fbpx

Panduan Lengkap Spot Leveling Ragnarok M: Eternal Love Mobile

Last updated:

Pada kesempatan kali ini Naiklevel akan mengupas tuntas spot-spot leveling di Ragnarok M: Eternal Love Mobile yang dapat memudahkan karakter rekan-rekan sekalian dalam menaikkan level dan memanfaatkan combat time yang tersedia. Naiklevel juga akan memaparkan tempat serta monster apa saja yang efektif untuk proses leveling dari level 1 hingga level 100 dimana player akan mendapatkan karakter aura.

Selain itu, Naiklevel juga akan memberikan sedikit tips dan masukan yang bisa dipertimbangkan oleh para player sepanjang proses leveling dilakukan. Dengan begitu proses berjalannya leveling akan lebih cepat, efektif dan menguntungkan. Oleh karena itu simak berikut panduang lengkap dan spot leveling Ragnarok M: Eternal Love Mobile.

Level 1-10

Pada level-level awal player lebih disarankan untuk menyelesaikan quest-quest utama yang telah tersedia di kota Prontera. Cara ini lebih cepat dibandingkan melakukan grinding di area South atau West Gate karena experience yang didapat juga lebih besar. Untuk level awal hingga player berubah job, silahkan selesaikan quest-quest tersebut karena quest yang tersedia cukup mudah dan dapat selesai dengan segera.

Level 10-20

Setelah perubahan job yang pertama. Player disarankan agar tetap menyelesaikan quest-quest utama yang tersedia sambil berburu Rocker, Willow dan Wormtail. Terutama Rocker karena monster yang satu ini memiliki HP dan defense yang sangat kecil sehingga sangat mudah dan cepat untuk dibunuh. Rocker memiliki total HP sebesar 500 dengan 0 defense sangat kecil jika dibandingkan dengan Willow atau Wormtail, meskipun begitu Rocker memberikan base dan job exp yang lebih besar dari Willow.

Namun jika player merupakan pengguna job yang memiliki damage besar seperti swordsman, maka Wormtail lebih disarankan. Karena sekalipun monster yang satu ini memiliki defense yang palin besar dibandingkan yang lain, base dan job exp yang diberikan oleh Wormtail dua kali lipat lebih besar dibandingkan Rocker dan Wormtail. Atau jika rekan-rekan pengguna Wizard, maka Willow lebih dianjurkan karena persentase drop kartu yang effect-nya akan sangat menguntungkan jika didapatkan.

Level 20-30

Memasuki level 20 player masih dianjurkan untuk menyelesaikan quest utama yang tersedia. Jangan lupa juga untuk menyelesaikan 2 kali quest monster resistance setiap harinya. Monster resistance akan didapatkan oleh player pada level 22. Quest ini akan sangat membantu player dalam meningkatkan level karena dalam 1 kali penyelesaian quest monster resistance player akan mendapatkan 10 kali lipat dari total experience yang didapat.

Spot leveling Prontera North

Pada level-level ini juga player masih tetap dianjurkan untuk melakukan perburuan wormtail untuk menghabiskan combat time. Karena monster yang satu ini dinilai masih memberikan experience yang cukup besar dibandingkan dengan monster yang lain, sekalipun gap level cukup berbeda.

Level 30-40

Memasuki level 30 skill-skill yang dibutuhkan oleh karakter untuk mempermudah proses leveling sudah mulai didapatkan dan kini saatnya player untuk mulai mengumpulkan pundi-pundi zeny untuk bekal di masa depan. Pada level ini menyelesaikan quest sambil farming Skeleton dapat dikatakan pilihan yang baik. Karena selain mudah untuk membunuhnya, Skeleton memiliki dropan material yang sangat bagus yaitu Steel. Steel merupakan salah satu material langka yang harganya cukup stabil, bahkan naik seiring berjalannya waktu.

Jika player bermain dengan menggunakan karakter inti, Steel yang didapatkan disarankan untuk dijual karena harganya yang cukup mahal dan sangat mudah laku. Namun di satu titik player akan membutuhkan material satu ini untuk upgrade atau crafting equipment maka disarankan untuk menggunakan side karakter yang dikhususkan untuk farming Steel. Level 30-40 juga sangat baik untuk farming Thara Frog dan Steam Goblin, Thara Frog karena rekan-rekan bisa mendapatkan Sticky Mucus yang sangat berguna untuk donasi kontribusi di guild atau bahkan dijual.

