fbpx
Game Petualangan Offline Final Fantasy XV Pocket Edition

11 Game Petualangan Offline Android Paling Memukau

Merebaknya Game bertema Multiplayer Online tidak semata-mata menghentikan dominasi Single Player terutama game petualangan offline. Meskipun Game bertema Multiplayer ataupun Battle Royale terkesan sangat mendominasi di pasar mobile, walau bagaimanapun, Single Player juga tidak dapat dikesampingkan. Umumnya bahkan para fans lah yang membuat game-game tersebut, mengingat salah satu pasar terbesar saat ini dikuasai adalah Mobile Game, Android.

Mereka yang hadir sebagai developer tunggal, terkadang menjadi minoritas yang menciptakan Game Single Player terutama game petualangan offline untuk Android. Mengapa offline? Karena tidak semua Gamer yang membawa ponsel smartphone mereka, selalu berhadapan pada kondisi di mana mereka terus berada pada keberadaan internet. Maka dari itu, secara tradisional perlu adanya Game Offline, terutama game petualangan offline Android yang memang cukup digandrungi masyarakat yang gemar berpetualangan secara virtual.

Berikut 11 game petualangan offline Android paling memukau menurut Tim Naiklevel.

1. BULLY: The Anniversary Edition

Genre: Action, Adventure
Developer: Rockstar Games, War Drum Studios
Download: Link

Bully: The Anniversary Edition merupakan salah satu game petualangan offline Android bertema Open World. Dengan gameplay yang identik dengan Grand Theft Auto (GTA), Bully memakai core anak sekolahan yang merasa jengah dengan apa yang terjadi di sekolahnya. Kehidupan sekolah yang sangat keras, membuat Jimmy Hopkins, seorang siswa yang berpostur pendek di atas rata-rata anak-anak seusianya bertekad untuk mengubah citra sekolah dan menjadi “Raja” di dalamnya.

Banyak yang kaget ketika mendapati berita bahwa salah satu game yang memang tergolong Underrated dari Rockstar Games ini akhirnya mampir menuju versi Mobile Android. Bagi kalian yang pernah memainkan gamenya di PS2 dahulu, maupun dengan kualitas resolusi yang lebih baik di PS3 maupun PS4, pasti sedikit banyak mengetahui kualitas game satu ini. Meskipun tidak secara langsung dikerjakan oleh Rockstar, namun War Drum Studios. Mereka tidak lantas mengurangi berbagai macam unsur klasik yang selama ini ada dalam serial Bully. Versi port tetap mempertahankan seri originalnya, bahkan dapat dikatakan mengalami peningkatan grafik yang lebih baik dari sebelumnya.

2. LIMBO

Genre: Adventure, Horror, Mystery
Developer: Playdead
Download: Link

LIMBO merupakan game side-scrolling bertema gelap dan sedikit suram. Player akan dibawa dalam sebuah latar hutan, hingga tempat penambangan yang absurd dan mengerikan. Selain itu adanya mahluk yang juga mengejar Player nantinya, menambah kesan ngeri dalam game ini. Namun semuanya akan terbayar dengan plot twist cerita yang juga membuat Player bertanya-tanya dan mencari tahu akan apa yang sebenarnya terjadi dalam gamenya.

Kelebihan Limbo ada pada atmosfer permainan yang membuat pemain seolah-olah memang berada pada sebuah hutan yang sunyi dan sepi. Memakai headset akan membuat pengalaman bermain menjadi lebih imersif. Pengalaman yang penulis dapat ketika memainkannya, adalah salah satu acuan yang memutuskan bahwa Limbo termasuk ke dalam salah satu game petualangan offline Android Terbaik.

