fbpx

Tips PUBG Mobile: Panduan Bermain untuk Menjadi Master PUBG

Berkat kepopuleran genre Battle Royale yang sudah merambah pasar mobile, kru Naiklevel akhirnya berinisiatif untuk mencoba membuat Tips PUBG Mobile. PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) atau lebih dikenal dengan PUBG bisa dikatakan adalah yang paling populer di kalangan pemain mobile games saat ini, karena aksesnya yang memang lebih mudah jika dibanding dengan kompetitornya, Fortnite, yang saat ini baru tersedia untuk iOS saja sebagai media portable.

Untuk membantu kalian yang ingin mencoba memulai maupun melanjutkan petualangan sebagai seorang Survivor, kru Naiklevel akan mencoba membahas apa yang sebaiknya dilakukan dalam beberapa langkah-langkah untuk memulai maupun bagi kalian yang sudah terlibat lebih jauh dalam permainan PlayerUnknown’s Battleground Mobile.

Berikut Panduan dan Tips PUBG Mobile Bagi Pemula versi Naiklevel.

Bagaimana Persiapan Awal Bermain PUBG Mobile?

Pilih Login dengan bijak: Tips PUBG Mobile pertama adalah, game ini memungkinkan kalian untuk login dari berbagai perangkat media sosial seperti facebook maupun twitter sebagai Guest. Jadi kalian harus selalu terhubung ke akun, sehingga tidak kehilangan progress saat nantinya ingin berganti Handphone.

Siapkan Ponsel (Handphone) Kalian: Saat bermain PUBG Mobile, persiapkanlah handphone kalian untuk benar-benar terfokus ke dalam game. Jangan ada aplikasi yang berjalan di balik layar, karena akan memberatkan.

(PENTING) Lihat Speed Internet dan Siapkan Kuota Data. PUBG Mobile merupakan sebuah permainan online yang tentunya akan memerlukan koneksi internet yang bagus demi kelancaran permainan. Koneksi data maupun Wi-Fi harus mendukung, dan alangkah baiknya dipersiapkan. Kalau perlu, kalian bisa mengecek koneksi kalian sebelum bermain, via aplikasi Speedtest, maupun lainnya.

Punya Headset / Headphone? Pakailah! Fitur koneksi suara maupun chat juga tersedia di dalam PUBG Mobile. Berbicara lewat mic handphone, tidaklah efektif. Agaknya siapkan headset agar suara di dalam game terdengar lebih jelas, demi pengalaman bermain yang lebih baik.

Selamat Datang di Lobi PUBG

Bagi setiap pemula, mungkin awalnya akan terasa asing. Namun lama kelamaan, kalian aka terbiasa. Ketika kalian memulai game, sistem akan langsung membawa kalian ke lobi di mana di sana terdapat berbagai macam pengaturan, mulai dari tipe game favorit, manajemen pertemanan, termasuk Inventory.

Tips PUBG Mobile yang satu ini bisa dikatakan yang paling dasar dalam permainan, karena berada pada halaman game paling depan.

Cara Memilih Server Region?

Di bawah tombol Start yang besar, kalian akan melihat sebuah box untuk mengatur tipe permainan yang ingin dipilih, termasuk server. Pilihlah server terdekat dengan jumlah ping yang sedikit (misal 20 milisekon), supaya mengurangi kendala lag atau macet.

Cara Menstabilkan Frame Rate di dalam Game.

Sentuh setting yang ada di sebelah bawah – kanan, kemudian pilih Graphic. Kalian akan menemukan Frame Rate. Pilih saja low jika handphone kalian standar. Jika kalian memiliki handphone di atas rata-rata, silahkan coba High.

Cara Mengatur Graphic Level

Semakin tinggi, semakin kalian dapat melihat lebih banyak detail. Namun jangan lupa, kalau ini juga mempengaruhi performa permainan nantinya. Pilih auto balance, untuk kenyamanan bermain sesuai dengan kemampuan perangkat bermain kalian.

Matikan Fitur HDR

Tidak ada kenaikan signifikan ketika fitur ini diaktifkan. Oleh karena itu matikan saja, untuk mengurangi beban kerja perangkat permainan.

