fbpx

5 Tips Pemula Main F1 2019 dan Dapatkan Podium

Sebagai game simulasi balapan, F1 2019 merupakan salah satu game yang tidak mudah untuk dikuasai dalam waktu singkat. Game ini berbeda jauh bila dibandingkan dengan game balapan kasual seperti seri Need For Speed yang dapat dikuasai hanya dalam beberapa menit saja.

Game Info

F1 2019 PS4 COVER

  • Judul: F1 2019
  • Studio/Developer: Codemasters
  • Tanggal Rilis: 28 Juni 2019
  • Platform: PS4, Xbox One, PC
  • Harga: Rp. 604.800
  • Beli Sekarang di Blibli.com

Untuk mahir bermain F1 2019, Anda wajib untuk mengetahui beberapa pengetahuan dasar seputar balapan jet darat ini. Bermula dari pengaturan kendaraan di pit stop, pemilihan ban, strategi dan yang terakhir adalah teknik balapan yang sering digunakan oleh pembalap F1 sebenarnya. Simak beberapa tips pemula dibawah ini yang dapat membantu memenangkan Gran Prix pertama di F1 2019!

1. Masuk pelan di tikungan dan keluar cepat

F1 2019 Screenshots

Semua orang bisa ngebut di jalan lurus. Salah satu trik unutk menjadi pembalap mahir adalah dengan memiliki kemampuan untuk menikung dengan kecepatan tinggi. Meskipun Formulai 1 memiliki kemampuan mengerem yang sangat kuat, masih sangat penting untuk mengetahui titik pengereman yang baik di setiap tikungan.

Salah satu cara untuk mempelajari sirkuit pada game F1 2019 adalah dengan menggunakan fitur in-game dynbamic racing line untuk mengetahui timing dan juga lokasi pengereman ataupun lokasi tancap gas. Meskipun dynamic racing line ini memberikan informasi secara spesifik untuk lokasi pengereman, kami tidak menyarankan untuk mengikutinya secara 100 persen. Anda sebagai pembalap dapat merasakan apakah harus melakukan rem lebih awal atau lebih lambat dari rekomendasi dynamic racing line. Karena saat balapan berlangsung, kondisi ban, cuaca dan sirkuit akan sangat mepengaruhi timing pengereman untuk mendapatkan waktu yang lebih baik.

Salah satu tips yang dapat kami berikan adalah dengan masuk tikungan selambat mungkin, dan keluar secepat mungkin. Anda harus ,menginjak rem lebih awal agar jet darat anda mampu menikung dengan kecepatan optimal dan mampu berakselerasi secara maksimal saat keluar tikungan. Secara bertahap Anda akan semakin percaya diri dengan racing line Anda dan mampu untuk menguasai setiap tikungan dengan memberikan cukup waktu untuk berlatih. Namun apabila Anda adalah pembalap yang lebih casual dan ingin menikmati Gran Prix tanpa banyak berlatih, Anda dapat gunakan tips ini sebagai referensi umum, lakukan pengereman pada 100 meter sebelum tikungan, kami yakin jet darat Anda tidak akan tersingkir dari sirkuit saat menikung dan dapat berakselerasi penuh saat keluar dari tikungan tersebut.

2. Posisi Start Sangat Penting

F1 2019 Screenshots

Mendapatakn pole position atau posisi teratas memanglah tidak mudah. Hal ini dapat setidaknya dapat diatasi dengan melakukan start yang sempurna dan meraih posisi lebih baik di awal balapan. Trik untuk melakukan start yang baik adalah dengan mengganti fuel mixture ke mode lean, kemudian tekan gas secara perlahan dan menahan posisi gas diantara 30%-50%. Saat vibrasi kontroller anda bergetar itulah posisi gas yang tepat untuk dipertahankan. Begitu lampu berubah menjadi hijau tekan gas secara perlahan hingga gigi naik ke posisi 2 dan setelah itu tekan gas secara maksimal. Kemudian, setelah posisi gigi berubah menjadi dua jangan lupa untuk mengganti fuel mixture menjadi normal ataupun maksimum.

3. Gunakan Assist Untuk Membantu Anda Berlatih

F1 2019 Screenshots

Memang benar skill bermain seri F1 adalah disaat Anda dapat menempuh lap tanpa harus menggunakan assist apapun. Namun bukan berarti assist haram untuk digunakan. Jangan sungkan untuk menggunakan assist untuk membantu Anda berlatih pada track-track yang sulit untuk dikuasai. Tumbuhkan rasa percaya diri Anda terlebih dahulu untuk menguasai setiap tikungan dan grip dari jet darat Anda.

