fbpx

Metal Gear Survive Kudeta MWH Dalam Ranking Penjualan Game PS4 Versi Digital di Jepang

Sony Interactive Entertaiment (SIE) baru saja merilis daftar penjualan untuk minggu ke-3 bulan Februari (19 – 25 Februari 2018) di Jepang. Hal yang cukup menarik ialah banyaknya game dari franchise baru, dan bisa dikatakan merupakan debutan yang dirilis di PS4 pada minggu yang sama.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya oleh Media Create Sales Jepang untuk seri Metal Gear Survive. Game besutan KONAMI ini berada pada posisi yang cukup jauh dari total penjualan Monster Hunter World berdasarkan perolehan jumlah penjualan secara fisik (retail) di minggu pertamanya.

Game yang juga merupakan bagian dari franchise Metal Gear ini bahkan dikalahkan oleh Girls und Panzer – Dream Tank Match (sebuah game dari franchise Anime berjudul Girls und Panzer, berisi Gadis-Gadis moé yang bertempur dengan mengendarai kendaraan berjenis Tank), yang langsung memuncaki daftar penjualan minggu pertama untuk game yang baru saja dirilis, setelah melakukan debutnya untuk konsol Playstation 4.

Namun sepertinya, hal tersebut tidak berlaku jika kita membicarakan soal penjualan versi Digital. Selain lebih mudah diakses, ketiadaan fitur offline yang mengharuskan Player untuk selalu bermain secara online secara teratur, juga konten-konten tambahan yang diakses melalui akun personal masing-masing, diindikasi menjadi salah satu faktor pendorong bagi para Gamer untuk melakukan pembelian secara digital, sehingga meningkatkan penjualan Metal Gear Survive versi digital secara signifikan.

Berikut ini merupakan lima besar peringkat penjualan berdasarkan data dari SIE di atas, di antaranya:

1. Metal Gear Survive
2. Monster Hunter World
3. Girl Und Panzer – Dream Tank Match
4. NieR: Automata
5. Senran Kagura Burst – Re:Newal

Setelah performa impresif-nya di kancah Retail Game, Dream Tank Match juga nampaknya masih cukup menarik perhatian penggemar game digital. Selain itu, Senran Kagura Burst – Re:Newal juga masuk ke dalam jajaran 5 besar. Serial Remaster dari versi Nintendo 3DS, yang merupakan cerita prekuel dari game Shinovi Versus dan Estival versus ini, akhirnya melengkapi seri Senran Kagura yang sebelumnya juga rilis untuk versi Playstation.

Selain Metal Geal Survive, lonjakan yang tak kalah mengesankan juga diperlihatkan oleh NieR: Automata. Merayakani satu tahun perilisannya, Platinum Games memberikan diskon hingga 50% untuk versi Reguler dan juga Premium Edition. Bagi Gamers yang belum sempat mencoba masterpiece garapan Yoko Taro ini, mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba. Namun bergegaslah, karena promo ini hanya berlaku hingga tanggal 8 Maret 2018.

Jajaran selanjutnya dari peringkat 6 hingga peringkat 20, di antaranya :

6. Mirror’s Edge Catalyst
7. Secret of Mana
8. Battlefield 1 Revolution
9. Dynasty Warriors 9
10. Yonder: The Cloud Catcher Chronicles
11. Undertale
12. Sword Art Online: Fatal Bullet
13. Minecraft: PlayStation 4 Edition
14. Need for Speed Payback
15. ABZU
16. Shadow of the Colossus
17. Dragon Ball FighterZ
18. Overwatch Game of the Year Edition
19. FIFA 18
20. Dragon Quest III

Jajaran ini didominasi oleh franchise yang hampil dikenal oleh para Gamer, baik dari developer Indie maupun terkemuka. Selain itu, dunia game RPG kembali meriah, dengan hadirnya versi remake dari JRPG legendaris milik Square Enix, Secret of Mana. JRPG yang lahir pada tahun 1993 silam untuk konsol SNES ini, kembali mengudara dengan grafik yang lebih ciamik serta gameplay yang tentunya lebih atraktif dari versi originalnya. Salah satu poin yang juga kambali “menghidupkan” PS Vita sebagai konsol portable, bagi Gamer yang memilih memainkannya dengan lebih praktis dan santai, karena memang hanya tersedia versi digital.

Banyaknya yang meragukan keberlangsungan franchise Metal Gear sepeninggal Hideo Kojima memang sangat terasa sekali, hingga berbagai macam pro dan kontra mengenai kebijakan yang diterapkan oleh KONAMI muncul mengiringi perilisan Metal Gear Survive di seluruh dunia. Namun jika melihat data penjualannya kali ini, sepertinya masih banyak fans yang berharap pada kebangkitan seri ini. Keberhasilan Metal Gear Survive ini juga sekaligus mengakhiri kedigdayaan Monster Hunter World yang telah bertahan selama empat pekan berturut-turut sejak bulan Januari 2018.

More Stories
Monster Hunter: World
Monster Hunter: World Beri Sinyal Hadirkan Jenis Senjata Baru?