Begitu juga dengan Steam Goblin, terlebih jika rekan-rekan memainkan karakter seperti Hunter tipe ADL atau Assassin tipe Katar, karena selain coal-nya yang sangat berguna dan mahal, jika beruntung rekan-rekan bisa mendapatkan kartu dengan unlock dan deposit berupa persentase critical damage yang akan sangat membantu dan menguntungkan kelak. Khususnya untuk pemain Blacksmith atau Wizard, farming Steam Goblin dan Thara Frog lebih menguntungkan karena player bisa melibas beberapa monster hanya dengan satu hit Hammer Fall atau Heaven’s Drive di beberapa spot tertentu.

Level 40-50

Pada level 40 hingga 50 player bisa saja masih mengandalkan Steam Goblin untuk menaikkan level, namun jika ingin persentase drop yang lebih segar maka player disarankan untuk pindah ke tempat selanjutnya yaitu Mjolnir Mountain atau Ant Hell. Jika Player memilih untuk farming di Mjolnir Mountain maka pilihan terbaik adalah Menblatt dan Hornet.

Alasannya adalah karena keduanya memiliki drop item yang sangat bagus. Harga Garlet memang murah tapi item-item seperti ini akan dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh setiap player. Maka menabunglah garlet sebanyak-banyaknya karena jika event seperti double kontribusi datang, harganya akan naik dua kali-lipat, sekalipun player akan menggunakannya untuk donasi di guild juga tidak akan kerepotan harus membeli atau mencari terlebih dahulu.

Selain Garlet, Menblatt juga memberikan dropan item seperti Apple Juice yang sangat terpakai untuk job seperti Priest atau Wizard. Sedangkan Hornet juga menjatuhkan item-item berharga lainnya selai Garlet seperti Honey atau Rough Wind yang sangat berguna di pertengahan dan di akhir game Ragnarok M: Eternal Love Mobile. Spot terbaik untuk farming kedua monster ini adalah di bagian tengah atas Mjolnir Mountain dimana kedua monster tersebut respawn dalam waktu yang cepat.

Spot leveling terbaik lainnya untuk level 40-50 adalah Ant Hell. Farming semut seperti Andre adalah alternatif lain bagi player yang lebih memilih Scell dan Great Nature dibandingkan Garlet. Player juga dapat memilih Giearth jika lebih memilih Gold Sand dan ingin menguji keberuntungan untuk mendapatkan blueprint Elven Ears yang harganya kini telah mencapai jutaan Zeny.

Sayangnya, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan jika memilih Ant Hell sebagai spot farming. Diantaranya adalah monster agro, dimana monster akan bergerak agresif dan menyerang karakter yang mendekat. Hal ini sedikit merepotkan karena karakter bisa saja mati ketika ditinggal afk farm. Disarankan untuk membawa Wasabi kedalam party ketika farming di spot ini dan sesekali mengecek keadaan karakter dari serangan monster-monster agresif.

Level 50-60

Ketika level telah mencapai 50 player disarankan untuk pindah spot farming ke daerah Prontera North. Ada tiga monster yang bisa dipilih pada map ini yaitu Metaller, Mantis dan Dustiness. Setiap monster memberikan drop item yang berbeda. Bagi para player Hunter mungkin lebih cepat dan mudah untuk membunuh Mantis karena Mantis merupakan monster medium yang memiliki elemen tanah dimana Fire Arrow akan memasukan damage yang lebih besar sehingga mempercepat proses farming. Mantis juga memberikan Zargon dan Great Nature yang berguna untuk diubah menjadi anak panah berelemen tanah untuk kemudian digunakan farming di spot dengan monster berelemen angin

Alternatif lain untuk karakter yang mengandalkan one hit dalam menjatuhkan monster seperti Wizard atau Blacksmith adalah berburu Metaller. Metaller merupakan monster dengan elemen api yang sangat mudah dijatuhkan oleh Wizard melalui serangan Cold Bolt. Begitu juga dengan Blacksmith karena banyak rune dari Aesir yang mendukung penambahan damage Cart Attack terhadap monster berelemen api.

