fbpx

Memaksimalkan 5 Formasi Terbaik dalam PES 2019

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, formasi pemain dalam tim merupakan sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Bukan hanya dalam pertandingan di dunia nyata, namun juga dalam pertandingan di dunia game pun, pemain game kerap kali memperhatikan berbagai macam aspek dalam tim yang dimainkannya. Tidak terkecuali dalam game Pro Evolution Soccer 2019, yang baru dirilis untuk PlayStation 4. Kami akan mencoba membahas 5 macam formasi terbaik yang dapat diaplikasikan di dalam game, untuk menghindarkanmu dari kekalahan yang menyakitkan.

5. Formasi 5-2-3

Mengapa kalian harus menggunakan formasi ini?

PES 2019 sayangnya tidak mempunyai formasi yang mendukung pergerakan bek sayap untuk melaju ke depan. Namun kalian tetap dapat menggunakan formasi yang populer dalam pertandingan Premiere League dalam beberapa tahun terakhir ini. 5-2-3 akan memberikanmu pertahanan yang aman, dengan serangan yang didukung oleh 2 winger yang akan menjadikan 1 striker sebagai target man tunggal, dengan mengandalkan umpan crossing.

Apa yang harus dihindari?

Untuk mendukung formasi ini, kalian harus mempunyai 2 gelandang tengah dengan power  untuk mengatur tempo permainan secara mampuni. Karena gelandang dipastikan akan bekerja keras dalam mengatur ruang antara sektor belakang dan depan. Tidak adanya gelandang dengan stamina dan power yang kuat, berpotensi akan meninggalkan lubang di tengah lapangan, yang membuat kita kesulitan mengatur pertahanan dan penyerangan.

Tips

Pastikan sistem penyerangan (attacking style) yang dpakai adalah “Counter Attack”, dan set menjadi “Wide”. Gerakan kursor Support Range Dial untuk perpindahan dengan kecepatan hingga 7 sampai 8 kali, agar kecepatan perpindahan counter attack dapat menjadi lebih bebas, cepat, dan brutal. Kalian juga harus menekan Full Back sedikit ke depan supaya tidak terlalu dalam ke belakang, untuk menghindari meninggalkan lubang dan jarak yang jauh ke pemain kunci di lini tengah, agar terciptanya aliran bola yang efektif selama permainan.

4. Formasi 3-2-4-1

Mengapa kalian harus menggunakan formasi ini?

Setup ini merupakan formasi yang mungkin tidak digunakan pada berbagai pertandingan di dunia nyata. Namun untuk PES 2019, tentu lain cerita. 3-2-4-1 (3-4-2-1 dalam format aslinya) merupakan formasi yang solid dan kokoh dalam pertahanan. Formasi ini sekilas mirip dengan formasi pohon cemara. Layaknya formasi 4-1-4-1, formasi ini juga memungkinan kita menyerang sampai dengan 5 pemain yang melakukan penyerangan secara bersamaan.

Apa yang harus dihindari?

Pemain tengah yang lamban dipastikan akan menjadi hambatan bagi kelancaran alur penyerangan dan pertahanan yang dibuat oleh formasi ini. Mereka tdak akan berguna, karena seluruh unsur dari formasi ini akan berpindah sehingga setiap pemain tengah hampir dipastikan akan selalu bergerak melebar. Karena itu speed adalah unsur yang utama agar pemain dapat dengan cepat menyetabilkan kembali posisi aslinya. Setidaknya 1 pemain AMF harus dapat mengatur bola dan memberikan umpan (bermain sebagai Playmaker) karena jika, formasi ini akan mudah dihancurkan.

Tips

Rotasi posisi sayap sangat penting diterapkan, karena dalam hal ini sering kali di dalam game mereka akan sering bergerak dan cepat kelelahan. Backup dari 2 AMF untuk saling bergantian menyokong posisi Winger diharapkan dapat mengoptimalkan jembatan antara Winger dan Wingback dalam melakukan serangan. Kalian juga dapat mengaktifkan “Attacking Full Backs” untuk menghasilkan efek pada permainan yang lebih baik.

