fbpx

11 Game Mirip Minecraft Terbaik yang Sayang untuk Dilewatkan

20

Minecraft, di balik kesuksesannya telah menjadi pelopor game mirip Minecraft lainnya untuk berkembang. Sebagai sebuah game yang sebenarnya menggunakan konsep yang sangat sederhana, Minecraft berhasil menjadi salah satu Game dengan perangkat Hall of Fame, atau bisa dikatakan sebuah game yang paling terkenal dan laris, dalam satu dekade terakhir.

Game yang berasal dari kerjasama antara Developer bernama Mojang, Microsoft, dan Sony Entertainment Game ini, telah berhasil menembus hampir semua platform sejak pertama kali diterbitkan. Beberapa di antaranya memang merupakan platform yang sudah terkenal dan mendunia seperti PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, Nintendo 3DS, Nintendo Switch, Xbox 360, Xbox One, dan tentunya pasar utama dan juga awal mereka, PC. Berkembangnya perangkat portable juga memungkinkan permainan lebih mudah dan praktis, di antaranya perangkat iOS dan Android.

Tidak hanya itu, Minecraft juga menjadi trendsetter untuk game mirip Minecraft lainnya, yang punya konsep berbeda namun sebenarnya berada dalam lingkup inti yang sama. Berikut 11 game mirip Minecraft yang sayang untuk dilewatkan, dan akan coba dibahas oleh kru Naiklevel.

1. Roblox

  • Developer: Roblox Corporation
  • Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4, Android, Macintosh, iOS.

Roblox merupakan salah satu game mirip Minecraft, yang menempatkan genre open world sandbox dengan sangat menyenangkan. Roblox akan memungkinkan kalian untuk membuat segala apapun yang kalian ketahui dan mampu untuk membuatnya.

Jika kalian ingin membangun sebuah gedung pencakar langit dan melihatnya meledak, atau hanya sekedar mengadakan pesta musik dengan kalian sebagai DJ-nya, Roblox dapat melakukan hal tersebut dalam waktu beberapa langkah saja. Sistem permainan multiplayer online yang diusung menjadikannya game dengan sebuah standar baru bagi pemain untuk menciptakan sebuah dunia yang bebas dan memiliki kemungkinan yang tanpa batas.

Roblox menyediakan berbagai macam alat-alat pendukung untuk membangun dunia yang pemain kehendaki. Memberikan makna bahwa sebuah kerja sama sangatlah penting dalam sebuah permainan, dan menekan aspek sosial yang ada dalam dunia game mirip Minecraft sesuai dengan perkembangan zaman.

2. Terraria

  • Developer: Re-Logic
  • Platform: Android, iOS, Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, Nintendo 3DS, Xbox One

Terraria merupakan sebuah game platformer 2D yang mengadopsi genre petualangan disertai simulasi kota-kotak atau pixelated, yang membuatnya menjadi game mirip Minecraft. Terraria memadukan aroma Action, Adventure, Survival, sekaligus RPG dengan basis berpermainan yang berdasarkan pada 3 alat utama yang ada di dalam game yakni, Beliung (Pacul Kecil), Pedang, dan Pemotong Kayu yang nantinya akan dapat membantu peman menjelajahi berbagai landmark yang ada di dalam game. Mengumpulkan berbagai macam Item, dan melawan musuh-musuh yang menghadang.

Sama halnya dengan Minecraft, Terraria adalah game yang memadukan unsur aksi dan juga petualangan. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa Terraria adalah Minecraft dalam versi 2D, berkat keidentikan keduanya. Namun meski begitu, game ini menawarkan pengalaman bermain, selain membangun, membuat berbagai macam peralatan untuk berbagai keperluan, dan pertarungan yang cukup menarik.

Game mirip Minecraft satu ini awalnya dirilis untuk publik pada 16 Mei 2011, dengan Re-Logic sebagai developer. Terraria tepat berjarak 2 tahun sejak pertama kali Minecraft dirilis pada 17 Mei 2009, meski perilisan resmi Minecraft juga terletak pada tahun 2011. Hingga saat ini, Terraria pun sudah hampir menyambangi berbagai platform mulai dari konsol, PC, hingga iOS dan Android

3. Don’t Starve

  • Developer: Klei Entertainment
  • Platform: Android, iOS, Linux, Microsoft Windows, OS X, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, Wii U, Xbox One, Nintendo Switch

Mirip Minecraft, salah satu inti yang ada dalam permainan mereka adalah unsur Survival. Yakni mengumpulkan sumber daya untuk membuat berbagai alat-alat, untuk menjauh dari kegelapan yang mencekam. Kalian akan diharuskan untuk menghindari malam hari, karena pada saat itulah binatang buas akan sangat berbahaya, dan siap menerkam di mana saja. Jadi inti dari game ini, kita harus menemukan tempat tinggal sebelum hari menjadi gelap.

