fbpx
Ragnarok Mobile High Wizard build

Guide Ragnarok Eternal Love High Wizard Build Khusus Farming

Salah satu keunggulan Mage adalah kemampuan serang AoE-nya dan tak mengherankan ia menjadi salah satu job paling digemari oleh para pemain ragnarok eternal love. Selain itu, untuk nge-build pun tidak terlalu sulit karena alokasi status terletak di INT dan DEX. Pengembangan skills adalah kunci utama Anda untuk memaksimalkan kemampuan job ini.

Ada dua perubahan job pada Mage, yaitu Wizard dan terakhir, High Wizard.

Pada artikel Ragnarok Eternal Love High Wizard build ini, Naiklevel akan memberikan panduan khusus untuk menjadikan karakter Anda pandai farming sehingga bisa mengumpulkan banyak zeny! Bayangkan saja dengan AoE yang besar sekaligus serangan magis tinggi, Mage adalah job sempurna untuk hunting, levelling, dan farming sendirian!

Status High Wizard Build

Seperti yang telah disampaikan di atas, build status Mage/Wizard/High Wizard sangatlah sederhana, antara lain:

  1. Memaksimalkan nilai INT sampai ke 99 (wajib dilakukan!)
  2. Naikkan DEX dengan nilai ideal 50 (semakin tinggi semakin baik karena DEX berguna untuk mempercepat waktu penggunaan skills)
  3. Di akhir, Anda bisa menambahkan sedikit VIT sampai nilai 30 (meskipun tidak terlalu direkomendasikan)

Sangat penting bagi Anda saat proses awal Ragnarok Eternal Love High Wizard build untuk terus memaksimalkan nilai INT saja. Jadi, biarkan nilai DEX kosong untuk sementara. Selanjutnya ketika job berubah dari Mage ke Wizard Anda juga cukup menambahkan 1 level untuk skills tertentu, misalnya Heaven’s Drive dan Storm Gust. Kedua skills ini memang punya kemampuan serangan besar tapi semakin Anda naik level maka nilai “casting-time” atau pemanggilan skills semakin lama. Naikkan level skills semacam ini ketika INT maksimal dan Anda mulai meningkatkan DEX.

Mage Skills

Sebagai Mage, ada dua skills yang sebaiknya Anda utamakan untuk ditingkatkan, yaitu Soul Strikedan Ring of Fire.

Soul Strike sangat terbaik karena memiliki casting-time yang singkat dan bahkan hampir instan! Karena itu baik untuk Anda maksimalkan. Sementara Ring of Fire berguna untuk pertahanan Anda dari serangan monster. Dan sisa skills lainnya berguna bagi Anda dalam hal pertempuran. Anda bisa saja memaksimalkan Fire Boltuntuk menjadi tipe api, atau es dengan Cold Bolt dan juga tipe petir dengan skillLightning Bolt. Namun, mengingat banyak monster dari berbagai elemen yang akan Anda hadapi kelak ada baiknya untuk menyeimbangkan nilai poin pada masing-masing skills tipe bolt.

Berikut ini detailnya:

  1. Soul Strike level 5 – kemampuan untuk memanggil “Holy Spirit” untuk menyerang dengan M.tk 280% dan jika target adalah “Undead” serangan meningkat 25%
  2. Fire Bolt level 5 – Menyerang musuh dengan panah api dari langit, M.Atk 500%.
  3. Increase SP Recovery level 10 – Setiap 10 detik mengembalikan SP dengan akumulasi 30+2.0% Max SP, dan jika menggunakan items maka SP meningkat hingga 50%.
  4. Ring of Fire level 10 – Menahan serangan musuh dengan tembok api, bertahan 15 detik dan dapat menahan 14 kali serangan (M.Atk 50%)
  5. Cold Bolt level 2/3. Menyerang musuh dengan panah es dari langit, M.Atk 100% tipe water M.Dmg.
  6. Lightning Bolt level 2/3. Menyerang musuh dengan petir, M.Atk 100% tipe Wind M.Dmg.

Wizard Skills

Sebagai Wizard, ada dua skills yang sebaiknya Anda utamakan untuk ditingkatkan, yaitu Heaven’s Drivedan Magic Crasher.

