fbpx

10 Tips Anthem Sederhana untuk Memaksimalkan Permainan

73

Berbicara mengenai tips Anthem, yang secara resmi dirilis pada 22 Februari 2019 lalu, tentu merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan dan sangatlah penting untuk menunjang permainan. Game besutan EA dan sub-developer mereka, yakni BioWare tersebut adalah salah satu game yang paling ditunggu kehadirannya sejak kurang lebih 2 tahun lalu sejak pertama kali diumumkan pada E3 2017 dua tahun silam. Dalam masa jeda sebelum perilisannya, sebuah DEMO juga dirilis pada awal Februari untuk menyemarakkan bulan hadirnya Anthem.

Namun setelah beberapa lama dirilis, terdapat masalah-masalah klasik yang ada dalam permainan yang memang menggunakan basis online ini, mulai dari putus server, loading yang lama, hingga konsol yang crash ataupun mati. Lepas dari hal-hal tersebut, secara game, Anthem juga dapat dikatakan sangat payah sekali dalam memberikan tutorial tips Anthem yang sederhana pada pemainnya secara efektif. Bahkan hingga beberapa poin yang sudah berjalan, berbagai penjelasan terbaik urung ditemukan.

Untuk kalian yang masih merasa kesulitan dalam bermain, Kru Naiklevel akan mencoba untuk memberikan beberapa penjelasan termasuk 10 tips Anthem sederhana yang akan membuat permainan Anthem menjadi lebih maksimal.

1. Anthem bukan hanya soal “Menembak”

Ketika pertama kali melihat Anthem, mungkin yang terbayang di dalam benak kita adalah game tembak-tembak bagaikan Titan Fall atau game TPS (Third Person Shooter) lainnya, yang digabungkan dengan konsep baju besi terbang ala Iron Man. Namun pemikiran kalian tidak sepenuhnya salah. Hanya saja mesti diperluas karena hal tersebut hanya merupakan satu dari sekian apa yang game ini tunjukkan pada kita selaku pemainnya.

Selain menembak, Anthem adalah bagaimana cara manajemen yang baik akan semua unsur yang ada dalam “tubuh” pemain. Mulai dari meracik gear, ketahanan terhadap suhu ketika melakukan penjelajahan, kelengkapan dan keefektifan persenjataan, kelemahan musuh, hingga bagaimana cara menciptakan serangan combo yang brillian dan tidak terpikirkan. Pikiran kalian, Armor, dan Senjata adalah satu. Hal selanjutnya yang berjalan adalah bagaimana memaksimalkan semua unsur untuk bergerak secara tidak biasa untuk menciptakan kemungkinan tak terbatas, menyelesaikan misi, dan meraih kemenangan yang diinginkan. Karena itu simaklah tips Anthem selanjutnya.

2. Bermainlah dalam Mode Sulit (Hard Mode)

Ketika pertama kali bermain Anthem, kalian akan mendapatkan 3 pilihan tingkat kesulitan di antaranya Easy, Normal, dan Hard. semakin tinggi tingkat kesulitan yang dipilih maka akan semakin tinggi EXP yang diraih, serta kemungkinan loot yang lebih baik dan langka juga semakin besar. Namun sebenarnya ada alasan lain yang mungkin harus kalian pertimbangkan untuk memilih mode ini dibandingkan dengan dua mode lainnya. Simak tips Anthem kali ini.

Pada tingkat kesulitan Easy dan Normal, rasanya kalian tidak akan mendapatkan tantangan yang berarti karena bisa dikatakan kalian tidak akan terlalu berpikir mengenai permainan. Bagaimana combo juga tidak akan menjadi masalah besar. Musuh menjadi lebih muda karena mereka akan mati hanya dengan 1 kali pukulan melee. Kalian relatif tidak akan mendapatkan ancaman yang berarti selain dari 1 atau 2 boss yang ada di dalam game. Hal ini tentu tidak akan membuat game untuk memaksa kalian untuk berpikir apapun sebelum bertindak. Memilih hard, mungkin akan membuat kalian merasa terkejut dengan perubahan yang ada. Sekumpulan musuh bahkan akan membuat kalian berpikir untuk melakukan serangan pamungkas secepat mungkin, sebelum mereka mendekat dan menyerang, karena mereka sangatlah sulit untuk dilawan. Sehingga kalian juga akan memikirkan Javelin mana yang tepat, untuk situasi yang berbeda.

