fbpx

13 Game PS4 Eksklusif Terbaik Sepanjang Masa Berdasarkan Skor Metacritic

0 4

Kali ini Nailevel akan memberikan daftar 13 game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa berdasarkan skor Metacritic. Bagi kamu yang sedang bingung memilih game apa yang ingin dimainkan, bisa menjadikan daftar di bawah ini sebagai rujukan.

Berikut ini urutan yang dimulai dari terbawah ke tertinggi berserta ulasan lengkapnya:

13. No Man’s Sky

Developer: Hello Games | Publisher: Hello Games | Rilis: 9 Agustus 2016 | Skor: 71

Game yang dihasilkan dari tangan dingin Sean Murray ini banyak terinspirasi dari karya klasik fiksi ilmiah karangan Issac Asimov, Arthur C. Clarke, dan Robert Heinlen. Berperan sebagai “Traveller”, pemain akan berusaha bertahan hidup dan menjelajahi 18 miliar planet untuk mencari sumber daya, berjuang melawan pasukan sentinel, perompak, dan pemburu bayaran.

No Man’s Sky bisa dibilang sebagai pencapaian yang mengagumkan. Dan merupakan game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa dengan tim pengembang yang kecil. Sebagai jenis survival game, pemain bisa mengakhiri game dalam berbagai versi, juga menghadapi tantangan yang berbeda-beda pula. Tergantung planet, iklim, dan spesies yang menghuni.

12. World of Final Fantasy

Developer: Square Enix | Publisher: Square Enix | Rilis:25 Agustus 2015 | Skor: 77

Seri Final Fantasy ini tidak terhubung dengan seri lainnya tetapi mengambil lokasi cerita di Grymoire, wilayah yang dihuni oleh para karakter klasik dan monster dari seluruh seri. Plot cerita berfokus pada Lann dan Reynn, saudara kembar yang amnesia dan memiliki kekuatan di salah satu lengan mereka untuk menangkap dan menggunakan Mirages, monster Grymoire.

Bermain World of Final Fantasy bisa membangkitkan nostalgia para pencandu RPG lama, misalnya setting permainan di ruang bawah tanah panjang berliku yang dipenuhi monster dan format bertarung secara random! Bagi Naiklevel, game ini adalah game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa yang tak bisa dilewatkan.

11. Until Dawn

Developer: Supermassive Games | Publisher: Sony Computer Entertainment | Rilis: 25 Oktober 2016 | Skor: 79

Game ini berlatar di wilayah Kanada Barat dimana delapan remaja memutuskan untuk berlibur di sebuah kabin di Blackwood Mountain, tepat satu tahun setelah hilangnya dua gadis dari kelompok mereka. Namun, mereka malah harus menghadapi serangan madman dan berusaha untuk bertahan hidup sampai matahari terbit.

Dunia Untill Dawn memang kecil tetapi penuh detail yang indah dan menakjubkan, seperti misteri kabin yang penuh rahasia, adanya sanitorium dengan kamar mayat, wilayah tambang yang ditinggalkan, dan binatang ganas. Pemain akan merasakan horor akibat terisolasi dari dunia luar, serta ancaman maut yang terus menghadang.

10. Gravity Rush 2

Developer: SIE Japan Studio dan Project Siren | Publisher: Sony Computer Entertainment | Rilis: 20 Januari 2017 | Skor: 80

Game berjenis action-adventure ini memiliki peta dunia 2,5 kali lebih besar dari seri sebelumnya. Mengambil cerita pasca insiden yang disebabkan mankan Walikota, D’nelica, Kota Heksevilla semakin maju tetapi mendadak ada laporan gangguan gravitasi di distrik Neu Hiraleon, Kat kemudian melakukan perjalanan bersama Raven, dan Syd untuk menyelidikinya.

Pemain sebagai Kat akan menjelajahi berbagai area yang membuka manholes untuk berteleportasi ke area lainnya. The Nevi kembali berperan sebagai musuh dan berusaha menghambat perjalanan Kat dan kedua temannya. Gravity Rush 2 dinilai menampilkan visual dan gameplay yang lebih berkesan dibandingkan seri sebelumnya.

