fbpx

Two Point Hospital Review – Lelucon Lama Tampilan Baru

0 23

Two Point Hospital bukan merupakan sebuah remake maupun sequel dari Theme Hospital. Melainkan sebuah game simulasi rumah sakit baru yang tetap mempertahankan inti utama game yakni lelucon garing saat membangun sebuah rumah sakit.

Masih ingat Theme Hospital? Game simulasi rumah sakit yang dulu sempat populer di PC dan Sony PlayStation di tahun 1997. Bahkan beberapa bulan lalu Origins sempat memberikan game ini secara gratis untuk dimainkan selamanya. Setelah lebih dari 20 tahun lamanya menunggu, SEGA akhirnya merilis game Two Point Hospital pada 30 Agustus kemarin.

Two Point Hospital ini menjadi salah satu game yang saya tunggu-tunggu mengingat game ini juga dikembangkan oleh pencipta Theme Hospital namun di bawah nama studio yang berbeda yakni Two Point Studios. Secara singkat, player akan bertanggung jawab untuk mensukseskan rumah sakit swasta dan bermain dengan menuntaskan misi utama yang terlapis tiga tahap pada setiap level. Sepanjang permainan player akan menemukan beragam penyakit konyol dengan solusi yang juga konyol dan beragam hal menarik lainnya yang diharapkan dapat memenuhi rasa nostalgia simulasi rumah sakit dengan kualitas grafis yang lebih baik.

Setelah bermain cukup lama, saya sudah merangkum apa yang saya suka dan kurang suka dalam sebuah review berikut ini.

Lelucon yang sama dan gameplay yang sedikit berbeda


Karena saya sebelumnya sudah pernah memainkan Theme Hospital. Saya tidak merasa terkejut maupun kebingungan dengan mekanik yang diberikan pada Two Point Hospital. Mekanik gameplay yang diberikan dapat saya bilang 80 persen sama dengan Theme Hospital. Seperti saat memulai permainan harus membuat resepsionis dan dilanjutkan dengan ruang general diagnosis. Selain gameplay yang mirip, hal lain yang mirip ada pada level desain, peran setiap staff dan juga fitur-fitur yang ada pada game tersebut. Disatu sisi hal ini memberikan sedikit kemudahan bagi mereka yang sebelumnya sudah pernah memainkan Theme Hospital. Memainkan game ini sebagai veteran yang sebelumnya sudah memainkan Theme Hospital mirip seperti bermain game remake, tampilan baru namun gameplay yang sama dengan sedikit tambahan untuk memberikan rasa yang berbeda.

Perbedaannya sendiri ada pada jenis penyakit, serta jenis ruangan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Perbedaan ini memberikan upgrade yang lebih menarik dan lucu dari seri sebelumnya.

Meskipun game simulasi rumah sakit ini bukanlah game online multiplayer, Two Point Hospital sedikit menyematkan fitur online  pada game ini. Pada fitur online ini player dapat berkompetisi dengan friend list yang ada pada Steam untuk mendapatkan reward tambahan pada gameplay yang dimainkan. Ada beberapa macam kompetisi yang dapat dimainkan, seperti kompetisi untuk menyembuhkan pasien terbanyak, ataupun research point terbanyak. Untungnya, Two Point Hospital memberikan kesempatan bagi mereka yang anti sosial atau tidak memiliki teman pada akun Steam untuk dapat ikut berkompetisi melawan CPU.

Fitur ini sendiri tidak memberikan dampak khusus pada gameplay secara langsung, hanya saja player yang mengikuti kompetisi ini berkesempatan untuk mendapatkan reward dengan tidak harus melakukan banyak hal.

Sama seperti pendahulunya, keunikan Two Point Hospital ada pada lelucon yang terus muncul sepanjang permainan. Lelucon ini umumnya hadir sebagai nama penyakit, ataupun nama alat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Hal ini merupakan salah satu faktor yang cukup menyenangkan untuk ditemukan sepanjang permainan.

Menghadapi pasien yang mudah tercabut nyawanya dan Dokter yang emosional


Game simulasi memang tidak terlepas dari bug ataupun mekanisme game yang kurang sempurna. Two Point Hospital juga telah mengungkapkan akan mendukung game ini secara penuh melalui patch maupun update untuk setiap bug yang ditemukan, sehingga ini juga merupakan salah satu nilai positif untuk mengetahui developer game akan terus mendukung game ini untuk memberikan hasil yang terbaik.

Setelah bermain 12 level berbeda, (dengan total ada 15 level) ada beberapa kendala yang kami temukan pada Two Point Hospital. Pada awalnya permainan berjalan mulus, pasien, dokter ataupun staff lainnya bekerja seperti sebagaimana mestinya. Namun, neraka datang saat rumah sakit saya berhasil menarik banyak perhatian dan semakin ramai sepanjang permainan.

Saya merasa routing pada pasien ataupun dokter masih kurang sempurna. Banyak dari pasien yang berjalan-jalan terlalu jauh dari tempat mereka mengantri membuat antrian pada lokasi tersebut semakin panjang dan memberikan dampak buruk pada permainan secara keseluruhan.

Terkait dengan routing yang bermasalah, pasien lain yang terpaksa menunggu akhirnya harus pergi meninggalkan rumah sakit karena merasa kesal, atapun harus mati ditempat karena terlalu lama menunggu.

Dokter-dokter pada game ini juga penuh dengan masalah, pada dasarnya ada tiga hal dasar yang harus dilakukan untuk dokter dan staff pada game ini, berikan pelatihan, istirahat, dan promosi. Namun sayangnya, saya merasa Dokter yang meminta promosi terlalu sering dan agresif. Ada sedikit ketidakseimbangan antara progress level dokter yang terlalu cepat dan progress permainan yang lambat. Hal ini tentunya memaksa saya untuk menunda promosi dokter dan membuat mereka menjadi emosional dan mengancam untuk berhenti.

Game Membangun Rumah Sakit Terbaik Saat Ini


Pada akhirnya, apabila kita berbicara tentang game simulasi rumah sakit ataupun game membangun rumah sakit, tidak ada game yang lebih baik dari Two Point Hospital untuk saat ini. Hal ini tentunya karena dari tahun 1997 hanya ada tiga judul game bertema simulasi rumah sakit yang layak untuk  disebutkan, Theme Hospital (1997), Hospital Tycoon (2007), Two Point Hospital (2018) dan diantara tiga tersebut, hanya Hospital Tycoon yang banyak mendapatkan respon negatif.

Saya merasa Two Point Hospital berhasil memberikan game simulasi rumah sakit yang menyenangkan untuk dimainkan, memberikan beberapa momen lelucon yang membuat saya tertawa. Meskipun gameplay yang monoton, mekanik game yang kurang sempurna, Two Point Hospital adalah game simulasi rumah sakit yang sangat layak dimainkan untuk para fans simulator. Dan apabila kalau kalian bukan penggemar game dengan genre simulator, saya yakin kalian akan langsung merasa bosan dua jam memasuki permainan.

80%
Fun

Two Point Hospital Review

  • Overall
Comments
Loading...