Heaven’s Drive sangat unggul ketika digunakan untuk melawan monster tipe Wind (misalnya Hornets, Menblatts, Dustiness). Sementara Magic Crasher berguna untuk mode serangan singletarget karena skill ini sangat netral untuk segala tipe monster! Dari semua skills yang ada, kedua skills ini memang paling cepat digunakan jadi sangat menguntungkan pemain ketika sedang bertempur dan cocok digunakan untuk Hunting atau Grinding.

Naiklevel juga merekomendasikan untuk memaksimalkan Soul Drainkarena dapat mengembalikan nilai SP terlebih jika Anda menggunakan kemampuan magis yang butuh SP besar. Energy Coatjuga cukup berguna untuk menjadi pertahanan dan serangan magis untuk memaksimalkan potensi job khusus Farming ini. Intinya dengan banyaknya skills yang tersedia cari yang sangat berpotensi untuk Anda mencari zeny. Panduan dari kami, antara lain:

  1. Heaven’s Drive level 1 – M.Atk 350% tipe earth M.Dmg, namun membutuhkan SP 50 (level 1) hingga 86 (level 10).
  2. Magic Crasher level 5 – M. Atk 500% tipe netral.
  3. Soul Drain level 10 – Meningkatkan 20% Max SP. Setiap musuh yang terbunuh akan membuat SP pemain naik dengan akumulasi level pemain*30%.
  4. Energy Coat level 5 – Meningkatkan M.Dmg 10% dengan menerima serangan 70%dari musuh; efek bertahan 25 detik.
  5. Storm Gust level 1 – M.Atk 140% tipe water M.Dmg untuk semua target dalam AoE dan membuat mereka tidak sadar. Memiliki peluang 60% untuk membekukan musuh selama 7 detik.

Jika Anda ingin menjadikan job ini unggul dalam serangan Api (fire) maka Anda juga bisa meningkatkan level skill, seperti Fire Ballyang meningkatkan kekuatan M.Atk hingga 130%. Ada juga Jupitel Thunder(kekuatan petir dengan M.Atk 480% tipe Wind M. Dmg) yang bisa di mix dengan Lord of vermilion (Serangan kilatan petir dengan M.Atk 120% pada semua musuh di AoE dan bisa membutakan musuh dengan peluang 4%). Skills mana yang hendak Anda tingkatkan? Semua kembali kepada Anda.

High Wizard Skills

Ketika akhirnya Anda menjadi job High Wizard maka peluang dengan memaksimalkan kekuatan Farming terbuka lebar dengan skills seperti: Magic Power dan Napalm Vulcan, yang memungkinkan Anda untuk membunuh Eggyras dalam sekali serang! Iya sekali serang saja! Bayangkan berapa Zeny yang bisa Anda dapatkan dengan membunuh monster ini?

Nah, ketika sudah mencapai job ini ada baiknya Anda membertimbangkan untuk memaksimalkan skills Mage, seperti Fire Bolt, Cold Bolt, SP Recovery, dan Ring of Fire. Kami juga menyarankan untuk mengacuhkan Soul Strike karena sudah tidak terlalu berguna mengingat Anda bisa menggunakan hampir semua skills baik Mage dan Wizard.

Berikut ini panduan skills:

  1. Magic Power level 10 – Setiap 30 detik, skill damage akan meningkat hingga 5% dan jika level maksimal 50%.
  2. Napalm Vulcan level 6-10 – Meningkatkan M.Atk hingga 600% di level maksimal dengan tipe ghost M.Dmg dan memiliki peluang 30% untuk mengutuk musuh.
  3. Fire Bolt level 10.
  4. Cold Bolt level 10.
  5. Increase SP Recovery level 10.
  6. Ring of Fire level 10.

Beberapa skills lain yang bisa jadi pertimbangan Anda adalah Alight (mengoptimalkan skills tipe Api dengan memberikan peluang 5% menjadi status “Alight” pada unit musuh, setiap 1% akan meningkatkan M.Atk 7% tipe Fire M.Dmg). Masih banyak skills yang bisa Anda optimalkan, seperti: Flame Dash, Safety Wall, Frost Nova, Stone Curse, dan Marsh Pond. Namun, kami rasa panduan ragnarok eternal love high wizard build di atas sudah sangat cukup untuk menjadikan karakter Anda memiliki kemampuan serang yang besar.