Don’t Starve mengajarkan kita untuk memanajemen waktu, karena karakter kita bisa saja mati jika semua tidak berlaku ataupun berjalan sesuai dengan aturan. Karena itu pergunakanlah waktu yang kalian peroleh sebaik mungkin.

4. Castle Story

  • Developer: Sauropod Studio
  • Platform: Windows, Linux, Android

Sejatinya Castle Story merupakan sebuah permainan strategi. Kalian akan menggunakan strategi kalian untuk mengalahkan musuh dengan pertahanan yang sangat mampuni. Namun dalam pelaksanaannya bukan berarti kalian tidak akan melibatkan sebuah hal maupun elemen yang berkaitan dengan bangun-membangun.

Dalam prosesnya, kalian akan memerlukan berbagai macam bahan yang ada di dunianya untuk membangun sebuah kastil yang sangat kuat untuk melawan musuh. Terkadang, kalian harus menggunduli hutan untuk mengambil bahan-bahan di dalamnya untuk memperkuat pertahanan. Elemen ini menjadikannya game mirip Minecraft. Namun hal-hal tersebut tentu dilakukan untuk sebuah tujuan yang baik yakni mempertahankan wilayah agar tidak jatuh ke tangan musuh. Karena Kastil yang tak tertembus tersebut merupakan hasil dari tumpukan balok kayu nantinya.

Castle Story akan memperkenalkan kalian akan bagaimana sulitnya mengelola pertahanan secara kreatif sesuai dengan keinginan kalian, sehingga membuatnya menjadi sebuah Game yang Adiktif, berkat perkawinan sempurna antara taktik dan kreativitas.

5. Stardew Valley

  • Developer: Eric Barone, Slickhead Games
  • Platform: PlayStation Vita, Nintendo Switch, PC, PlayStation 4, Xbox One, Android, iOS

Stardew Valley sebenarnya merupakan game ini identik dengan Harvest Moon, namun dengan grafik 8 bit layaknya Harvest Moon Friends of Mineral Town untuk GBA. Namun banyak Player mengatakan bahwa Stardew Valley bahkan memiliki sesuatu yang lain dari Harvest Moon yang membuatnya mempunyai keunikan sendiri.

Jika ditarik sebagai game mirip Minecraft karena memang game ini bisa dikatakan merupakan perpaduan dari kedua franchise yang telah disebutkan sebelumnya. Membangun sebuah lahan pertanian dengan berbagai keanekaragaman binatang dan tumbuhan, serta tak lupa pula fitur Multiplayer yang disematkan agar kalian dapat membantu satu-sama lain untuk membuat game menjadi lebih menyenangkan. Termasuk menikah dengan sesama pemain secara online. Tentunya fitur di atas sebagian belum pernah diperkenalkan pada game-game bertema sama, yang pernah ada sebelumnya.

Versi awal untuk PC ukurannya juga tergolong kecil hanya sekitar 322 MB saja, selain itu game mirip Minecraft satu ini juga hanya memerlukan setidaknya RAM 2 GB dan GPU berukuran 256 MB. Kalian yang berminat bermain game ini, dapat dengan mudah memainkannya. Stardew Valley juga tersedia untuk hampir seluruh platform gaming mulai dari PS Vita, Android, PlayStation 4, PC, Xbox One, Linux, MacOS, hingga Nintendo Switch. Versi PC, Linux, dan MacOS mendapatkan update Multiplayer pada Agustus 2018 lalu. Sementara versi Konsol kabarnya baru akan mendapatkannya di waktu lain ke depannya.

6. Cube World

  • Developer: Picroma
  • Platform: Microsoft Windows (PC)

Akar yang penting dari Cube World adalah bagaimana caranya membuat dan mengembangkan karakter yang ada di dalamnya. Seperti judulnya, Cube World akan memperlihatkan sebuah dunia yang dipenuhi oleh balok sejauh mata memandang. Game mirip Minecraft satu ini mengedepankan unsur kosmetik untuk memperindah tampilan dan berbagai macam pernak-pernik lainnya sebagai salah satu nilai jual dan self expression. Cube World juga sedikit terinspirasi dari game lainnya seperti Legend of Zelda, yang membuatnya menjadi salah satu game dengan penciptaan berbagai macam skill pembantu untuk menjelajahi dunianya yang tanpa batas tersebut.

Kalian dapat memilih kelas untuk avatar, berbagai macam persenjataan, dan spesialisasi yang akan sangat membantu untuk combat nanti. Yang tentunya mengubah pandangan game ini menjadi dari sebuah simulasi yang sederhana menjadi game RPG berat, dengan berbagai misi, dungeon untuk dijelajahi, dan boss yang menyeramkan.

