fbpx

Ark: Survival Evolved Tips – 10 Hal yang Wajib Diketahui Pemula

Setelah berstatus early access dari tahun 2015, Ark: Survival Evolved akhirnya resmi dirilis untuk PC, PS4, dan Xbox One. Game ini dapat dibilang cukup sulit untuk dikuasai karena beragam fitur yang ada dan panduan yang sedikit. Sehingga, ada baiknya untuk mengetahui 10 hal yang wajib diketahui pemula sebelum bermain Ark: Survival Evolved.

Kru Naiklevel telah mengumpulkan 10 tips yang dapat membantu player pemula untuk dapat bertahan hidup pada game ini. Berikut Tips-nya:

1. Lawan monster kecil

Ada beberapa monster pada game ini yang tidak akan melawan balik atau pasif saat player menyerangnya. Memprioritaskan melawan musuh seperit ini dapat memberikan banyak jenis item dasar tanpa resiko apapun.

Salah satu monster yang aman untuk diserang adalah Dodo. Dodo akan mudah ditemukan karena tersebar cukup banyak dan menjadi sumber utama untuk farming hide dan meat secara mudah. Sehingga player disarankan untuk memanfaatkan hal ini disaat pertama kali memulai game ini. Setelah berhasil membuat senjata untuk level awal, Player dapat mulai berburu Parasaurus. Parasaurus akan lebih sulit untuk dibunuh karena akan mencoba untuk lari dan memiliki HP yang lebih besar, namun item yang diberikan akan jauh lebih baik dari Dodo sehingga layak untuk dicoba.

2. Membangun markas jauh dari pantai

Lokasi pembuatan markas sangat penting bagi Ark: Survival Evolved, terutama pada mode PVP. Player sangat disarankan untuk membangun markas jauh dari pantai, lebih baik lagi, membangun markas yang tertutup dari pandangan seperti dibawah pohon.

Memilih lokasi markas yang dekat dengan lokasi farming hide, stone dan wood juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi yang ideal Player dapat melakukan farming dekat dengan markas dan jauh dari ancaman saat level masih rendah.

3. Terus upgrade markas secepat mungkin

Salah satu objektif yang harus dijalankan pada game Ark: Survival Evolved adalah melakukan upgrade pada markas. Pertahanan markas merupakan hal yang sangat penting pada game ini, terutama apabila Player bermain pada server online.

Selalu prioritaskan untuk mempelajari enagrams yang memberikan resep untuk crafting tembok yang lebih kuat ataupun pertahanan yang lebih baik. Hal ini dapat membantu Player untuk menghindari offline raiding dan membantu player untuk mempertahankan gear dari player lain.

4. Membangun markas secara strategis

Ada beberapa hal lain yang dapat membantu Player untuk mengamankan markas-nya. Pertama dengan membangun banyak ruangan pada markas player, sehingga musuh ataupun player lain yang mencoba untuk mencuri tidak harus mendapatkan semua item pada satu ruangan yang sama. Kedua, dapat dengan memasang jebakan atau perangkap disetiap ruangan tersebut. Ketiga mempersiapkan koridor sempit sebelum pintu masuk ruangan agar memaksa musuh yang datang lebih dari satu untuk terjepit dan tidak dapat menyerang secara bersamaan.

Tujuan dari membangun markas secara strategis adalah membuat musuh merasa kesulitan untuk merampok markas player. Juga membuat membuat musuh harus menghabiskan banyak item untuk mengambil item yang ada pada markas. Hal ini dapat diterapkan dengan merencanakan bentuk ruangan dari markas Player. Dapat dilakukan dengan mempersulit akses ke lantai atas karena lokasi tangga yang tersembunyi, dan banyak jebakan yang tersebar membuat musuh sulit untuk bergerak bebas.

5. Jangan mengunci kotak penyimpanan

Memang hal ini terkesan konyol, namun pada kenyataan mengunci kotak penyimpanan justru lebih beresiko untuk kehilangan item yang telah disimpan pada kotak tersebut. Player lain yang tidak mengetahui cara membuka kotak penyimpanan yang terkunci akan lebih cenderung untuk menghancurkannya membuat seluruh item hilang. Sedangkan untuk kotak penyimpanan yang tidak terkunci, membuat player lain lebih cenderung untuk mengambil beberapa item yang mereka inginkan saja.

