fbpx

Guide Super Lengkap Ragnarok Eternal Love Sniper Build

Jika Anda memilih job Archer di awal permainan game Ragnarok mobile maka salah satu pilihan untuk mengupgrade job karakter Anda adalah Hunter yang lalu pada transisi job ketiganya akan menjadi Sniper.

Archer sangat cocok untuk Anda yang gemar bermain jarak jauh sekaligus taktis. Beberapa keuntungan menggunakan Archer adalah memiliki damage attack yang sangat besar di kelasnya, lalu kemungkinan critical hit di setiap serangan juga besar, Anda bisa membunuh monster di atas level Anda tanpa perlu bersusah payah, seperti Merchant misalnya. Namun, job ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain tingkat pertahanannya cukup rendah jadi Anda memang harus menjauhi pertempuran jarak dekat, belum lagi modal awal Zenny yang mesti dikeluarkan tidak sedikit.

Meskipun begitu, Archer tetap menjadi job favorite di game ini karena ketika sudah menjadi Sniper akan memiliki potensi besar untuk menghabisi mini bos dalam satu kali serangan saja! Tentu saja ini keuntungan bagi yang gemar menyelesaikan banyak misi dan perburuan. Bagi Anda yang awam tentu akan bertanya-tanya bagaimana sih cara build Archer menjadi Hunter?

Dalam artikel Ragnarok Eternal Love Sniper build ini, Naiklevel akan memberikan panduan lengkap bagi Anda sebagai pemain pemula yang sudah memilih Archer dan hendak nge- build job ini menjadi Hunter.

Perhatikan Ini Dulu!

Pertama, untuk mempermudah membaca artikel, berikut ini beberapa istilah dalam enam set axis status yang harus Anda ingat: STR (Strength) | AGI (Agility) | VIT (Vitality) | INT (Intelligence) | DEX (Dexterity) | LUK (Luck).

Kedua, ada tiga cara alias tipe build Hunter yang bisa kamu lakukan tergantung dari atribut dan skill apa yang kalian pilih untuk tingkatkan, yaitu DPS (Damage per Second), Blitzers, Trapper dan tipe Hybrid. Hal ini berlaku juga untuk Sniper. Mari kita mulai panduan super lengkap Ragnarok Eternal Love Sniper build!

Build Hunter/Sniper DPS

Pada Ragnarok Eternal Love Sniper build ini, jika Anda nge-build Archer ke tipe DPS atau Damage per Second ini maka kemampuan utamanya akan berfokus ke combat normal yang bisa menghasilkan kerusakan besar hanya dengan sekali menembak. Selain itu, tipe ini hebat dalam mengeksploitasi kelemahan elemen setiap musuh Anda dengan cara mengkonversi elemen senjata Anda, yaitu panah dan busur.

Build DPS ini paling cocok jika Anda memang ingin memainkan Sniper sebagai pemain utama Anda karena tipe ini cocok bermain solo dengan kecepatan membunuh yang besar.

Kekuatan potensialnya akan terwujud jika Anda berani mengeluarkan banyak zeny untuk memiliki equipments dan skills mumpuni karakter yang Anda mainkan. Oleh karena ini pastikan dulu seberapa sanggup kamu mengeluarkan Zeny untuk Ragnarok Eternal Love Sniper build ini!

Lantas bagaimana cara nge-build tipe ini? Anda harus mengalokasikan status karakter di ADL (Agi/Dex/Luk) atau AD (Agi/Dex). Beberapa sampel build yang bisa Anda rencanakan, misalnya:

  1. AGI (60) – DEX (99) – LUK (40). Jika Anda mengalokasikan status demikian maka build ini memungkinkan Hunter/Sniper Anda tumbuh kuat dengan PTAK (serangan fisik) yang sangat luar biasa.
  2. AGI (77) DEX (99). Secara umum memiliki besar kekuatan sama dengan build di atas, namun Anda harus merelakan peluang besar mendapatkan Critical Hit yang digantikan dengan serangan panah lebih cepat dan banyak.

Rekomendasi Gear Tipe DPS

Selain itu, jika Anda memiliki budget ada beberapa rekomendasi equipments dan pilihan yang bisa digunakan untuk tipe DPS agar semakin memaksimalkan damage juga skills, antara lain:

  • Weapon: Mystery Bow
  • Offhand: Nile’s Bracelet
  • Headgear: Cat Ear Berret
  • Armon: Tier 3 Tights/Ranger Clothes
  • Garment: Deathcat Cape
  • Footwear: (Advanced) Sack Teddy Shoes
  • Accessories: Tier 3 Gloves/Dogtooth Gloves
  • Backpiece: Quiver

Jika Anda menggunakan gears di atas maka bisa memberikan peluang presentasi tembakan jitu lebih besar. Bila Anda berhasil memasang semua alat-alat tersebut maka perjalanan Anda untuk bertempur, baik solo hingga tim akan sangat menyenangkan dan dibutuhkan. Pastinya Anda membutuhkan modal yang cukup besar di awal.

