fbpx

5 Tips Age of Wonders: Planetfall yang Wajib Diketahui Sebelum Main

Membuat AI saling membenci satu sama lain juga merupakan salah satu strategi agar Anda memiliki peluang untuk menang.

Release Date
August 6, 2019
Developer
Triumph Studios
Publisher
Paradox Interactive
Beli Sekarang

Pada game Age of Wonders: Planetfall, Anda akan disajikan dengan beragam tantangan untuk membangun kembali kerajaan galaksi. Tantangan seperti penjajah, pemberontak bahkan komplotan licik lainnya menjadi halangan utama dalam menguasai permainan pada game ini. Age of Wonders: Planetfall merupakan game simulasi ala Civilization dengan sentuhan strategi kombat taktikal.

Game ini sendiri sudah mendapatkan banyak respon positif dan diakui banyak kritikus bahwa game ini tidak mudah untuk dikuasai. Oleh karena itu kami tim Naiklevel.net telah menghimpun beberapa tips pemula yang mampu membantu Anda untuk memainkan game ini dengan pengetahuan tambahan yang dapat membantu Anda sepanjang permainan.

Beberapa tips dibawah ini merupakan informasi sederhana yang sebaiknya diketahui sebelum Anda bermain. Dengan mengetahui beberapa tips sederhana ini semoga saja Anda dapat mengantisipasi beragam tantangan sulit yang akan Anda hadapi. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini ya!

1. Jajah dan Exploit

Age of Wonders: Planetfall

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sumber daya adalah dengan menguasai sektor terdekat dan eksploitasi sumber daya yang dimiliki. Dengan memiliki beragam sektor, Anda dapat memproduksi beragam sumber daya lebih baik dan efektif, yang dimana sumber daya seperti Energy, Food, Knowledge dan juga Production. Anda perlu memproduksi keempat sumber daya ini secara stabil untuk dapat terus bermain dengan lancar.

Untuk menguasai sektor-sektor tersebut Anda hanya perlu untuk memilih satu unit dan gerakkan unit tersebut ke sektor tersebut dan pilih “Annex”. Secara otomatis Anda akan dapat menguasai sektor tersebut pada menu berikutnya. Kemudian Anda dapat memilih sumber daya yang dapat Anda produki sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlu diperhatikan juga memiliki banyak sektor juga ada kekurangannya tersendiri, apabila sisi militer Anda kurang banyak, tentunya Anda akan kewalahan melindungi wiliayah Anda saat terjadi perang. Hal-hal ini perlu dipertimbangkan dengan meilihat kondisi disekitar wilayah sektor Anda.

2. Kolonialisasi dan Perluas Wilayah Kekuasaan

Memiliki wilayah kecil dan sempit memang sangat mudah untuk diatur. Namun cepat atau lambat Anda akan mencapai batas maksimal untuk jumlah penduduk, dan juga jumlah sektor maksimal yang dapat Anda kuasai. Anda dapat membangun markas disektor lainnya yang nantinya dapat di upgrade dan dikawal dengan tentara untuk melindungi wilayah Anda, ataupun anda dapat membuat Colonizer dan menciptakan koloni baru.

Setiap koloni dapat diupgrade dan Anda dapat memilih sumber daya yang dapat difokuskan. Sebagai contoh, salah satu koloni dapat difokuskan untuk membangun Biofarm Base agar dapat memproduksi food lebih banyak. Koloni lainnya dapat difokuskan untk Knowledge dan juga resarch, hanya saja semakin luas wilayah yang Anda miliki, maka akan semakin rentan akan serangan musuh. Hal ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan.

Age of Wonders: Planetfall

3. Lakukan Segera Research and Development

Kerangka R&D pada game Planetfall sangatlah luas dan besar, bahkan Anda tidak akan pernah dapat mengerjakan seluruh upgrade setelah mencapai turn 150. Ada dua jalur utama yang perlu anda ketahui. Yakni, Jalur Military dan juga Social, keduanya akan Anda kerjakan secara bersamaan. Untuk tahap awal permainan, kami menyarankan untuk mengambil tingkat pertama setiap cabang, hanya saja untuk langkah selanjutnya keputusan ada di tangan Anda.

Unit militer, modifikasi, special operations, skill pasif maupun aktif dan juga buff dapat anda buka pada bagian R&D. Hal lain seperti peningkatan sumber daya produksi juga dapat anda buka. Disatu sisi, jangan sampai Anda terjebak pada situasi dimana akan menguprade seluruh pilihan yang tersedia. Karena singkatnya waktu permainan dan juga campaign penuh skenario. Ada baiknya anda memprioritaskan upgrade yang akan sangat bermanfaat sepanjang permainan.

4. Jelajah Map Secepat Mungkin

Map kecil di Planetfall tetap memberikan map yang cukup luas. Meskipun hal ini bergantung dengan tipe yang adnda pilihan, akan ada banyak variasi area yang akan Anda temui sepanjang permainan. Meskipun hal ini dapat disetting sesuai keinginan. Map dengan settingan default memiliki beragam lokasi menarik yang dapat dieksplorasi.

Anda dapat megeksplorasi map secara cepat dengan membuat beberapa scout di awal permainan. Kemudian segera menjelajahi map tersebut dan kuasai beragam sektor. Membuka map agar telihat juga salah satu objektif yang sangat bermanfaat diawal permainan.

Age of Wonders: Planetfall

5. Jalin Hubungan Diplomatis Buat Persekutuan (Ally)

Anda mungkin dapat memenangkan permainan ini sendiri. Hanya saja akan lebih menarik jika Anda menciba memenangi permainan dengan jalur diplomatis. Hampir disetiap skenario pada game ini Anda akan harus menghapai banyak peperangan. Lawan Anda akan terus mencari-cari alasan agar dapat berperang dengan Anda.

Meskipun memilki lawan adalah salah satu hal yang sudah pasti, game ini tidak menutup kemungkinan untuk Anda memiliki sekutu (ally). Kami sangat menyarankan untuk segera membuat sekutu, beri apa yang mereka inginkan. Kemudian, nantinya disaat Anda berperang pastikan sekutu Anda turut membantu mempertahankan wilayah milik Anda. Membuat AI saling membenci satu sama lain juga merupakan salah satu strategi agar permainan tetap memberikan Anda peluang untuk menang. Sehingga pastikan Anda mempertimbangkan hal ini sepanjang permainan!

Itu dia 5 tips Age of Wonders: Planetfall yang wajib diketahui sebelum main yang sudah dirangkum oleh tim Naiklevel.net. Kalau ada trik atau tips yang patut untuk diamalkan ke banyak orang. Silahkan kirim pesan langung ke inbox Naiklevel.net ya!

More Stories
Minecraft-Nintendo-Switch
Nintendo Switch: Minecraft Dapatkan Update Cross-Play Bulan Depan