7. Trove

  • Developer: Trion Worlds
  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC, Macintosh OS

Game mirip Minecraft lainnya adalah Trove. Setidaknya melalui sebuah pengamatan sekilas, kita sudah dapat mengetahui bahwa game ini merupakan sebuah Game Voxel, yang mana kita dapat melihat tampilan pixel secara 3D layaknya game Minecraft. Apa yang ditawarkan oleh Trove, sebenarnya tidak jauh berbeda dari apa yang ditawarkan oleh game bertema identik kebanyakan. Namun Trove memiliki basis MMORPG yang mengutamakan bagaimana caranya menggali dan berpetualang untuk mendapatkan berbagai macam bonus item yang tidak pernah diduga sebelumnya. Kalian juga dapat berpetualang bersama teman-teman untuk menyelesaikan berbagai macam quest yang berada dalam Trove to do list. Karena itu Trove lebih condong ke dalam MMO ketimbang solo macam tipe game Minecraft, yang mengutamakan permainan dengan eksplorasi sebebas mungkin sesuai dengan gaya permainan para pemainnya.

Trove menawarkan berbagai macam permainan mini game yang menarik, termasuk dengan elemen-elemen semacam dungeon crawler. Di mana pemain akan menemukan berbagai macam barang atau item yang tercecer, menghadapi musuh, boss yang lebih kuat, dan lainnya. Elemen RPG yang sangat kental dengan kemampuan grafis yang estetik menjadi salah satu yang terbaik dalam berbagai kelebihannya.

8. LEGO Worlds

  • Developer: Traveler’s Tale
  • Platform: Microsoft Windows (PC), PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch

Tentu, siapa yang tidak kenal dengan LEGO. Game mirip Minecraft selanjutnya datang dari pabrikan yang memang sangat terkenal sebagai mainan anak-anak dari masa ke masa, yang mungkin jika dibandingkan dengan Minecraft terdapat berbagai macam kemiripan. Bahkan bisa dikatakan, bahwa Minecraft juga memiliki inspirasi dari LEGO, secara vise versa. Kalian dapat membangun berbagai macam jenis landmark oleh kepingan LEGO yang ada. Maupun menghancurkan yang ada untuk membangunnya kembali menjadi sebuah infrastruktur yang lebih spektakuler dari awal rencana.

Dalam game ini, terdapat berbagai macam mode permainan mulai dari Campaign Mode, Collectible Mode, Classic Mode Gameplay, hingga narasi untuk seluruh game yang ada dan cerita yang dibacakan oleh aktor, pengisi suara, dan comedian kenamaan asal Inggris, Peter Serafinowicz. LEGO akan mengantarkan kalian ke dalam berbagai kemungkinan yang menakjubkan dan penuh dengan tanggung jawab besar yang ada di dalamnya. Pesona klasik ini terus terang akan membawa siapa saja untuk terhanyut untuk bermain-main dengan sebuah bioma yang dipenuhi oleh sebuah benda legendaris yang sekilas memang mirip dengan batu bata tersebut.

9. No Man’s Sky

  • Developer: Hello Games
  • Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One

Jika Minecraft menawarkan konsep yang prosedural dalam 1 dunia dengan berbagai kemungkinan tak terbatas, maka game mirip Minecraft selanjutnya yakni No Man’s Sky, menawarkan kita pada sebuah perjalanan antar galaksi dari planet ke planet lainnya untuk sebuah eksplorasi yang tanpa batas dan tak berujung. No Man’s Sky menawarkan paket lengkap senilai 18 Triliun Planet yang dapat dengan bebas dijelajahi.

Meski sistem random berlaku untuk berbagai makhluk yang ada di dalamnya, namun developer juga menawarkan berbagai ras baru dari binatang hingga Alien untuk melakukan interaksi. Pada awalnya, Game ini memang tidak memenuhi ekspektasi penggemar karena kosongnya ekosistem yang ada pada planet. Namun seiring waktu berjalan, update demi update pun diberikan. Selain fitur online multplayer dan berbagai event komunitas, pemain juga tak hanya akan bermain di permukaan, namun kalian juga dapat menjelajahi area bawah laut dengan ragam pemandangan ekosistem dan bioma laut yang menawan.

Untuk sebuah game yang mengandalkan fitur eksplorasi dan petualangan, No Man’s Sky merupakan game yang sangat unik, dan mungkin hanya keluar dalam beberapa tahun sekali, mengingat gamenya saat ini juga masih sering mendapat update, untuk memperkaya konten yang ada di dalamnya.

