fbpx

Sukses di Hampir Semua Platform, Stardew Valley Siap Menuju iOS dan Android

Stardew Valley dikabarkan siap menuju platform selanjutnya yakni iOS dan Android. Game yang sering disebut dengan miniatur Harvest Moon tersebut, saat ini hampir ada di semua jenis segmen mulai dari konsol hingga mobile game.

Kesuksesan game besutan Eric Barone dan Sickhead Games ini tentu merupakan sebuah hal yang membanggakan bagi franchise tersebut, setelah sempat dianggap remeh sebelumnya. Versi Smartphone dikerjakan oleh The Secret Police, yang merupakan studio yang berbasis di Inggris. Versi iOS nantinya akan memberikan berbagai fitur yang berbeda, termasuk mengenai User Interface yang disesuaikan dengan smartphone, sistem menu, dan juga masalah kontrol. Versi ini juga akan termasuk update hingga versi 1.3 untuk single player, seperti fitur Pasar Malam (Night Market), seperti apa yang dikatakan sendiri oleh sang desaner, Eric Barone:

“Ini adalah versi Full. Bukan versi cut-down. Pemain dapat memainkan hampir semua konten yang identik dengan versi lainnya”

Meskipun mendapatkan hampir semua yang ada di dalam versi sebelumnya, versi iOS ini belum mendapatkan akses untuk fitur multiplayer. Sangat disayangkan memang, namun setidaknya, pemain juga akan mendapatkan akses pada file save data versi PC mereka, yang dapat diunduh melalui iTunes nantinya.

Stardew Valley memberikan pengalaman untuk mengelola pertanian dan peternakan di sebuah desa terpencil. Kalian dapat menanam berbagai tanaman mulai dari buah-buahan hingga sayuran di berbagai musim, memelihara berbaga binatang ternak. Lalu memanen hasil peternakan dan pertanian untuk menciptakan berbagai produk baru untuk dijual kepada masyarakat. Semuanya dapat didesain dengan gaya permainan kalian sendiri. Layaknya gabungan dari Harvest Moon dan Rune Factory, Stardew Valley juga memberikan fitur seperti menikah hingga mencapai 12 kandidat. Berbaga macam festival yang dapat diikuti setiap musimnya. Termasuk dengan fitur dungeon mode untuk melawan monster untuk mengambil harta karun yang berharga.

Selain iOS dan Android, Stardew Valley juga tersedia untuk hampir seluruh platform gaming mulai dari PS Vita, PlayStation 4, PC, Xbox One, Linux, MacOS, Machintos, hingga Nintendo Switch. Versi PC, Linux, dan MacOS akan mendapatkan update Multiplayer, mulai dari tanggal 1 Agustus 2018. Sementara versi Konsol kabarnya baru akan mendapatkann pada update selanjutnya.

Menurut pengumuman resmi Stardew Valley akan dirilis untuk platform iOS dengan harga $7.99 (sekitar 122 ribu rupiah) pada 24 Oktober 2018 mendatang, sementara versi Android masih dalam pengembangan oleh Developer The Secret Police, sehingga belum mendapat kepastian tanggal rilis, dan akan diumumkan di lain waktu ke depannya.

More Stories
Apa Yang Dinantikan Dari Ubisoft di E3 2018