fbpx

Simak Berikut Ulasan Lengkap Semua Game Attack on Titan

73

Berawal dari manga, serial animasi di televisi hingga live action layar lebar, kisah sang tokoh utama Eren Jeager menumpas para raksasa semakin dikenal orang banyak. Hingga pada akhirnya serial ini mendapatkan adaptasi game pertamanya yang digarap oleh Nitroplus yang berkolaborasi dengan Production I.G. di tahun 2013.

Attack on Titan merupakan judul yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar anime. Bahkan orang-orang yang bukan penggemar anime juga mengetahui judul yang satu ini. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Naiklevel akan mencoba membahas semua game yang telah tersedia. Simak berikut ulasan lengkap game Attack on Titan.

1. Attack on Titan: Humanity in Chains (2013)

Studio Pembuat: Spike Chunsoft

Genre: Aksi

Platform: Nintendo 3DS

Game pertama yang akan diulas adalah Attack on Titan: Humanity in Chains. Game yang beredar di Jepang sejak tahun 2014 lalu ini mengambil tema aksi sesuai dengan acuan karakter utama yang seperti yang terdapat pada seri animasinya. Gameplay yang diusung oleh Attack on Titan: Humanity in Chains berpusat kepada penggunaan 3D maneuver gear yang dipakai oleh para tokoh untuk berayun di udara dan 2 bilah pedang yang digunakan untuk menebas titik lemah para raksasa.

Secara keseluruhan Humanity in Chains sangat menarik karena bisa memberikan pengalaman kepada para gamers yang ingin mencoba berperan sebagai anggota Recon Corps dimana tugasnya berburu dan membasmi para Titan yang menjebol tembok raksasa yang melindungi umat manusia. Dalam game ini pemain akan bermanuver untuk menjangkau titik lemah para titan yaitu bagian belakang leher dan kemudian menebas untuk melumpuhkannya.

Beberapa bagian dalam game ini mempak tidak nyata seperti yang ditampilkan pada tayangan televisi. Misalnya, ketika player memutuskan untuk bermanuver player tidak perlu repot-repot mencari bangunan tinggi karena karakter akan tali yang digunakan untuk berayun akan menyangkut di langit seperti pada game Spiderman. Sekalipun begitu, game ini menampilkan fitur lock on yang dapat digunakan oleh player untuk menargetkan serangan kepada para titan. Fitur ini juga memudahkan player karena player hanya perlu menempatkan karakter di posisi yang pas.

Attack on Titan: Humanity in Chains sangatlah cocok bagi para player yang menyukai seri Attack on Titan dan ingin mencoba merasakan rasanya mempertahankan kota. Karena game ini juga menyediakan fitur co-op hingga memungkinkan 4 player untuk bermain bersama menumpas para raksasa. Selain itu suasana kota yang ditampilkan juga mirip seperti yang ada di anime, sehingga menambah keadaan nyata saat memainkannya. Salah satu game Attack on Titan yang wajib dicoba.

2. Attack on Titan (2016)

Studio Pembuat: Koei Tecmo

Genre: 3D, Aksi

Platform: PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, Xbox One

Game Attack on Titan yang tersedia di beberapa platform ini mengikuti alur cerita season pertama dari serial animasi yang tayang di televisi yang menceritakan kisah tentang tiga orang anak muda yang mencoba bertahan hidup di balik tembok yang melindungi mereka dari serangan para raksasa. Dalam game ini player akan dititik beratkan ke bagian dimana tokoh utama akan menjatuhkan para titan, oleh karena itu banyak alur cerita yang dipotong terutama di bagian isu politik seperti yang ada di serial animasinya.

Ketika menghadapi raksasa, player akan dihadapkan kepada 5 titik di badan raksasa yang memungkinkan untuk diserang. Setelah target ditentukan, maka player harus meningkatkan kecepatan dan menekan tombol serangan pada timing yang tepat untuk mendaratkan serangan. Kesalahan pada inisiasi combo akan membuat karakter terjatuh atau terputusnya tali maneuver yang menancap di tubuh titan. Jika hal itu terjadi player akan jadi sasaran titan untuk diinjak, digenggam atau bahkan dimakan.

