang seekor anjing pemalas bernama Mimpi. Namun di dalam mimpinya ia adalah anjing yang gemar meloncat dan aktif, serta sangat berbeda dari apa yang ia lakukan di dunia nyata. Dalam ceritanya, Mimpi mencari tuannya yang hilang dengan melewati berbagai rintangan yang ada. Tetapi untuk melakukannya diperlukan kekuatan otak, lompatan yang sangat banyak, dan sesekali kalian juga harus membantu sang anjing untuk mencapai tujuannya untuk membantu teman-temannya.

Mimpi merupakan perpaduan dari Game Anak bertema Puzzle, Platformer, dan Adventure. Dengan grafik yang bisa dikatakan sangat bagus, pemain akan menjelajah hingga 6 dunia berbeda mulai dari Stoneface Forest, Tesla Landscape, Bottle Seaside, Fairy Tail, Medieval Castle, dan Factory. Semuanya juga dipadukan dengan berbagai warna yang membuatnya terasa semakin hidup dan nyata.

Forget-Me-Not

Genre: Adventure
Developer: Jakyl
Download: Link

Game Anak satu ini sebenarnya mirip dengan Pacman maupun game berbasis puzzle labirin lainnya. Hanya saja dengan balutan arena berkesan neon dan futuristik. Game ini mudah untuk dipahami oleh anak-anak sekalipun.

Namun perbedaannya dengan Pacman, yang hanya perlu untuk menghabiskan makanan yang ada, Forget-Me-Not akan membawa kita untuk sedikit berpikir, karena akan ada beberapa item yang wajib dibawa untuk meloloskan diri kalian dari serangan para alien. Terlebih lapangan permainan juga akan berubah sewaktu-waktu ke dalam bentuk-bentuk yang sebenarnya sangat familiar, seperti buah-buahan dan sayuran. Meskipun lucu, namun sebenarnya game ini menawarkan konsep yang cukup brutal namun mengasyikan untuk dicoba.

Spelunky

Genre: Arventure
Developer: Yancharkin
Download:Link

Game Anak selanjutnya adalah petualangan side-scrolling di bawah tanah yang memiliki nuansa khas Indiana Jones. Game ini juga menjadi salah satu game yang paling booming di kalangan penggemar handheld meski sejatinya, Spelunky adalah game PC di masa lalu. Ada banyak sekali cara untuk memainkan game klasik ini.

Meskipun versi ini terasa sangat susah jika dibandingkan dengan versi modern, Spelunky tetap memiliki kelebihan yang membuatnya tetap terlihat menarik. Kalian akan menjelajahi gua, melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain, mengambil permata, dan melawan monster. Setiap stage dibuat secara unik dan random. Sekecil apapun kesalahan akan membuat petualangan kalian menjadi berantakan. Kalian dapat saja mati tertusuk paku ataupun tergigit ular. Maka dari itu berhati-hatilah ketika ingin melompat untuk mencapai tujuan.

VVVVVV: Make and Play Edition

Genre: Action
Developer: Terry Cavanagh
Download: Link

Untuk anak kita yang sudah mulai besar dan mempunyai jempol yang besar, game platformer yang mempunyai konsep melawan gravitasi, VVVVVV mempunyai versi gratis yang dapat diunduh sebagai edisi spesial. Layaknya game versi fullnya, kita dapat menempel pada dinding bagian atas untuk menghindari rintangan yang ada.

Tujuan tokoh utama adalah untuk kabur dari sebuah dungeon yang dipenuhi oleh rintangan dan musuh-musuh. Jika lantai yang dipijak memiliki rintangan misalkan seperti duri, maka pemain dapat berpindah ke bagian atas, begitupun sebaliknya. Bagian paling sulit, mungkin ketika banyaknya rintangan dalam 2 sisi secara bersamaan. Karena itu, dalam Game Anak satu ini, ketelitian dan kecepatan sangat diperlukan, karena hal tersebut akan membawa kita pada tahap selanjutnya di mana rintangan yang ada akan semakin berat.

Plant vs Zombies 2

Genre: Strategy
Developer: Electronic Arts (EA Games)

Download:Link

Game Anak satu ini mungkin sudah sangat populer bagi kalian yang familiar, karena memang asal permainan ini sebelumnya adalah dari PC. Plant vs Zombie akan membawa kita pada sebuah pertempuran yang tidak lazim antara para tumbuhan penjaga rumah dengan zombie yang menyerang.

Singkatnya seorang pemilik perkebunan akan mencoba mencegah invasi zombie menuju rumah dengan bantuan berbagai macam jenis tumbuhan yang nantinya akan menjadi penjaga atau pertahanan pertama dan terakhir untuk rumah kalian. Mereka juga bukanlah zombie sembarangan. Ada yang memakai pelampung untuk berenang, memakai helm ember sehingga menjadi tahan banting, zombie yang menyelam ke dalam tanah, memakai balon untuk terbang, hingga menculik para tanaman secara terlatih layaknya seorang mata-mata dan penculik yang handal. Untungnya kalian juga “dipersenjatai” dengan berbagai tanaman yang bervariasi dan mempunyai berbagai fungsi, sehingga dapat beradaptasi sesuai dengan musuh yang dihadapi.

Game Anak satu ini memerlukan tingkat kejelian dan manajemen yang sangat tinggi. Kalian harus memilih prioritas tanaman mana yang menyerang, mana yang bertahan, mana yang memproduksi hasil fotosintesis, dan mana yang menjadi kartu as untuk memusnahkan lawan. Dan kalian harus menyusun posisi mereka berdasarkan kebutuhan yang utama, seperti misalkan kalian harus tempatkan tumbuhan penyerang di belakang, para penahan di belakangnya untuk melindungi fotosintesis, maupun para kartu as yang nantinya akan sangat mempunyai kegunaan yang praktis. Agar para zombie tidak dapat masuk dan menyerang ke rumah.

Kesimpulan

Demikian 21 Game Anak Terbaik untuk Android yang direkomendasikan oleh Kru Naiklevel pada edisi ulasan kali ini. Namun harus diingat, bahwa bermain Game semata-mata hanyalah salah satu sarana hiburan bagi setiap orang tak terkecuali anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anak-anak, bermain game bukanlah prioritas utama, karena apa yang harus didahulukan bagi mereka, adalah pendidikan yang dimulai dari lingkungan keluarga.

Semakin canggihnya teknologi, dan semakin majunya peradaban internet memungkinkan Hadirnya ribuan Game Anak dengan beraneka ragam jenis permainan yang seru dan menantang, bahkan tidak sedikit di antaranya yang mengajak kita untuk sama-sama belajar sambil bermain, sehingga kreativitas tanpa disadari terbentuk dan berubah menjadi kepribadian. Memang benar, seiring perkembangan waktu, Game Anak juga dapat menjadi metode dan sarana edukasi yang tepat bagi anak-anak, karena konten-konten yang memang sangat menyenangkan. Dan tentunya akan lebih baik apabila orang tua juga terlibat dan melakukan pengawasan ekstra di dalamnya.

Simak ulasan menarik kami lainnya pada edisi selanjutnya ya.

Comments
Loading...