3. Setiap Javelin mempunyai combo yang berbeda

Combo atau serangan bertubi-tubi merupakan hal yang penting namun sayangnya tidak dijelaskan secara mendetail dalam seri Anthem. Salah satu kemampuan (skill) yang digunakan pemain akan membuatnya mendapatkan combo pada musuh yang ia serang secara absolut atau pasti. Namun di satu sisi, skill lainnya juga dapat membatalkan combo yang sedang menimpa musuh, apabila kita tidak memilih serangan yang tepat.

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan tips Anthem kali ini. Kalian perlu mengetahui kalau combo dalam Anthem tidak hanya untuk mentrigger damage ekstra, namun setiap kemampuan yang kalian berikan, akan dipengaruhi oleh Javelin yang kalian pilih. Kami akan coba menjelaskan beberapa kemampuannya di bawah ini, dan memberikan tips Anthem rahasia dan efektif, serta penilaian kapan sebaiknya kalian menggunakan Javelin tipe tersebut untuk skill untuk gerakan combo yang lebih efektif dan mematikan dari sebelumnya.

  • Ranger: Menciptakan bonus damage pada 1 target lebih banyak dan lebih baik dari Javelin lainnya. Javelin Ranger sangat cocok jika kalian gunakan untuk menghadapi boss.
  • Colossus: Javelin satu ini dapat mentrigger random damage pada musuh yang berada pada jarak dekat dari 1 musuh yang diledakkan olehnya. Secara general, sekelompok besar musuh yang ada, dapat menjadi sasaran yang pas bagi Colossus untuk menunjukkan skill yang dimilikinya.
  • Storm: Memberikan damage efektif pada musuh dengan status “Prime” termasuk para musuh yang berada di sekitarnya. Ini sangat berguna tergantung dari jenis elemen apa yang kalian gunakan untuk melawan musuh. Musuh yang berkumpul dapat menjadi sasaran empuk bagi Javelin bertipe Storm.
  • Interceptor: Interceptor dapat mengumpulkan aura yang dapat ditembakkan dalam beberapa detik, dan akan mempengaruhi pada status serta combo yang digunakan pada musuh yang ada di dekatnya. Sehingga kemampuan melee yang ia punya akan sangat berguna dan berbahaya di sini.

4. Mendapatkan Reputasi dari NPC

Anthem sejatinya merupakan game online, namun kalian juga akan mempunyai story area layaknya game offline jika sedang berada di Fort Tharsis. Tempat ini bisa dikatakan merupakan rumah bagi kalian untuk beristirahat sejenak di kala misi sudah terasa melelahkan. Kalian tidak akan bertemu dengan pemain lain, maupun ditendang dari server karena kelamaan berdiam diri di sana walaupun tanpa melakukan apa-apa. Tharsis juga merupakan tempat yang sangat baik untuk bertemu dengan NPC, yang mana mempunyai cerita yang unik dari masing-masing yang tidak diceritakan pada story online.

Tidak hanya itu, mengobrol dengan mereka juga akan membawa kita pada reward yang lebih baik dan berguna. Kalian akan mendapatkan reputasi dari 3 faksi besar yang ada di Tharsis yakni Freelancer, Sentinel, dan Arcanist. Menaikan reputasi juga dapat mengunlock berbagai blueprint untuk membuat sesuatu, termasuk mengubah tampilan visual dari berbagai sudut dalam Fort Tharsis itu sendiri, hanya dengan 1 atau 2 percakapan saja. Tips Anthem satu ini sangatlah penting. Maka dari itu bersosialisasilah dengan tetangga kalian di sana, karena hal tersebut merupakan sebuah hal yang menguntungkan.