Build Hunter/Sniper Blitzers

Buat yang sudah akrab dengan Ragnarok Eternal Love Sniper build pasti mengetahui bahwa tipe ini akan memiliki pendukung berupa hewan berbentuk elang bernama ‘Falcon’. Khusus tipe Blitzers, sebagian besar pertarungan akan mengandalkan Falcon untuk menyerang. Falcon akan selalu melakukan damage dengan nilai attack yang sama tidak peduli elemen musuh Anda apa.

Build Blitzers cocok bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas karena kekuatan tipe ini berasal dari alokasi statis sementara peralatan tidak perlu diganti cukup menaikkan levelnya saja.

Untuk mendapatkan kekuatan potensial dari tipe ini Anda perlu memusatkan alokasi status di AIL (AGI/ INT/LUK). Jika Anda memaksimalkan INT maka karakter Anda nantinya bisa menghasilkan kerusakan yang baik ditambah AGI dan LUK yang seimbang akan memicu Falcon semakin sering menyerang dan mendapatkan emas. Menariknya, tipe Blitzers memiliki beberapa serangan dukungan, misalnya membuat lawan Anda tidak sadar dan memperbesar damage pada musuh yang dalam keadaan linglung.

Beberapa rencana yang bisa Anda lakukan untuk Ragnarok Eternal Love Sniper build ini adalah :

  • AGI (71) – INT (80) – LUK (58). Jika Anda membangun Hunter/Sniper dengan alokasi status seperti demikian maka karakter Anda berfokus menghasilkan blitz secara otomatis. Bahkan bisa menghasilkan banyak critical hits, tapi sayangnya Anda akan sulit mendapatkan nilai PATK yang besar sebagai sumber damage.

Rekomendasi Gear Tipe Blitzer

Jika memiliki budget ada beberapa rekomendasi equipments dan pilihan yang bisa digunakan untuk tipe Blitzer agar semakin memaksimalkan damage juga skills, antara lain:

  • Weapon: Mystery Bow/Cursed Lyre
  • Offhand: Nile’s Bracelet, Memory Book/Book of Life, Tier 3 Fox Bracer/Tier 3 Golden Bracelet
  • Headgear: sesuai preferensi asal menambahkan DEX, AGI, atau INT
  • Armon: Ranger Clothes
  • Garment: Deathcat Cape/Undershirt
  • Footwear: T3 Shoes/ Bunny Slippers/Sack Teddy Shoes
  • Accessories: Agate Clips/T3 Gloves/T3 Flower Rings
  • Backpiece: Quiver

Sebenarnya tipe Blitzer memiliki banyak opsi soal gears apa yang ingin dipakai. Namun, peralatan terbesar tipe ini adalah Mountain Ranger Tights (atau MRT) atau baju ziarah yang meningkatkan kemampuan Dex +5 dan Atk +8%, yang pastinya sangat unggul dalam pertarungan di hutan melawan monster. Armor ini juga meningkatkan efek INT dari serangan Falcon.

Build Hunter/Sniper Trapper

Sesuai dengan namanya, tipe Hunter/Sniper kali ini ahli dalam membuat jebakan dan merupakan tipe build paling murah di kelasnya serta tercepat! Tapi ada harga yang harus kamu bayar, yaitu lokasi untuk levelling cukup terbatas. Tipe Trapper sangat terkenal dengan kemampuan mereka “1- shooting Eggyras”, yaitu kemampuan membunuh Eggyra (monster level 62) yang sangat cepat.

Meskipun begitu, Trapper bisa menjadi cukup terbatas ketika melawan musuh karena potensi mengeksploitasi elemen kelemahannya. Di luar kemampuan membunuh monster “Eggyras”, tipe ini memiliki peran damage AOE dengan kemampuan perangkap mereka, selayaknya penyihir. Tipe ini juga bisa berfungsi sebagai “disabler” ketika tim Anda terkena status terperangkap. Jadi memang Trapper sangat unggul untuk bermain tim sementara untuk Solo cukup disangsikan.

Tipe Trapper sangat bergantung pada pihak ketiga untuk menjaga mereka tetap Aman. Anda akan sangat dibutuhkan untuk melawan bos dan monster yang banyak karena mampu membuat kerusakan dalam skala besar dengan perangkap atau jebakan yang telah dibuat.

