fbpx
No Man's Sky NEXT

No Man’s Sky NEXT Review

No Man’s Sky NEXT merupakan update besar yang diberikan oleh Hello Games yang merubah gameplay No Man’s Sky secara keseluruhan dan memberikan aspek baru dalam permainan. Pertama kali rilis di tahun 2016 No Man’s Sky mendapat banyak kritikan karena konten di dalamnya tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan sepanjang tahun 2016. Kritikan yang terus berdatangan tidak membuat Hello Games menutup game ini selamanya, melainkan memberikan update yang signifikan membuat gameplay No Man’s Sky menjadi lebih layak untuk dinikmati.

Review ini dibuat setelah bermain cukup lama untuk dua platform yakni PlayStation 4 dan PC. Perubahan yang terjadi pada No Man’s Sky NEXT ada pada fitur Multiplayer, fitur edit avatar, planet yang lebih dinamik, fitur base building, frigate dan juga perubahan mekanik game maupun user interface yang lebih user friendly.

Sebelumnya, No Man’s Sky merupakan game sandbox yang artinya meskipun game ini memiliki quest utama untuk dijalankan, game ini tidak memiliki ending dan player memiliki kebebasan untuk menjelajahi galaksi, atau hanya sekedar berburu player lain. Kebebasan untuk melakukan eksplorasi di galaksi yang amat sangat luas ini merupakan salah satu daya pikat utama dari No Man’s Sky.

Saya sendiri sangat menikmati fitur-fitur terbaru yang diberikan pada update No Man’s Sky NEXT, eksplorasi galaksi yang telah saya lakukan, memberikan banyak kejutan seperti banyaknnya monster yang unik untuk ditemukan, ataupun base building yang cukup memakan banyak waktu namun sepadan untuk dilakukan.

Mode Multiplayer

No Man's Sky NEXT

Mode multiplayer pada No Man’s Sky NEXT memberikan beberapa fitur yang menjanjikan, player dapat co-op hingga 4 pemain untuk eksplorasi galaksi ataupun planet secara bersama. Player juga dapat bergabung session orang lain secara random, dan bebas untuk membantu maupun menghancurkan game orang tersebut. Kebebasan ini juga memberikan banyak kontroversi untuk player yang tidak menginginkan orang asing bergabung. Saya sendiri menikmati fitur multiplayer ini namun akan lebih baik apabila Hello Games dapat memberikan opsi tambahan untuk fitur multiplayer ini seperti kemampuan untuk menutup session khusus untuk invitation only akan sangat membantu bagi mereka yang memiliki grup kurang dari empat pemain.

Base Building

No Man's Sky NEXT

Fitur base building pada update No Man’s Sky penuh dengan grinding item yang sangat membosankan, mempelajari blueprint yang juga memperlukan banyak waktu namun setelah semua itu selesai dilewati player dapat memiliki base (markas) pada planet dengan fitur-fitur yang lengkap untuk mendukung eksplorasi galaksi. Hingga saat ini pun saya masih mencoba untuk membuat base pada planet seperti Bumi, yang sayangnya masih belum ditemukan.

Menuju Pusat Galaksi

No Man's Sky NEXT

Tujuan utama dari game No Man’s Sky adalah perjalan menuju pusat galaksi dan mengungkap misteri mengapa player hadir pada planet ini, dan sepanjang perjalanan tersebut player dibebaskan untuk melakukan banyak hal seperti eksplorasi beragam tata surya, mencari pesawat luar angkasa terbaik, ataupun menyerah dengan eksplorasi menuju pusat galaksi dan menjadi bajak luar angkasa, memburu pesawat luar angkasa yang berterbangan di beragam sistem bintang dan mengambil loot berharga mereka. Kebebasan seperti ini merupakan salah satu alasan mengapa No Man’s Sky layak untuk dicoba. Saya sendiri tidak terlalu menghiraukan perjalanan menuju pusat galaksi, yang lebih menarik untuk saya adalah mencari Bumi kedua yang kabarnya ada pada galaksi dengan lebih dari 1 trillun (player dapat eksplorasi) planet ini.

No Man's Sky NEXT

Verdict

Dengan fitur yang sudah dijelaskan diatas, saya sendiri menyimpulkan game ini sangat layak untuk dicoba bagi mereka yang menikmati game sandbox, player dapat membuat tujuan mereka sendiri pada game ini, dan di saat sudah bingung untuk melakukan apa, player dapat berjalan menuju pusat galaksi dengan panduan ATLAS untuk mengungkap misteri pada No Man’s Sky. Game ini tidak memiliki ending sehingga banyak hal unik yang dapat ditemukan sepanjang petualangan. Hal ini, merupakan alasan pertama mengapa saya merekomendasikan game ini pada mereka yang menyenangi sandbox, eksplorasi dan juga simulasi.

More Stories
Director God of War Respon Kritikan Pedas para Fans