5. Weapon Blueprint dapat ditemukan di dalam Misi “Challenge” di dalam Game

Kalian secara langsung tidak dapat membeli persejataan maupun gear dari Anthem, melalui sistem pertokoan seperti pada game-game berjenis RPG. Semuanya akan tersedia apabila kalian telah menemukannya di dunia yang ada, maupun membuatnya sendiri dari berbagai macam bahan yang didapatkan. Salah satu tips Anthem selanjutnya, adalah cara yang paling pasti dan mudah untuk dilakukan yakni adalah dengan mendapatkan Blueprint untuk membuat perlengkapan yang memang kalian inginkan.

Kalian dapat membuka berbagai macam kemungkinan Blueprint dengan menaikkan ranking melalui fraksi yang berada di Tharsis (lihat segmen Mendapatkan Reputasi dari NPC). Bagian yang menunjukkan mengenai Weapon Blueprint terletak dalam tab “Challenge” yang dapat diakses melalui menu Anthem. Tantangan yang ditawarkan pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Kalian hanya perlu membunuh beberapa monster / musuh dengan senjata yang memang ingin kalian upgrade. Mulai dari pertama kali menyelesaikan misi, kalian akan mendapatkan blueprint yang umum, dan semakin tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi, maka semakin tinggi pula status blueprint yang akan kita dapatkan.

6. Berbeda Jenis Air, Berbeda pula Efek yang ditimbulkan

Saat menjelajah, sebagian besar dari kalian pasti mempunyai kecenderungan untuk terbang. Dalam hal ini, Air tanpa disadari menjadi sebuah elemen yang sangat vital, dan mempengaruhi setiap hal yang berhubungan dengan Javelin dalam Anthem. Salah satunya adalah kemampuan terbang. Air akan memungkinkan kalian untuk terbang dalam waktu yang sangat lama di udara. Bahkan dapat lebih lama dari biasanya, jika unsur air yang digunakan dengan sangat tepat. Karena itu sangat penting sekali untuk mengetahui tipe-tipe air dalam tips Anthem kali ini, yang dapat mempengaruhi kemampuan kalian dalam Javelin nanti.

Tips Anthem selanjutnya adalah membahas mengenai tipe-tipe pendingin yang efektif. Yang kita ketahui selama ini adalah jika terbang ke dalam atau di antara air terjun, maka suhu panas yang dialami oleh Javelin akan kembali ke titik nol. Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan kekebalan terhadap panas selama beberapa detik, sebelum kembali menjadi normal. Dan jangan khawatir, berkat ekosistem yang ada di dalam Anthem, jika kalian melakukannya dengan benar, kalian dapat terbang melewati air terjun tanpa harus mendarat sama sekali untuk menjaga suhu Javelin agar berada di titik terrendah. Efek yag dihasilkan ini juga sama dengan ibaratnya menyelam ke dalam air dalam jumlah yang sangat besar, seperti misalkan danau.

Namun jika kalian tidak menemukan sumber air yang besar, tempat-tempat kecil seperti rawa, sungai, dan genangan juga dapat membantu untuk meredakan suhu, atau setidaknya memperlambat kenaikan suhu hingga 50% dengan terbang menyisir ataupun menyenggol tempat-tempat tersebut. Efek yang ditimbulkan ini, sama dengan terbang ketika waktu hujan. Jadi kalian tetap dapat menjaga kestabilan suhu Javelin selama ada air baik itu di langit, permukaan tinggi maupun rendah sekalipun.

