fbpx

Guide Super Lengkap Ragnarok Eternal Love High Priest Build

117

Acolyte adalah tipe support paling diandalkan terutama jika Anda memilih kelanjutan job kelanjutannya sebagai Priest, karena ada High Priest menanti. Menariknya sebagai tipe “support” bukan berarti Acolyte hanya berfungsi menambah HP atau SP pemain lain dalam party, namun jika sudah mencapai High Priest bisa saja Anda nge-build karakter dengan memiliki kemampuan menyerang sangat baik bahkan bisa membunuh Eggyra sekali serang saja! Fleksibilitas ini yang membuat Acolyte cukup populer dan digemari oleh para pemain Ragnarok, selain jobs Swordsman dan Mage.

Senjata utama job ini adalah tongkat dan tidak bisa menggunakan senjata tajam maka keunggulan terletak pada HP dan Def yang tinggi dan juga bisa memberikan buff kepada pemain. Ada kekurangan yang cukup ditemukan ketika nge-build Acolyte, yaitu serangan cenderung lambat dan damage pun dinilai tidak cukup besar.

Oleh Karena itu, dalam artikel ragnarok eternal love high priest build ini, Naiklevel akan memberikan panduan super lengkap yang membuat Anda semakin mengoptimalkan job ini! Setidaknya ada tiga tipe build yang bisa diterapkan untuk karakter Anda. Harap dicatat: panduan build ini tidak harus melulu Anda tiru, bisa saja dalam beberapa aspek anda kustomisasi dan kembangkan lagi.

Status Build – Full Support (FS)

Tipe build pertama ini cocok bagi Anda yang ingin mendedikasikan karakter sebagai support healing” untuk pemain lain ketika sedang mode pertempuran. Sebagaimana fungsinya, tipe ini juga memiliki julukan lain, yaitu ‘The Healer’. Namun perlu kesabaran luar biasa ketika proses ragnarok eternal love high priest build tipe ini karena Anda tidak akan memiliki kekuatan menyerang yang baik, dan bahkan bisa dikatakan sangat lemah jadi butuh support dari pemain lain.

Dan pastinya jika Anda pemain awam sulit untuk menemukan teman untuk bermain bersama karena itu Naiklevel menyarankan agar tidak nge-build tipe FS di awal pemain, tapi mulai saja ketika sudah memasuki masa late game sebab Anda butuh buff dari party.

Alokasi status yang direkomendasikan adalah:

  • INT: 99
  • VIT: 69
  • DEX: 30

Atau bisa juga:

  • INT: 99
  • VIT: 99

Selanjutnya, tentu Anda perlu menaikkan level skills yang Ada pada masing-masing job. Berikut ini rekomendasi yang bisa kami berikan:

FS – Acolyte

  1. Heal level 8 – Mengembalikan HP pemain dan rekan Anda dengan akumulasi (BaseLv+INT)/10. Sementara itu bisa digunakan juga untuk menyerang monster Undead dengan Holy Damage dengan akumulasi serangan (100% Healing Value/2).
  2. Kyrie Eleison level 10 – Memberikan perlindungan dari Dmg ke rekan Anda. Nilai pertahanan tidak terbatas. Penting untuk mencapai nilai maksimal agar bisa digunakan beberapa kali (mencapai 10 kali di level 10, dengan benefit memberikan 30% HP dari serangan musuh yang diterima).
  3. Ruwach level 1 – Mencari unit musuh yang tersembunyi dengan Holy Spirit selama 10 detik, memiliki M.Atk 150%.
  4. Pneuma level 1 – Kebal terhadap serangan fisik.
  5. Blessing level 10 – Memberikan tambahan STR, DEX, dan INT selama beberapa detik kepada target dan semua rekan Anda (tergantung level).
  6. Increase Agility level 10 – Memberikan tambahan skill untuk Blessing, yaitu meningkatkan nilai AGI hingga 20 dan 30% Move Spd.

