fbpx
Game Battle Royal

8 Game Battle Royal Ini Tidak Kalah Seru Dari PUBG

Diilhami dari film Jepang berjudul sama, game Battle Royal adalah genre game yang memadukan unsur bertahan hidup, penjelajahan, dan berburu dengan gameplay yang panjang. Kebanyakan game bergenre ini memusatkan pada tipe permainan dengan mencari senjata karena awal mula pemain akan dilengkapi dengan peralatan yang minim.

Lalu, Anda akan diminta untuk menjelajahi suatu “area” dan disana lokasi pertempuran membabi buta tanpa henti akan terjadi. Perburuan yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah mematikan lawan Anda.

Awal mulanya, genre game ini muncul dari mods untuk jenis game survival online, seperti Minecraft dan Arma 2, yang akhirnya berhasil dipopulerkan oleh PlayerUnknown’s BattleGround (PUBG) yang telah laku terjual lebih dari 40 juta kopi pada pertengahan 2018. Kini, game Battle Royale telah menjadi fenomena budaya yang memiliki basis penggemar sangat besar. Selain PUBG, tentu banyak judul-judul game bergenre ini yang menarik dan juga mentang.

Berikut ini, Naiklevel akan memberikan rekomendasi 8 game Battle Royal yang menegangkan dan wajib Anda mainkan!

1. H1Z1

Game free-to-play ini dikembangkan dan dirilis oleh Daybreak Game Company yang awal mulanya terdiri atas dua proyek terpisah, yaitu H1Z1: Just Survive dan H1Z1: King of the Kill. Namun, pada Oktober 2017 diputuskan oleh pengembang untuk memproduksi satu seri, H1Z1: King of the Kill dengan menghilangkan ‘seri’ nya menjadi H1Z1 saja. Semenjak Februari 2018, Game Battle Royal ini telah dirilis sebagai game gratis, berlanjut di Playstation 4 pada bulan Agustus 2018, dan sedang dipersiapkan untuk dirilis di XBox One.

Anda sebagai pemain akan bersaing dalam suatu arena hingga posisi terakhir dimenangkan atau ‘deathmatch’. Cerita dimulai dengan Anda dan 149 pemain lainnya diterjunkan ke suatu arena, lalu harus segera mengumpulkan senjata untuk membela diri dan bertahan hidup. H1Z1 memungkinkan Anda untuk bermain secara solo, duo, maupun berkelompok (lima pemain). Meskipun berkelompok, tentu saja Anda akan membunuh kawan kelompok untuk memenangkan pertandingan.

Feature yang terdapat dalam Game Battle Royal ini sangat beragam, misalnya aneka senjata untuk berburu, lalu berbagai jenis kendaraan yang dapat digunakan untuk mengejar lawan. Anda juga dapat merakit ulang barang yang telah dipungut untuk dijadikan sebagai alat pertolongan pertama (perban) atau pelindung tubuh.

Untuk menghindari aksi para pemain terus bersembunyi, suatu waktu akan ada awan yang mengandung gas beracun dikeluarkan sehingga menyudutkan Anda dan pemain untuk saling berhadapan dan membunuh. Gas menyebar secara bertahap, dan menghasilkan tingkat kerusakan dalam skala lebih besar pada tahap akhir pertempuran.

2. Ark: Survival of the Fittest

Pendiri Ark: Survival of the Fittest, Jeremy Stieglitz mengutarakan bahwa proyek Game Battle Royal ini dimulai sebagai eksperimen dan mod yang ternyata cukup keren dan menyenangkan bahkan cukup sukses di pasaran. Game ini mulai dimainkan secara bebas di awal tahun 2016 dan membawa angin segar bagi pecinta game fantasi karena berbeda dengan PUBG, Ark: Survival of the Fittest memadukan fantasi dan science fiction.

Game ini bisa dimainkan baik dari sudut pandang orang ketiga (third-person) atau sudut pandang orang pertama (first person), dan tentu saja mengusung konsep open world dimana Anda akan menunggangi binatang prasejarah. Anda sebagai pemain dapat menggunakan senjata api, atau senjata yang dirakit untuk mempertahankan diri dari musuh manusia dan monster.