Titan yang terdapat dalam game juga bervariasi, player yang sudah terbiasa tidak akan kesulitan menjatuhkan satu atau dua titan berukuran lima meter sekaligus. Tapi akan kesulitan jika harus menjatuhkan satu abnormal titan berukuran besar yang bergerak merangkak cepat atau melompat tinggi. Variasi titan yang disediakan membuat game ini menjadi tidak monoton karena dibutuhkan taktik untuk menghadang mereka atau melakukan serangan balik.

Hal menarik lainnya yang terdapat dalam game Attack on Titan adalah karakter utama yang tersedia dalam game. Tentunya tokoh-tokoh seperti Eren, Armin, Mikasa dan Levi akan dapat dimainkan di satu titik ketika player memainkan mode campaign. Ada sekitar 10 karakter yang dapat dimainkan oleh player dimana setiap karakter memiliki kelebihan tersendiri. Sebagai contoh, Armin mungkin bukan prajurit terkuat namun kemampuan taktik yang dimilikinya cukup bagus. Ketika memainkan armin maka player memiliki kemampuan untuk mengarahkan kelompok untuk menyerang titan tertentu.

Adapun karakter kuat seperti Levi yang dapat bergerak cepat dan memiliki daya tempur yang sangat kuat. Ketika memainkannya player dapat menyerang titan dengan serangan bertubi-tubi setelah melancarkan serangan pertama. Misi yang disediakan dalam game ini cukup bagus dan map yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Dengan banyaknya karakter yang dapat dimainkan membuat game Attack on Titan ini menarik untuk dicoba.

3. Attack on Titan 2 (2018)

Studio Pembuat: Omega Force

Genre: Aksi, Hack and Slash

Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita, Nintendo Switch, Xbox One, Microsoft Windows

Game Attack on Titan 2 dibuat dengan komposisi 50 chapter pertama versi original Attack on Titan sebagai bahan dasarnya. Namun dengan sedikit inovasi dimana player dapat menciptakan karakter sendiri yang kemudian dapat berinteraksi dengan karakter yang terdapat pada manga. Kabarnya pembuatan game ini dilakukan setelah penggarapan game seri pertama selesai. CEO Omega Force Hideo Suzuki juga menyatakan bahwa game seri ke 2 Attack on Titan ini difokuskan pada pembuatan AI yang lebih cerdas.

Selain itu tingkat kesulitan pada seri kedua juga dinaikkan dan pihak publisher juga bekerja sama dengan penerbit manga Kodansha dan penulis cerita Hajime Ishiyama untuk menambahkan elemen tambahan ke dalam alur cerita game. Oleh karena itu player yang sebelumnya memainkan game seri pertama tidak akan merasa bosan ketika memainkan Attack on Titan 2 karena game yang satu ini digarap dengan sangat apik dengan tampilan interface yang lebih mulus serta sejumlah trik baru untuk membasmi para titan.

Misi-misi yang dihadirkan dalam game kedua ini kebanyakan berkaitan dengan misi lama, beberapa diantaranya seperti mempertahankan satu titik dari serangan titan, atau mengawal orang penting dari satu titik ke titik lainnya dan menyelamatkan teman yang hampir dimakan oleh titan. Khusus bagi para player yang baru dan tidak pernah membaca atau menonton serial Attack on Titan, game seri ke 2 ini merupakan pijakan yang cocok jika ingin mengetahui inti cerita.

Satu hal saja yang sedikit berbeda, karena pada game ini player dapat menciptakan karakter original maka cerita utama berkesan terpusat pada tokoh original yang diciptakan oleh player, yang diceritakan sebagai teman dekat dari tokoh utama. Meskipun begitu pihak developer harus diacungi jempol karena dianggap telah berhasil mengangkat adegan pertarungan yang terdapat dalam manga dan anime kedalam video game.

Ditambah dengan kemampuan seperti melakukan serangan secara sembunyi-sembunyi atau serangan instan dari jarak jauh. Tentunya player yang memainkan seri sebelumnya akan merasa adanya peningkatan perbedaan dari segi gameplay dan grafik tampilan membuat game seri ke 2 dari Attack on Titan ini tidak boleh terlewatkan.