3. Batman: The Telltale Series

Genre: Adventure, Narative, Thriller
Developer: The Telltale Games
Download:Link

Berbicara mengenai Game Offline Petualangan, Batman: Telltale merupakan salah satu yang patut menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah karena game ini merupakan hasil garapan dari developer yang sudah ahli dalam penceritaan terutama yang berema petualangan, yakni The Telltale Games. Gameplay yang tersaji di dalamnya adalah petualangan interaktif dan cinematik, yang menceritakan kita bagaimana Bruce Wayne, sang Miliyuner Gotham menjalani kehidupan yang berbeda pada siang dan malam, sebagai Pengusaha sekaligus Pahlawan Kota.

Bagi yang belum familiar dengan cerita Batman pun, jangan khawatir karena Episode perdana yang dirilis pada 2016 lalu tersebut, akan menceritakan bagaimana asal-muasal Batman dan juga para musuhnya. Episode kedua, The Enemy Within, dijadwalkan akan dirilis tahun ini untuk Android. Namun sayangnya, kemungkinan kita tidak akan mendapatkan lagi sekuel selanjutnya, karena bangkrutnya Telltale Games pada 2018 lalu. Meskipun kemungkinan bangkit kembali, tetap masih ada.

4. Monster Hunter Stories

Genre: Adventure, RPG
Developer: Capcom, MARVELOUS!
Download:Link

Game Offline Petualangan selanjutnya berasal dari sebuah franchise terkenal mengikuti kesuksesan Monster Hunter, sebuah game fenomenal yang sangat mengejutkan bagi developer asal Jepang, Capcom, hingga akhirnya menjadi salah satu franchise dengan title “best selling product”. Namun tidak seperti seri-seri terdahulu, Monster Hunter Stories berpusat kini tidak lagi menjadikan hunting sebagai prioritas utama. Jika diibaratkan, game ini mengandung lebih banyak unsur RPG ketimbang dengan Action yang selama ini melekat pada title Monster Hunter.

Monster Hunter Stories ditargetkan kepada audiens yang lebih muda, dengan visualisasi yang lebih bersahabat dan lucu, dunia yang lebih charming dengan Pokemon vibe yag ada di dalamnya. Kalian akan berperan sebagai seorang Rider daripada seorang Hunter. Gameplay permainannya pun sangat mudah, hanya semacam turn based yang berdasarkan pola kertas – batu – gunting yang mungkin lebih detail dan terasa dari sebelumnya. Layaknya Pokemon, kalian dapat menetaskan telur monster, bertarung bersamanya, dan mempererat hubungan agar serangan menjadi semakin kuat.

5. The Adventure of Baki

Genre: Adventure, Side-Scrolling
Developer: Crescent Game Studios
Download:Link

Sebuah kisah yang menceritakan petualangan seorang Baki. Diceritakan bahwa ia hidup damai di daerah pegunungan Himalaya, sebelum akhirnya sekumpulan monster datang menyerang mengambil buah-buahan kesukaannya. Tugas kalian adalah untuk membantu Baki melawan monster jahat dan merebut kembali buah-buahan miliknya yang telah dirampas. Game ini dilengkapi dengan musik dan pemandangan yang indah dan penuh warna sehingga cocok sebagai sarana relaksasi. Kombinasi warna dan kontras yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa lelah, terlebih karakternya yang memang lucu, membuat game ini menjadi salah satu Game Offline Petualangan untuk Android yang ringan dan asyik untuk diikuti.

6. Final Fantasy XV: Pocket Edition

Genre: Adventure, RPG
Developer: Square Enix
Download: Link

Siapa yang tidak kenal dengan Final Fantasy XV? Game keluaran Square Enix yang ditunggu-tunggu Gamer di seluruh dunia selama kurang lebih 10 tahun dan dirilis pada November 2016 lalu ini, hadir sebagai versi mini dengan nama Final Fantasy XV: Pocket Edition, yang menjadi Game Offline Petualangan bertema Mini-RPG dan dirilis di platform iOS dan Android Versi Final Fantasy XV: Pocket Edition ini terdiri dari 10 chapter. Dengan desain grafis yang tentunya disesuaikan dengan kapasitas platform pendukungnya. Karakter-karakter di dalamnya pun menjadi lebih imut dari versi originalnya. Namun tidak usah khawatir, pasalnya Square Enix menawarkan konten lengkap berisi keseluruhan cerita yang sama seperti versi original secara penuh, bahkan dengan chapter 1 yang dapat diunduh secara gratis.