Hidupkan / Matikan Auto Aim

Klik setting lalu pilih basic, kalian dapat mengaktifkan atau mematikan bantuan untuk membidik maupun menembak lawan.

Aktifkan Mode Gyroscope

Jika handphone kalian mendukung fitur sensor Gyroscope, kalian dapat menggunakannya sebagai sarana pergerakan maupun aim di dalam game. Hal ini lebih cepat dan natural jika dibanding dengan menggunakan Joystick. Lihat di setting lalu basic, dan kalian akan menemukan pilihannya.

Bagaimana cara mendapatkan Baju untuk Karakter?

Dalam game ini, kalian akan memulai dengan menggunakan pakaian dalam. Namun selanjutnya, kalian juga dapat membeli berbagai macam gear dan memasukannya ke dalam inventory. Membeli dengan menggunakan uang asli, atau poin di dalam game, ada yang bersifat sementara dalam jangka waktu tertentu, ada juga yang bersifat permanen untuk disimpan. Yang pasti, selama kalian terus bermain, item pakaian akan selalu ada untuk didapatkan.

Matikan atau Maksimalkan Mic dalam fitur Chat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, PUBG Mobile mendukung fitur In-Game Voice Channel melalui speaker maupun headphone yang memiliki Mic. Kalan dapat mematikannya lewat Setting jika merasa fitur ini mengganggu. Mulai dari versi 6, kalian dapat melakukan Silent pada player tertentu. Namun kalian tetap tidak dapat mematikan fitur text chat dari player lain.

Atur Tata Letak Tombol / Kontrol

PUBG Mobile memiliki kontrol yang jelas berbeda dengan versi PC. Karena itu kalian dapat menyesuaikannya melalui Settings > Controls atau Setting > Vehicles. Pengaturan ini juga berlaku pada Control Area untuk UI di layar. Di bagian atas layar, terdapat “customise” yang dapat diatur. Mulai dari transparansi ikon, ukuran ikon, dan lokasi, semua dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Berbagai Mode Permainan dalam PUBG Mobile

Ada beberapa mode tambahan yang memungkinkan permainan PUBG menjadi sedikit berbeda jika dibandingkan dengan versi PC. Berbagai update yang disajikan juga menambahkan pendekatan baru bagi para pemain. Mode klasik dalam game ini sebenarnya relatif sama, sementara itu Arcade mendapat perubahan sedemikian rupa. Simak perubahan yang ada, agar kalian dapat menentukan bagaimana Tips PUBG Mobile dapat bekerja. Berikut beberapa perubahan yang ada dalam PUBG Mobile.

Fitur Secara Umum (General Features)

Semua menu utama dapat diakses melalui satu perintah di bawah tombol Start.
Adanya 4 map (Erangel, Miramir, Sanhok, dan Vikendi). Jika kalian memilih keempat map bersamaan, maka mereka akan secara random menentukan tempat dimulainya battle royale. Setiap map tentu punya keunikan, mulai dari medan tempur, ukuran map, dan beberapa senjata dan kendaraan eksklusif yang berbeda.

Terdapat mode Solo, Duo, dan Squad Play.

Adanya 1st Person Mode dan 3rd Person Mode.

Pemain dapat memilih hingga 2 bahasa utama sebagai bahan pertimbangan untuk bergabung maupun bermain bersama, agar kawan bermain yang berada dalam 1 skuad / server, namun berbicara dengan bahasa yang berbeda, tidak dicampakkan.

Mode Klasik (Classic Mode)

  • Pilih mode permainan ini untuk 100 Pemain layaknya PUBG Original.
  • Akses map secara penuh.
  • Dapat mengganti map maupun skuad.
  • Memakan durasi 20 – 30 menit, jika kalian berhasil bertahan setidaknya masuk 10 besar
  • atau bahkan lebih lama, jika mengincar Juara.

