fbpx

Tips Bermain Control: 12 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bermain

Tips agar tidak out of control...

Control merupakan game third-person shooter dengan bumbu kekuatan psikis yang di developeri oleh Remedy. Developer dari game Alan Wake dan Max Payne mencoba menciptakan hal baru dari game Control ini. Game action ini sudah diterima dengan positif oleh para kritikus ternama dan juga gamer pada perilisannya. Hanya saja dengan gameplay yang penuh dengan fitur-fitur yang cukup banyak dapat membuat Anda kewalahan untuk menguasai semuanya dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kami tim Naiklevel.net telah menghimpun beberapa tips bermain Control yang perlu Anda ketahui sebelum bermain.

Tidak Ada Checkpoints – Tips Bermain Control

Control tidak menjelaskan hal ini secara spesifik, namun perlu diketahui game ini tidak menggunakan sistem checkpoint seperti game lainnya. Control menggunakan “control point” sebagai lokasi checkpoint. Control point juga berfungsi sebagai fast travel, dan juga untuk Anda dapat melakukan upgrade senjata, dan titik respawn apabila karakter Anda mati. Apabila karakter Anda mati, Anda tidak kembali ke control point terdekat, melainkan Anda akan dihidupkan kembali di control point terakhir yang Anda sentuh. Sehingga pastikan Anda selalu menyentuh control point yang Anda temukan sepanjang permainan.

Tidak Semua Elevator Sama – Tips Bermain Control

Tips Bermain Control

Elevator memiliki peran penting pada game Control. Selain berfungsi sebagai fast travel, elevator juga memiliki fungsi sebagai save point (checkpoints). Bingung bagaimana mencapai suatu lokasi di sektor Anda berada? Ada kemungkinan besar lokasi tersebut dapat dicapai dengan menggunakan elevator, hanya saja game tidak menjelaskan secara spesifik kepada Anda. Tidak semua elevator menuju tempat yang sama, sehingga ada baiknya bagi Anda untuk memeriksa map untuk mengetahui lokasi elevator.

Beberapa Collectibles Membuka Upgrade – Tips Bermain Control

Control memiliki banyak collectibles yang dapat dicari dan dikumpulkan. Mulai dari foto, memo, dan juga video dengan adegan live-action. Kebanyakan dari collectible ini hanyalah bumbu tambahan pada game. Dan sangat menarik untuk dikumpulkan. Kami sangat menyarankan Anda untuk mengumpulkan dan menyimak videonya. Selain menarik untuk dilakukan, beberapa collectible yang dikumpulkan dapat membuka side quest. Meskipun tidak sering terjadi, ada beberapa collectible yang dapat mengarahkan Anda ke ability baru ataupun upgrade lainnya.

Kuasai Ability Air Dash – Tips Bermain Control

Tips Bermain Control

Salah satu ability (kemampuan) yang dapat dipelajari di awal permainan adalah dash. Kemampuan ini tentunya sangat berguna untuk menghindari serangan musuh. Selain itu, skill ini juga berguna bagi Anda untuk bergerak ke lokasi yang mungkin sulit dijangkau dengan hanya meloncat. Dengan menggunakan dash di udara, Anda dapat terbang untuk jarak yang pendek. Kemampuan ini sangat membantu Anda untuk mencapai beberapa lokasi item yang memiliki ketinggian tidak wajar. Meskipun nanti ada upgrade yang lebih, tentunya mendapatkan item lebih awal juga hal yang patut untuk dipertimbangkan.

Tinggalkan dan Kembali Lagi Nanti – Tips Bermain Control

Berbicara mengenai upgrade, Control membatasi beberapa area dengan persyaratan tertentu. Anda dapat melakukan eksplorasi jauh lebih mendalam dari seharusnya di awal permainan. Apabila Anda melihat jalan yang dapat ditempuh namun tidak dapat melaluinya, besar kemungkinan karena Anda belum dapat menempuh jalan tersebut. Sehingga tidak perlu khawatir, tinggalkan area tersebut dan kembali lagi nanti. Sepanjang permainan Anda akan menemukan cara atau kekuatan untuk menempuh area tersebut. Dalam kasus seperti ini, penting untuk mendengar Jesse (protagonis). Dia akan sering kali mengucapkan “How to reach that?”, Hal ini mengartikan anda memerlukan upgrade untuk mencapai wilayah tersebut.

Menghindar dan Bergerak – Tips Bermain Control

Traversal juga penting dalam pertarungan. Control tidak memiliki sistem berlindung ataupun regenerasi darah (stamina). Salah satu cara untuk tetap memiliki darah penuh adalah dengan menghindari serangan musuh. Pada game ini, musuh akan kesulitan untuk menyerang Anda, apabila Anda terus bergerak. Bahkan sering kali lebih baik untuk berlari mendekati musuh dan mengambil darah yang drop dari musuh yang sudah dikalahkan. Dan kemudian langsung dash menghindari musuh sebelum mereka menyerang.