FFXV: Pocket Edition hadir sebagai remake dari Final Fantasy XV yang sejatinya rilis di konsol Playstation 4 dan Xbox One. Game ini juga diport ke PC dengan embel-embel Windows Edition, serta Royal Edition yang akan kembali dirilis untuk versi konsolnya. Namun bagi Gamer yang lebih senang dengan konsep portable yang ditawarkan, mungkin bisa mencoba versi Pocket Edition satu ini.

7. Alto’s Odyssey

Genre: Adventure, Free Running
Developer: Noodlecake Studios Inc, Snowman
Download: Link

Alto’s Odyssey adalah salah satu game offline petualangan bertema “free running” di mana player hanya tinggal menekan tombol untuk menghindari rintangan-rintangan yang akan dihadapi oleh karakter bernama Alto, dalam perjalanannya melewati gunung-gunung dan mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya. Setiap rintangan yang dilewati akan bersifat random dan berubah-ubah, setiap kali Player mengalami kegagalan atau memasuki stage baru. Pemandangan serta Soundtrack Piano yang indah juga menjadi nilai plus bagi game ini dalam menemani pemain menyelesaikan perjalanan Alto.

Meskipun sebagian besar latarnya adalah padang pasir, pemain akan menyaksikan berbagai pemandangan yang sangat menakjubkan. Alto’s Odyssey menjadi game offline petualangan yang mampu menyatukan berbagai unsur alam, mulai dari pepohonan, hutan, istana, relik kuno dan juga sistem pergantian hari seperti subuh, siang, malam berbintang, hingga senja yang indah lengkap dengan berbagai macam binatang yang juga muncul secara berirama dalam background layarnya.

8. Minecraft: Pocket Edition

Genre: Adventure, Arcade, Action
Developer: Mojang
Download: Link

Rekomendasi selanjutnya dalam game petualangan offline terbaik untuk Android adalah Minecraft: Pocket Edition. Karena sekali lagi, siapa yang tidak kenal dengan game yang satu ini. Melanglang buana ke berbagai platform, game ini juga singgah untuk versi mobile. Player dapat membuat apa saja mula dari boneka beruang, kapal layar yang megah, hingga sebuah kota. Game ini sejatinya merupakan game survival bertema open world. Player dapat mencari berbagai material untuk membuat berbagai peralatan, ataupun senjata yang akan sangat membantu dalam menjalankan berbagai kebutuhan yang ada di dalam gamenya. Lalu apa sebenarnya tujuan dari game ini? Developernya berkata, “like kids playing in the sand”. Tentunya banyak hal menyenangkan yang dapat dinikmati dalam game unik yang satu ini

9. Life is Strange

Genre: Adventure, Mystery
Developer: Square Enix
Download: Link

Life is Strange merupakan satu game petualangan offline yang populer dalam berbagai platform. Kehadirannya yang berdasarkan pada genre naratif, membawa Life is Strange juga turut hadir ke dalam versi iOS dan Android. Setelah sebelumnya hanya hadir untuk konsol maupun PC. Berbeda dengan beberapa game naratif lainnya, Life is Strange mendorong kita untuk melakukan investigasi yang lebih mendetail mengenai cerita maupun kasus yang ditangani nantinya, sehingga cerita menjadi semakin kompleks karena gameplay-nya juga cenderung lebih unik dan berbeda.

