fbpx

10 Game Asah Otak Penuh Tantangan

Dari sekian banyak game yang diciptakan setiap harinya tentunya para pembaca memiliki banyak pilihan sekaligus kebingungan untuk menentukan game asah otak mana yang paling menarik dan layak untuk dimainkan di waktu senggang. Khusus pada kesempatan kali ini Naiklevel akan membahas game-game asah otak yang menantang dan dapat menguji keterampilan serta ketangkasan para pemainnya.

Seperti biasa kami juga akan memberikan beberapa rincian utama dari game serta ulasan singkat seputar game agar lebih memudahkan para pembaca sekalian untuk menentukan game mana yang terlebih dahulu akan dimainkan. Berikut adalah 10 game asah otak penuh tantangan yang kami rekomendasikan.

1. Quick Brain

Studio Pembuat: Andrei & Aleksandr Krupiankou

Genre: Game Asah Otak, Pendidikan

Platform: Android 4.1 atau lebih

Quick Brain merupakan game asah otak yang dikemas dalam bentuk matematika dan puzzle. Pencipta membuat Quick Brain dengan mengedepankan prinsip psikologi kognitif yang dapat membantu mengasah kemampuan mental para player yang memainkannya. Andrei dan Aleksandr membuat game ini dengan tujuan untuk melatih daya ingat, ketangkasan, logika, kecepatan dan ketepatan para player karena player akan berkompetisi satu sama lain secara langsung via online.

Quick Brain disajikan dengan sejumlah level dan tingkat kesulitan yang berbeda, oleh karena itu game ini dapat diterima oleh berbagai kalangan. Ada sekitar 2000 puzzle lebih dengan ukuran dan kecepatan yang berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan player. Meskipun begitu, Quick Brain merupakan game yang simple dan cukup mudah untuk dipahami, lebih lagi game ini tetap dapat beroperasi sekalipun tanpa koneksi internet. Quick Brain merupakan salah satu game asah otak penuh tantangan terbaik yang bisa Naiklevel rekomendasikan.

2. Brain It On!

Studio Pembuat: Orbital Nine Games

Genre: Game Asah Otak, Teka-teki

Platform: Android 4.1 atau lebih

Masih berkutik di game asah otak, kali ini player dituntut untuk menggambar suatu bentuk untuk memecahkan teka-teki fisika yang menantang. Bring It On! juga merupakan salah satu game ini yang masih dalam tahap pengembangan. Meskipun begitu, game ini telah menyediakan sejumlah puzzle yang dapat membuat player memutar otak untuk memecahkannya dan hingga saat ini game masih mendapatkan update dan penambahan puzzle-puzzle yang baru.

Brain It On! juga merupakan salah satu game asah kompetitif yang didesain agar para player bersaing dengan player lainnya demi mendapatkan mahkota. Karena pada setiap puzzle yang disediakan terdapat banyak cara untuk menyelesaikannya, player dapat mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya dan membaginya dengan player yang lain. Selain itu game disediakan secara gratis dengan beberapa paket puzzle terkunci yang bisa dibuka jika gamer ingin membelinya. Brain It On! merupakan game asah otak penuh tantangan yang wajib dimainkan.

3. Brain Dots

Studio Pembuat: Translimit, Inc

Genre: Teka-teki

Platform: Android 4.1 atau lebih

Permainan yang satu ini juga masih berkaitan dengan menggambar. Dalam Brain Dots player harus menggambar garis agar kedua titik dapat dipertemukan. Sekilas game ini memang terlihat sederhana dan mudah tapi kenyataanya membutuhkan keterampilan dan cara berfikir kreatif untuk dapat menyatukan titik yang satu dengan yang lainnya. Dalam game ini player juga dituntut untuk berimajinasi dan berpikir bagaimana caranya agar kedua bola atau titik tersebut dapat berbenturan dan melanjutkan game.