Cara Memulihkan Darah – Tips Bermain Control

Tips Bermain Control

Darah atau stamina pada Control merupakan aset paling berharga. Anda tidak dapat memulihkannya, dan dapat kehilangan darah sangat cepat, kemudian game ini juga tidak menyediakan item untuk memulihkan darah Anda di antara jeda pertarungan. Ada beberapa cara untuk Anda dapat memulihkan darah.

Pertama, musuh tidak menjatuhkan darah saat Anda mengalahkannya. Melainkan mereka menjatuhkan serpihan-serpihan darah saat Anda melakukan damage terhadap musuh. Hal ini sangat berguna saat Anda menghadapi musuh dengan armor yang kuat dan juga boss. Kami juga sangat merekomendasikan untuk upgrade health recovery mod setiap waktu. Dengan upgrade tersebut, Anda akan mendapatkan darah secara full saat menyentuh control point.

Baca Tanda di Sekitar Anda – Tips Bermain Control

Tips Bermain Control

Control sempat menyebutkan untuk Anda perlu membaca tanda untuk menjelajahi Oldest House. Jangan hiraukan nasehat tersebut, karena pada kenyataannya hal ini sangat penting dan sering kali diremehkan. Map pada game ini, sedikit sulit untuk digunakan. Map tersebut hanya memberikan sedikit ide untuk lokasi dimana Anda berada. Tanda-tanda pada game yang justru dapat memberikan Anda arahan untuk dimana ruangan, elevator dan juga titik penting lainnya.

Ganti Perspektif Anda – Tips Bermain Control

Menekan ke bawah tombol D-pad dapat merubah perspektif kamera. Anda dapat meletakkan di sisi kiri bahu Jesse, ataupun di sisi bahu kanan. Tentunya Anda akan menggunakan sudut pandang berbeda bergantung dari mana musuh akan datang. Hanya saja, terdapat bug dimana kamera akan menyangkut di belakang kepala Jesse. Apabila hal ini terjadi, cukup tekan tombol bawah D-pad untuk mengembalikan posisi kamera kembali menjadi normal.

Dapatkan Ability Point Dengan Side Quest – Tips Bermain Control

Tips Bermain Control

Ada banyak fitur yang hadir pada Control. Tentunya, Anda akan mendapatkan experience point, kemudian Anda juga dapat melakukan crafting equipment. Kedua hal tersebut didapatkan dengan cara mengalahkan musuh, atau membuka peti item. Sayangnya, ability point didapatkan dengan cara yang berbeda, dan langka untuk didapatkan. Ability point dapat diperoleh dengan menyelesaikan main quest dan juga side quest. Ability selain dapat memperkuat karakter Anda, juga dapat digunakan untuk membuat mod baru ataupun meningkatkan kekuatan senjata Anda.

Anda dapat mengetahui lebih lengkap tentang side quest yang perlu dikerjakan dengan membuka menu “Mission” di menu karakter Anda. Main Quest ditandai dengan icon diamond terisi. Sedangkan untuk side quest ditandai dengan icon panah kebawah.

Berbicara Dengan NPC – Tips Bermain Control

Bagaimana cara menemukan side quest? Ternyata caranya tidaklah sulit, Anda dapat membuka side quest di NPC. Arish, Ahti, Underhill dan Emily memiliki objektif bonus yang dapat Anda selesaikan sepanjang permainan. Anda dapat menemukan mereka di Central Executive, Maintenance Sector dan juga Janitor Office. Nantinya mereka semua akan berkumpul di Executive di penghujung permainan. Selain side quest, NPC ini juga menawarkan dialog unik untuk Anda mengenal lebih mendalam tentang plot dan dunia di Control.

Tentang Board Countermeasure – Tips Bermain Control

Apabila Anda sangat membutuhkan XP dan juga material crafting, Anda dapat mengumpulkannya dengan mengerjakan Board Countermeasure. Control tidak menjelaskan secara spesifik tentang hal ini. Bahkan, game ini juga tidak menjelaskan kapan Board Countermeasure dapat dikerjakan. Board Countermeasure sangatlah efektif untuk Anda yang ingin mengumpulkan XP ataupun material crafting. Umumnya, misi yang diberikan dapat berupa membunuh 5 ranger tanpa kesalahan, dan juga menggunakan Spin untuk membasmi musuh.

Demikian, tips yang telah dikumpulkan oleh tim Naiklevel.net semoga saja, tips-tups di atas dapat membantu Anda untuk bermain Control jauh lebih menyenangkan dan lebih baik. Apabila ada yang kurang atau ada pertanyaan dapat comment dibawah. Happy gaming!

More Stories
Monster Hunter: World Nergigante Solo Insect Glave