3. Formasi 4-5-1 >< (4-1-4-1)

Mengapa kalian harus menggunakan formasi ini?

4-5-1 / 4-1-4-1 adalah formasi yang diperkenalkan sekitar tahun 2005/2006 dalam video game yang kala itu jika penulis tidak salah adalah Winning Eleven 9. Formasi ini populer karena menempatkan hampir setiap sektor untuk persiapan menyerang dan merupakan salah satu formasi dengan tipe ofensif. Pada formasi ini, gelandang tengah akan menjadi pusat dari semua aktivitas bola saat terjadi penyerangan. Pada suatu waktu, semua pemain tengah dapat menjadi AMF di kala yang bersamaan. Mereka akan bergerak menuju striker yang berdiri di depan sendirian. 4-5-1 dapat menempatkan hampir  3 orang pemain yang nantinya akan berperan sebagai “False Nine” atau Striker Gadungan. Di mana posisi ia sebenarnya adalah pemain tengah, namun berperan hampir sama seperti Striker asli.

Apa yang harus dihindari?

Jangan menggunakan formasi ini kecuali kalian mempunyai beberapa pemain dengan kapabilitas dribble yang handal dan speed yang mampuni. Jika kalian terbiasa dengan lapisan formasi yang teratur, dan menggunakan taktik 1-2 sentuhan, maka kemungkinan kalian kesultan beradaptasi dengan pola ini. Pastikan juga pertahanan berada dalam kelas yang elit dan top, karena ia dipastikan akan bekerja keras selama pertandingan.

Tips

Jangan terpaku pada formasi baku yang ada di dalam board. Kalian harus memastikan bahwa setiap pemain harus selalu berada dalam tipe “Posession Game”, dalam kolom “Attack Instruction”. Ini akan memungkinkan kalian, untuk memiliki pemain di depan yang siap ketika memulai penyerangan.

Set-up False Nine (False 9) melalui Advance Instruction, termasuk Gegenpress yang dipasangkan dengan Frontline Pressure. Tekanan yang agresif akan memperpendek jarak pertahanan lawan yang sedikit banyak akan membuat mereka kesulitan untuk bertahan.

2. Formasi 4-4-2 >< (4-2-2-2)

Mengapa kalian harus menggunakan formasi ini?

Formasi 4-4-2 adalah formasi klasik yang memang kuno. Namun tidak ada salahnya kita kembali ke zaman old school bukan? Jika kalian sering bermain game bola, ataupun melihat tim-tim sepakbola di dunia nyata, pola 4-4-2 merupakan pola yang cukup sering digunakan. Formasi 4-4-2 adalah pertahanan jangkar yang sangat kuat untuk menahan laju tim yang sering sekali melakukan serangan. Formasi 4-4-2 sering kali disebut sebagai permainan dengan pola defensif, dengan mengandalkan lini tengah untuk mengatur permainan terutama dalam bertahan. Namun jika kita sudah menguasai pola tersebut dan berhasil melakukan berbagai variasi, 4-4-2 akan dapat memberikan kontrol penuh, keseimbangan, dan dominasi yang dapat dengan mudah mendikte permainan lawan, dan sangat membantu dalam mengembangkan pola serangan.

Apa yang harus dihindari?

4-4-2 merupakan formasi yang dapat menutupi kelemahan dalam skuad yang kalian miliki. Itulah mengapa formasi ini sangat berguna bagi setiap pengguna yang mengandalkan ketahanan. Namun kelemahan tetap saja ada di dalam sistem ini, dan salah satunya adalah harus ditunjang dengan pemain yang bertipe karakter cepat. Lagi-lagi, Pemain tengah bertipe lambat akan tidak berguna dalam sistem, karena Winger adala salah satu faktor keberhasilan dalam formasi ini. Otomatis kedua sayap akan sering maju mundur untuk membantu serangan maupun pertahanan. Karena itu peran 2 gelandang tengah, salah satunya adalah memotong alur serangan lawan, apabila Winger terlambat untuk mundur. Begitupun dengan serangan, karena Striker tidak harus mundur terlalu dalam, agaknya 1 gelandang juga harus siap membantu penyerangan untuk membombardir pertahanan lawan. Pola ini sering kali disebut 4-4-2 Diagonal.