Lokasi Ideal Farming

Kunci utama untuk Farming jelas letak secepat apa Anda berhasil membunuh target monster Anda. Berikut ini Naiklevel sajikan beberapa lokasi yang ideal untuk melakukan farming.

Pertama, jika Anda masih berstatus job Mage di level-level awal sampai menengah ada baiknya melakukan farming di daerah Prontera West atau Sewers. Target yang bisa Anda bunuh adalah: Rocker, Willow, Chon-Chon, Yoyo, Spore, Thief Bug, Thief bug Male, Familiar, dan Thief Bug Female. Anda juga bisa menuju Labyrinth Forest dan membunuh Wolf.

Kedua, jika Anda telah mencapai level 40 ke atas dan berubah job menjadi Wizard maka Anda bisa mengunjungi Goblin Forest (target: Steam Goblin), Mjolnir (target: Menblatt; Hornet), dan North Prontera (target: Dustiness; Metaller; Mantis).

Terakhir, jika Anda sudah ada di level (setidaknya) 60 ke atas maka bisa berkunjung ke Payon Cave (target: Eggyra – pastikan sudah memiliki Napalm Vulcan). Nah, Anda juga bisa membunuh beberapa monsters asalkan memiliki skills tertentu di Glast Heim Culvert, yaitu Sting (gunakan Meteor Storm), Anolian (gunakan Lord of Vermilion), atau bunuh monster-monster di Orc Village (lemah dengan Fire Bolt).

Rekomendasi Equipments

Tentu rasanya belum maksimal kalau tidak menggunakan equipments atau senjata yang cocok bagi job ini. Beberapa rekomendasi dari Naiklevel khusus Ragnarok Eternal Love High Wizard build ini adalah:

Headgear: Wizard Hat, Mage Hat, Magic Eyes, Elven Ears, Angry Snarl

Weapon:

  • Piercing Staff -> Wizardry Staff (padukan dengan Eye of Dullahan). Lebih banyak M.Atk, namun mengurangi proses regenerasi SP.

Healing Staff -> Croce Staff. Meningkatkan regenerasi SP, namun mengurangi M.Atk.

Off Hand:

  • Floral Bracelet (Khusus Magic Crasher)
  • Statue of Judgement (khusus regenerasi SP)
  • Magic Bible
  • Orlean’s Server (padukan dengan Orlean’s Glove)

Armor: Mage Coat -> Robe of Cast

Garment: Staunch Robe (padukan dengan Staunch Boots)

Shoes: Staunch Boots (padukan dengan Staunch Robe)

Accessories:

  • INT Earring
  • Orlean’s Necklace
  • Orleans’ Gloves (padukan dengan Orlean’s Server)
  • Eye of Dullahan (padukan dengan Wizard Staff)

Tips Memaksimalkan Magic Damage (MAtk) dan Mengurangi Cast Time

Kunci paling penting untuk tips ini adalah berangkat dari apa saja items dan equipments yang digunakan pada karakter Anda. Misalnya, dari rekomendasi equipments di atas Anda bisa memilih tipe senjata yang memungkinkan untuk mempercepat regenerasi SP atau meningkatkan MAtk.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan MAtk, antara lain:

  • Memasak makanan yang berguna untuk INT
  • Priest buffs
  • Guild Blessing
  • Aesir Monument Rune
  • Items

Sementara khusus mengurangi waktu spelling atau “Casting Time” hampir serupa, bisa membuat makanan khusus DEX dan juga menggunakan equipments yang sesuai. Prioritaskan Ragnarok Eternal Love High Wizard build seperti apa yang hendak Anda bangun!

Itulah panduan lengkap High Wizard build, serta rekomendasi dan tips bagi Anda yang memilih job Mage dan ingin mengembangkannya menjadi High Wizard. Semoga artikel ini membantu Anda dalam bermain.

More Stories
BlazBlue Alternative: Dark War Akan Rilis 2018