7. Sistem Loot Drop (Bonus Item Random) sesuai dengan Tipe Javelin

Tips Anthem kali ini akan berguna karena gear yang ada dalam Anthem, tidak menunjukkan secara bebas untuk ditransfer maupun digunakan pada semua tipe Javelin. Kalian tidak dapat memasangkan gear untuk Storm, kepada tipe Colossus. Dan memang, gear yang merupakan item bonus drop untuk setiap misi yang dijalankan, akan sesuai dengan tipe Javelin yang dipakai untuk misinya. Jika kalian menggunakan Interceptor untuk misi, maka bonus yang didapat tidak akan semata-mata menjadi gear untuk tipe Ranger. Jadi kalian dapat mengabaikan yang lain, jika memang sudah suka atau ingin fokus membangun Javelin favorit kalian.

Hanya saja ada beberapa pengecualian terutama mengenai senjata yang dipakai untuk setiap Javelin. Semua senjata yang ada dalam game, dapat digunakan oleh Javelin manapun, kecuali untuk senjaa bertipe Auto-Cannon dan Grenade Launcher yang hanya dapat dipakai oleh Colossus karena dia tidak dapat menggunakan senjata bertipe pistol, dan selebihnya hanya itu saja. Kelas komponen gear juga mayoritas dapat digunakan oleh setiap Javelin, karena mereka rata-rata bersifat universal. Semuanya dapat digunakan, tanpa mempermasalahkan ukuran yang sebenarnya.

8. Tameng Colossus Ternyata Sangat Luar Biasa

Colossus merupakan tipe Javelin yang sangat berat jika berbicara mengenai kecepatan dan kelincahan. Namun salah satu kemampuannya untuk bertahan, bisa dikatakan adalah yang terbaik. Khususnya untuk tameng miliknya yang terasa sangat unik dan serbaguna yang ada di dalam game. Meskipun kalian akan mengorbankan kemampuan regenerasi dan kecepatan, rasanya jika untuk ketahanan pertahanan, hak istimewa yang didapatnya akan menjadi sebanding dengan apa yang dikorbankan.

Tips Anthem kali ini cocok dengan kalian yang gemar maupun ingin mencoba menggunakan Javelin satu ini. Colossus mempunyai tameng yang dapat menahan serangan musuh, termasuk dari gelombang ultra-sonic yang sering dihasilkan oleh para Titan, yang sangat menjengkelkan. Kalian juga dapat menempatkannya untuk menghalangi serangan musuh ketika membangkitkan rekan sepermainan. Dan yang paling penting, ia akan berfungsi sebagai serangan tameng penabrak otomatis ketika kalian berlari dengan cepat layaknya sebuah kereta barang yang sangat kuat. Setiap Javelin memang memiliki keunikan masing-masing. Namun untuk sebuah hal yang efisien, Colossus dapat menjadi pertimbangan sebagai pilihan utama.

9. Musuh yang Mempunyai Ketahanan Terhadap Elemen Tertentu

Kalian akan menemukan bahwa musuh dalam Anthem memiliki 3 takaran health bar yang berbeda. Merah untuk darah dengan style klasik. Biru yang berada di atasnya melambangkan bahwa ia memiliki energy shield. Dan kuning (biasanya terdapat untuk musuh elit) yang menandakan bahwa mereka mendapatkan kekebalan dari armor yang dipakai. Ketiga bar elemental tersebut bukanlah untuk pajangan semata. Masing-masing memiliki ketahanan akan elemen yang unik, yang harus dihadapi dengan berbagai macam cara yang berbeda.

Kami akan mencoba memberi bocoran tips Anthem, mengenai bagaimana cara untuk meminimalisir damage untuk melawan mereka menggunakan senjata yang sesuai.

  • Fire (Elemen Api): Penambahan 20% damage untuk Armor, namun mendapakan 25% Pengurangan damage untuk Energy Shield.
  • Electrical (Elemen Listrik / Petir): Penambahan 50% damage untuk energy shield, namun mendapatkan 25% pengurangan damage untuk Armor.
  • Ice (Elemen Es / Beku): Penambahan 25% damage untuk energy shield, namun pengurangan 20% damage untuk armor.
  • Acid (Elemen Asam): Penambahan 50% damage untuk armor, dan pengurangan 50% damage untuk energy shield.