Tips

Jika kalian merasa bahwa kemampuan dari formasi 4-4-2 sudah cukup pas untuk pertahanan, pastikan untuk mengatur Fluid Formation menjadi “On”, lalu gunakan 4-4-2 ketika keadaan sudah tidak mulai terkontrol. Formasi ini adalah sebuah bentuk formasi bertahan yang mempunyai kecepatan transisi untuk penyerangan, yang setiap waktu juga dapat menjadi pembunuh yang mematikan ketika berhasil dimaksimalkan.

Selain itu, memasang Counter Target juga dapat menjadi alternatif jika kalian memiliki 1 atau 2 pemain dengan kecepatan yang mampuni. Cukup tempatkan mereka pada sisi sayap sebagai Last Man Standing untuk memulai serangan balik, sementara yang lainnya dapat difokuskan untuk bertahan ketika terjadi penyerangan. Karena sekecil apapun kesempatan akan selalu ada celah yang dapat dibuat sebagai awal dar sebuah pola penyerangan.

1. Formasi 4-5-1 >< (4-2-3-1)

Mengapa kalian harus menggunakan formasi ini?

4-2-3-1 dengan format ini adalah salah satu formasi yang cukup mahsyur di kalangan penggemar bola. Pola ini diterapkan dan populer pada tahun 2010-an hingga sekarang. Tim yang menggunakan dan mempopulerkan formasi ini adalah Real Madrid, yang dimulai pada era kepelatihan Jose Mourinho, sebagai sebuah tim mengandalkan kecepatan dan serangan balik yang mematikan. Formasi ini dapat disetarakan dengan pola 4-4-2, dan dapat dikatakan merupakan formasi terkuat di dalam game. Namun jika kalian tidak biasa menggunakan 1 pemain depan, maka tetap akan terasa kesulitan. Kunci formasi ini terletak pada bek sayap dan juga 2 winger yang berperan saling membantu satu sama lain dalam penyerangan, dengan 1 orang Striker yang berfungsi sebagai Target Man. Formasi ini ditopang 2 gelandang jangkar, dan 1 gelandang penyerang akan menjadi poros pembantu yang nantinya dapat menyeimbangkan permainan.

Apa yang harus dihindari?

Sebenarnya tidak ada yang perlu ditekan dalam formasi ini. Kalian hanya harus pandai mengatur komposisi pemain yang ada agar dapat fit dalam posisinya masing-masing. Carilah Striker dengan kemampuan yang pandai dalam memanfaatkan kesempatan. Setidaknya miliki gelandang yang dapat berperan sebagai Double Pivot (DMF), sebagai titik pertama pengatur keseimbangan lini tengah, terutama dalam hal pertahanan (seperti Toni Kroos atau Casemiro).

Tips

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalian bebas menentukan berbagai macam kreasi pemain dalam posisi yang telah ditentukan sesuai dengan kapabilitas pemain dalam posisinya masing-masing. Baiknya gunakanlah pemain yang ideal dalam posisinya, agar kalian dapat menaruh harapan pada performa mereka secara maksimal. Setelah itu bantulah mereka melakukan yang terbaik dalam pertandingan.

Demikian 5 Formasi Terbaik yang dapat diaplikasikan di dalam game Pro Evolution Soccer 2019 (PES 2019) berikut berbagai tips yang dapat diaplikasikan untuk memaksimalkannya. Namun ingat, bagaimanapun banyaknya formasi yang ada, tetap semuanya akan menjadi tanggung jawab kalian sekali komandan atas segala yang terjadi ketika bola sudah bergulir di atas lapangan. Oleh karena itu, pergunakanlah setiap komposisi dengan bijak, sehingga semuanya dapat berjalan dengan maksimal dan optimal demi menghasilkan prestasi terbaik dan meraih kemenangan.

Beli PES 2019 sekarang juga melalui link berikut ini:

PC: CDKeys $30.29 (Rp. 461,239.46) | Steam Rp. 670.000
PS4: Blibli.com Rp. 536.500

More Stories
Simak Skin Legendary Terbaru Overwatch Untuk Hanzo dan Lucio