FS Priest

  1. Sanctuary level 10 – Memberikan musuh serangan holy strength; holy damage 100/2 khusus Undead dan monster tipe “devil”. Memberikan 100HP setiap detik kepada tim party.
  2. Magnificat level 5 – Memberikan 40% SP untuk seluruh tim party.
  3. ImpositioManus level 10 – Meningkatkan Atk kepada rekan sebanyak 80 di level maksimum.
  4. Resurrection level 4 – Menghidupkan pemain yang tewas dan mengembalikan HP hingga 90%.
  5. Aspersio level 1 – Memberikan tim dalam party kekuatan elemen Holy saat mode Auto Attack.
  6. Clearance level 5 – Memberikan kesempatan 100% untuk mengeluarkan 2 debuff secara acak di dalam tim party. Tipe buff: Blind, Sleep, Curse, Freeze, Petrify, Stun, Silence, Bleed, Burning.
  7. Gloria level 5 – Menaikkan 30 LUK kepada tim party selama 30 detik.

FS High Priest

  1. Lex Divina level 3 – Membuat musuh ke mode silence selama 30 detik.
  2. Angelus level 10 – Memberikan 150% Def untuk seluruh tim party selama 300 detik.
  3. Suffragium level 5 – Mengurangi waktu chanting-time hingga 50% selama 10 detik.
  4. Assumptio level 5 – Musuh menerima peningkatan 50% Def dan 50% MDef, dan khusus party peningkatan pada semua equipments selama 100 detik
  5. LexAeterna level 1 – Membuat musuh menerima damage lebih besar sebanyak 100% setelah menerima attack sebelumnya.
  6. Mana Recharge level 10 – Mengurangi konsumsi SP sebanyak 30% (di level 10) atau Meditatio level 10 – meningkatkan MX SP, SP Regen, dan heal (% tergantung kebutuhan).

Sisa poins bisa Anda gunakan untuk menambah masing-masing 1 level, di skills yang diinginkan kami menyarankan berikan kepada Judex yang sangat berguna untuk grinding karena memberikan tipe serangan holy M.Dmg yang besar dengan akumulasi M.Atk*329% * BaseLv/50. Inilah hal-hal yang mesti Anda lakukan saat ragnarok eternal love high priest build di tipe ini. Tertarik?

Rekomendasi Equipments

  • Weapon: Healing Staff -> Croce Staff
  • Off-Hand: Magic Book -> Life Magic Book
  • Garment: Survivor’s Manteau (HP)/ Rune Armor (mengurangi serangan Undead sebanyak 20%)
  • Shoes: Shoes- Bunny Slippers (padukan dengan Life Magic Book)
  • Accessory: Eye of Dullahan

Status Build – Battle Priest (Physical)

Tipe build kedua ini cukup aman untuk terapkan, mengapa? Karena Anda akan memiliki kemampuan serang yang baik sehingga bisa bertahan seorang diri saat belum menemukan permanen party (karena tidak semua pemain bisa dengan mudah mendapatkan rekan!).

Namun, bisa jadi ketika Anda telah nyaman dengan tipe build ini mulai meragukan “moralitas” Anda ketika ingin menjadi tipe FS. Atau bisa saja dengan sedikit kesabaran dan modal, Anda bisa memainkan peran ganda sebagai healer dan tank!

Memang bisa dibilang cukup unik ragnarok eternal love high priest build ini, selain banyaknya tipe yang bisa diterapkan, skills nya pun akan semakin optimal digunakan dalam build tertentu saja.

Alokasi status yang bisa Anda terapkan adalah:

  • STR: 99
  • AGI: 99

Atau

  • STR: 99
  • AGI: 66
  • LUK: 30

Selanjutnya, tentu Anda perlu menaikkan level skills yang Ada pada masing-masing job. Berikut ini rekomendasi yang bisa kami berikan khusus build ini:

BP Physical – Acolytle

  1. Heal level 10 – Mengembalikan HP dan memberikan serangan kepada monster Undead.
  2. Blessing level 10 – Memberikan tambahan STR, DEX, dan INT.
  3. Increase Agility level 10 – Meningkatkan nilai AGI hingga 20 dan 30% Move Spd.
  4. Maces Mastery level 10 – Meningkatkan Atk hingga 60 poin dan Auto Attack 200 poin di level maksimum.

