fbpx

Tips, Trik, Strategi dan Panduan Lengkap Game Dev Tycoon untuk Pemula

0 418

Update 10/05/2018: Tambahan guide ekstra untuk tabel panduan genre, platform, dan tema dibagian bawah artikel.

Pada kesempatan kali ini Naiklevel akan mencoba untuk mengulas trik dan cara cepat bagi para pemula untuk dapat memperoleh 1M mark dan menjadi sukses dalam Game Dev Tycoon. Belum lama ini juga, Game Dev Tycoon baru saja rilis di platform Android.

Game Dev Tycoon telah rilis untuk PC sejak waktu yang lalu dan telah banyak guide yang dibuat oleh para player yang berpengalaman dan tersebar luas. Tapi kini Game Dev Tycoon telah tersedia untuk mobile, dan Naiklevel akan mencoba untuk membuat panduan yang sesuai untuk versi mobile. Simak berikut runtutannya!

Topik, Genre dan Audience adalah hal yang penting

Langkah pertama untuk menciptakan suatu game yang menarik adalah dengan menciptakan kombinasi topik, genre dan audience yang baik. Player juga harus yakin dalam hal mengembangkan system yang sesuai. Ada banyak sekali topik dimana player akan dapat membukanya dalam susunan yang berbeda disetiap waktunya, jadi salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan eksperimen. Kami juga menyarankan agar selalu menggunakan Game Report untuk setiap game-nya, karena akan memberikan informasi kepada player tentang kombinasi game yang bagus, atau tentang penyebab game yang player buat gagal.

Systems

Khusus untuk system, inilah beberapa genre yeng akan bekerja dengan baik di awal permainan pada setiap platform yang tersedia:

  • PC: Adventure, Simulasi, Strategy dinilai sangat baik. Action dan RPG dibilang okay. Buruk untuk Casual. Difokuskan untuk Audience yang sudah dewasa.
  • G64: Adventure dan Strategy sangat baik. Action, RPG dan Simulasi dinilai okay. Buruk untuk Casual. Difokuskan untuk Audience yang sudah dewasa.
  • TES: Sangat baik untuk Casual. Action, RPG dan Simulasi mendapat predikat okay, dan buruk untuk Strategi dan Adventure. Difokuskan untuk kalangan muda.
  • Master V: Sangat baik untuk Casual. Okay untuk Action. RPG dan Simulasi kurang baik, buruk untuk Adventure dan Strategi. Fokus untuk semua kalangan.
  • Gameling: Sangat baik untuk Casual, okay untuk RPG dan Simulasi, kurang baik untuk Action, buruk untuk Adventure dan sangat buruk untuk Strategy. Fokus untuk kalangan muda.

Secara keseluruhan, PC lah yang terbilang cukup aman, platform yang murah untuk digunakan di segala bidang dan dapat terus dipakai selama game dimainkan.

Events

Amati segala event-event yang digelar diluar ruanganmu dan ambil keuntungan yang tersedia. Terimalah tawaran untuk diwawancara dan tolak segala jenis investasi yang tidak pernah berjalan dengan lancar. Selain itu amati juga perkembangan berita, dengan haridnya konsol yang baru segeralah dapatkan lisensi untuk rilis pada konsol tersebut.

Tips Tambahan

Jangan membuar game dengan genre/topic yang sama dua kali berturut-turut. Karena tidak akan dihitung sebagai “sequel”, opsi tersebut akan terbuka nantinya. Cobalah untuk membuat sesuatu yang baru dan lihat mana yang laku dan tidak.

Cobalah untuk menghindari saldo uang menjadi minus, namun jangan panik jika terjatuh. Player dapat terus menekan hingga 50k sebelum bank mengambil tindakan, dan meskipun begitu ihak bank akan tetap meminjamkanmu uang.

Tunggu hingga genre Casual terbuka sebelum membuat game pada TES dan Master V, karena genre casual akan berjalan dengan sukses pada kedua konsol tersebut. Sebelum kedua konsol tersebut terbuka, disarankan untuk menciptakan game pada G64 secara konsisten.

Jangan membuat game yang baru sesaat setelah menyelesaikan yang lainnya. Ambilah beberapa kontrak dan tunggu hingga muncul reviews dan Game Reports. Menganalisa kekurangan pada game akan dapat menguntungkan dikemudian harinya. Dan yang terakhir, luangkanlah waktu untuk memperbaiki bug.

Guide Extra Game Dev Tycoon

Guide ini diambil dari Steam yang dirujukkan untuk Game Dev Tycoon versi PC, namun masih bisa dijadikan panduan untuk versi mobile meskipun ada beberapa topik yang tidak ada pada tabel ini.

Panduan tabel:
+++: Sangat Baik
++ :Cukup Baik
: Baik
ーー: Buruk
ーーー: Sangat Buruk
: Tidak Signifikan (Alokasi persentase tidak mempengaruhi kualitas gAme)
???: Efek tidak diketahui (hasil selalu berbeda setiap gameplay)

Tabel Topic/Genre

Tabel System/Genre

Tabel Genre/Stages

Tabel Genre/Stages (Multi-Genre)

Demikian rangkuman guide Game Dev Tycoon dari kru Naiklevel kalau ada yang kurang silahkan komentar dibawah ya!

Comments
Loading...