fbpx

PES 2019 Option File: Cara Mendapatkan Jersey dan Logo Resmi

Last updated:

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun, seri Pro Evolution Soccer kerap memberikan berbagai “Evolusi” yang terdiri dari terobosan baru, baik itu dari segi gameplay, termasuk dengan peningkatan grafik yang memang menjadi ciri khas dari kompetitor FIFA-series satu ini. Namun sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi oleh fitur-fitur lain, termasuk diantaranya masalah lisensi klub, yang juga seharusnya dapat lebih menghidupkan franchise PES sebagai sebuah game yang segar di mata penggemar.

Sejak dirilis dari zaman PlayStation 2 sekitar 17 tahun lalu, seri Pro Evolution Soccer memang selalu berhadapan dengan momok yang sangat menakutkan bagi sebagian penggemar game, yakni masalah lisensi klub yang membuat sebagian besar klub favorit tidak dapat menggunakan nama asli untuk tim mereka, memakai jersey original, hingga bermain di stadiun kebanggaan mereka. Hal ini disebabkan karena KONAMI tidak mampu membayar lisensi asli untuk klub yang sudah terdaftar secara resmi dalam katalog FIFA. Sehingga mereka hanya dapat memakai nama alternatif dan juga jersey polosan.

Namun berkat kekuatan dan fanbase yang sudah sedemikian besar, franchise PES menemukan alternatif lain untuk membuat gamenya kembali menjadi lebih hidup. Di antaranya adalah dengan menggunakan sarana update melalui Option File. Sehingga nama-nama besar seperti Real Madrid, Manchester United, dan Liverpool kini dapat kembali menghiasi layar permainan dari pada penggemar sekalian.

Hal ini juga tetap berlaku bagi seri terbaru Pro Evolution Soccer 2019, atau PES 2019. Nah, bagaimana cara mengaplkasikannya ke dalam game? Mari simak langkah-langkah mudahnya sebagai berikut.

Di mana kita bisa mendapatkan Option File untuk PES 2019?

Kalian dapat mendapatkan Option File terbaru melalui PES-Patch, jika kalian familar dengan website dengan bahasa Spanyol, kalian akan mendapatkan semua pack mulai dar Premier League, Serie A, dan La Liga, semuanya ada di sana. Selain cepat rilis (dapat diakses ketika Day-One perilisan game), PES-Patch juga menawarkan update berkala di waktu-waktu selanjutnya.

Jika ingin bersabar menunggu beberapa hari atau beberapa minggu, PES Universe dan PES World dapat menjadi alternatif lainnya. PES Universe juga memberikan pelayanan ekstra bagi kalian yang tidak keberatan membayar, karena mereka juga menyediakan update yang berkelas, sekaligus sebagai sarana bisnis bagi komunitas Pro Evolution Soccer di seluruh dunia.

Apa Yang Kalian Butuhkan Untuk Menginstall Option File?

  • Flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB
  • Koneksi Internet
  • Dan tentunya, Game PES 2019 baik itu versi PC ataupun PlayStation 4

Langkah-Langkah Instalasi Option File untuk PES 2019 (PS4)

  1. Sebelum menginstall, maupun mengcopy file dari komputer. Pastikan bahwa format dari flashdisk kalian adalah FAT32. Jika belum, maka kalian dapat memformatnya terlebih dahulu, dengan: Klik kanan pada drive yang diisi oleh flashdisk (F:, G:, atau nama flashdisk kalian), pilih “Properties” lalu kemudian Format dan pastikan pilih FAT32. Melakukan Format, akan menghapus seluruh data yang ada di dalam flashdisk. Karena itu pastikan kalian sudah membackup isi flashdisk sebelumnya.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat folder baru dalam flashdisk yang sudah diformat. Rename folder tersebut dengan nama “WEPES”.
  3. Download salah satu option file yang hendak kalian install dari beberapa website di atas, ataupun pilihan kalian. Format dari file yang didownload biasanya adalah .zip/.rar. Maka kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan WinRAR untuk mengeluarkan semua isi file yang ada di dalamnya.
  4. Ekstrak dan masukkan semua isinya ke folder WEPES yang sebelumnya telah dibuat di flashdisk milikmu.

Pastikan semua patch yang dibutuhkan telah didownload dan file-filenya telah masuk ke dalam folder WEPES. Selanjutnya tinggal menyalakan PlayStation 4, dan mainkan PES 2019.

Tutorial menggunakan Option File Ketika di Dalam Game

Dibanding dengan PES 2018 kemarin, langkah-langkah kali ini bisa dibilang lebih mudah. Konami sudah menambahkan tombol Ekstra menuju Edit menu yang disimpan di dalam tab sub judul Extras.

