fbpx
Disaster Report 4 Plus: Summer Memories

Demo Disaster Report 4 Plus: Summer Memories Siap Dirilis

Granzella, perusahaan developer game yang kini memegang franchise Zettai Zetsumei Toshi (dengan judul versi barat: Disaster Report) dikabarkan akan merilis demo untuk seri keempat dari franchise game tersebut pada tanggal 16 Agustus 2018. Bagi beberapa fans yang menyukai judul-judul seperti Disaster Report dan Raw Danger, mungkin sangat lega mendengar hal ini, karena game yang berbasis pada setting post-apocalyptic tersebut, memiliki sejarah panjang dan bahkan identik dengan kejadian nyata di negara tempat pembuatannya.

Disaster Report 4 Plus: Summer Memories adalah sebuah penantian panjang yang akhirnya terbayarkan, setelah sebuah kenyataan pahit bagi warga Jepang. Game ini sejatinya dirilis dengan judul Zettai Zetsumei 4: Summer Memories dan merupakan seri yang sebenarnya dibuat oleh developer Irem sebagai lanjutan dari 3 seri sebelumnya yang cukup populer di Jepang. Game ini diplot untuk dirilis untuk PlayStation 3 pada tahun 2011 silam, dengan support untuk 3D Output serta PS Move. Entah takdir memang berkata lain, game ini tadinya akan dirilis pada 10 Maret 2011, namun kemudian Kazuma Kujo yang merupakan head designer dan CEO untuk Irem saat itu, sekaligus kreator dari franchise ini mengundur perilisan ke musim Semi dikarenakanan game ini belum sepenuhnya matang.

Nahas, satu hari setelah tanggal rilis resmi, yakni pada 11 Maret 2011, Jepang dilanda musibah Gempa dan Tsunami di daerah Tohoku, yang menyebabkan belasan ribu orang meninggal, dan ribuan lainnya luka-luka bahkan hilang. Tiga hari setelah insiden tersebut, tepatnya 14 Maret 2011, game ini pun akhirnya resmi dibatalkan.

Pada Desember 2014, Kujo bersama perusahaan barunya, Granzella, dikabarkan telah mengakusisi kembali lisensi dari properti seri Zettai Zetsumei Toshi (Disaster Report), setelah Irem memutuskan untuk kembali menjadi perusahaan pachinko dan slot machine seperti yang mereka lakukan sebelum menjadi developer video game, pasca Tsunami 2011 silam. Game ini diumumkan kembali sebagai franchise yang siap diangkat pada kuartal 3 atau 4 tahun 2015, dengan judul Zettai Zetsumei Toshi 4 Plus: Summer Memories. Game ini kemudian diumumkan sebagai salah satu proyek yang didevelop untuk franchise PlayStation 4, dan Kujo mengaku mengembangkan game ini kembali dari awal. PS VR Demo kemudian dirilis pada Januari 2017, setelah sebulan sebelumnya (Desember 2016) dirilis di Jepang secara non-public, dan berhasil mendapat respon positif. Granzella lalu mengumumkan bahwa mereka siap merilis game ini pada musim gugur 2018.

Dalam perilisan game ini, Granzella bekerja sama dengan Kobe Fire Department dalam sebuah showcase dan sosialisasi mengenai bagaimana cara menangani berbagai macam bencana. Granzella melalui channel youtube resminya, juga mengumumkan sebuah video bernama “Zettai Zetsumei Channel”. Dalam episode pertamanya, mereka menunjukkan preview dari DEMO pertama untuk game tersebut, bersama dengan pembawa acara Susumu Imadachi, Produser Kazuma Kujo, dan seiyuu Risako Murai.

Disaster Report 4 Plus: Summer Memories akan dirilis untuk PlayStation 4 pada 25 Oktober 2018 mendatang di Jepang.

Simak trailer terbarunya di bawah ini.

More Stories
Video 18 Menit Pertama Gameplay Ni no Kuni II: Revenant Kingdom