BP Physical – Priest

  1. Impositio Manus level 10 – Meningkatkan Atk kepada rekan sebanyak 80 di level maksimum.
  2. Gloria level 5 – Menaikkan 30 LUK kepada tim party selama 30 detik.
  3. Aspersio level 2 – Memberikan tim dalam party kekuatan elemen Holy saat mode Auto Attack.

Ketimbang FS memang skills utama mode ini cenderung sedikit karena itu akan tersisa 23 poin yang kami sarankan digunakan untuk memberikan tambahan pada: Resurrection (1), Turn Dead (5), Holy Amplification (10), Increase SP (7). Namun, ragnarok eternal love high priest build tidak harus diikuti semua karena itu akan kembali lagi kepada Anda.

BP Physical – High Priest

  1. Demon Bane level 10 – Meningkatkan ATK pemain hingga 60 poin, dan Dmg untuk tipe devil dan Undead akan meningkat hingga 50%.

Rekomendasi Equipments

Senjata(weapon) yang kami sarankan untuk digunakan di tipe build ini adalah Sword Mace -> Noble Cross. Selain itu, kami menyarankan agar Anda menggunakan armor dan accesories yang berfokus kepada penambahan Atk, misalnya Morroc Gauntlet(menambah 5% ATk Speed). Detailnya:

Armor – Gunakan yang bisa menambah LUK atau Flee Rate, karena akan menambah Atk Speed 3%. Atau buat kedua armors tersebut di Morroc, atau bisa juga Tight Beige Outfit dari Geffen yang bisa menambah +3DEX dan +4% Atk fisik.

Boots dan Cloak – Anda bisa menggunakan Tiger Paw Boots dan cloak yang cocok agar bisa menghasilkan efek “big cat blessing” yang memberikan +5% Atk speed dan STR.

Status Build – Battle Priest (Magical)

Tipe build ketiga ini bisa dibilang “pembasmi”-nya para monster tipe demon, dan monster Undead. Hanya sekali serang mereka bisa langsung mati seketika, namun tipe build ini tidak semudah tipe physical karena membutuhkan “casting time” yang cukup lama tapi juga tidak sesulit FS. Ini salah satu ragnarok eternal love high priest build paling favorit.

Alokasi Status yang bisa Anda terapkan adalah:

  • INT: 99
  • DEX: 99

Atau

  • INT: 99
  • DEX: 69
  • VIT: 30

Nah menariknya, anda akan memiliki 3 skills utama paling maksimal jika nge-build tipe magical, antara lain: Holy Light, Turn Undead, dan Magnus Exorcismus. Berikut ini detail penjelasannya:

Holy Light: Dengan modal 1 detik saja Anda bisa menggunakan skill ini. Berfungsi untuk Holy Damage yang baik dan wajib langsung ditingkatkan hingga level 10!

Turn Undead: Secara instan membunuh Undead, pastikan Anda meningkatnya hingga level 5 saja. (Jika musuh tidak terbunuh maka INT Anda belum cukup)

Magnus Exorcismus (ME): Jika Anda mencapai level 10 maka DMG karakter meningkat hingga 1000%! Hemat-hemat skills poin Anda dan secepatnya langsung tingkatkan skill istimewa ini. Selain itu kemampuan ini memiliki AoE yang baik dan bertahan selama 15-20 detik. Keren sekali bukan? Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan ME, yaitu:

  • Duo Party Tactic: Cari rekan yang bisa menggiring musuh ke dalam “field of magnus
  • Solo Tactic: Giring musuh sendirian dan bawa mereka ke dalam 1 tempat gunakan kemampuan Play Dead (yang bisa didapatkan di Prontera) dan gunakan ME. Simpel bukan?