Agar lebih menarik, Brain Dots juga menyediakan beberapa barang seperti bolpoin dan krayon untuk dikoleksi. Ada sekitar 25 jenis dengan warna dan bentuk yang berbeda yang tersedia untuk dikoleksi guna untuk menaklukan semua level yang tersedia. Brain Dots merupakan game asah otak yang dapat menguji kemampuan berpikir player karena membutuhkan strategi dan imajinasi untuk menyelesaikan setiap tahapan yang ada. Salah satu dari 10 game asah otak penuh tantangan yang tidak boleh terlewatkan.

4. Roll The Ball

Studio Pembuat: BitMango

Genre: Teka-teki

Platform: Android 4.1 atau lebih

Roll The Ball merupakan game puzzle yang memuat banyak jenis game teka-teki di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah puzzle geser yang mengasah otak dan menantang daya pikir, adapun permainan meloloskan diri, permainan menemukan benda yang tersembunyi, game berupa teka-teki fisika, hingga puzzle dimana player harus mencocokkan satu dengan lain yang mudah dipelajari tapi sangat menantang untuk dikuasai.

Roll The Ball didesain agar dapat dinikmati berbagai kalangan baik tua maupun muda. Selain itu, Roll The Ball juga memiliki banyak level yang tersedia dan dapat dimainkan tanpa batas waktu, dalam artian player bebas menyelesaikannya sesuai dengan kecepatan sendiri. Lebih lagi, Roll The Ball bisa dimainkan kapan saja sekalipun tanpa koneksi internet. Banyaknya variasi dan fitur yang disediakan dalam game membuat Roll The Ball masuk kedalam 10 Game Asah Otak Penuh Tantangan yang harus dicoba.

5. Unblock Me

Studio Pembuat: Kiragames Cp., Ltd

Genre: Teka-teki

Platform: Android 4.0.3 atau lebih

Berikutnya adalah game puzzle klasik yang mungkin sudah tidak asing. Unblock Me adalah game sederhana dimana player harus mencari cara agar dapat mengeluarkan balok berwarna merah keluar melalui celah yang terdapat pada kotak. Game teka-teki ini telah sukses meraih beberapa penghargaan karena menawarkan metode yang simpel namun cukup menantang bagi semua kalangan.

Unblock Me bahkan pernah masuk kedalam 25 aplikasi gratis sepanjang masa di tahun 2013 dan telah diunduh lebih dari 160 juta kali di tahun 2018 lalu. Tentunya ada banyak hal yang membuat game ini digemari hingga mendapatkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah karena Unblock Me menyediakan lebih dari 18.000 teka-teki dan mode yang dibagi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan player. Game yang satu ini sangat cocok bagi para pecinta game puzzle yang butuh tantangan.

6. Infinity Loop

Studio Pembuat: InfinityGames.io

Genre: Teka-Teki

Platform: Android 4.1 atau lebih

Infinite Loop merupakan game sederhana yang disukai banyak orang. Game ini sempat menjadi yang paling populer di tahun 2018. Infinite Loop merupakan game teka teki tentang menciptakan sebuah pola perulangan yang cukup rumit seperti menghubungkan simbol-simbol dan kemudian memisahkannya. Beberapa pecinta game puzzle menyatakan bahwa game ini merupakan game teka-teki dengan mode zen yang cukup keren.

Infinite Loop diciptakan dengan tujuan untuk mengasah otak sembari melepas stress karena sekalipun ini game teka-teki, cara memainkannya cukup sederhana, yaitu dengan menghubungkan semua garis dan sudut untuk membentuk koneksi yang sempurna. Keunikan lainnya dari game ini adalah tidak adanya batasan level, dalam artian player akan dapat terus memainkan game selama bisa menyelesaikan stage yang ada. Oleh karena itu Infinite Loop masuk kedalam 10 game asah otak penuh tantangan.

7. 2048

Studio Pembuat: Androbaby

Genre: Game asah otak, teka-teki

Platform: Android 4.0.3 atau lebih

2048 merupakan game asah otak yang dikemas dalam bentuk puzzle sederhana dimana player hanya perlu menggabungkan ubin yang satu dan lainnya untuk memperoleh jumlah sebesar 2048. Cukup sederhana untuk ukuran game puzzle namun sangat menantang karena dapat melatih kecepatan berhitung dan kecermatan pemain pada saat menggabungkan balok satu dengan lainnya.