Game Battle Royal ini memiliki opsi untuk dimainkan secara solo atau multiplayer. Jika Anda memilih multipemain maka jumlah anggota dalam tim Anda akan sangat bervariasi tergantung server. Dalam opsi ini, semua dinosaurus atau reptil raksasa yang telah dijinakkan dan bangunan yang telah dibangun akan dibagi antar anggota. Sayangnya, jumlah pemain Ark: Survival of the Fittest dikabarkan terus menurun lantaran pada beralih ke PUBG.

3. Rust: Battle Royale

Rust adalah surga bagi para penggemar Game Battle Royal. Belum pernah ada genre game ini yang mampu memadukan dengan baik antara penjelajahan, pengintaian, dan bunuh-bunuhan ala kucing dan tikus saja. Rust dimulai dengan karakter Anda terbangun tanpa satu helai benang pun, kecuali perban, obor dan peta pulau.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengkustomisasi karakter karena sudah terkunci oleh server. Setidaknya, banyak hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan, seperti menembakkan peluncur roket ke arah pria telanjang yang sedang dikejar babi, atau terbunuh dengan cara ditikam mikrofon oleh musuh Anda sambil menyanyi lagu Rusia. Inilah dimensi keunikan dari Rust sebagai Game Battle Royal.

Menariknya lagi, Anda bisa saja terbunuh oleh radiasi atau salah ambil angle melompat. Bahkan Anda bisa saja terbunuh oleh serangan babi hutan berkali-kali. Rust tidak ingin membuat musuh Anda hanya pemain, ini keseruannya karena game ini benar-benar berbicara mengenai cara bertahan hidup.

4. Rules of Survival

Dikembangkan oleh NetEase, Game Battle Royal satu ini tengah populer bahkan telah diunduh hingga 10 juta kali di AppStore. Rules of Survival memungkinkan Anda selaku pemain mengitari pulau lalu melawan 119 pemain lainnya untuk memperebutkan senjata, pasokan makanan, dan juga base.

Beberapa senjata, dan peralatan akan tersedia di dalam rumah, gedung, atau markas militer, namun untuk barang-barang langka hanya disediakan dalam momen tertentu, yaitu ketika pesawat melintas dan menurunkan satu box supply. Sejenis dengan game lainnya, Anda juga dapat menggunakan apapun untuk melawan musuh. Sehingga tak jarang game ini menuai kontroversi dan kritik karena dianggap terlalu mirip PUBG.

5. Fortnite: Battle Royale

Disebut-sebut sebagai penantang PUBG, Fortnite: Battle Royale adalah spin-off dari Fortnite: Save the World yang juga dikembangkan oleh Epic Games. Game Battle Royal ini bisa dimainkan hingga lebih dari 100 pemain, dengan mode pilihan single player, duo, atau tim beranggotakan 4 pemain. Tentu saja, Anda harus berusaha menjadi pemain atau kelompok terakhir yang hidup dengan cara membunuh semua lawan Anda.

Menariknya, game ini memiliki feature untuk membuat bangunan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Jadi, pemain bisa mendirikan bangunan super mewah, namun tentu saja sebagai base untuk perlindungan. Caranya Anda cukup menghancurkan objek-objek material yang ditemukan sebagai sumber material bangunan.

Kreativitas membuat bangunan ini akan semakin terlihat kegunaannya ketika Anda bisa mengkonstruksi rancangan bangunan yang efisien dan efektif untuk mempermudah pertarungan Anda nanti. Mekanika bangunan dalam Fortnite: Battle Royale merupakan salah satu rancangan sistem luar biasa yang memungkinkan ekspresi pribadi pengguna dengan cara yang benar-benar berbeda dan sulit ditemukan di banyak Game Battle Royal kompetitif lainnya. Cukup keren, bukan?

6. Radical Heights

Berbeda dari kebanyakan Game Battle Royal lainnya dimana pemain akan terbagun atau dikirim secara misterius ke suatu pulau rahasia, Radical Heights yang dikembangkan Boss Key Production mengusung latar tahun 1980-an yang kental dengan nuansa klasik, retro, dan gangster. Disini, Anda tidak hanya harus mampu bertahan hidup untuk menjadi the Last Man Standing, namun juga memiliki kemampuan mengelola keuangan. Salah satu feature menarik dalam game ini adalah Anda bisa membeli senjata, dan peralatan penunjang lainnya!

