fbpx

15 Hackers Pembuat Cheat PUBG Diciduk

Penggunaan cheat pada PUBG telah menjadi berita hangat sejak beberapa waktu yang lalu. Berbagai macam upaya telah dilakukan developer untuk menghentikan hal tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan penangkapan.

Penggunaan cheat memang merugikan banyak pihak, selain merugikan para player yang senang untuk bermain secara adil dan sportif, penggunaan cheat juga ternyata berdampak kepada penghasilan developer dalam meraup keuntungan. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa Fortnite saat ini lebih dikenal oleh para gamers, dan tentunya membuahkan penghasilan yang lebih banyak dari PUBG.

PUBG

Beberapa upaya telah dilakukan oleh pihak developer untuk meminimalisir penggunaan cheat pada game sejak beberapa pekan kebelakang dinilai masih kurang efektif dan masih butuh penindakan lebih lanjut. Hingga akhirnya developer mengambil langkah untuk menangkap 15 orang tersangka yang diduga membuat dan menjual program cheat. Tersangka juga diduga menjadi broker transaksi dan berperan sebagai hosting untuk penjualan cheat pada marketplace.

Penangkapan dilakukan pada 25 April kemarin setelah kode picik, termasuk software Trojan Horse terdapat pada beberapa program yang digunakan para tersangka untuk mencuri informasi dari para user game. Selain itu, ke 15 tersangka juga terkena denda sebesar $5.1 juta dollar, karena kasus ini diduga memiliki potensi hubungan dengan kasus-kasus lainnya yang masih berada dalam proses investigasi.

Para hackers dikabarkan menggunakan virus Chinese backdoor untuk mengambil alih kontrol PC para gamers secara illegal dan mencuri data-data. Beberapa pelaku pemerasan bahkan pernah memaksa orang-orang untuk memainkan PUBG dengan dalih untuk mengakses file-file mereka. Saat ini Tencent juga tengah melakukan upaya dengan pihak yang berwenang agar dapat menangkap 120 orang lainnya yang diduga membuat cheat untuk game.

Pihak developer nampaknya akan terus menggali masalah ini lebih dalam guna menyapu bersih semua hama yang tersisa hingga ke akarnya. Karena upaya sebelumnya yang dilakukan pada penggunaan new anti-cheat measures dinilai kurang memuaskan, maka tentunya cara langsung turun tangan dengan memanfaatkan hukum seperti inilah yang dapat berjalan lebih efektif, agar kelak para gamers tidak dipusingkan dengan para pengguna cheat.

More Stories
game PS4 eksklusif
13 Game PS4 Eksklusif Terbaik Sepanjang Masa Berdasarkan Skor Metacritic