2048 juga disajikan dengan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menyesuaikan kemampuan pemain dari papan berukuran kecil (3×3), klasik, hingga yang sangat besar (8×8). Selain itu player juga dapat terus bermain meskipun jumlah angka telah mencapai 2048, maka player akan dapat terus bermain hingga mencapai kelipatannya yaitu 4096. Game ini merupakan game paling sederhana namun menantang yang dapat direkomendasikan sebagai salah satu dari 10 game asah otak penuh tantangan.

8. Math Duel

Studio Pembuat: Peaksel Games

Genre: Teka-teki

Platform: Android 4.0 atau lebih

Siapa yang sangka jika bermain game teka-teki berbasis matematika tidak akan menyenangkan? Math Duel merupakan game yang bisa dimainkan 2 orang secara langsung melalui split screen agar lebih menyenangkan. Hal yang harus dilakukan oleh kedua player cukup mudah, hanya perlu menjawab soal matematika sederhana yang diberikan dan menjawab nya dengan benar. Tentunya yang paling banyak menjawab benar dan cepat dialah pemenangnya.

Math Duel cocok bagi rekan-rekan yang ingin bermain santai sambil mengasah kemampuan berhitung. Selain itu sebagaimana game teka-teki kebanyakan, Math Duel juga memiliki beberapa tingkat kesulitan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pemain. Game yang satu ini juga sangat dianjurkan bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan belajar berhitung.

9. Math Workout

Studio Pembuat: Rayo Infotech

Genre: Teka-teki, Pendidikan

Platform: Android 4.1 atau lebih

Bukan hanya badan yang butuh latihan, tapi otak juga. Math workout merupakan game puzzle matematika yang cocok bagi orang-orang yang ingin rutin berlatih aritmatika setiap harinya. Tampilannya yang unik serta fitur-fiturnya yang mudah digunakan juga dapat dijadikan sebagai nilai plus bagi para orang tua yang ingin membuat anaknya bermain sambil belajar.

Dalam Math Workout player dituntut untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus dari nilai yang didapat sebelumnya. Itulah salah satu tujuan mengasah kemampuan berpikir dan berhitung dan Math Workout adalah salah satu game asah otak penuh tantangan karena para player yang memainkannya akan terus berusaha untuk mendapatkan skor yang lebih baik dari yang didapat sebelumnya.

10. Math vs Undead

Studio Pembuat: Peaksel Games

Genre: Game asah otak

Platform: Android 4.0 atau lebih

Terakhir namun masih salah satu game asah otak penuh tantangan terbaik adalah Math vs Undead. Game yang satu terinspirasi dari game Plant vs Zombie dengan sedikit perbedaan dimana player harus mempertahankan diri dari serangan undead dengan menjawab pertanyaan matematika. Math vs Undead juga merupakan game asah otak yang menuntut para pemainnya untuk berpikir cepat untuk dapat menyelesaikan game.

Math vs Undead sangat cocok untuk anak-anak karena grafik yang ditampilkan sangat bersahabat. Terlebih lagi karena game ini sedikit mengandung unsur aksi tentunya akan sangat cocok bagi anak-anak yang gemar dengan game tembak-tembakan. Math vs Undead merupakan game asah otak penuh tantangan yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang masih duduk disekolah dasar dan sedang belajar berhitung.

Itulah kurang lebih 10 game asah otak penuh tantangan yang direkomendasikan oleh Naiklevel. Dari seluruh game yang telah dipaparkan game mana yang menurut rekan-rekan paling menarik untuk dijadikan sebagai game asah otak? Jangan lupa juga untuk merekomendasikan game asah otak lainnya jika diantara rekan-rekan pernah memainkan game yang tidak kalah menarik! Silahkan sampaikan pesan dan kesannya di kolom komentar ya!

10 Game Asah Otak Penuh Tantangan:

  1. Quick Brain
  2. Brain It On!
  3. Brain Dots
  4. Roll The Ball
  5. Unblock Me
  6. Infinite Loop
  7. 2048
  8. Math Duel
  9. Math Workout
  10. Math vs Undead
More Stories
Steam Summer Sale 2018
Steam Summer Sale 2018 Telah Dimulai