9. The Last Guardian

Developer: SIE Japan Studio | Publisher: Sony Interactive Entertainment | Rilis: 6 Desember 2016 | Skor: 82

Dalam game ini, pemain memainkan anak laki-laki yang berteman dengan makhluk raksaksa setengah mamalia bernama Trico. Seiring berjalanannya permainan, hubungan antara Trico dan anak laki-laki tersebut akan semakin kuat. Misalnya, musuh berupa tentara batu muncul dan membahayakan nyawa anak tersebut, Trico akan membelanya dengan ganas.

Selanjutnya, anak laki-laki tersebut berusaha untuk menenangkan Trico yang masih dipenuhi amarah atau menyembuhkan luka-luka Trico. The Last Guardian dapat dikatakan sebagai game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa dengan plot cerita lambat dan emosional, menceritakan hubungan manusia dengan hewan.

8. Dragon Quest Builders

Developer: Square Enix | Publisher: Square Enix | Rilis: 11 Oktober 2016 | Skor: 83

Seri Dragon Quest kali ini mengambil gameplay ke arah gaya Minecraft dimana pemain akan membangun kamp dari blok, dan/atau membuat kerajinan tangan. Namun, monster, seperti Slime dan Dragon tetap muncul dalam Dragon Quest Builders. Game ini sendiri bisa dimainkan dari anak-anak hingga dewasa muda, mengingat banyak dialog yang juga cukup tajam.

Dalam daftar game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa, Naiklevel kagum bagaimana game ini membuat sebuah cerita yang ringan tetapi tetap menyentuh dan bisa menimbulkan percakapan bagi anak dan orang tua ketika membahas pesan-pesan apa yang dikandung Dragon Quest Builders.

7. Ratchet and Clank

Developer: Insomniac Games | Publisher: Sony Interactive Entertainment | Rilis: 12 April 2016 | Skor: 85

Ratchet and Clank merupakan game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa yang memberikan petualangan paling menarik, kreatif, dan berkesan saat ini. IGN sendiri menyatakan pencahayaan, model karakter, dan vistas dalam game ini sangat mengagumkan. Sebagian besar, karakter yang dapat dimainkan pemain adalah Ratchet.

Pemain akan menempuh beragam arena, mengalahkan musuh dengan berbagai macam senjata dan gadget, serta melawati aneka rintangan. Beberapa pembaharuan dalam seri ini, adalah elemen gameplay yang berbeda, misalnya senjata otomatis dan peningkatan senjata Raritanium secara manual, juga munculnya senjata tipe baru, seperti Pixelizer.

6. Yakuza 0

Developer: Sega | Publisher: Sega | Rilis: 24 Maret 2015 | Skor: 85

Game berjenis action-adventure ini merupakan prequel dari semua seri Yakuza. Mode combat dalam Yakuza o mengambil bentuk pertarungan tradisional layaknya Devil May Cry sehingga pemain akan beraksi dengan cepat untuk membunuh musuh-musuhnya. Plot cerita masih dipenuhi dengan intrik politik dan konspirasi yang seru dan menarik.

5. Nioh

Developer: Team Ninja | Publisher: Sony Interactive Entertainment | Rilis: 7 Februari 2017 | Skor: 88

Nioh merupakan jenis game role-playing, pemain akan memainkan tokoh samurai Irlandia, William Adams di Jepang pada tahun 1600. Disini pemain akan bertugas untuk melawan musuhnya, berupa manusia dan monster yang disebut ‘Yokai’. Dengan konsep open world, pemain bisa menjelajahi berbagai tempat untuk mendapatkan EXP agar level terus meningkat.

Kemampuan William bertipe serangan hack dan slash, serta mampu memblokir serangan musuh secara bergantian. Sebagai pemain kamu juga bisa menggunakan senjata bertipe jarak dekat, seperti pedang, kapak, polearm, dan kusarigama. Bahkan juga bisa memanggil hewan penjaga (animal spirit).