Pilihan lainnya untuk farming di spot ini adalah Dustiness. Pilihan yang tepat terutama bagi para player yang berniat untuk menjadi petani dropan item-item level kecil karena barang-barang ini sangat dibutuhkan oleh para player dengan karakter level besar yang sudah malas mencari barang-barang kecil. Dengan kata lain Scell merupakan ladang basah yang tepat untuk mencari Zeny karena harganya yang terkadang naik sesuai dengan kebutuhan.

Level 60-70

Memasuki level 60-70, selain drop item player juga harus memperhatikan perbandingan antara Base Exp dan Job Exp yang didapat dari monster, karena untuk berubah ke job selanjutnya Job Level karakter harus mencapai level 40 dan tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Jika rekan-rekan memiliki char yang wangi dan optimis dengan persentase drop kartu yang terkadang ghaib, maka spot terbaik untuk farming pada level ini adalah di Pyramid 2F.

Player bisa memilih sesuai kebutuhan antara Minorous dan Archer Skeleton, keduanya memberikan drop kartu dengan effect dan harga yang sangat bagus. Kartu Minorous hampir dibutuhkan oleh semua karakter dan disarankan untuk tidak dijual sekalipun rekan-rekan ada yang mendapatkannya, tapi Archer Skeleton juga memberikan drop lain yang cukup menjanjikan seperti Rough Oridecon yang bisa di merge menjadi 1 Oridecon setiap 5 buahnya. Archer Skeleton juga memberikan Awakening Potion yang sangat membantu dalam proses kelancaran farming.

Meskipun begitu ada beberapa diantara player yang lebih memilih untuk tetap menjadi petani dengan berjualan barang-barang basah, maka Eggyra adalah pilihannya karena Evil Horn laris manis seperti kacang. Selain itu, Eggyra juga merupakan salah satu monster yang memiliki nilai Job Exp yang lebih besar ketimbang Base Exp, oleh karena itu Payon Café 1F merupakan spot yang cocok untuk leveling Job Exp bagi para player yang ingin segera berubah ke job yang selanjutnya.

Level 70-80

Ketika sudah beranjak ke level 70 dan seterusnya, leveling akan terasa semakin lambat dan player dituntut untuk tetap bersabar farming secara konstan. Spot leveling yang paling umum dan bisa dikatakan cocok untuk semua job karakter adalah Orc Village. Di Orc Village player dapat berburu Orc Archer yang juga merupakan salah satu monster yang memberikan Job Exp lebih besar dari Base Exp dan juga memberikan dropan yang lumayan bagus seperti Glass Bead dan Awakening Potion.

Player disarankan untuk berburu Orc Archer hingga skill-skill penting yang dapat memudahkan untuk berburu monster level atas terbuka. Jika dirasa sudah cukup maka player dapat berpindah ke spot lain seperti Kordt Forest atau Glast Heim Outskirt. Di area Kordt Forest player dapat mulai berburu Wild Rose guna mengumpulkan Abyss Flower yang merupakan bahan upgrade equipment di hampir semua karakter. Player juga dapat berburu Kobold yang mana setiap Kobold memiliki elemen dan drop yang berbeda. Sesuaikanlah dengan kemampuan karakter anda, pilihlah monster yang paling cepat dibunuh agar combat time tidak terbuang percuma.

Monster lainnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Green Petite atau Sky Petite. Keduanya memiliki drop item yang bagus. Green Petite dengan Armor Shard dan Rough Oridecon yang sangat berguna untuk upgrade armor, sedangkan Sky Petite dengan Hand of God dan Rough Elunium yang juga sangat berguna untuk menaikkan tier dari kebanyakan aksesoris. Lebih lagi spot ini tidak terlalu ramai seperti spot lainnya sehingga sangat nyaman untuk ditempati farming.

Level 80-90

Memasuki level tinggi variasi monster dan spot farming menjadi semakin banyak dan player dapat menyesuaikan untuk farming monster sesuai dengan kebutuhan. 4 spot utama yang menjadi rekomendasi adalah Glast Heim Hall, Glast Heim Churchyard, Glast Heim Chivalry dan Glast Heim Culvert. Sambil menyelesaikan quest utama Glast Heim dan mengumpulkan barang-barang yang dapat membuka blueprint Devil Wing, player disarankan untuk farming di 4 spot ini.