Mode Arcade (Arcade Mode)

  • PUBG WAR Mode: Mode permainan di mana tim akan selalu respawn (hidup kembali), karena tujuan utamanya adalah untuk mencapai 100 Poin. Perhitungannya adalah: Membunuh (3 Poin), Melumpuhkan (1 Poin), dan Mengobati Rekan (1 Poin). Terdapat senjata eksklusif yang jumlahnya juga sangat terbatas. Semua dimulai menggunakan baju dan senjata yang sama.
  • PUBG Quick Match: Pertandingan 8 menit di area yang lebih kecil. Biasanya bertemakan senjata-senjata tertentu. Seperti Shotgun atau SMG. Tujuannya hanya bertahan hidup selama
  • Sniper Training: Mode permainan 15 Menit dengan hanya menggunakan Sniper.
    Mini Zone: Biasanya tersedia setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Hampir sama dengan mode klasik, hanya saja dengan area yang lebih kecil.

Tips PUBG Mobile: Bermain Secara Individu (Solo Play)

Dalam permainan battle royale versi mobile kali ini, entah itu sendirian atau bersama Tim, ada beberapa hal yang nampaknya akan menjadi sangat fundamental bagi kalian dalam permainan nantinya. Beberapa Tips PUBG Mobile yang ada mungkin akan sangat berguna bagi kalian, sebagai bahan dasar, apalagi yang bermain secara Solo Player.

Berikut Tips-Tips PUBG Mobile yang mungkin akan berguna bagi kalian selaku Player nantinya.

Tips PUBG Mobile paling dasar yang harus dipahami adalah, PUBG bukan ajang Fashion Show. dalam menentukan outfit yang akan dipakai, perhatikan status map yang akan menjadi medan tempur kalian. Memilih baju yang dapat berkamuflase dengan alam, lebih baik, untuk memperbesar peluang kalian menjadi tidak terlihat ketika menyerang musuh dari jarak jauh maupun dekat.

Ganti baju kalian di tempat berkumpul. Lepaskan baju, karena terkadang, yang lain juga akan ada yang mengambil baju kalian dan menukarnya dengan miliknya, meski kemungkinannya cukup kecil, kadang baju yang bagus juga bisa didapat.

Tips PUBG Mobile selanjutnya adalah pilih momen yang tepat saat terjun bebas. Hindari penerjunan di tempat yang ramai, jika kalian tidak ingin langsung berkontak / adu tembak pada awal permainan, dan menghindari keluar lebih awal dari pertandingan.

Terjunlah dengan cepat, dengan cara menekan tombol kontroller ke depan. Agar kalian cepat mendarat dan langsung bergegas mengumpulkan material. Jangan khawatir, karena Parasut akan terbuka otomatis. Hal ini harus dilakukan agar kalian tidak berlama-lama di udara, agar tidak tertembak oleh pemain yang sudah berada di permukaan.

Beradaptasi dan kuasai map yang ada (safe area, weapon, bungker, dll) agar kalian lebih mudah menentukan mode permainan.

Hindari Red Zone sebisa mungkin, karena akan ada berbagai misil menyerang. Atau jika sudah terjebak, carilah bangunan, dan berlindung di dalamnya. Tips PUBG Mobile yang satu ini mungkin merupakan salah satu yang paling penting, karena tidak sedikit pemain yang berguguran saat fase Red Zone.

Dapatkan Protective Kit dan Aktifkan Auto Pick-Up, agar kalian mendapatkan peralatan yang lebih tinggi kualitasnya demi keamanan secara otomatis.

Ambil dan pilihlah senjata sesuai dengan kapasitas maupun tipe permainan kalian. Pistol dan Shotgun untuk jarak dekat, SMG (SubMachine Gun) untuk space yang tidak terlalu lebar, AR (Assault Rifle) untuk berbagai macam tipe, dan lainnya. Jika kalian merupakan seorang yang sering stuck dengan satu senjata, maka Tips PUBG Mobile ini mungkin merupakan salah satu yang cocok dengan pribadi kalian selaku pemain, jika memang tidak terlalu all rounder (mencoba semuanya).

Koleksi scope sebanyak mungkin karena mereka akan mempermudah kalian dalam membidik lawan, terutama yang berada dalam jarak yang jauh, jika kalian ingin menghindari pertempuran jarak dekat. Kalian juga dapat berbagi dengan team.

Kosongkan backpack. Jangan terlalu banyak membawa barang, karena nantinya terdapat banyak item lain yang ditemukan dan mungkin lebih berguna dalam medan perang. Buanglah barang yang tidak terlalu diperlukan. Kalian juga dapat membuang barang, saat sedang memakai kendaraan. Tips PUBG Mobile ini akan membantu kalian untuk lebih efektif dan menggunakan barang secara efisien.