Selain itu juga, perbedaan besar Radical Heights dengan kompetitornya adalah zona pertempurannya terbagi dalam peta yang menjadi kotak, dan memblokir bagian-bagian tertentu secara acak saat pertandingan berlangsung. Ini memaksa pemain untuk mengambil jalur baru ke arena yang tak terduga. Dibandingkan Game Battle Royal lainnya yang menggunakan cara penyusutan area agar pemain lebih dekat satu sama lain sehingga tampak menjenuhkan dan monoton. Radical Heights menawarkan sistem yang cukup unik dan seru untuk dicoba.

7. Cuisine Royale

Game Battle Royal ini dikembangkan oleh Darkflow software dan Gaijin Entertainment yang memiliki ciri khas berupa parodi dari PUBG, dengan membuat karakter Anda menggunakan peralatan dapur untuk dijadikan pelindung atau senjata, misalnya panci, wajan, alat makan, atau pembuat wafel. Nantinya, barang-barang semacam ini akan diikatkan ke tubuh Anda, lalu Anda akan mengitari area atau wilayah tertentu untuk membunuh musuh-musuh hanya sambil mengenakan pakaian dalam saja!

Cuisine Royale semakin jenaka ketika karakter Anda yang tengah berlari-lari membawa peralatan dapur tersebut akan diiringi dengan suara dentangan alat masak. Suara dentingan ini bisa jadi kelemahan Anda juga karena bisa dideteksi dengan mudah oleh musuh. Sangat mungkin bagi Anda bertemu dengan lawan yang tidak mengenakan pelindung yang melekat di tubuhnyanya.

Alih-alih menggunakan senjata berupa perlengkapan memasak, Anda masih bisa menggunakan senjata api untuk bertahan diri juga. Secara keseluruhan, game ini sangat bersifat entertain dan menghibur sehingga bisa dimainkan ketika Anda sedang jenuh.

8. The Darwin Project

Anda tahu atau bahkan suka The Hunger Games? Game Battle Royal satu ini diklaim kritikus sangat menjiwai ide dasar dari novel karangan Suzanne Collins tersebut. The Darwin Project begitu brutal dan kelam! Alih-alih dihadapkan dengan 100 pemain lain untuk bertahan hidup seperti game sejenis lainnya, game ini menantang Anda untuk mengalahkan 10 pemain saja dan tidak hanya melalui metode membunuh sebagai pemain Anda bisa memasang jebakan mematikan untuk musuh.

The Darwin Project berlatar dunia distopia dimana mengalami isu kelebihan penduduk yang akhirnya membawa suatu ide untuk membuat acara reality show berbentuk pertarungan battle royale untuk menjaga massa agar dapat dikendalikan ala The Hunger Games. Pemain akan dijatuhkan ke suatu area yang dibagi menjadi tujuh sektor, lalu dipersenjatai dengan kapak dan busur, namun tidak ada panah.

Bentuk arena pertandingan berupa dataran berbukit-bukit, berhutan, dan bahkan bersalju. Musim dingin ini mengindikasikan Anda harus mampu bertahan hidup dalam suhu yang sangat dingin dan mengancam nyawa Anda. Untuk bertahan hidup, Anda harus membuat api unggun dengan cara menebang pohon. Anda juga harus mengumpulkan sumber daya dan persedian material untuk pertolongan pertama.

The Darwin Project adalah game yang sangat mengesankan. Meskipun awalnya banyak yang skeptis karena presentasinya saat konferensi pers Microsoft, namun banyak gamers merasa sangat menikmati alur pertandingan Game Battle Royal ini.

Itulah 8 Game Battle Royal yang mengesankan dan tidak kalah seru dari PUBG. Daftar game di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang mulai jenuh dan bosen, atau mungkin sedang mencari game-game fresh lainnya.

8 Game Battle Royal selain PUBG

  1. H1Z1
  2. Ark: Survival of the Fittest
  3. Rust: Battle Royale
  4. Rules of Survival
  5. Fortnite: Battle Royale
  6. Radical Heights
  7. Cuisine Royale
  8. The Darwin Project
More Stories
5 Hal Penting yang Harus diketahui seputar Patch Baru Monster Hunter: World