Karena game Attack on Titan 2 juga tersedia untuk Windows. Berikut adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan bagi para gamers yang berniat untuk mencoba memainkannya di PC:

  • Membutuhkan processor dan sistem operasi 64-bit
  • Windows 7/8.1/10 64-bit
  • Processor Core I5 2400 atau diatasnya
  • 6GB RAM
  • Grafik NVIDIA GeForce GTX 660 VRAM 1GB atau di atasnya
  • DirectX versi 11
  • Koneksi internet broadband
  • Space kosong sebesar 30GB
  • 16bit Stereo 48kHzWave soundcard

4. Attack on Titan: Escape from Certain Death (2017)

Studio Pembuat: Koei Tecmo

Genre: Visual Novel

Platform: Nintendo 3DS

Sedikit berbeda dengan game-game Attack on Titan yang telah dijelaskan sebelumnya, Attack on Titan: Escape from Certain Death menampilkan game Attack on Titan dalam bentuk visual novel. Cerita yang ditawarkan oleh Escape from Certain Death diambil dari setting sebelum misi Exterior Scouting yang ke 57 atau Female Titan arc. Recon Corps yang ditugaskan untuk menginvestigasi Kastil Elsnir dimana player bermain sebagai tokoh original yang merupakan member dari Recon Corps yang juga penduduk lokal.

Pada awal game player akan diminta untuk memilih bermain sebagai pria atau wanita. Jika player memilih untuk bermain sebagai wanita maka otomatis Mikasa yang akan menjadi rekan dan Levi jika player memilih bermain sebagai karakter pria. Beberapa karakter tambahan akan terbuka seiring berjalannya cerita dan mereka akan terbuka secara berpasangan, seperti Reiner dan Bertholdt atau Krista dan Ymir.

Ada 2 karakter yang menjadi parameter kunci yang mempengaruhi keberhasilan player dalam melarikan diri. Despair dan Affinity, dimana keduanya dipengaruhi lewat interaksi selama berjalannya game. Persenan Despair akan mempengaruhi tingkat bertahan hidup karakter dan akan mengakibatkan kematian jika telah mencapai 100%. Sedangkan Affinity merupakan kebalikan dari Despair yang akan meningkatkan kesuksesan dalam melarikan diri.

Dalam Escape from Certain Death player juga dituntut untuk melakukan pencarian di setiap area untuk melanjutkan cerita. Hanya dengan melakukan tap dua kali pada bits yang berkilau player dapat menemukan item atau equip yang dapat digunakan untuk melanjutkan cerita. Selama pencarian dilakukan, titan juga mungkin saja melakukan penyerangan dimana player harus bertarung atau kabur, bagian inilah yang membuat visual novel ini sedikit berbeda dengan yang lainnya.

Attack on Titan: Escape from Certain Death merupakan game visual novel yang hadir dengan narasi penulisan yang rapi, fresh dan tidak membosankan. Game Attack on Titan yang satu ini sangat cocok untuk para gamers yang sebelumnya membaca versi manga dari serial Attack on Titan namun ingin mencoba jalan cerita dengan suasana dan nuansa yang baru.

Itulah 4 game Attack on Titan yang telah tersedia dan patut dicoba. Ada beberapa game resmi berlisensi lainnya yang belum dibahas dalam artikel ini karena keterbatasan informasi. Seperti game Attack on Titan: Team Battle yang merupakan game khusus arcade yang hanya tersedia di Jepang. Ada juga game social strategi untuk iOS dan Android yang digarap oleh Mobage berjudul Attack on Titan: Howl toward Freedom yang sempat rilis namun kini hanya tersedia di Jepang, namun ke 4 game di atas adalah game Attack on Titan terbaik yang bisa dicoba.

Bagaimana? Hal apa yang paling rekan-rekan tunggu dari Attack on Titan? Game mana yang paling menyenangkan untuk dimainkan? Silahkan tinggalkan pesan dan kesan di kolom komentar ya!

Comments
Loading...