Buang senjata secara manual. Karena beberapa senjata yang diambil secara otomatis bisa saja mengganti senjata favorit kalian. Caranya buka Backpack, dan drag senjata yang ingin dibuang ke tempat sampah, setelah itu baru ambil item baru yang kalian temukan.

Ambil barang bagus agar tidak diambil lawan. Misal, jika kalian menemukan scope 8x tapi tidak mempunyai Sniper Rifle untuknya, ambil saja. Tips PUBG Mobile ini cukup efektif, karena ini akan memperkecil peluang lawan untuk membunuh kalian dalam jarak yang sangat jauh.

Gunakan Peredam tembakan (Silencer). Memakai cara stealth adalah cara terbaik untuk menghindari konflik gara-gara suara yang berisik, sehingga posisi kalian saat menembak juga tidak akan diketahui. Ada banyak sekali senjata yang dapat memakai Peredam, seperti AR, Sniper, SMG, dan Pistol. Kalian mungkin harus memasangnya secara manual, karena beberapa senjata mungkin sudah mempunyai kompesator sendiri..

Tiaraplah ketika mengambil item dari lawan, ketika kalian membunuh lawan untuk mengambil barang-barangnya. Karena saat mengambil, akan keluar asap hijau, dan pemain lain bisa saja menemukan kalian yang sedang asyik menjarah lawan.

Tips PUBG Mobile yang juga penting, adalah kuasai teknik berlari cepat karena itu akan membantu kalian untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan sekejap. Kalian juga dapat mengunci tombol lari denga menekan ikon lari yang berdekatan dengan ikon map.

Kalian juga dapat meminum energy drink agar mendapat regenerasi energi. Termasuk mendapatkan speed bost, dengan meminum 2 botol energy drink.

Kumpulkan medkit, gunakan adrenalin, minum energy drink, terapkan painkiller untuk bertahan jika kalian berada di luar arena. Adrenalin dapat membantu melawan kelelahan ataupun mengobati luka, terutama jika kalian berada di luar area permainan misalkan untuk mencari kendaraan

Berlari, tiarap, merangkak, melihat, menemukan, dan tembak adalah basis dasar esensi permainan dalam Tips PUBG Mobile secara umum. Tetap bergerak agar lawan tidak menemukan posisi kita sebenarnya.

Berenang dengan cara menyelam. Jadi musuh tidak akan melihat kalian. Berenang di permukaan memperbesar peluang musuh untuk melihat kalian, dan akan menjadi berbahaya karena kalian tidak dapat menggunakan senjata di dalam air.

Tips PUBG Mobile yang tak kalah penting, jangan melompat dari kendaraan yang bergerak karena itu sama saja bunuh diri dan kalian akan mati secara instan. Hindari juga tabrakan, karena akan menyebabkan damage yang membuat kendaraan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ingatlah bahwa game ini bukanlah game peperangan yang mengharuskan untuk membunuh banyak orang, tapi merupakan game bertahan hidup. Tidak peduli harus membunuh ataupun tidak, kalian hanya perlu menjadi “Last Man Standing” untuk menjadi pemenang.

Tips PUBG Mobile: Bermain Bersama Tim (Squad Play)

PUBG Mobile merupakan salah satu game yang juga mengutamakan sistem pertandingan dengan menggunakan sebuah kelompok, yang nantinya akan melawan sesama kelompok lain. Baik dalam mode Arcade Match maupun Classic Match, semuanya selalu hadir. Karena itu, kami juga menyediakan berbagai Tips PUBG Mobile, bagi kalian dalam bermain secara kelompok bersama teman-teman.

Ingat bahwa kemungkinan tidak semua pemain dalam tim kalian adalah seorang yang Pro dalam game Battle Royale.

PUBG Mobile juga menyediakan arena random di mana setiap pemain akan dapat berada dalam 1 tim secara acak, yang mana kemungkinan mereka yang newbie juga akan bercampur dengan kalian yang misalkan sudah veteran dalam memainkan gamenya. Tidak jarang seorang Team Leader langsung membawa kalian ke arena besar yang berpotensi terjadi peperangan, tanpa persiapan matang. Tips PUBG Mobile yang satu ini sangat penting, karena seringkali beberapa tim akan mengalami keguguran atau mati secara prematur. Perhatikan setiap langkah yang kalian tempuh, dan jika bisa bimbing tim kalian untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti itu.