ID (INT/DEX) adalah alokasi status paling utama untuk nge-build tipe ini. Rencana yang bisa dilakukan untuk Ragnarok Eternal Love Sniper build tipe ini, antara lain:

  • INT (99) – DEX (77). Dengan alokasi status ini Anda akan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk melumpuhkan Eggyra dalam satu kali tembakan, serta bagus untuk melawan musuh dengan elemen Bumi/ melawan “Undead” menggunakan kemampuan Claymore Trap. Anda juga bisa melawan musuh dengan elemen angin menggunakan kemampuan Land Mine. Anda harus memperhatikan betul total HP dan damage yang dihasilkan musuh kepada Anda karena tipe Trapper memiliki statistik pertahanan tidak terlalu baik. Salah satu keunggulan lainnya yang menjadi favorit pemain adalah Falcon Assault, yang menghasilkan serangan luar biasa dan biasanya digunakan sebagai backup ketika jebakan yang Anda buat tidak menghasilkan damage besar.

Secara garis besar tipe Trapper memang memiliki banyak keunggulan tapi karena kelemahan terbesarnya di sisi pertahanan banyak pemain cukup enggan nge-build tipe ini.

Rekomendasi Gear Tipe Trapper

Nah, bila Anda memiliki budget ada beberapa rekomendasi equipments dan pilihan yang bisa digunakan untuk tipe Trapper agar semakin memaksimalkan damage juga skills, antara lain:

  • Weapon: Luna Bow/Cursed Lyre
  • Offhand: Book of Life, Statue of Mother Mary, or Evil Bracer
  • Upper Headgear: Ulle’s Cap, Block of Wood, Mage Hat, Deviruchi Balloon, atau Fricca’s Circlet
  • Middle Headgear: Elven Ears
  • Armon: Cat’s Blessing/ Ranger Clothes
  • Garment: sesuai preferensi
  • Footwear: Slotted Tier 3 Shoes/ Bunny Slippers
  • Accessories: Eye of Dullahan/ Agate Clips

Secara umum, gears yang dikenakan tipe Trapper berfokus untuk mendapatkan sebanyak mungkin SP agar bisa melakukan serangan berkali-kali untuk mempertahankan skills unggulan mereka. Hal ini disebabkan skills jebakan atau “Trap” membutuhkan SP yang sangat besar dibandingkan skills dari tipe build lain.

Build Hunter/Sniper Hybrid

Tipe hybrid cocok bagi Anda yang ingin menyeimbangkan status jadi bisa memiliki kemampuan general dan skills yang baik. Anda bisa menjadi tipe Trapper dengan memiliki kemampuan Blitzer. Bisa juga memilih tipe DPS dengan sedikit kemampuan di Blitzer dengan INT yang baik agar bisa menghasilkan serangan Falcon yang cukup besar. Jika Anda menambahkan INT dalam tipe DBS, Anda akan memiliki serangan pukulan lebih baik dengan skill auto blitz. Tapi yang harus diperhatikan ketika membuat tipe hybrid adalah Anda tidak bisa memiliki semua kekuatan utama dari masing-masing tipe, dan cenderung tidak baik juga. Maksimal pilih 2 tipe yang ingin anda kombinasikan atau hybrid agar maksimal dalam proses nge-build sehingga damage, dan skills juga semakin maksimal.

Rancangan yang bisa Anda lakukan untuk proses Ragnarok Eternal Love Sniper build, salah satunya adalah “Hybrid Blitzer” dengan alokasi status ke AGI (71) INT (80), DEX (30), dan LUK (44). Tipe ini hampir sama dengan Blitzer tapi memiliki sedikit tambahan DEX untuk mendapatkan bonus serangan +95 ketika menggunakan Mystical Bow. Fokus serangan utama terletak pada Falcon, tapi memiliki auto attack juga.

Untuk soal gears, Anda bisa mengikuti rekomendasi Ragnarok Eternal Love Sniper Build di atas tergantung hybrid utama apa yang hendak akan lakukan.

Yang pastinya rancangan build dan rekomendasi gears yang dipaparkan Naiklevel hanyalah berupa sampel yang berarti bisa Anda olah dan buat sendiri sesuai dengan preferensi masing-masing. Jangan takut untuk mencoba atau mengakali alokasi status, dan memodifikasi status Job pilihan Anda karena barangkali malah Anda jadi nyaman dan mendapatkan kemampuan lebih maksimal.

More Stories
Rumor Terbaru Seputar Remake Spyro The Dragon