  1. Langsung menuju tab Extras. Kemudian klik Edit, dalam Top Menu lalu pilih Import/Eksport.
  2. Setelah itu lalu pilih Import Team
  3. Terlihat data file bernama klub-klub dengan ekstensi file .ted. Itulah yang akan kalian masukkan ke dalam game. Jika kalian ingin memasukkan semuanya, langsung saja tekan tombol kotak untuk Select All Files, lalu pilh “Go to Detailed Settings”.
  4. Dalam Detailed Settings, kosongkan semua pilihan dan biarkan semua pengaturan tanpa tanda centang. Langsung saja klik tombol biru bertuliskan OK.

Setelah semua langkah-langkah di atas terlewati, PES 2019 akan mendownload secara otomatis Option File yang ada di dalam flashdisk menuju game. Biasanya memerlukan waktu 15 menit, tergantung sebanyak apa file yang kalian input ke dalam game nantinya.

Jika semua telah selesai, maka seluruh Jersey dan Nama Klub serta Logo Team maupun Liga, akan terupdate sesuai dengan liga aslinya masing-masing.

Memasukkan Logo Kompetisi

Jika Option File kalian memiliki Logo Kompetisi, maka kalian harus memasukkannya secara manual. Untungnya, hal tersebut sangatlah mudah.

  1. Caranya tinggal kembali saja ke Top Menu dalam Edit, dan pili kembali Import/Export, kemudian pilih Import Image.
  2. Pilih / tandai logo kompetisi yang ada di dalam pack yang telah terlhat di dalam kolom pilihan, lalu tandai saja logo kompetisi apa saja yang ingin diimput. Setelah memutuskan memilih mana saja yang ingin diinput ke dalam game, langkah terakhir adalah centang pilihan Import Selected Images dan kemudian klik OK.

Langkah-Langkah Instalasi Option File untuk PES 2019 (PC)

Untuk PC, caranya sangatlah mudah. Kalian tinggal mengekstrak semua file yang ada di dalam RAR, ke dalam folder di mana game PES 2019 diinstall. Mayoritas akan berada dalam directori utama, dengan alur folder /Steam/SteamApps/Common/Pro Evolution Soccer 2019.

Setelah itu langsung saja jalankan gamenya.

Terkait Versi Xbox dan Fitur Online

Meskipun PES 2019 mendukung import Option File, sayangnya ia tidak akan berguna juga kalian memiliki versi Xbox One, karena konsol tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengimport dan mengnstall Option File.

Tindakan ini juga sejatinya adalah sesuatu yang “ilegal” karena bukan berdasarkan izin yang dimilki oleh KONAMI, karena itu patch Option File, tidak akan berfungsi ketika kita bermain dan menggunakan fitur online di dalam game.

Trivia Lisensi Tim Besar

  • Di Premier League (Liga Inggris) hanya Arsenal dan Liverpool yang beratribut resmi. Tim-tim lainnya yang mengalami perubahan nama di antaranya Man Blue (Manchester City), Man Red (Manchester United), North East London (Tottenham Hotspurs), dan London FC (Chelsea)
  • La Liga hanya menyisakan Barcelona sebagai pemegang lisensi resmi. Rivalnya Real Madrid akan bernama MD White.
  • Sementara semua tim Liga Italia, memiliki Lisensi kecuali sang juara bertahan, Juventus yang berinisial PM Black White

Konklusi

Demikian beberapa tips dan cara agar kalian dapat mengupdate Jersey, Logo Tim, dan Logo Kompetisi agar dapat sesuai dengan lisensi aslinya. Cukup mudah jika diikuti dengan teliti dan cermat.

Option File memberikan kalian apa yang dibutuhkan untuk bermain game bersama klub favorit dengan pengalaman yang otentik. Tahun ini, KONAMI memang dapat dikatakan kalah dari segi lisensi jika dibanding dengan kompetitornya. Namun fanbase dari PES tetap akan senantiasa melakukan yang terbaik untuk gamenya. Kita semua akan senantiasa berharap bahwa KONAMI dapat memberikan sedikit suntikan dana berlebih untuk memperbaiki sektor ini, demi kenyamanan bermain dan pengalaman yang lebih maksimal pada game-game serial Pro Evolution Soccer untuk ke depannya.

Beli PES 2019 melalui link berikut ini:

PC: CDKeys $30.29 (Rp. 461,239.46) | Steam Rp. 670.000
PS4: Blibli.com Rp. 536.500

More Stories
Trailer terbaru Killer7 Tampilkan 3 Karakter Kejam