Nioh adalah salah satu game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa dengan konsep open world yang menengangkan, serta narasi unik perpaduan antara sejarah dan fantasi yang tak terduga dibandingkan game sejenis dengan narasi yang tampak biasa saja.

4. Horizon: Zero Dawn

Developer: Guerrilla Games| Publisher: Sony Interactive Entertainment | Rilis: 28 Februari 2017 | Skor: 89

Dengan konsep role-playing, pemain akan mengendalikan tokoh pemburu, Aloy yang melakukan perlawan terhadap robot di dunia pasca-apokaliptik. Pemain dapat membunuh musuh dengan berbagai cara: memasang perangkap (tripwire), menggunakan tripcaster, menembak dengan panah, menggunakan peledak, dan bertarung dengan tombak.

Tidak seperti game RPG Open World lainnya, Horizon: Zero Down memiliki misi yang nyaris tak sama satu sama lain dengan desain musuh seperti Transformer, misalnya robot menyerupai hewan. Game ini seakan memadukan konsep gameplay dan narasi dalam Assassin’s Creed dan Far Cry.

3. Bloodborne

Developer: FromSoftware| Publisher: Sony Computer Entertainment | Rilis: 24 Maret 2015 | Skor: 92

Seberapa kelam Bloodborne dibandingkan Dark Souls? Pemain akan memerankan seorang warrior yang terbangun di sebuah kota yang sebagian besar penduduknya telah terjangkit penyakit lycanthropic – berubah menjadi manusia serigala. Pemain akan memiliki musuh pertama para penduduk kota dan mesti berjuang sendiri.

Seperti biasa, game ini tidak memiki narasi cerita dalam melainkan perjalanan linier untuk memperkenalkan dunianya. Namun, para karakter dalam Bloodborne memiliki dialog yang dalam. Tingkat kesulitan game ini menyerupai Megaman ketimbang game RPG orang ketiga sejenis lainnya.

2. Uncharted 4: A Thief’s End

Developer: Naughty Dog| Publisher: Sony Computer Entertainment | Rilis: 10 Mei 2016 | Skor: 93

Seri terakhir Uncharted ini kembali menampilkan tokoh protagonis, Nathan Drake, yang telah pensiun dari berburu harta karun dengan istrinya Elena, dan kembali bertemu dengan kakak laki-lakinya, Sam, serta rekan lamanya, Sully. Di A Thief’s End, Nathan berusaha menemukan harta karun milik Henry Avery yang hilang.

Game ini memiliki level rintangan yang lebih besar dan lebih luas dari seri-seri sebelumnya. Misalnya, pemain memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi dan bergerak dalam pertempuran, melawan musuh tanpa diketahui dengan mode siluman, serta dapat menggunakan kendaraan.

Jika kamu telah memainkan tiga seri Uncharted, maka A Thief’s End wajib kamu mainkan. Bahkan game ini mendapatkan ulasan tertinggi di tahun 2016 dibandingkan game yang rilis di tahun yang sama. Tak berlebihan mengatakan A Thief’s End sebagai game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa.

1. God of War

Developer: SIE Santa Monica Studio| Publisher: Sony Interactive Entertainment | Rilis: 20 April 2018 | Skor: 94

Di tahun 2018, God of War merupakan kejutan menggembirakan bagi para gamers. Kenapa? Sebab game ini memiliki visual mengagumkan diikuti narasi yang luas, dimulai dari Kratos dan putranya, Arteus yang pergi dari Gunung Olympus, mengarungi lautan mengelilingi patung-patung raksaksa yang megah, dan rintangan diinjak-injak oleh Troll yang dipenuhi amarah.

Pada seri ini, pemain bisa menggunakan fitur pertarungan ‘combo’, termasuk fitur waktu cepat (QTE) untuk mengalahkan musuh-musuhnya. God of War merupakan game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa yang sama sekali tidak boleh kamu lewatkan!

Itulah 13 game PS4 eksklusif terbaik sepanjang masa berdasarkan skor Metacritic yang telah menerima berbagai ulasan positif dan penghargaan, beserta penjualan hingga jutaan kopi di seluruh dunia.

Comments
Loading...