Setelah Anda merasa lebih percaya diri (merasa bosan) jangan langsung mematikan semua assist, tetapi matikan secara bertahap dan kuasai kendali Formula 1 semaksimal mungkin. Begitu Anda sudah dapat mengendalikan dengan sempurna dan mampu melepas seluruh assist, maka Anda dapat segera balapan dengan kemampuan Anda yang sebenarnya.

Tips dari bermain game seri Formula 1 ini adalah konsisten berlatih hingga Anda mengingat seluruh tikungan track tanpa harus melihat radar. Oleh karena itu fitur assist ini dapat mempercepat waktu untuk mengingat setiap tikungan dari track.

4. Pelajari Track

Apabila Anda dapat mempelajari track secara detil disetiap tikungannya maka ini dapat menjadi kelebihan bagi anda saat balapan. Karena meskipun fitur dynamic line dapat memberikan ide line yang harus Anda ambil, sayangnya tidak memberikan banyak informasi untuk bagaimana menempuh lap terbaik pada kondisi tertentu.

Cara mudah untuk mempelajari track pada game ini adalah dengan terus berlatih menyetir sebanyak mungkin. Gunakan sesi latihan untuk mempelajari setiap tikungan. Hal ini bukan saja sangat penting untuk mengetahui posisi rem yang tepat, tetapi juga dapat membantu Anda untuk mengetahui lokasi terbaik untuk menyalip mobil lain. Anda juga dapat mempelajari lokasi-lokasi penting untuk melakukan tikungan secara cepat (terlambat rem) tanpa harus mengambil resiko mobil Formula 1 Anda terlempar keluar track.

5. Temukan Setup Mobil Terbaik Anda

Mengatur setup mobil F1 sendiri merupakan fitur utama dari game ini. Anda sebagai pembalap memiliki kebebasan untuk mengatur settingan mobil Anda agar sesuai dengan gaya balapan Anda. Banyak pembalap lebih menyukai gaya balapan understeer dibandingkan dengan oversteer. Mungkin Anda sendiri berbeda dan lebih menyukai mobil Formula 1 dengan gaya oversteer.

Beberapa dasar ilmu yang perlu Anda ketahui saat melakukan kostumisasi setting jet darat Anda adalah untuk track dengan tikungan yang banyak, Anda menginginkan mobil Anda memiliki downforce yang tinggi. Sirkuit seperti Monaco dan juga Singapore merupakan salah satu sirkuit dengan banyak tikungan memaksa Anda untuk memiliki mobil dengan downforce tinggi dan grip maksimal agar dapat menikung secara efisien. Kemudian, apabila track memiliki jalur lurus yang banyak Anda menginginkan mobil F1 anda memiliki downforce yang lebih sedikit agar tidak menghambat saat melaju di track lurus.

Umumnya Anda mengingikan downforce lebih tinggi di spoiler belakang dibandingkan dengan sayap depan. Meskipun ide ini tidak dapat diterapkan disetiap track, seperti misalkan pada Sirkuit Canada, Anda tidak mengingkan downforce yang tinggi pada spoiler belakang Anda karena track lurus di sirkuit ini sangat signifikan, disatu sisi Anda juga menginginkan downforce yang cukup untuk melewati tikungan hairpin secara efektif.

Apabila melakukan pengaturan sendiri terasa begitu menantang dan Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengatur mobil. Banyak informasi mengenai setting mobil yang dapat Anda temukan di internet. Meskipun tidak ada setting yang sempurna apabila Anda menemukan setting yang pas dengan gaya balapan Anda maka tentunya hal ini sangat layak untuk diterapkan. Disatu sisi, apabila anda dapat menghabiskan cukup waktu untuk bereksperiment dan menukan setting yang pas bagi Anda, hal ini dapat membuat bermain Formula 1 akan lebih menantang dan menyenangkan.

Semoga tips sederhana dari tim Naiklevel.net ini dapat membantu Anda untuk menjuarai Gran Prix di F1 2019 ya!

More Stories
Baru 2 Hari Rilis, Fallout 76 Dihujani Kritik Negatif di Metacritic