Matikan Voice Chat

Jika kalian merasa terganggu dengan suara-suara yang ada pada voice chat party, matikan saja. Tidak semua anggota tim akan setuju dengan apa yang kalian lakukan, dan terkadang kata-kata yang tidak enak pun bermunculan. Aktifkan mode silent yang ada di sebelah tombol minimap. Tips PUBG Mobile satu ini mungkin akan berbeda jika kalian bermain bersama teman-teman dekat, yang masih bisa ditolerir untuk dinyalakan.

Koordinasikan Tempat Mendarat Kalian

Tips PUBG Mobile yang sering sekali dilupakan oleh para pemain secara kelompok, adalah ketika pertama kali mendarat, kalian dapat memberikan koordinat tempat kalian mendarat dengan membuka map dan menandai titik peluncuran. Gunakan fitur tersebut untuk memberitahukan kelompok agar mendarat di tempat yang sama, jika kalian tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar berkumpul.

Gunakan fitur Follow

Sebagai kelanjutan dari Tips PUBG Mobile di atas, update terbaru juga menyediakan fitur Follow yang mana akan memungkinkan squad member berperan sebagai Jump Leader yang akan memimpin pasukan untuk terjun ke tempat pendaratan yang sama secara otomatis. Matikan fitur saat kalian sudah mendarat, untuk bergerak secara bebas. Fitur ini juga berlaku di dataran. Jika terpisah, maka segera temukan rekan kalian secepat mungkin. Lihat tanda pada map dalam UI kalian, dan ikuti jalannya.

Tetap Bersama Namun Terpisah

Maksudnya adalah posisi kalian berada dalam satu rumpun, namun tidak saling berdekatan satu-sama-lain, karena akan lebih mudah diketahui musuh. Buatlah musuh menjadi bingung, yang mengira kalian sebagai sebuah individu, sementara teman kalian di sisi lain lah yang akan beraksi untuk melumpuhkannya.

Eliminasi Musuh Sebelum Mengobati Teman

Kalian dapat menyelamatkan teman yang sekarat, dan ini mungkin merupakan salah satu yang paling utama dalam bermain secara squad. Tapi jangan buru-buru, karena kemungkinan musuh ada di dekat kalian. Yang terjadi nantinya, kalian juga akan menjadi korban. Lihat health meter teman kalian di pojok kiri atas layar, ketika kalian mencoba membunuh musuh. Perhatikan dengan baik Tips PUBG Mobile satu ini, karena jika kalian mati saat mencoba mengobati, maka kemungkinan kekalahan akan semakin besar.

Jangan langsung mendekati teman tidak melihatnya, akan mengetahui posisi teman kalian. Lakukan secara hati-hati. Jika kalian tertembak, maka ambil cover kemanapun, dan jauhi dulu posisi teman kalian, jangan mengekspos keberadaannya pada musuh.

Gunakan “Enemy Ahead” untuk membagikan Posisi Target (Musuh)
Dalam text chat, terdapat pilihan “enemy ahead” . Gunakan ini ketika kalian melihat musuh. Kalian tidak dapat memberikan perintah menembak, namun dapat memberikan posisi agar bisa menyerang secara bersamaan.

Berbagi dengan yang lain

Kalian dapat memberitahu teman yang lain melalui chat ketika menemukan sesuatu, yang mungkin kalian tidak membutuhkannya, namun teman kalian memerlukannya. Lihat item yang kalian temukan, lalu buka text chat, akan ada pilihan “I have SLR”, dsb.

Tips PUBG Mobile: Memenangkan PlayerUnknown’s Battleground Mobile

Beberapa Tips PUBG Mobile yang telah ada sebelumnya, akan memberikan kalian pengalaman yang mungkin juga akan menjadikan kalian semakin terlatih di arena Battle Royale. Namun tidak seru rasanya, jika kita hanya sekedar berpartisipasi tanpa menjadi juara. Posisi 10 besar, biasanya akan menjadi fase tersulit karena itu berarti kalian akan berhadapan dengan para Survivor terbaik dalam pertandingan. Apa yang mesti dilakukan? Berikut beberapa tips untuk menjadi juara dalam PlayerUnknown’s Battleground Mobile (PUBG Mobile).