Sebenarnya ada senjata spesial yang dapat menyerang balik beberapa ketahanan elemen, tanpa mengurangi daya serang. Seperti misalkan Colossus Railgun, yang dapat menghancurkan Shield dan Armor tanpa mengusik bonus damage untuk Acid dan Electrical, karena ia seolah tidak menyentuh ataupun dianggap mempunyai elemen tersebut. Sama halnya dengan Interceptor yang gesit, ia secara tidak langsung mengabaikan semua ketahanan elemen ketika melakukan serangan melee. Termasuk titik yang bisa dikatakan tidak terkalahkan pada seekor Titan sekalipun.

10. Atribut Bonus yang Menempel Satu sama Lain

Pada awal permainan, kalian mungkin belum akan menyadari mengenai gear yang akan menunjukkan atribut dan penambahan lainnya pada status player yang menggunakannya. Maksudnya di sini adalah status seperti misal “+ 8 percent shotgun damage” atau apapun yang terdapat pada status kalian. Sebagian besar perbedaan yang dihasilkan adalah dari bagaimana kalian memasang atribut gear tersebut dan mengolahnya menjadi berbagai macam penambahan kemampuan yang berbeda-beda setiap saat dibutuhkan.

Tips Anthem terakhir ini akan menjadi sangat penting, jika kalian mengingat komponen atribut yang sudah didapatkan. Namun untungnya mereka berinteraksi dengan sangat sederhana. Dan bisa dikonfirmasi bahwa status tersebut nantinya akan menempel satu sama lain. Misalkan kalian memiliki gear yang menunjukkan status “+ 10% efek listrik untuk semua senjata”, lalu dipasangkan kepada armor dan status kalian meningkat dalam hal penambahan peluru untuk masing-masing senjata. Lalu kemudian kalian mendapatkan kembali gear dengan status “+ 30% efek listrik untuk semua senjata”. Kalian tidak perlu mencopot atribut sebelumnya, karena dengan menambahkan atribut baru, maka keduanya akan dijumlahkan menjadi 40%. Tidak ada penalty apapun untuk hal ini sejauh ini. Maka kalian dapat menggunakannya untuk mengkustomisasi senjata favorit kalian seoptimal mungkin. Tips Anthem yang sangat berguna bukan?

Kesimpulan

Demikian 10 tips Anthem sederhana untuk memaksimalkan permainan rekomendasi kru Naiklevel. Harus diakui game ini memang banyak sekali mengundang kontroversi, terlebih image EA Games yang memang sedang berada dalam pangsa pasar negatif, dan performa BioWare yang sudah jelek pasca Mass Effect Andromeda yang kurang optimal. Isu downgrade bahkan mewarnai peluncuran demo hingga full version yang sudah menjadi polemik yang sulit dihindari. Berbagai kekecewaan senada juga beredar di milis internet, karena mereka EA menebar kebohongan melalui trailer pada ajang E3.

Terlepas dari semua kesan negatif yang ada, kita harus menghargai usaha EA dalam melestarikan Anthem menjadi sebuah komunitas. Karena berbagai update yang dikeluarkan pasca perilisan juga membantu untuk pemain yang mengalami masalah koneksi, konsol mati, maupun rasa kesulitan lain dalam memainkan gamenya. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba untuk menjelajahi dunia Anthem, jangan khawatir. Karena mereka tetap menawarkan sesuatu yang menawan. Jika kalian melihat sistem permainan pada tips Anthem di atas, maka tak dapat dipungkiri game ini adalah sebuah game open world third person shooter bertema luar angkasa, yang unik dan cukup mengesankan.

Comments
Loading...