Life is Strange dirilis pertama kali di tahun 2015 untuk konsol PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One dan PC. Game ini sendiri berceritakan seorang Max Caulfield gadis muda yang memiliki kekuatan untuk memanipulasi waktu. Kemudian menggunakan kekuatan itu untuk menyematkan kota nya dari kiamat. Game ini merupakan game episodic ini terdiri dari total 5 episode berbeda. Dan setiap episode ini dijual secara terpisah. Pada trailer untuk versi mobile game, dijelaskan bahwa Life is Strange tersedia untuk iOS mulai pada 14 Desember 2017. Dan game ini kemudian tersedia dalam versi Android pada awal 2018. Versi mobile game sendiri meliputi Photo Mode versi terbaru, yang membebaskan player untuk mengambil foto dan mengeditnya dengan filter. Player juga dapat men-share foto tersebut di Media Sosial.

10. Lara Croft GO

Genre: Adventure, Puzzle
Developer: Square Enix
Download: Link

Kesuksesan Square Enix dengan Hitman GO membuat mereka mencoba peruntungan pada versi lainnya, yakni Lara Croft GO. Game ini mengambil latar dari franchise Tomb Raider. Tentunya siapa yang tidak kenal dengan franchise tersebut, di mana kita akan bermain sebagai wanita pencari harta karun ke berbagai belahan dunia. Transformasi franchise terkenal tersebut, kini hadir dalam bentuk game petualangan offline untuk Android.

Sementara itu untuk gameplay-nya sendiri masih mengusung konsep 3D Polygon di mana pemain akan mengontrol Lara untuk berjalan melewati berbagai rintangan serta puzzle dengan balutan warna dan latar tempat yang sangat menarik. Untuk ukuran Android, bisa dikatakan game ini merupakan salah satu game petualangan offline terbaik.

11. Nimian Legends: BrightRidge

Genre: Adventure, RPG, Open World
Developer: Protopop Games
Download: Link

Game ini dikembangkan oleh satu orang bernama Protopop Games. Dengan gameplay yang sebenarnya sangat kompleks untuk dibedakan menjadi RPG ataukah murni game petualangan Offline. Tidak ada sistem inventory, combat yang sebenarnya sangat sederhana, maupun tanpa adanya campur tangan dari skill maupun sihir layaknya game RPG fantasy kebanyakan.

Sebagai sebuah game petualangan offline, Nimian Legends: BrightRidge mungkin tidak terlihat menakjubkan secara visual maupun bagaimana cara mereka dalam menerangkan sebuah kisah klasik mengenai pertempuran yang baik dan yang jahat. Namun game ini tetap dapat memberikan satu unsur penting yang memang seharusnya ada dalam game petualangan offline apalagi yang bertema Open World. Yakni Eksplorasi. Nimian Legends: BrightRidge memberikan kita berbagai macam lokasi yang sangat luas untuk dijelajahi termasuk berbagai rahasia yang ada di dalamnya mulai dari berbagai landmark di darat, bawah air, hingga udara. Hal tersebut nampaknya sudah cukup untuk memberikan kesan bahwa game ini memang merupakan salah satu game petualangan offline yang wajib dimainkan.

11 Game Petualangan Offline Android Paling Memukau – Kesimpulan

Keterbatasan Android dalam menerjemahkan definisi game petualangan offline memang harus diakui sangatlah terlihat ketika melihat serangkaian game yang berada di dalam library miliknya. game petualangan offline sebagian besar didominasi oleh genre side scrolling yang rata-rata sangat identik satu sama lain. Untuk memainkan game petualangan offline dengan kualitas super HD, beberapa di antaranya bahkan mengharuskan kalian untuk memiliki device yang mendukung seperti NVidia Shield.

Namun hal tersebut bukanlah masalah besar selama kalian menikmati apa yang kalian punya, karena Android punya segudang game petualangan offline, yang meskipun mereka sangat identiik, namun kreativitas para pembuatnya, menjadikan mereka sebuah entitas dengan berbagai macam rasa. Jadi jangan ragu untuk men-share game petualangan offline Favorit kalian di kolom komentar ya.

More Stories
Kingdom Hearts 3 Hadirkan Dunia Frozen dan Pirates of The Caribbean