Berbeda dengan kedua tipe build di atas, khusus Magical ada beberapa optimisasi yang bisa dilakukan tergantung skills apa yang diinginkan, berikut ini lengkapnya cara yang dilakukan untuk ragnarok eternal love high priest build:

BP Magical – Acolytle

  1. Holy Light level 10 – Mengembalikan HP dan memberikan serangan kepada monster Undead.
  2. Blessing level 10 – Memberikan tambahan STR, DEX, dan INT.
  3. Increase Agility level 10 – Meningkatkan nilai AGI hingga 20 dan 30% Move Spd.
  4. Holy Light level 10 – Meningkatkan DMG hingga 300%.

BP Magical – Priest

Magnus Exorcismus Power dan Sanctuary Healing

  1. Sanctuary level 10 – Memberikan musuh serangan holy strength; holy damage 100/2 khusus Undead dan monster tipe “devil”. Memberikan 100HP setiap detik kepada tim party.
  2. Magnificat level 5 – Memberikan 40% SP untuk seluruh tim party.
  3. Turn Undead level 5
  4. Magnus Exorcismus Level 10
  5. SP Recovery level 10 – Mengembalikan SP

Turn Undead dan Magnus Exorcismus Power

  1. Magnificat level 5 – Memberikan 40% SP untuk seluruh tim party.
  2. Turn Undead level 5
  3. Gloria level 5 – Menaikkan 30 LUK kepada tim party selama 30 detik.
  4. Magnus Exorcismus Level 10
  5. SP Recovery level 10 – Mengembalikan SP

BP Magical – High Priest

Judex Power

[Reset Skills: Holy Light (level 0); Kyrie Eleison (level 10)]

  1. Judex level 10 – Memberikan serangan tipe Holy M.Dmg dengan akumulasi M.Atk*329% * BaseLv/50 (Gunakan sebagai skill serangan utama Anda!)
  2. Safety Wall level 10 – Membangun pertahanan untuk semua tim party, berupa tembok yang mengurangi DMG hingga 100%!
  3. Lex Divina level 3 – Membuat musuh ke mode silence selama 30 detik.
  4. Angelus level 10 – Memberikan 150% Def untuk seluruh tim party selama 300 detik.
  5. Assumptio level 5 – Musuh menerima peningkatan 50% Def dan 50% MDef, dan khusus party peningkatan pada semua equipments selama 100 detik
  6. LexAeterna level 1 – Membuat musuh menerima damage lebih besar sebanyak 100% setelah menerima attack sebelumnya.
  7. Increase SP level 10 – (ada di Skill Tree Priest)

Turn Undead dan Magnus Exorcismus Power

[Reset Skills: Holy Light (level 0); Kyrie Eleison (level 10)]

  1. Judex level 1 – Digunakan sebagai serangan backup atau pendukung di saat genting ketika sedang bertempur.
  2. Safety Wall level 10 – Membangun pertahanan untuk semua tim party, berupa tembok yang mengurangi DMG hingga 100%!
  3. Lex Divina level 3 – Membuat musuh ke mode silence selama 30 detik.
  4. Angelus level 7 – Memberikan 105% Def untuk seluruh tim party selama 300 detik.
  5. Assumptio level 5 – Musuh menerima peningkatan 50% Def dan 50% MDef, dan khusus party peningkatan pada semua equipments selama 100 detik
  6. LexAeterna level 1 – Membuat musuh menerima damage lebih besar sebanyak 100% setelah menerima attack sebelumnya.
  7. Mana Recharge level 10 – Mengurangi konsumsi SP sebanyak 30% (di level 10)

Rekomendasi Equipments

  • Weapon: Holy Stick -> Nemesis
  • Accessory: Exorcism Bible
  • Cape: Staunch Cape
  • Shoes: Staunch Boots

Itulah cara yang bisa Anda lakukan saat proses ragnarok eternal love high priest build. Tentukan tipe High Priest build Anda. Dirangkum dari berbagai sumber kebanyakan pemain senang menggunakan tipe Magical dan mengoptimalkan Turn Undead dan Magnus Exorcismus Poweryang dipadukan dengan Safety Wall sehingga lebih efektif dalam membunuh target Anda.

Comments
Loading...