Sebagai contoh, jika player tetap menginginkan untuk menaikan job level karena mengejar breakthrough, maka Rideword adalah pilihan yang tepat. Selain Job Exp yang didapat lebih besar Rideword juga memberikan drop item Brigan yang sangat berharga dan terpakai di banyak equipment tier upgrade dan equipment craft. Namun jika player merupakan pemain karakter one-hit mob maka Glast Heim Culvert adalah pilihan yang tepat. Kebanyakan High Wizard yang sudah mempelajari meteor dan Whitesmith yang sudah bisa melibas mob dalam satu kali Cart Attack tempat ini adalah tempat terindah yang menghasilkan banyak zeny, drop dan kartu. Pilihan utama adalah Anolian dan Sting karena drop yang diberikan.

Di sisi lain, spot seperti Glast Heim Churchyard cocok untuk job seperti Priest yang bisa membunuh Dark Priest dengan sekali Turn Undead atau Lord Knight tipe Pierce yang dapat membunuh Evil Druid dalam satu kali Pierce. Sayangnya di spot ini monster respawn berjauhan sehingga membuat player harus berjalan dari satu monster ke monster lain. Meskipun begitu drop yang diberikan bisa dikatakan lebih bagus karena Cyfar dan Necklace of Oblivion sangat berharga terutama dalam menghadapi end game.

Level 90-100

Level 90 hingga 100 merupakan pijakan akhir bagi para player yang mulai menghadapi end-game dan mengejar aura untuk persiapan ke job berikutnya. Level 90 hingga 100 juga merupakan titik dimana player harus sudah menyediakan Peak Shard untuk membuka Job Breakthrough dan tentunya membutuhkan Base dan Job Exp yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Hanya ada beberapa tempat yang layak dijadikan spot leveling pada level-level ini.

Pertama adalah Clock Tower 1F dan B1. Tidak disarankan untuk farming serta leveling di Clock Tower 2F karena drop item kurang bagus dan kebanyakan monster berukuran besar dan keras untuk dibunuh. Di Clock Tower 1F disarankan untuk memilih antara Punk atau Black Witch karena keduanya memberikan exp yang cukup besar dan sangat mudah untuk dibunuh.

Sedangkan untuk Clock Tower B1 pilihlah diantara Orc Lady atau Penomena. Ada beberapa spot yang auto respawn Orc Lady seketika kita membunuhnya, yaitu di sudut kanan atas dan sudut bawah. Begitu juga dengan Penomena, spot terbaik adalah di daerah tengah dan bawah.

Spot lainnya yang baik untuk leveling adalah Toy Factory F1 dan F2. Namun sebelum farming disini pastikan bahwa karakter rekan-rekan sekalian cukup kuat dan dapat memberikan damage yang besar kepada monster, karena kebanyakan monster-monster di spot ini cukup tangguh memiliki element holy seperti Christmas Cookie. Monster manapun yang dipilih akan memberikan exp yang sangat besar oleh karena itu pilihlah yang paling untuk dibunuh, seperti Cruiser atau Zipper Bear. Jangan lupa juga masukan 2 kucing kedalam parti untuk tahan badan dan heal karena spot ini memiliki monster-monster yang agresif.

Kesimpulan dan Tambahan:

Selain menyelesaikan quest board dan quest utama, farming merupakan salah satu bagian penting dalam proses menaikan level karakter, dan leveling di spot serta monster yang tepat akan memperlancar progress karakter ke tahap yang lebih baik. Selain spot ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan dalam leveling, berikut diantaranya:

  • Perbandingan Base Exp dan Job Exp yang diberikan oleh monster
  • Drop yang diberikan oleh monster seperti kartu dan material
  • Drop bahan makanan yang didapat dari monster selama farming
  • Element monster untuk mempercepat proses kill
  • Ukuran monster karena setiap senjata memiliki weapon penalty yang berbeda
  • Tingkat keramaian channel. Jika di channel ID ramai, cobalah main ke EN atau TH
  • Kecepatan kill 1 monster/mob, semakin cepat semakin baik.

Jika ke 7 hal diatas juga dapat terpenuhi maka proses leveling karakter akan semakin mudah. Meskipun pada akhirnya lokasi dan spot leveling bisa saja disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Sekian panduan lengkap spot leveling Ragnarok M: Eternal Love Mobile silahkan mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan seputar farming atau Ragnarok M: Eternal Love Mobile, silahkan tulis di kolom komentar ya.

More Stories
Hearthstone Update 11.2 Mendatangkan Taverns of Time Special Event