Dapatkan SAW atau Sniper Rifle dari Drop Resupply

Dalam PUBG Mobile, ada sebuah airdrop resupply dengan asap merah yang menandakan adanya sebuah senjata yang bagus, semisal SAW atau Sniper Rifle. Perhatikan baik-baik setiap drop yang ada, karena senjata-senjata seperti itu bisa membantu memenangkan Final Stage. Namun perhatikan juga jarak antara kalian dengan box-nya. Jika lebih jauh, tinggalkan saja. Tips PUBG Mobile satu ini memang sangat riskan, karena kemungkinan pemain lain juga mengincarnya. Pilihan ada di tangan kalian.

Berhati-hati dalam Menembakkan Flare Gun.

Ada 8 buah flare gun yang memperbolehkan kalian meminta bantuan untuk personal drop. Akan ada item yang bagus datang padamu, namun sebagai gantinya musuh juga kemungkinan akan melihat, jadi bersiaplah berhadapan dengan baku tembak ketika kalian mengejar personal drop tersebut. Tips PUBG Mobile yang satu ini sangatlah berguna jka kalian memang berada dalam keadaan yang sangat membutuhkan beberapa item pilihan. Jika kalian berada di area PlayZone, hadiahnya senjata. Jika di luar, maka akan ada kendaraan Armor – yang punya banyak firepower, namun juga dapat dihancurkan -. Dan perhatikan lagi, yang disayangkan, bahwa jika box drop kalian itu jatuh di atap, maka kalian tidak akan dapat mengambilnya.

Kencangkan sabuk pengaman, dan siapkan resupply item yang ada, karena semakin sedikit pemain tersisa, safezone juga akan semakin berkurang. Kalian akan dituntut melakukan apapun dan mengerahkan segalanya, untuk lolos dari baku tembak.

Perhatikan Map Ketika Terdengar Suara

Tips PUBG Mobile selanjutnya adalah, ketika pemain bergerak dalam kendaraan atau menembak, map akan menunjukkan tanda orange yang berarti ada suara. Gunakan pengetahuan ini agar kalian hati-hati dengan aksi dari musuh, dan menentukan keputusan kalian di mana harus menghindari, mengamati, ataupun menyerang sebagai tindakan selanjutnya.

Ketika Terdesak, Gunakan Granat

Terkadang kalian tidak melihat lawan untuk sebuah tembakan yang bersih. Cobalah melempar granat dan membuatnya lari untuk mendapatkan penglihatan tembak yang lebih baik. Molotov Cocktail mungkin menjadi pilihan tepat, karena kalian tidak mengetahui di mana posisi asli mereka, dan bom ini cepat menyebar.

Berapa Lama 1 Sesi PUBG Mobile?

Classic Mode setidaknya membutuhkan 30 menit paling lama untuk setiap sesi, dan bisa lebih jika kalian benar-benar mencermati permainan, atau mengulur-ngulur waktu.

Demikian Panduan dan Tips PUBG Mobile Bagi Pemula versi Naiklevel. PUBG Mobile merupakan sebuah game yang cukup fenomenal dengan jutaan player yang berada dan tersebar di seluruh dunia. Hal-hal di atas tentunya dapat menjadi rujukan bagi kalian untuk menjadi seorang Survivor PUBG yang hebat. Namun semua itu tetap kembali pada diri masing-masing. Semakin sering kalian berlatih, semakin banyak pula pengalaman yang didapat untuk belajar menjadi lebih baik.

Bermain Battle Royale, berarti bermain untuk menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. Kalian akan bermain bersama setiap orang dari berbagai belahan dunia dengan kultur dan permainan yang berbeda pula. Menjadi pemenang pada sebuah game berbasis kompetisi online, tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sebagai Gamer yang berasal dari Negara Indonesia. Winner Winner Chicken Dinner dan Happy Gaming.

More Stories
PUBG
Pencipta PUBG Ungkap Misteri dari Item Paling Kejam : “The Pan”