Sehingga, jangan kunci kotak penyimpanan, biarkan terbuka dan berharap player lain tidak merampok seluruh isi kotak tersebut namun hanya sebagian saja.

6. Bergabung dengan Tribe dari level awal

Bergabung dengan Tribe merupakan langkah paling mudah untuk terus melanjutkan game tanpa kendala. Quest dapat diselesaikan dengan cepat, serta dapat bermain dengan aman bersama satu Tribe, dan juga mendapatkan extra XP saat player berdekatan dengan anggota lain dalam satu Tribe farming item.

Saat pertama kali memulai permainan, sebaiknya langsung bertanya pada player lain di chat global dan bergabung dengan Tribe. Lebih baik lagi, apabila Player membuat Tribe sendiri dan merekrut siapapun yang ditemukan sepanjang game.

7. Kuasai Taming Animals secepat mungkin

Taming Animals merupakan cara lain untuk mempercepat progress permainan pada Ark: Survival Evolved. Setiap hewan akan memiliki kemampuan berbeda untuk mendukung tujuan tertentu. Seperti, Trikes memiliki kemampuan untuk memanen thatch, wood, dan berries, serta menawarkan mode transport yang unik, sedangkan Ankylosaurus memliki kemampuan lebih untuk mining dan membawa banyak gear.

Untuk menjinakkan hewan, player hanya cukup untuk memukul hewan hingga lemah, dan beri hewan tersebut raw meat atau mejoberries. Makanan yang diberikan tergantung pada jenish hewan tersebut herbivora atau karnivora.

Proses menjinakkan hewan akan cukup memakan waktu untuk dikuasai, namun akan sangat sepadan dengan waktu yang diberikan. Pastikan keadaan sekitar aman saat menjinakkan hewan.

8. Kumpulkan Explorer Notes

Pada saat awal permainan, sangat disarankan untuk naik level secara cepat dan mendapatkan akses enagrams yang lebih baik dan meningkatkan stat karakter. Cara termudah untuk melakukan hal ini dengan mencari explorer notes. Ini merupakan item collectibles yang tersembunyi pada peti dekat stone ruins.

Explorer notes akan memberikan player banyak XP, dan secara bersamaan akan meningkatkan jumlah XP yang didapatkan untuk sementara waktu.

9. Membuat banyak tempat tidur

Mati pada Ark: Survival Evolved sangat mudah, sehingga sangat penting untuk Player dapat kembali ke lokasi mati untuk mengambil item yang terjatuh, membuat beragam tempat tidur merupakan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Dengan menempatkan tempat tidur sepanjang map game, player dapat melakukan fast travel ke lokasi yang jauh, serta dapat menjadi tempat respawn.

Hide sleeping bed, merupakan tempat tidur yang paling mudah untuk dibuat. Hanya saja, tempat tidur ini hanya dapat digunakan untuk respawn 1 kali saja. Sedangkan untuk Simple beds, dapat digunakan untuk respawn berkali-kali namun memerlukan fondasi untuk menempatkan tempat tidur ini.

Pastikan, tempat tidur yang ditempatkan pada lokasi tersembunyi, karena apa player lain menemukannya mereka cenderung akan menghancurkan tempat tidur tersebut.

10. Perluas HUD

Dengan memperluas HUD, player akan mendapatkan informasi tambahan pada layar untuk beberapa item maupun informasi sepanjang permainan. Player dapat melakukan hal ini dengan cara menekan tombol H (PC), menekan touchpad (PS4), atau dengan cara menekan tombol view (XBO).

Demikian 10 tips pemula yang harus diketahui sebelum bermain Ark: Survival Evolved yang telah dikumpulkan oleh kru Naiklevel. Apabila ada tips lain yang layak untuk ditambahkan langsung beritahu kami pada kolom komentar dibawah.

More Stories
Developer Horizon Zero Dawn Kerjakan Game RPG Baru?