10. Fortnite Battle Royale

  • Developer: Epic Games
  • Platform: Android, iOS, Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Macintosh OS

Berbicara mengenai game battle royale, tentu tidak lepas dari Fortnite. Sebagai salah satu Game yang juga merupakan salah satu kontestan yang bersaing dengan PlayerUnknown’s Battleground selama 3 tahun terakhir, Epic Games selaku developer Fortnite memulai berbagai macam perencanaan demi menggaet para pemainnya untuk berjalan bersamaan menuju sebuah Game yang sangat sukses di masa depan, termasuk dengan event e-Sport bernilai ratusan juta dollar. Mengapa Fortnite termasuk ke dalam game mirip Minecraft, karena salah satu fitur yang ada di dalamnya yakni Fortnite PlayGround merupakan sebuah fitur membangun, yang ikut andil dalam membantu untuk membuat game menjadi semakin seru.

Fortnite bukan hanya merupakan permainan individu 1 melawan 100. Pemain dapat menggunakan berbagai macam bahan yang mereka ambil dari alam untuk membentuk sebuah benteng pertahanan melawan lawan, saat bermain secara kelompok. Berbagai macam inovasi kreatif juga dibuat, salah satunya adalah banyaknya PlayGround buatan fans yang mirip dengan landmark maupun stage yang ada dari game-game bertema perang terdahulu, yang dibuat dan direka ulang sebagai bagian di dalam gamenya.

Dominasi Fortnite saat ini tidak lepas dari andil para pemainnya yang selalu mensupport gamenya. Dalam sebuah data yang dikeluarkan oleh SensorTower, untuk pendapatan untuk versi Mobile saja, Epic Games mampu mendapatkan lebih dari 1 Juta Dollar dalam 1 hari. Belum termasuk dengan versi Konsol dan PC, karena meskipun game in sejatinya adalah gratis, namun pemain dapat menggunakan uang mereka untuk mempercantik penampilan para karakternya, yang padahal tidak berpengaruh pada gameplay-nya sedikit pun.

11. Dragon Quest Builders 2

  • Developer: Square Enix
  • Platform: PlayStation 4, Nintendo Switch

DQ Builders merupakan game besutan Square Enix, yang membawa unsur Dragon Quest klasik dengan cerita yang berhubungan dengan seri utamanya, dengan unsur membangun dan RPG Action layaknya Minecraft. Karena itu begitu kalian melihatnya, maka akan sangat terasa sekali jika game ini merupakan game mirip Minecraft dalam balutan franchise Dragon Quest.

Dalam ceritanya yang berdekatan dengan event dari Dragon Quest II, Protagonis terjebak di sebuah pulau bernama Karappojima (yang berarti Pulau Kosong), yang dikelilngi oleh bebatuan maupun hutan kayu. Seperti namanya, tidak ada orang, desa, maupun tempat tinggal di kota ini. Di sana terdapat satu objek yang tidak natural seperti kuil, di puncak gunung bebatuan.

Kreator Manga Dragon Ball, Akira Toriyama, merupakan otak utama dalam mendesain karakter dari seluruh aspek game ini, termasuk para Protagonis (laki-laki maupun perempuan), yang kabarnya merupakan keturunan Builder Legendaris yang pernah menyelamatkan dunia. Selain medan bebatuan, hutan, dan pegunungan, Dragon Quest Builders 2 juga dilengkapi oleh fitur eksplorasi bawah air serta langit yang sangat luas yang memungkinkan kita untuk menyelam maupun terbang, sehingga medan open world sandboxnya menjadi sangat luas untuk bereksplorasi sebebas dan sekreatif mungkin.

Kesimpulan

Demikan 11 game mirip Minecraft pilihan redaksi Naiklevel. Minecraft merupakan sebuah game fenomenal yang mungkin tidak akan ada yang dapat menandingi ciri khas yang telah diimplementasikan padanya selama beberapa tahun terakhir.

Ketika kita saat ini banyak sekali dihadapkan pada berbagai genre petualangan Sandbox yang tanpa tujuan dan hanya mengikuti apa yang diperintahkan, genre Survival Sandbox justru menuntut pada bagaimana cara si pemain mengolah produktivitas mereka dalam bermain game dengan cara yang mengasah dan mendukung kreativitas yang dimilikinya.

Menjelajah sebuah dunia yang tidak kita ketahui, menghabiskan berjam-jam demi menciptakan sebuah peralatan yang berguna untuk pertama kalinya, dan mencari tahu bagaimana cara bertahan hidup di dalamnya, adalah sebuah pengalaman yang dihasilkan dari game-game mirip Minecraft tersebut, yang membuatnya sangat mempesona dan menjadi adiktif ketika dimainkan.

Comments
Loading...